AB Bird Farm Makassar gunakan Bird Mature untuk dongkrak produksi induk lovebird

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Lima tahun lalu, Om Andre mendirikan penangkaran lovebird dengan brand AB Bird Farm Makassar. Semua itu bermula dari hobi memelihara burung, terutama lovebird. Untuk menambah pengetahuan dalam ternak lovebird, Om Andre bergabung dengan Komunitas Lovebird Sulawesi Selatan (KLBS).

Om Andre AB Bird Farm
Om Andre di depan kandang ternak lovebird AB Bird Farm.

Pakan utama untuk indukan diraciknya sendiri, terdiri atas milet putih, milet merah, canary seed, biji sawi, harver, niger seed, dan buckweat dengan komposisi tertentu.  “Makin banyak jenis bijiannya, komposisi gizi tentu makin bagus,” ujar Om Andre kepada omkicau.com.

pakan induk lovebird
Pakan bijian untuk induk lovebird hasil racikan Om Andre.

Untuk mendongkrak produksi indukan, Om Andre menggunakan Bird Mature produksi Om Kicau. Hasilnya, induk menjadi lebih produktif, dan perkembangan anakan pun menjadi lebih bagus.

Proses penjodohan calon induk lovebird dilakukan di kandang koloni, dengan pertimbangan lebih gampang. Pasalnya, lovebird akan mencari pasangan sesuai dengan naluri dan pilihannya sendiri.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
BirdMature
BirdMature efektif mendongkrak produktivtas induk burung di kandang breeding.

“Yang penting calon induk jantan maupun betina sudah memasuki umur dewasa kelamin. Dengan demikian organ-organ reproduksinya sudah berfungsi secara optimal,” tambahnya.

beternak burung lovebird

ternak lovebird
Pasangan induk lovebird koleksi AB Bird Farm Makassar.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan breeding lovebird sama seperti penangkar lainnya. Tiap hari membersihkan kandang, mengecek dan / atau mengganti pakan serta air minum. Biasanya air minum diganti pada malam hari, karena burung selalu minum pada pagi hari.

AB Bird Farm Makassar
Kandang koloni memudahkan proses penjodohan lovebird.

Dengan ketelatenan dan terus belajar, Om Andre tak lagi menemui banyak kendala dalam mengembangkan AB Bird Farm. Pemasaran pun berjalan lancar, karena anakan lovebird yang dihasilkan selalu terserap pasar.

penangkaran lovebird
Anakan lovebird baru saja menetas.
cara ternak burung lovebird
AB Bird Farm Makassar: Perawatan anakan lovebird.

Setiap bulan, AB Bird Farm bisa menjual 10-20 ekor anakan lovebird. Sebagian konsumen tinggal di sekitar kediamannya, namun tidak sedikit pula konsumen luar kota yang menjadi pelanggannya.

Harga anakan lovebird produksi AB Bird Farm bervariasi, mulai dari Rp 300.000 hingga puluhan juta / ekor, tergantung kualitas induknya.

Breeding lovebird AB Bird Farm

AB Bird Farm Makassar

breeding lovebird
Beberapa sampel anakan lovebird produksi AB Bird Farm Makassar.

Bagi Anda yang ingin menjadi peternak lovebird, Om Andre menitipkan beberapa saran sebagai berikut:

  • Dianjurkan belajar teori sambil praktik. Jangan praktik tanpa teori, atau teori terus tanpa praktik. Harus sejalan, karena teori dan kenyataan di lapangan terkadang berbeda.
  • Mulailah beternak dengan rasa kecintaan terhadap burung yang dipelihara. Soal bisnis bisa dipikir belakangan.  Peternak yang mengawali usahanya dengan pikiran bisnis akan cepat putus asa ketika mengalami kendala. Sebab kenyataan tak selamanya seindah impian. Hanya karena lihat peternak lain jual burung mahal, banyak peternak baru merasa ini bisnis yang bagus. Mereka tidak melihat proses panjang yang harus dilalui.
  • Belilah induk lovebird dari peternak yang sudah terpercaya. (neolithikum)

AB Bird Farm Makassar

Penangkaran lovebird AB Bird Farm

Kontak: Om Andre (WA: 0813-5481-0854)

Alamat: Jalan Meranti No 233, Makassar, Sulawesi Selatan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.