Memacu pertumbuhan anakan lovebird dengan pakan kering

Induk lovebird yang sedang meloloh anak-anaknya biasanya diberi pakan bijian dan sayuran yang lengkap. Beberapa peternak lebih suka memberikan pakan kering untuk induk lovebird. Selain bisa memacu pertumbuhan anakan lovebird, pakan kering ini juga dapat membantu meningkatkan produktivitas induk. 

Meningkatkan pertumbuhan anakan lovebird dengan pakan kering
Memacu pertumbuhan anakan lovebird dengan pakan kering.

Konsumsi pakan bagi induk lovebird akan meningkat saat mengerami telur maupun merawat anak-anaknya. Karena itu, para peternak biasanya akan menyiapkan beragam pakan, mulai dari biji-bijian hingga pakan basah yang terdiri atas buah dan sayuran. Ketiga jenis pakan ini dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk induk lovebird.

Beberapa peternak menganggap pakan induk lovebird tak harus pakan basah saja. Selama memiliki nilai gizi tinggi, pakan kering juga bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas induk, termasuk memacu pertumbuhan anakan lovebird.

Penggunaan pakan kering kini sudah begitu popular di kalangan peternak lovebird. Selain tidak mudah mengotori kandang dan gelodok, pakan kering juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Pakan kering untuk induk lovebird yang baru berjodoh

Kalau biasanya induk lovebird hanya diberi milet putih, buah dan sayuran, Anda bisa mengkombinasikannya dengan pakan kering seperti jagung giling, beras merah, gabah kecil, dan sebagainya.

Jika induk lovebird baru saja berjodoh, atau pasangan lama namun belum bertelur, Anda bisa memberikan formula pakan kering sebagai berikut:

  • 4 sendok makan milet putih
  • 3 sendok makan canary seed
  • 1 sendok makan milet merah
  • 1 sendok makan beras merah
  • 1 sendok makan gabah kecil yang biasa diberikan kepada burung perkutut
  • 1 sendok makan jagung giling.

Semua bahan dicampur dan diaduk sampai merata, kemudian diberikan kepada induk lovebird setiap hari. Anda juga bisa menambahkan voer 511 yang biasa digunakan untuk ayam.

Voer diberikan dalam cepuk terpisah, atau bisa juga dicampur bersama racikan pakan kering di atas. Adapun pakan basah berupa sayur-sayuran cukup diberikan 2-3 hari sekali.

Pakan kering untuk induk yang sedang meloloh anaknya

Jika induk sedang meloloh anak-anaknya, maka pakan yang disediakan berupa voer 511 saja, tanpa pakan bijian yang lain. Voer ayam diletakkan dalam cepuk pakan, dan nantinya disantap induk lovebird ketika akan meloloh anaknya.

Selain diberikan dalam wujud apa adanya, voer ayam juga bisa dicampur dengan pakan lolohan lainnya seperti bubur bayi, sebelum digunakan untuk meloloh anakan lovebird.

Voer ayam ini akan mempercepat pertumbuhan anakan lovebird. Jika sudah berumur 1-2 bulan, anakan lovebird juga akan berlatih ngekek.

Demikian tips memacu pertumbuhan anakan lovebird dengan pakan kering. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.