Ratusan juri dan panitia lomba di Tangerang Raya terdampak Covid 19

Ratusan juri dan panitia lomba burung dari 44 EO yang ada di wilayah Tangerang Raya dalam kondisi kesulitan secara ekonomi dan sosial akibat pandemi Covid 19. Pandemi menyebabkan hampir sebulan lebih kegiatan event lomba burung berkicau di wilayah Tangerang Banten meliputi Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang tutup serempak.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Penutupan secara resmi berlaku sejak sejak keluarnya surat himbauan Gubernur Banten tertanggal 15 Maret 2020 untuk mencegah merebaknya virus COVID 19 dilanjut dengan terbitnya PERGUB Banten No. 16 Tahun 2020 tanggal 18 April 2020 tentang PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Ruslan Koordinator Forum EO Tangerang Raya

Padahal biasanya, puluhan EO mempunyai jadwal padat untuk menggelar kontes burung dari Senin hingga Minggu. Sekarang tidak ada pemandangan ramai di mana kicaumania bertegur sapa, deprok bareng makan ngopi, adu skill setting burung, daftar tiket ambil hadiah hingga transaksi jual beli burung jagoan. Semuanya HARUS ISTIRAHAT STOP TOTAL.

Hal tersebut harus diterima dengan lapang dada oleh beberapa EO Tangerang Raya. Sebab, sesepi apapun event burung pasti terdapat kumpulan sejumlah kicaumania dan itu berisiko terjadinya penyebaran virus Covid 19.

TBB bikin burung ngos jadi joss
Daftar Anggota Forum EO Tangerang Raya

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sebagai warga negara Republik Indonesia, demikian dikatakan Ruslan sebagai koordinator Forum Lintas EO Tangerang Raya, kami penyelenggara event lomba burung berkicau bersama kicaumania wajib mentaati aturan kebijakan Pemerintah Pusat yang telah menetapkan pandemi virus Covid 19 sebagai bencana nasional.

Aksi sosial bersama

Meskipun tutup akibat terdampak covid 19, Forum Lintas EO Tangerang RAYA bersama team relawan ikut berpartisipasi mencegah penyebaran virus covid 19 dengan melakukan kerja sosial gotong royong terjun langsung kebeberapa arena gantangan burung berkicau.

Mereka melakukan penyemprotan desinfektan, pembagian masker serta mensosialisasikan program Gantangan Siaga, yaitu mempersiapkan alat peraga kelengkapan cuci tangan dll berhubungan dengan pencegahan penyebaran virus sehingga kicaumania nyaman kembali hadir di event berikutnya.

Berikut ini galeri foto aksi sosial Fourm EO Tangerang Raya

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain kegiatan lapangan, Forum Lintas EO juga melakukan pendataan internal keseluruhan EO event burung berkicau beserta perangkatnya yang terdampak langsung semenjak ditutupnya kegiatan. Untuk mereka tidak ada lagi penghasilan/gaji yang didapatkan karena memang sebagian besar menggantungkan penghasilannya dari bertugas di lomba burung berkicau baik sebagai IP, korlap, juri dan panitia.

Jumlah total EO

Secara global jumlah gantangan burung berkicau di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan baik independen, BNR, NZR, Oriq Jaya, Ronggolawe serta RGN ada sekitar 44 EO dan jumlah pekerja 554 orang.

Tentunya hal itu dirasa berat karena sebagaian besar sudah berkeluarga dan harus memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan juga biaya sewa kontrak rumah dll. Terlepas dari kondisi memprihatinkan di atas masing-masing EO secara mandiri menyuplai sebagian kebutuhan kru sesuai kemampuan masing-masing.

Kondisi ini diharapkan bisa didengar, diketahui dan mendapatkan solusi dari pemerintah masing-masing wilayah di Tangerang Raya. Mereka diharapkan memberikan perhatian juga sesuai hak hidup layak warga negara sesuai kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah daerah, di mana kalangan EO telah mematuhi himbauan tersebut.

“Dan yang tidak kalah pentingnya pejabat berwenang segera memberikan dekresi perkecualian khusus apabila boleh kembali membuka kegiatan event burung berkicau di wilayah Tangerang sekitarnya dengan catatan tetep perhatikan protokoler pencegahan Covid 19 yang bisa dipatuhi pemilik EO bersama kicaumania,” tegas Ruslan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. Mudah2an ditindaklanjuti bukan hanya dilihat dan didengar oleh pihak yg berwenang, karena walupun ratusan ditangerang raya, mereka punya hak yang sama sebagai warga negara republik ini…, Bravo kicau mania 👍🙏

Komentar ditutup.