Aisyah BF Merangin: Kisah sukses seorang polisi dalam beternak murai batu

Iklan gratis jual beli burung di sini

Om Cahyo Nofrianto merupakan anggota Polri, dan saat ini menjabat Kepala Seksi Umum (Kasium) Polsek Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Meski demikian, dia masih bisa meluangkan waktunya untuk menekuni hobi burung. Dua tahun lalu, Om Cahyo mendirikan penangkaran murai batu yang diberi nama Aisyah BF Merangin.

Aisyah BF
Deretan kandang ternak murai batu Aisyah BF Merangin.

Sebenarnya Om Cahyo sudah lama menekuni hobi burung, terutama saat masih mukim di Kota Jambi. Pada tahun 2008, misalnya, dia mencoba menangkar lovebird. Ada 10 pasang induk yang dikoleksinya ketika itu. Sambil beternak, dia juga aktif mengikuti berbagai lomba burung kicauan di Kota Jambi.

Tapi breeding lovebird akhirnya vakum pada tahun 2012, karena Om Cahyo melangsungkan pernikahan dan pindah ke kampung istrinya di pedesaan. “Saya jual semua burung piaraan di Kota Jambi,” tuturnya kepada omkicau.com.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Dua tahun berselang, 2014, Om Cahyo mencoba beternak ayam potong (broiler). Saat itu, dia teringat hobi lamanya memelihara burung. Dia ingin beternak burung lagi, khususnya murai batu. Keinginan itu akhirnya terwujud pada Desember 2017.

Cara mudah dapatkan file omkicau
Om Cahyo
Om Cahyo bersama anak dan istri di depan kandang ayam broiler yang masih digelutinya.

“Saya ingin menggabungkan hobi burung dengan bisnis, sehingga bisa menghasilkan tambahan uang. Murai batu menjadi pilihan saya,” tambahnya.

Modal awalnya hanya sepasang induk murai batu siap produksi, yang dibelinya seharga Rp 13 juta / pasang dari Dengling BF Cilacap. Namun berbeda dari lovebird, penangkaran murai batu membutuhkan kesabaran yang lebih, karena tingkat kesulitannya memang lebih tinggi.

Sampai dua bulan diternak, pasangan induk murai batu itu belum bertelur. Tetapi Om Cahyo tak menyerah. Bahkan pada Februari 2018 , dia membangun 10 kandang ternak permanen untuk murai batu. Selanjutnya, mencari pejantan-pejantan juara lomba, yang dibelinya dari para pemain di lapangan.

ternak murai batu
Salah satu unit kandang breeding yang ditempatkan di dalam rumah.

Adapun induk betina dibelinya dari sejumlah breeder ternama di Indonesia, antara lain Adipulpis Bahorok, Murai Abadi Perkasa, Om Sukisno, dan Om Egy Catur Purnomo. Breeder-breeder senior itu terbukti piawai menghasilkan anakan-anakan murai batu yang kemudian menjadi jawara lomba.

“Akhirnya saya bisa panen pertama pada Juli 2018. Jadi, untuk bisa melihat langsung piyikan hasil breeding sendiri, butuh waktu sekitar enam bulan dihitung dari Desember 2017,” kata Om Cahyo.

Saat ini Aisyah BF Merangin yang dikelolanya sudah memiliki 20 pasangan induk murai batu. Tetapi baru 13 pasang induk yang sudah produksi. Selebihnya sudah dalam proses angkut sarang, dan ada juga yang masih dalam proses penjodohan.

kandang ternak murai batu
Aisyah BF Merangin: Kandang tertata rapi dan bersih.

Yang menarik, kandang setiap pasangan induk mempunyai nama seperti nama bank-bank di Indonesia. Om Cahyo berharap dengan beternak murai batu seolah-olah dia memiliki bank sendiri, di mana ia bisa menarik dana sesuka hatinya. Tentu saja dengan cara menjual trotolan murai batu.

Proses penjodohan murai batu

Dalam menjodohkan murai batu, seorang penangkar mesti tahu karakter jantan dan betina. Dengan begitu, proses produksi menjadi lebih efektif. Karakter induk, terutama jantan, juga sangat menentukan apakah dia bisa dikawinkan secara poligami, atau cukup menggunakan model monogami saja.

Sebagaimana penangkar lainnya, Om Cahyo memulai proses penjodohan dengan menempelkan sangkar jantan dan betina selama 3 hari atau lebih. Kandang penjodohan dilengkapi lampu, agar jantan dan betina tetap bisa melihat di malam hari.

breeding murai batu
Suasana di dalam kandang ternak murai batu.

Jika keduanya terlihat sudah berjodoh, maka murai betina dilepas dahulu ke kandang ternak berukuran 300 x 90 cm2, tinggi 300 cm. Murai jantan ditaruh di kandang kotak kecil, tapi berada di dalam kandang ternak selama 2 hari.

Ketika murai batu betina sudah kelihatan birahi dan mulai mengangkut sarang, barulah si jantan dilepas ke kandang ternak. Selama proses pencampuran, kedua burung harus selalu dipantau. Terkadang Om Cahyo sengaja bawa bantal dan tikar sambil berbaring untuk memantau pasangan baru tersebut.

“Kalau si jantan enggak mengejar-ngejar betina, ada kemungkinan penjodohan berhasil. Namun jika jantan masih birahi dan mengejar betina secara ekstrem, maka saya pindahkan lagi ke kandang kecil,” ungkap Om Cahyo yang juga menjadi anggota Asosiasi Penangkar Burung Nusantara (APBN).

penangkaran murai batu
Sertifikat APBN (Asosiasi Penangkar Burung Nusantara).

Untuk menyiasati murai jantan yang susah dijodohkan karena terlalu birahi, Om Cahyo punya tips khusus. Sayap kanan dan kiri burung diikat menggunakan lakban atau karet. Dengan demikian, si jantan tidak dapat mengejar betina, sehingga bisa menekan potensi kematian pada betina. Cara ini sangat ampuh, karena Om Cahyo sudah membuktikannya sendiri.

Piyikan murai batu
Piyikan murai batu.

Aisyah BF Merangin

trotolan murai batu
Sampel trotolan murai batu hasil ternak Aisyah BF Merangin.

Pemasaran trotolan murai batu hasil breeding Aisyah BF dilakukan melalui Facebook dan WhatsApp, serta melalui koneksi teman-teman Om Cahyo. Trotolan jantan dibanderol mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per ekor. Murai batu betina dijual seharga Rp 1,5 juta (trotolan) dan Rp 2 juta (calon Induk).

ternak burung murai batu
Om Cahyo saat transaksi murai batu prestasi.
Om Cahyo
Om Cahyo bersama salah seorang pelanggannya.

Trotolan murai batu hasil penangkaran Aisyah BF diminati para kicaumania di Jambi, Kerinci, Palembang, Batanghari, hingga beberapa daerah di Jawa Barat. Dalam sebulan bisa menjual minimal 25-30 ekor. Kalau diambil harga terendah, omzet Aisyah BF minimal Rp 40 juta / bulan. (neolithikum)

ring Aisyah BF
Ring Aisyah BF.

Penangkaran murai batu Aisyah BF

Kontak: Om Cahyo Nofrianto (WA 0852-7238-8686 | FB: Cahyo Nofrianto)

Alamat: Desa Pulau Rengas Ulu, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini