Pitax BF: Sukses beternak lovebird bahan dan trah prestasi

Iklan gratis jual beli burung di sini

Cikal bakal Pitax BF (Bird Farm) dimulai sejak tahun 2005. Ketika itu Om Yusep Saepullah, atau akrab disapa Babah Pitax, mencoba menangkar lovebird jagoannya yang sering menjuarai lomba. Dia ingin mendapatkan anakan lovebird yang nanti sehebat induknya.

ternak lovebird
Om Pitax bermain bersama lovebird hasil ternaknya.

Maka, berdirilah penangkaran lovebird dengan nama Pitax BF. Selain lovebird, Om Pitax dulu sering main di kelas anis merah. Gaco andalannya saat itu adalah anis merah Pitax, yang sempat melejit pada tahun 1998.

Nama itulah yang kemudian disematkan pada penangkaran lovebirdnya. “Dengan nama itu, saya berharap kecipratan hoki,” ujarnya kepada omkicau.com.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Dari pergaulannya dengan sejumlah tokoh perburungan nasional, Om Pitax lalu dipercaya Bang Boy (pendiri Yayasan BnR) sebagai manajer BnR Bird Farm, serta mengelola lomba-lomba kemasan BnR. Itu berlangsung sejak tahun 2007 hingga 2014.

Cara mudah dapatkan file omkicau

Sejak menjadi manajer BnR Bird Farm, penangkaran lovebirdnya sempat off selama tujuh tahun. Mengingat hasratnya untuk mandiri begitu besar, Om Pitax memutuskan resign dari BnR (tahun 2015), sehingga fokus ke penangkarannya sendiri.

Kini Pitax BF tidak hanya sukses beternak lovebird, tetapi juga murai batu. Bahkan dalam waktu dekat Pitax BF juga akan beternak burung impor, terutama cucak cungkok.

Kali ini, omkicau.com hanya membahas penangkaran lovebird milik Pitax BF. Lokasi penangkaran berada di kediamannya, Perumahan Sirna Galih, Jl Balakbak No 7, Kebon Jeruk, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. Adapun workshop berlokasi di Bogor, tepatnya di Taman Yasmin Sektor VII Bambu Betung 2/7, Jalan Bambu Betung 7 No 21, Cilendek Timur, Bogor Barat.

cara beternak burung lovebird
Pitax BF: Kandang battery disusun bertingkat dan berjajar.

Seleksi calon induk dan proses penjodohan

Sebagaimana peternak lovebird lainnya, Om Pitax juga melakukan seleksi ketat terhadap calon induk jantan dan betina. Kedua calon induk harus dalam kondisi siap kawin, sehingga harus berusia mapan.

Untuk calon induk jantan, umur ideal sekitar 1,5 tahun. Untuk calon induk betina, umur 7 tahun sudah bisa produksi.

Materi indukan yang ada di penangkaran Pitax BF terbagi menjadi dua. Pertama, induk lovebird impor dari Taiwan. Proses penjodohannya simpel, yaitu dimasukkan ke kandang koloni bersama lovebird-lovebird yang lainnya. Burung akan mencari pasangan masing-masing.

Kedua, induk lovebird trah prestasi. Burung-burung ini sebelumnya pernah menjuarai lomba, baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional. Mereka dijodohkan di kandang battery, untuk memudahkan penelusuran silsilah atau asal-usulnya.

penangkaran lovebird
Anakan lovebird hasil penangkaran Pitax BF.

Saat ini Pitax BF mempunyai 25 pasangan induk dari kedua jenis lovebird tersebut (impor dan trah prestasi). Setiap bulan bisa menjual 20-30 ekor anakan lovebird.

Anakan lovebird yang menetas diasuh sendiri oleh induknya. “Saya lebih suka begitu, agar anaknya tumbuh secara alami, dan daya tahan tubuhnya lebih kuat. Namun jika induknya galak, atau sedang birahi, terpaksa anaknya saya besarkan dengan cara diloloh,” tegasnya.

breeding lovebird
Anakan lovebird siap dipasarkan.

Pakan indukan berupa milet kiloan dan canary seed. Untuk obat dan vitamin, Om Pitax meracik sendiri. Tak hanya digunakan sendiri, produk racikan itu juga dijualnya ke publik dengan nama Herbal Gen 13.

Gen 13
Produk herbal Gen 13 racikan Om Pitax.

Agar induk tak kekurangan kalsium (Ca) dan mineral lain yang berguna dalam pembentukan cangkang telur, Om Pitas juga meracik sendiri asinan. Asinan ini terdiri atas tulang  sotong dan kulit telur yang dihancurkan kasar, ditambah pasir laut.

Harga anakan lovebird hasil breeding Pitax BF bervariasi. Untuk lovebird taiwan, harganya mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 750.000 per ekor. Harga lovebird trah prestasi mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 20 juta.

Dari penjualan lovebird taiwan saja, Pitax BF mampu meraup omzet minimal Rp 5 juta per bulan. Belum lagi hasil penjualan lovebird trah prestasi. Selain breeding dan berjualan obat burung, Om Pitax juga berprofesi sebagai konsultan properti. (neolithikum)

Pitax BF

Penangkaran lovebird Pitax BF

Kontak: Om Pitax ( WA 0813-217-00-555 / 0877-227-00-555)

Farm:  Perumahan Sirna Galih, Jl Balakbak No 7, Kebon Jeruk, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

Workshop: Taman Yasmin Sektor VII Bambu Betung 2/7, Jl Bambu Betung 7 No 21, Cilendek Timur, Bogor Barat .

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini