Ragam manfaat kayu manis untuk burung lovebird

Kayu manis (Cinnamomum zeylanicum) adalah sejenis tanaman rempah beraroma, manis, dan pedas. Jenis rempah ini lebih dikenal sebagai bumbu masakan. Ternyata, kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pada jenis burung paruh bengkok, terutama lovebird. Berikut ini ragam manfaat kayu manis untuk burung lovebird.

Manfaat kayu manis untuk burung lovebird
Manfaat kayu manis untuk burung lovebird.

Kayu manis memiliki kandungan serat yang tinggi, selain beberapa mineral penting seperti kalsium (Ca), zat besi (Fe), dan mangaan (Mn). Aroma wanginya yang sangat khas itu kerap digunakan pula sebagai aroma therapy untuk beberapa jenis parrot / burung paruh bengkok.

Kayu manis juga memiliki beberapa manfaat lainnya, yaitu:

  • Bersifat anti-jamur dan anti-bakteri, termasuk membunuh bakteri Escherichia coli.
  • Membantu mengatasi masalah pencernaan.
  • Mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde yang dapat meningkatkan hormon progesteron yang akan membantu menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesuburan.

Banyak penggemar lovebird memanfaatkan kayu manis untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dialami oleh burung kesayangannya. Misalnya untuk mencegah munculnya perilaku-perilaku buruk seperti gemar mencabuti bulu, menggesek-gesekkan tubuhnya pada tangkringan, dan dampak yang muncul akibat over birahi.

Secara umum, ada dua cara pemberian kayu manis pada burung peliharaan, yaitu menggunakan kayunya sebagai alat terapi, atau dibuat serbuk yang kaya manfaat.

Berikut ini cara pemberian kayu manis pada burung lovebird dan manfaatnya:

  • Untuk mengatasi lovebird yang punya kebiasaan buruk seperti gesek tangkringan atau gemar mencabuti bulu, maka sebatang kayu manis dapat diberikan untuk dijadikan sebagai mainan atau alat terapi. Aromanya yang wangi dan rasanya yang manis tapi pedas akan membuatnya melupakan kebiasaan buruknya dan memilih bermain-main dengannya. Lakukan terapi sampai burung benar-benar melupakan kebiasaan buruknya itu.
  • Kayu manis yang dibuat menjadi serbuk dapat dicampur ke dalam pakan burung untuk mencegah munculnya bakteri dan jamur. Selain itu, serbuk kayu manis juga dapat dicampur bersama pakan tambahannya yang lain seperti egg food dan roti.
  • Serbuk kayu manis pun dapat ditebarkan di dasar sangkar. Selain membuat sangkarnya menjadi lebih wangi alami, juga dapat mencegah kedatangan semut-semut pengganggu.

Itulah beberapa manfaat kayu manis untuk burung lovebird.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.