Sultan BF Surabaya siapkan empat piyik hanging di musim konkurs 2019

Iklan gratis jual beli burung di sini

Sebagaimana burung kicauan, perkutut juga digemari masyarakat dari berbagai strata pendidikan, profesi / pekerjaan, dan sosial-ekonomi. Salah satunya adalah H Djainuri yang saat ini menjabat wakil kepala Daop 8 PT KAI (Kereta Api Indonesia). Dia tak hanya penggemar, tetapi juga memiliki penangkaran burung perkutut Sultan BF Surabaya.

Sultan BF Surabaya
H Djainuri: Hobi burung perkutut bisa menghilangkan kepenatan fisik dan fikiran.

Di sela-sela kesibukan yang sangat padat, Om Djainuri selalu menyempatkan waktu untuk memantau bird farmnya yang bermarkas di Jalan Sidotopo Wetan No 3 Surabaya. Hati menjadi damai, penat pun sirna, saat mendengar anggung burung-burung perkutut.

Saat ini Sultan BF mempunyai 40 petak kandang berisi indukan dari berbagai trah, mulai dari perkutut lokal hingga impor. Lantaran bekerja di PT KAI, kandang-kandangnya diberi nama-nama stasiun kereta api seperti Gubeng, Surabaya Kota, Jogjakarta, Cepu, Bandung, dan sebagainya.

TBB bikin burung ngos jadi joss
penangkaran perkutut
Breeding perkutut Sultan BF: Setiap petak kandang diberi nama stasiun kereta api.

Sebagian besar induk milik Sultan BF dikenal produktif. Setiap induk rata-rata bisa menghasilkan 1-2 pasang piyikan per bulan. Hal ini tidak terlepas dari seleksi ketat terhadap setiap calon induk.

Cara mudah dapatkan file omkicau

“Induk yang ada di sini rata-rata berumur dua tahun. Induk yang matang akan menghasilkan piyikan dengan katuranggan dan mental yang relatif bagus,” ujar Om Djainuri kepada omkicau.com.

ternak perkutut
Salah satu pasangan induk perkutut koleksi Sultan BF.

Untuk meningkatkan produktivitas, Sultan BF menggunakan burung puter sebagai induk babuan atau baby sitter. Piyik perkutut yang sudah berumur 10 hari akan disapih dari induknya, dan perawatannya diteruskan oleh burung puter.

Ada beberapa kandang favorit yang kerap menghasilkan perkutut berkualitas. Misalnya kandang Cepu dan Bandung. Kedua kandang ini diisi indukan trah juara, yakni perkutut Top dan Kristal.

breeding perkutut
Penataan kandang terlihat rapi. Suasananya pun asri.

Sultan BF siapkan empat piyik hanging

Sebagian besar produk Sultan BF memang digunakan sendiri untuk mengikuti lomba burung perkutut atau sering disebut konkurs perkutut. “Saat ini, kami sudah memiliki empat gaco baru yang disiapkan untuk kelas piyik hanging dalam musim konkurs tahun ini,” jelas Om Djainuri.

Keempat perkutut belia itu adalah Sayonara, Kim Jong-un, Cheng Ho, dan Gladiator. Di kelas dewasa, Sultan BF masih mengandalkan perkutut Marcopolo. Burung inilah yang sukses meraih juara 1 dalam Kejurnas Cup di Semarang, Desember lalu.

piyikan perkutut
Salah satu piyikan perkutut hasil breeding Sultan BF.
cara ternak burung perkutut
Empat piyikan Sultan Bird Farm siap diorbitkan tahun ini.

Selain menjuarai Kejurnas Cup, perkutut Marcopolo juga pernah menang dalam berbagai konkurs akbar di Tanah Air. Mulai dari Piala Raja Hamengku Buwono Cup XXIX di Jogja, Bupati Cup di Pasuruan, Bupati Cup Madiun, hingga Liga Perkutut Indonesia 2018.

Begitu besarnya kecintaan Om Djainuri terhadap perkutut, dia pun ikut memfasilitasi para kung mania di Surabaya dan sekitarnya agar bisa berlatih. Dia menyediakan gantangan dan kerekan gratis untuk latihan di markas Sultan BF, setiap Selasa pagi.

Sultan BF Surabaya
Gantangan dan kerekan piyik hanging di markas Sultan Bird Farm Surabaya.

Tidak hanya itu, Om Djainuri juga menggelar Liga Hanging Sultan BF setiap bulan (juga hari Selasa). Kegiatan ini diselenggarakan sebagai apresiasi kepada para peserta latber. Di akhir putaran Liga, burung yang meraih poin tertinggi akan mendapat trofi eksklusif. (Endar)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini