Perawatan simpel cucak ijo Temox andalan Om Rudy Jago (Karanganyar)

Cucak ijo Temox merupakan gaco mapan milik Om Rudy Jago, kicaumania yang bermukim di Jaten, Karanganyar. Beberapa lomba burung berkicau tingkat regional serta nasional pernah dimenanginya. Apa rahasia perawatannya?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cucak ijo Temox
Cucak ijo Temox andalan Om Rudy Jago.

Tidak mudah memoles burung cucak hijau atau cucak ijo, agar prestasinya relatif stabil. Tapi kalau dirawat secara telaten, termasuk rajin memasternya, hal yang sulit pun dapat menjadi mudah.

Hal ini pula yang dirasakan Om Rudy atau biasa disapa Koh Rudy. Dia memiliki gaco cucak ijo yang terbilang andal. Namanya cucak ijo Temox.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Di arena lomba, burung ini acapkali tampil prima. Cengkeramannya pada tangkringan sangat kuat, sehingga bisa berdiri nancep, sembari ngentrok jambul dan mengeluarkan isiannya yang terdiri atas lagu burung red siskin dan parkit, disambung lagu burung gereja tarung dan serindit.

Om Rudy Jago
Om Rudy Jago bangga terhadap prestasi Temox.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

“Setiap hari, sejak pagi, Temox saya dekatkan dengan beberapa burung masteran, baik red siskin, parkit, lovebird, jalak suren, maupun serindit. Semua masteran ini dapat direkamnya dengan baik. Terbukti setiap kali berlomba, cucak hijau Temox selalu tampil dalam performa terbaiknya,“ kata Koh Rudy.

red siskin
Red siskin, salah satu master andalan cucak ijo Temox.

Penampilan Temox yang konsisten membongkar isian membuatnya pernah Berjaya dalam berbagai even di wilayah Solo Raya. Gaco ini juga pernah berprestasi dalam Piala Raja, Paku Alam Cup, serta BnR Cup.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

burung masteran
Sepasang parkit cerewet juga menjadi masteran bagi Temox.

“Cucak hijau Temox sudah menjuarai berbagai kejuaraan lintas-EO (event organizer). Rata-rata masuk tiga besar,“ kata Om Steven, putra Koh Rudy Jago.

Keistimewaan lainnya, Temox mudah menyesuaikan diri dengan perubahan bentuk maupun merek sangkar. Jika ada even yang mewajibkan penggunaan sangkar merek tertentu, Temox tetap tampol prima.

cara merawat cucak ijo
Om Steven: Jangan pernah mengabaikan kebersihan sangkar burung!

Selain itu, tambah Om Steven, perawatan cucak ijo Temox juga terbilang mudah dan simpel. Setiap hari, burung diberi extra fooding (EF) berupa Jangkrik (3 ekor pagi, 3 ekor sore). Mandi cukup dua kali seminggu.

cucak ijo jawara
Om Rudy bersama sebagian trofi kemenangan Temox.

Kalau mau dilombakan, mandi dilakukan pagi hari pada Hari-H. Settingan EF diubah menjadi full jangkrik. Kalau musim hujan, burung biasa diberi ulat hongkong. (Agus Mitrorejono)

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.