Kesalahan fatal pemula dalam memaster burung

Banyak sekali kicaumania pemula yang minta link suara masteran untuk murai batu, kacer ataupun sulingan dengan contoh permintaan, “Om minta suara masteran MB ya, MB saya sedang mabung.” Nah, dari permintaan seperti itu saja sudah terlihat sekali ada pemahaman yang sangat salah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Memaster burung petarung seperti murai batu, kacer atau sulingan misalnya, dengan memutar MP3 suara burung petarung lainnya adalah kesalahan fatal.

Jangan sekali-kali memaster burung murai batu misalnya, dengan suara MP3 atau pemaster lain bermateri suara murai batu juga.
Ya, memaster burung petarung (misalnya murai batu, kacer, sulingan/tledekan, ciblek dsb) dengan suara burung petarung lainnya akan menyebabkan burung yang dimaster drop parah.

Mengapa?

TBB bikin burung ngos jadi joss

Itu sama saja menarungkan burung itu dengan tembok batu. Ketika dia mendengar suara masteran itu, dia akan melawan. Tetapi akhirnya kelelahan karena yang dilawan adalah mesin pemutar musik. Dia akan drop parah, itu sudah pasti.

Jadi jangan pernah memaster murai batu dengan suara murai batu, kacer dengan kacer, tledekan dengan tledakan, atau silang antar burung petarung misalnya memaster murai batu dengan suara kecer atau sebaliknya.

Benar-benar akan fatal akibatnya. Jadi harus saya tegaskan, jangan pernah memaster burung petarung dengan suara burung petarung lainnya. Untuk memaster murai batu, kacer dan lainnya silakan cek artikel ini.

Sebagai pancingan

Lalu kapan kita memperdengarkan suara MP3 murai batu ke burung murai batu atau suara MP3 burung kacer ke burung kacer kita? Ada waktunya tersendiri, yakni sebagai pancingan untuk merangsang agar burung berbunyi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ketika MB atau kacer kita sudah angkat suara, segera matikan MP3 suara burung petarung yang kita putar. ya maksimal kita putar 20 detik, itu sudah cukup.

Semakin lama kita putar suara itu, burung biasanya menjadi-jadi gacornya. Tetapi kalau kelewat kelamaan, burung bakal kelelahan. Kalau sampai setengah jam atau bahkan satu jam, maka burung kita bakal menyerah, terpuruk dan drop mental.

Kalau hal seperti ini sampai terjadi, maka terapi pemulihannya bakal lama sekali. Bisa sampai berbulan-bulan bahkan sampai harus menunggu burung mabung dulu.

Untuk terapi pemulihan, jauhkan burung dari keramaian dan pagi sore diputarkan suara-suara terapi, yang di dalamnya ada suara-suara alam seperti suara air mengalir, suara angin, suara hujan dan sebagainya.

Untuk suara terapi burung drop ini bisa dilihat di sini.

Oke, begitu ya sobat pemula. Jangan sampai memaster dengan cara yang salah.
Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.