Bermula dari keprihatinan, Lintang BF mampu hasilkan ratusan mutasi baru lovebird warna

Iklan gratis jual beli burung di sini

Penangkaran lovebird Lintang BF Sleman — Dengan gaji pas-pasan sebagai perangkat di Desa / Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Om Eko Nur Wahyudi merasa tak mampu mencukupi kebutuhan keluarganya secara layak. Setelah berpikir cukup lama, akhirnya dia memutuskan beternak lovebird kekean / suara.

Lintang BF Sleman
Lintang BF: Om Yudi di depan kandang ternak lovebird model battery.

Lelaki yang akrab disapa Om Yudi tersebut ingin beternak lovebird, karena sejak dulu memang hobi burung. “Tahun 2006, saya nekat pinjam modal dari bank. Uangnya saya belikan enam pasang induk lovebird,” kata Om Yudi kepada omkicau.com

Tiga bulan kemudian, beberapa induk mulai produksi dan menghasilkan anakan. Anakan-anakan tersebut dijualnya, dan hasilnya untuk dibelikan lagi beberapa indukan. Hingga tahun 2009, Lintang BF yang didirikannya sudah memiliki 50 pasang induk, semuanya tipe kekean / suara.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Lintang BF mulai merambah lovebird warna

Voer jangkrik luar biasa
cara beternak burung lovebird
Suasana kandang ternak lovebird Lintang BF Sleman.

Tahun 2010, Lintang BF mulai merambah lovebird warna / beuaty lovebird. Dia fokus pada jenis-jenis baru (saat itu), mulai dari parblue, biola, euwing, green series, serta blue series. Induk yang dikoleksi merupakan burung impor.

Setahun kemudian, sejumlah induk lovebird warna mulai produksi. Bahkan, melalui beberapa percobaan, Om Yudi memperoleh lovebird hasil mutasi baru.

Tahun 2014, Lintang BF mampu menghasilkan jenis terbaru, yaitu biola blue dan fischeri opaline blue, yang membuat heboh kalangan lovebird mania.

Dua tahun berselang, Lintang BF juga menghasilkan mutasi terbaru biola euwing vio parblue. Kini Lintang BF sudah menghasilkan ratusan mutasi baru. Jumlahnya sekitar 130 pasang lovebird premium.

ternak lovebird warna
Mutasi baru biola euwing vio parblue hasil breeding Lintang BF.

Menilik hal itu, wajar apabila banyak lovebird mania datang kepadanya untuk belajar cara membuat mutasi lovebird. “Pengetahuan tentang genetika mutlak diperlukan untuk menghasilkan mutasi berkualitas,” tutur Om Yudi.

Seleksi induk dan proses penjodohan

Kepada calon peternak maupun peternak pemula, Om Yudi tak segan-segan berbagi ilmu. Menurut dia, hal pertama yang tak boleh dilupakan adalah kualitas calon induk. Calon induk ini nantinya akan menjadi induk, dan bisa menjadi “ATM hidup” jika dikelola dengan baik.

Calon induk harus diperoleh melalui seleksi ketat. Misalnya, umur sudah mapan (lebih dari 7 bulan), karena sudah organ-organ reproduksinya sudah berkembang dan berfungsi optimal. Selanjutnya, penangkar harus bisa membedakan jenis kelamin lovebird.

Dirk Van Den Abeele
Om Yudi bersama Dirk Van Den Abeele, pakar genetika lovebird dunia.

“Kalau mau hasil maksimal, carilah calon induk berkualitas dengan melihat cirinya. Misalnya postur besar, sehat, dan tidak cacat. Perawatan harus maksimal, jaga kebersihan kandang, tempat pakan dan air minum. Yang tak kalah penting, harus sabar dan jangan takut gagal,” tegasnya.

Soal model kandang, itu tergantung selera dan situasi-kondisi yang dialami para peternak. Model koloni dan model battery memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Om Yudi lebih sering memakai kandang model battery, karena memudahkan identifikasi setiap pasangan induk.

Proses penjodohan di kandang battery memang lebih sulit ketimbang kandang koloni. Namun Om Yudi punya tips khusus. “Yang penting calon induk jantan dan betina sama-sama dalam kondisi birahi. Awalnya, si jantan dimasukkan dulu ke kandang battery. Setelah itu baru betinanya, tapi harus selalu dipantau agar tak terjadi perkelahian,” jelasnya.

breeding lovebird
Anakan lovebird hasil ternak Lintang BF.

Kualitas pakan juga tak boleh diabaikan, baik untuk induk maupun anak-anaknya. Pakan utama terdiri atas milet putih, milet merah, canary seed, kwaci, dan biji gandum. Pakan tambahan berupa jagung muda serta asinan.  Om Yudi juga menggunakan produk impor seperti Beneluc.

penangkaran lovebird
Lovebird belia dipelihara dalam kandang battery.

Anakan yang baru menetas dibiarkan dalam perawatan induknya selama 1 minggu. Setelah itu disapih dan dipindah ke kandang pembesaran. Pemberian pakan untuk anakan lovebird melalui hand-feeding. Dalam hal ini, Om Yudi dibantu istrinya.

Saat ini, Lintang BF tak mengalami kesulitan dalam pemasaran lovebird, karena terbantu oleh media online dan media sosial. “Dulu, sambil berangkat kerja, saya bawa lovebird untuk dijual di beberapa pasar burung di seputaran Jogja. Sekarang cukup melalui media online dan gethok-tular,” ujarnya.

Lintang BF Sleman

ternak lovebird

Lintang BF Sleman

breeding lovebird

penangkaran lovebird
Beberapa lovebird warna hasil breeding Lintang BF Sleman.

Dalam sebulan, Lintang BF mampu menjual 60-70 ekor lovebird, dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta per ekor (tergantung kualitas).

Untuk menambah jaringannya, Om Yudi bergabung dalam Komunitas Lovebird Indonesia (KLI). Selain itu, ia juga aktif mengikuti kontes lovebird, baik suara maupun warna. (neolithikum)

Breeding lovebird Lintang BF

Kontak: Om Eko Nur Wahyudi (WA 0878-3929-1417)

Alamat: Jalan Kaliurang Km 13, Perum Besi Baru, Blok E 41, Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini