Cara cepat membuat biji berkecambah dengan botol plastik bekas

Kecambah mempunyai nilai gizi (nutrisi) yang lebih baik daripada pakan bijian mentah, sehingga bagus untuk pakan tambahan bagi burung pemakan bijian seperti kenari dan lovebird. Dibutuhkan waktu dan proses perubahan dari biji menjadi kecambah. Untuk memudahkan para kicaumania, berikut ini cara cepat membuat biji berkecambah dengan botol plastik bekas

Kecambah yang mempunyai manfaat baik untuk burung kicauan
Kecambah bisa dijadikan pakan tambahan bergizi bagi burung kicauan.

Kecambah diperoleh dengan cara menumbuhkan tunas dari biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan, dan menjadi satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan.

Salah satu biji yang sering dikecambahkan adalah kacang hijau. Hasilnya disebut tauge dan kerap digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan makanan maupun sayuran. Kecambah juga bisa dibuat dari bijian lainnya, terutama tanaman kacang-kacangan.

Kecambah segar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada burung, mengefektifkan metabolisme, dan meningkatkan performa suaranya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Untuk membuat kecambah, dibutuhkan proses tertentu agar biji-bijian mengeluarkan tunasnya. Proses pertumbuhan kecambah dari biji biasanya berlangsung 7-14 hari.

Namun waktunya bisa dipersingkat dengan cara dan teknik tertentu. Berikut ini cara cepat membuat biji berkecambah dengan menggunakan botol plastik bekas.

Bahan yang digunakan:

  • Dalam artikel ini, biji yang digunakan adalah kacang hijau. Tapi Anda juga bisa menggunakan biji-bijian lainnya seperti kacang kedelai.
  • 1 botol bekas minuman bersoda ukuran 1,5 liter.
  • Obeng plus kecil yang ujungnya tajam(bisa juga menggunakan paku kecil).
  • Mangkuk bersih.

Cara agar biji cepat berkecambah:

  • Ambil botol bekas minuman soda, lalu gunakan obeng plus kecil atau paku tajam untuk melubangi seluruh permukaan botol tersebut.
Botol yang telah dilubangi dengan paku atau ujung obeng
Botol yang telah dilubangi dengan paku atau ujung obeng.
  • Siapkan 100 gram biji, masukkan semuanya ke dalam mangkuk bersih.
  • Tuangkan air ke dalam mangkok. Cuci biji dengan tangan, lalu buang biji yang terlihat mengambang dan rusak. Setelah itu buang airnya.
Biji-bijian dicuci hingga bersih
Biji-bijian dicuci hingga bersih.
  • Selanjutnya, biji direndam dengan air hangat yang dituang ke dalam mangkuk berisi bijian tersebut. Air hangat bisa didapatkan dengan mencampur 3 gelas air biasa dan 2 gelas air panas. Aduk dengan jari tangan, kemudian diamkan selama 1 jam.
Merendam biji dalam air hangat
Merendam biji dalam air hangat.
  • Tahap berikutnya, baung airnya. Masukkan semua biji ke dalam botol plastik yang sudah disiapkan.
  • Agar biji tidak tercecer, Anda bisa memanfaatkan potongan kertas yang dibuat menyerupai corong untuk membantu memasukkan biji ke dalam botol. Selanjutnya, tutup botol rapat-rapat.
Biji dimasukkan ke dalam botol
Biji dimasukkan ke dalam botol.
  • Untuk mempercepat perkecambahan, botol berisi biji-bijian disimpan di tempat teduh dan tidak terpapar cahaya matahari secara langsung.
  • Agar lebih aman dari cahaya yang masuk, Anda bisa menutupi permukaan botol dengan kantong plastik warna hitam.
Menutupi botol dengan plastik hitam
Menutupi botol dengan plastik hitam.
  • Untuk mempercepat pertumbuhan tunas / kecambah, simpan botol dalam posisi horisontal. Selain itu, rendam botol dalam wadah berisi air setiap dua kali sehari, lalu buang air yang tersisa di dalam botolnya melalui lubang-lubang yang telah dibuat sebelumnya.
Rendam biji dalam air setiap dua kali sehari
Rendam biji dalam air setiap dua kali sehari.
  • Yang perlu diperhatikan adalah penyimpan botol berisi bijian sebaiknya dilakukan di tempat gelap atau ditutup plastik hitam. Beberapa hari kemudian, kecambah mulai tumbuh di dalam botol, dan siap disajikan kepada burung kesayangan Anda.
Kecambah sudah tumbuh dalam botol
Kecambah sudah tumbuh dalam botol.

Demikian tips membuat biji berkecambah secara lebih cepat dengan menggunakan botol plastik bekas. Selamat mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.