Kalau sempat saja isi buku tamu yah…

Kalau nggak sempat, enjoy aja Bro..

Salam…

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

797 Comments

  1. Om dan tante penikmat kicau mania. Sya mau nanya ni. Terapi burung love bird dan kenari yg habis singkatnya jatuh gmn ya ? Love bird sya kelihatan stres sekali ngeruji terus. Kadang2 suka bunyi seperti menjerit. Tolong bantuannya.

  2. Assalamu’alaikum om & tante kicau mania se Indonesia, sekedar informasi bahwa kami boy_trophy menawarkan & melayani segala macam tropy untuk lomba, siap kirim via apapun, real no tipu2!!! PIN BBM : 5F740C5C, no. Hp : 081 554 470 649 AN. REZICA,
    Alamat kami di Dusun Bendo RT 06 RW 02 Bringinbendo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur-61257…
    Terima Kasih….
    Wassalam…

  3. Saya mau ksh info om beda jagal papua blorok jantan dan betina. Jagal blorok jantan warna bulunya didominasi bnyak warna hitamnya pada punggungnya,ukuran tubuh lebih kecil dr betina,bentuk kepala bulat meskipun dlm kondisi kedinginan bulu tetap terlihat bulat dan trakhir paruh lbh tebal dr betina. Sedangkan jagal betina bulunya didominasi warna putih di punggunnya dan ada warna putih agak kusam,ukuran tubuh lbh besar dr pd jantan,bentuk kepala jk pssi kedinginan dia berbentuk datar agak ada jambul d samping kiri kanan kepala dan paruh agak tipis/cemet d samping. Sekian dl om info berbagi burung jagal papua blorok. Andis/jepang pare.

  4. Terima kasih OM KICAU hari ini saya sungguh terharu…..ceritanya begini waktu itu saya beli MB bakalan tangkapan hutan, sekedar share saya beli MB bakalanya 175 ribu, sejak beli itulah sampai 2 bulan lebih saya rawat tidak ada sama sekali mendengar suara MB saya ini apalagi ngeriwik padahal perawatan harian sdh dilakukan sesuai prosedur pagi2 diembunkan kemudian dimandikan dan dikasih JK, kroto satu sendok, penjemuran 1 jam lebih tergantung cuaca, habis itu tak krodong, jam 4 sore krodong dibuka diangin2kan sebantar lalu dimandikan dan dikasih lagi jangkrik 5, jam 18.00 dikrodong dan dimaster, begitulah rawatan harianya, tapi selama 2 bulan itulah tiap hari, menit kemenit, jam ke jam selalu dipantau dan sungguh bikin kecewa karna tidak sama sekali bunyi apalagi ngeriwik, akhirnya tanya ke teman-teman sesama penghobi MB minta saran dan bantuan mengenai perawatan dan sudah dicoba dan dicoba dari saran2 temen2 saya, tapi MB tidak kunjung menunjukan tajinya, dan akhirnya sayapun sempat putus asah MB saya mau saya lepas tapi sayang banget, mau tak jual kasihan yang beli ntar malah kecewa, dan akhirnya kemarin tanggal 17 Maret 2016 saya browsing2 digoogle, nemulah webs yang nama OMKICAU, disnilah titik terang saya nemu obat TESTOBIRDBOOSTER (TBB), lalu saya langsung pesan salah satu kios di samarinda, dan saya sangat terima kasih sekali dengan salah satu pemilik KIOS di samarinda yaitu dengan Bapak PUJIONO sdh mau antar barangnya langsung padahal lumayan jauh,, dan kebetulan barangnya sisah 1, setelah barangnya sampe rumah malamnya langsung dicoba dicampur kroto, kemudian pagi tadi dikasih lagi sesuai anjuran, dan SIANG TADI hari sabtu tanggal 19 Maret 2016 MB saya langsung gacorcorr.corr.corr segacornya. sayapun langsung terperangah, kaget saking senangnya sangkar murai saya peluk aduhh sekali lagi terima kasih OMKICAU atas obat TESTOBIRDBOOSTER (TBB)-nya. mohon maaf ni om kicau curhatnya kepanjangan, namun apa daya hanya ingin mengeluarkan energi HAPPY saya malam ini..terima kasih OMKICAU semoga produk2 omkicau selalu sukses.

  5. web per-burungan yang sangat lengkap dan tips-tipsnya sangat mudah diaplikasikan.
    oh ya, mau tanya nih. apa pernah dengar atau mungkin mengetahui Burung Eko-eko? kata teman saya nama ‘Eko-eko’ adalah nama lokal, sedangkan nama Indonesia/nama latinnya tidak tahu. Mungkin di antara admin ada yang tau? Mohon informasinya. terimakasih.

  6. Terimakasih atas info dan tips Tipsnya Om kicau saya jadi banyak pelajaran yang saya dapat dari Om Kicau seputar burung peliharaan ,saya hoby sekali burung kenari ,tapi saya ada juga koleksi burung burung yang lainya, ,,,,Sukses selalu Om kicau Terimakasih,,

  7. met pagi, om
    sekedar mau tanya, saya ada rencana mau buka kios jual pakan burung dll, di daerah purworejo & purbalingga, minta referensi atau ada info yang jual pakan & pernak-pernik lainnya secara grosir dimana ya om, daerah solo – purworejo – purbalingga – Jkt

    TQ om lam_kenal
    085251409040

  8. Ass…
    Ijin menyimak isi Blog dari Om Kicau buat nambah wawasan saya sebagai pemain pemula dalam dunia hewan unggas jenis burung murai batu & cucak hijau. Salam hormat buat Om Kicau & rekan2 penghobi Burung.
    Wassalam…

  9. Salam kenal Om,,, mau coba menawarkan kandang burung ,bahan dari stainless atau kuningan.., atau perpaduan stainless dan almunium ,, job order sesuai order diusahakan bisa ,, terimakasih

  10. Selamat pagi om.. lama gak komen, mau menanyakan apakah ada pakan untuk anak LB/Parkit untuk di loloh induk dan loloh sendiri, karena saya lihat di katalog om kicau tidak ada. Berhubung susah nyari jagung muda, sedangkan anakan alhamdulillah sudah 21 ekor, jadi agak kewalahan saat jagung kosong. terimaksih om..

  11. kalau burung ukuran kecil, pemakan biji2 an kalau kami campur dalam satu kandang besar, apakah mungkin, tidak bertarung, mohon petunjuk dan saran

  12. selamat siang pak Aries Munandi , saya Rico wijaya dr medan sering ikutin blog nya om kicau ada sedikit pertanyaan tentang yg bp tulis mengenai omkicau.com/tag/silangan-kakariki-dan-rosella/
    kebetulan saya punya rosella jantan dgn kakariki betina yg pingin banget saya ketahuin hasilnya kakarella selanjutnya apa bisa berkembang biak lg . TQ

  13. Om Kicau,
    Perkenalkan nama saya Hamam, saya salah satu dari Komunitas penggemar Burung di Soroako Sulawesi Selatan….(600 km dari Makassar)
    Mau nanya kenapa Pleci Soroako ga pernah di publish siih….., hehehehehe….
    Padahal bunyinya lain dari Pleci yg sering muncul dipasaran…
    Semoga Om Kicau bisa jalan2 ke Soroako.
    Terima kasih and salam kicau.
    Disana ada sekumpulan penggemar burung bernama “KOKIS” Komunitas Kicau Soroako.

  14. Salam Omkicau mania ,..
    permisi Om, apa rekan2 ada yg tau kebenaranya atau sempat order ke Blog :http://frammas72.blogspot.com/ dengan biodata pemilik bpk chandra chan??
    sya sudah terlanjur transfer untuk order 1 ekor burung murai tgl 25 maret kemarin, setelah sya di kirim gambar dan no resinya ternyata kata pihak maskapai cargo tidak terdapat no resi tersebut?? sedangkan sya menunggu paket sampai sy telfon dan sms tidak ada jawaban,.. tpi no tetap aktif,..
    Mohon Bantuan temen2 dan senior
    terus terang sya Masih Pemula,…

  15. Dapat fasilitas internet diluar jam kerja kantor, sebelum jam 08.00, jam 12.00 ~ 13.00, website yg pertama kali sy buka ya omkicau.com. Suwun om DSC & team admin.

    • Ada beberapa yang bisa Anda hubungi, antara lain:
      1) Om Arif / Trisakti BF – Jalan Dwijaya 4, Radio Dalam Jakarta Selatan; Kontak 0812 8615 9518 / 0815 7435 6889 / Pin BB 7AOC2B2B; Website trisakti-birdfarm.com.
      2) Om Sutan / Mahkota Gallery – Jalan Terusan Mabes Hankam No 17A (depan Mabes TNI) Cilangkap, Jakarta Timu; Kontak: HP 021-93380805 / 081316779999 / 082123392333 / Pin 2B167EFB.
      3) Om Hendra Arrafa / Mazea Canary – Jalan Kartini (depan RS Kartini), Gg Mawar 6 RT 02 RW 03, Kelurahan Margahayu, Kota Bekasi; Kontak- HP 085694628500 / Pin BB 25C4B1D2.
      4) Om Bidin – Jalan Balap Sepeda No 25 RT 02 / R W 06 Rawamangun, Kelurahan Pulogadung, Jakarta Timur; Kontak: 0813 8365 5173 / 0877 8823 4357. Om Bidin juga buka jasa mengawinkan kenari. Anda cukup bawa kenari betina, nanti pejantannya YS impor atau sesuai pilihan Anda. Ongkos jasa Rp 500.000.
      Begitu Om Dellano, semoga bisa membantu.

  16. Setelah saya kunjungi website anda dan saya benar-benar menyukai tampilan dari website anda ini dengan materi yang dibahas didalam nya.Untuk kedepannya saya akan kunjungi beberapa waktu lagi untuk melihat informasi-informasi terbaru dari website ini.

    Terima Kasih dan Sukses Selalu

  17. Salam kicau,…(Info) desas desus anjok nya harga burung lantaran banyak yang beralih hobi menjadi batu akik? Teruutama untuk daerah sumatra selatan, penjualan burung kicauu menurun, beberapa latber pun sepi di pengunjung…
    (Prihatin).
    Ada solusi gak ya untuk para kicau mania, agar kicau mania tetap exist??

    Untuk omkicau.com, cara jadi agen dan info breding burung, alamat dan no yg bisa di hubungi koq gak ada??
    Tolong info.

    Salam kica, terima kasih Omkicau.com

  18. Malam boz,salam kenal…kunjungan perdana saya dan mau tanya gmana caranya budidaya burung glatik…??dan dimana menu download suara burung glatik batu bos…thanks

  19. Salam omkicau.
    Mau tanya nih om, klw blasteran merpati kipas (betina) dikawin silangkan sama merpati kipas asli (jantan). Apakah anakan nya bisa jadi merpati kipas asli, atw lebih condong ke induk betina yang blasteran,
    Trmksh.
    Slm santun sahabat omkicau.
    @ikal_liem
    Indramayu

  20. Selamat Malam, Kami ingin bertanya,apa betul ada breeder BnR Bird Farm yang berlokasi di Perum Istana Karang Asem Jl. Satria No. 21 malang, karna burung jalak bali yg dijual sangat murah????mohon infonya,trims.

  21. salam kenal om,nama saya edi,minta info tentang burung murai batu supak? apakah benar warnanya hitam putih? apakah endemik aceh? soalnya saya pernah lihat burung mirip murai supak….di daerah kab.bandung,klo sepintas sih saya lihat ekor panjang,bentuk tubuh/ukuranya sama dgn murai,hanya saja sering terlihat disekitar sungai,kadang dipohon dan diatas tanah…..,trimasih

  22. Semoga Bang Boy BnR baca artikel2 yg terdapat di omkicau.com, selain bagus sebagai acuan untuk kemajuan lomba2 BnR juga bagus sebagai perbandingan dalam menyajikan artikel2 yg tidak memuji diri sendiri dalam tabloid BnR. Salam kenari mania….

  23. Saya baru saja mendapatkan seekor burung hantu hasil dikasih sama seorang kawan, yang memang sudah lama saya pesan, tapi saya tidak tahu dari jenis apa? Saya pikir masih anakan karena patukan paruhnya belum terlalu keras, yang saya heran kok paruhnya terlalu lebar dan besar, tidak seperti paruh burung hantu pada umumnya yang kecil hampir seperti paruh elang

  24. maksih om tentang tambahan wawasan keburungannya, saya lagi cari suara burung katik/walik atau treron,ptilinopus, mungkin bisa bantu, maksih sebelumnya.

  25. salam kenal om ,,dan para pecinta flora dan fauna,,,,
    saya mau tanya om kalau bikin sangkar yg di gantung,di taruh di dalam rumah baiknya pakai apa ya?? kalau sangkar di taruh/di tempel di tembok sayang krodongnya om.. ada solusi gak om..klo ada yg murmer n kuat ya om,,heehe soalnya saya sudah coba mengunakan tambang juga tp kutus om… trima kasih dan mohon di bantu ya om..

    • bisa gunakan 2 atau 3 besi siku model ‘L’ ukuran 45cm x 20cm, bagian panjang 45 cm pada ujungnya diberikan ring/gelang tempat gantung, bagian 20 cm dilubangi 2 mata untuk dibautkan ke dinding (bisa pesan ke tukang las). lalu pasang ke dinding lebih aman dibor lalu dibaut buat posisi sejajar, setelah jadi pasangkan pipa besi sesuai jarak antara besi siku tadi.

  26. Salam kenal om,saya mau tany donk,saya kn blm lama bli kenari bahan 250rb,wrna kuning klo kta pedangny umur kira2 3bln,yg jd pertanyaan saya kenapa kenari saya koq bunyiny bkn ky kenari standar ya,malah ngeroll seperti burung blackthrout dan mozambik,bgs mana antara kenari standar sma kenari isian om,ap mgkn kenari saya berjenis kelamin betina sehingga bunyiny seprti itu,trma ksh bnyk om untuk jawabanny.

    • pastikan dulu jantan, cek kloakanya jika ada pen yang menonjol pertanda jantan. masalah materi isian tiap orang beda selera om. tapi kenari dengan isian BT akan menjadi lebih mewah saja.

  27. salam kicau…
    om..om… mohon maaf ni,aq mau nanya ni tentang seputar penangkaran burung kacer,,,
    saya punya burung kacer yg lg mengerami, tapi selma satu minggu ini si betina bolak balik turun,, pdahal ex food udah saya kurangi dri setelan ex food harian. mohon pencerahanya om…

  28. Salam kenal om, artikel-artikelnya dan tips mengenai burung bagus banget om, sangat membantu buat saya yang newbie didunia burung…thanx, sukses selalu om….

  29. Salam kenal dari saya pemula di dunia burung…dari iseng jadi hoby dengan bantuan OM KICAU….saya jadi paham ttg cara memelihara dan merawat burung kicau. Sekali kicau tetap kicau…MANTAPS.wasalam.

    • Om Kicau, titip salam untuk teman-teman sesama hobi kicauan di jogja yang sudah 5 tahun tidak ketemu, Mas Rony Stiga, Mas Totok Gudeg, Mas Nur, Mas Diko, mamat concat, inu dan teman-teman ex MR TO jogja

  30. Sam Ragil di Malang. Kami punya seekor burung beo. Karena suka berkicau, kami jadi ingin belajar menangkarkannya. Di mana kami bisa ikutan nimbrung ngrumpi dan mendapatkan bimbingan tutorialnya ? inang39(at)gmail.com

  31. Selamat HUT RI ke 67, MERDEKA !!! Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H, Minal Aidin Wal Faidzin mohon ma’af lahir dan bathin. Semoga terus berkembang SARANAnya dan memberikan ilmu” yg bermanfaat bagi hobiis burung hias dan berkicau. Maju terus Om DSC, MERDEKA !!!. Best regards : Anto45 KayuManis JakTim…

  32. Saya Aries dari Sunter
    baru mengeluti dunia burung sejak 22 Juli
    saat ini momongan baru MB A, Kenari, Pentet, AK & Ciblek
    selama 1 minggu ini selalu membaca dan mempelajari artikel om mengenai perawatan burung sampai pemasteran dan sekarang momongan saya sudah mulai berkembang baik suara dan fisik, thx banget dengan adanya web ini yang sangat membantu saya ^^v

    tambahan : om duto, kalo bisa.. di pasar burung dibuat galery atau tempat buat picture jadi waktu jual burung bisa sekalian ada foto/video nya agar lebih menarik ^^v

  33. selamet malem omkicau…salam kenal, saya Eko di Jakarta, masi ijo di dunia perburungan…mohon bimbingannya ya om, mulai tertarik ternak kenari tp masi bingung dgn modal minim bisa gak yah ?..

  34. Om,bisa minta lagu slisikan/sogok ontong/trisikan dalam format video boleh,mp3 jga gpp..soalnya bagus sekali buat master burung..di daftar suara burung om-kicau pun juga blum ada..tolong bantuannya om..thx before..lam KM purworejo.

  35. salam kenal om saya penggemar burung pemula
    setekah saya baca baca artikel om cukup membatu saya dlm melakukan aktifitas hobi saya
    salam kicau om
    b

  36. aku baru hobi burung om mf kalo banyak tanya,,,hehehe’ ternyata enak memelihara atau merawat burung,,,aku jadi rajin dan sering dirumah,,,biasanya aku jarang dirumah om

    ,,,makasih ya om,,atas infonya,,,,
    ateng maem kayu….
    tengkiyu

  37. Salam…..semua.
    Saya dari Aceh. senang sekali baca blog ini. semoga bisa juga jadi referensi bagi anak2. juga jadi inventaris, manatau kedepan banyak burung yang sudah tidak bisa kita lihat lagi di alam nyata ;-). semoga makin banyak PENANGKARAN !!!!!

    Saran saya…kalo bisa ada satu menu tambahan, khusus buat Foto-foto burung Indonesia. trims
    Salam 🙂

  38. MUANTAB om,setelah sy baca tentang sejarah hidup om,,menurut saya om yg seharusnya diwawancarai diradio itu, karna pendapat sy om adalah PRESIDEN di dunia perburungan,,.maju terus OMKICAU

  39. Salam Hangat Om…
    Nuwbie izin gabung…blog ya keren Om mohon di update untuk Info seputar Hobby Burung, sebab ortu saya sangat penggemar Burung Kicau…

  40. maaf om ganggu, saya pecinta burung kicau yg masih pemula om… setelah liat & baca2 sedikit yg ada di semua artikel om kicau, alhamdulillah saya sedikit lebih tau tentang burung kicau… tq y om

  41. terima kasih om kicau..
    dengan adanya blog ini saya yang pemula tentang dunia burung berkicau tidak salah langkah dalam membeli burung..
    salam kenal dari Orang Kuningan.. maaf saya belum bisa jadi member..

  42. Salam Kenal ya Om,
    Saya sangat senang Om berkenan mau mengunjungi blog saya, saya belum sempat menjelajah lebih jauh dan lebih kedalam di blog Om yang keren ini, (kayaknya banyak yang bisa saya pelajari dari blog Om ini) namun dari segi pandangan hidup saya punya feeling bahwa kita punya pandangan hidup yang sama ya Om, yaitu Keluarga. Bagi saya sih keluarga adalah segala-galanya, hingga saya mendapat segala inspirasi pun semua tetap berawal dari sana.
    Kesimpulannya saya sangat senang bisa berkenalan dan masuk kedalam bagian dari persahabatan dengan Om.
    Thanks ya Om….

  43. Terima kasih Om Kicau . . . ini dari doktersepedamagelang yg sdh lama hobi burung berkicau . . . salam dari Magelang. Sy bnyk download suara burungnya, suara Colibri dan LoveBird rombongannya dua jempol bagusnya :). ada bbrp usul nich . . . bgmna kalau lebih dilengkapi lagi suara burungnya . . . misal Murai Batu Kalimantan, Murai Batu Lampung, Suara teriak2 tepuk tangan peluit dll. di kontes burung tingkat Nasional yg sebenarnya, Burung Beo, Serindit, Pancawarna betina, dll burung khas Indonesia yg blm ada . . . sekian terima kasih . . .

  44. Om mau tanya boleh ya…
    Aku tertarik pakai theme yang om pakai jadi tak install saja, tapi commentnya kok gak aktif ya?
    aktifinnya gmn?
    Maturnuwun

    • Pakai self-hosting ya? Coba masuk ke pengaturan tema. Lihat di pengaturan ada tulisan “The Morning After” (di atas Theme Option). Setelah di klik pilih “General Setting”. Di sana ada opsi untuk “Post/Page Comments” dan ada 4 pilihan, yakni “none”, “posts only”, “pages only” dan “posts/pages”. Pilih saja “pages/posts”, lantas klik saja “Save All Changes”. Selesai.

  45. Terimakasih Om Kicau Dan salam kenal dari Saya Bro Edo dari Lampung
    Saya penggembar burung kicau dan keberadaan rumah dekat dengan salah satu Latpes Latihan berprestasi..(DELTA BIRD)….sekali lagi terimakasih atas informasi dan Free download Mastering dari OM kicau

  46. hallo om, sekarang harga burung trucukan atau orang kampung bilang crokcok berapa ya yang udah gacor banget gitu,, soalnya waktu kemaren burung trucukan sy hilang di curi orang, ntu burung ngoceh gak da berhentinya pagi siang malem,, apalagi kalo lg nyrecet bisa 1 jam gak berhenti2,,, lagunya n power n mentalnya jg bagus,,, isiannya banyak,,,,,,,,,,, cuma bwt perbandingan aja, berapa kerugian nya,,,!!!!

  47. mau ngucapin Terima Kasih buat Om Kicau untuk semua tips dan saran tentang burung Kicau..

    Sukses Om Kicau n Sehat selalu..

    salam

    Radensilver from Bekasi.. 😀

  48. Salam Dasyat Om Duto,

    Artikelnya sangat membantu sekali khususnya saya yg newbie kicauan…..Semoga ilmu yg bermanfaat di blog OmKicau jadi amal jariah didunia,Amin…Sukses Slalu ya Om…

  49. salam kenal 0m….

    saya punya anakan kenari sankist,gmn cara mastering nya 0m&ap aj master yg cocok…………

    maklum anyaran 0m…

    makasih slm dr Sby…

  50. Salam kenal 4 kicau mania di seluruh Tanah Air….semoga semakin bertambahnya peminat, penghobi dan pemelihara burung…tidak mengurangi bahkan merusak populasi burung di alamnya…saluut kepada semua teman yang hobi menangkar dan mengembang-biakkan burung2 klangenan….JANGAN SAMPAI KEINDAHAN KICAUAN BURUNG YANG KITA NIKMATI SEKARANG HANYA AKAN DINIKMATI GENERASI MENDATANG DALAM BENTUK KASET/FILE DIGITAL…SALUT juga untuk Om Duto yang mau menampung semua aspirasi hobiis terlebih njenengan juga sedang giat2nya mendorong hobiis untuk menangkar burung kesayangan tebukti dgn produk2 vitamin dan semacamnya yg anda buat…Salut untuk semua hobbiis di Indonesia…Thanks a lot

  51. Om ciri2 kalau bisa kita lihat langsung.bagaimana ciri2 Murai kalau lagi terkena penyakit cacingan dan gutuan..soalnya saya mau tahu om….????

  52. OM Boleh tanya gax,pakan burung Murai dan kacer tu merk apa yang bagus.Agar anakan burung Kacer saya dan Murai saya biar cepat berbunyi om..dan terhindar dari penyakit yg berbahaya

  53. salam..slamet siang Om kicau…..mau numpang banting harga nihh..lagi butuh duit.
    mau jual burung jalak suren jawa-jinak ,pinter,volume dahsyat ..nett.550+kandang
    kacer jatim..prestasi,volume okeee,mata dahsyat, nett 600.
    kacer jabar mantap,jinak,masih muda,isian banyak dehh nett 500.
    perkutut suara ngebangkok,body oke,tegak ganteng mahar 2.000.000.
    ayo yang suka burung kicau di tunggu secepatnya .HUB.08158974226.pondok pinang.

  54. slmt pgi om…
    slm knal… Sy erwin….
    mw tnya klo di kaki brng kenari sy ad luka sejenis kutil…ap bs smbh om…
    klo blh tw ap obatnya…
    trim’s y…
    sukses slalu…

  55. Assalamu allaikum om,,
    saya chandra-spanjang-sidoarjo,
    punya klangenan 2ekor cendet,3kenari,1prenjak….tp msh pemula,pengenx sih mau jdkan burung andalan tp ga tau carax…..jd mohon pencerahan dr smux infox….thanks banyak.

  56. Salam om kicau,,
    mohon izin memperkenalkan diri walapun tanpa undangangan/paksaan…..motivasi tambah teman skaligus wawasan yg lbh brmanfaat ttg burung klangenan….terima kasih…chandra-sepanjang 083831109479

  57. Assalamualaikum Wr. Wb.
    salam kicau mania..aq dari purbalingga om.tip2 masalah burung luar biasa…saya bnyk informasi tentang masalah burung maklum om pemula….

  58. setelah muter-muter cari kotak komen, akhirnya nyangkut di halaman ini. makasih om dah mampir di Baluran And Me. Blognya sangat informatif sangat berbobot.
    sama2 pecinta burung tapi memilih jalur yang berbeda, semoga nanti bertemu di satu titik tujuan besar: kehidupan burung harus lestari. sehingga orang tetap bisa menikmati kicauannya di alam bebas, dan penggemar burung berkicau bisa terus menikmati hobi ini tanpa harus menghabiskan stok alaminya :D. semoga makhluk indah nan lemah ini tetap menghuni rumah hati kita dan kita pun memuliakan mereka :D.

    salam kicau

    • Wah terima kasih sudah mau berkunjung. Hehehe, iya. Saya juga sudah sharing masalah ini di blognya Om Asman AP.
      Tentang Baluran… wah saya menyesal sekali nggak bisa ikut gabung Om Ige (Yayasan Kutilang) saat ikut kontes BirdWatching di sana padahal jauh hari sebelumnya sudah kencanan saya mau gabung tim dia.
      Kapan nanti, insyaAllah, saya pengin meluncur ke Baluran. Pasti asyik ya….
      Salam juga Om.

  59. Assalamualaikum Wr. Wb.

    om, salam kenal, nama saya Robby, saya tinggal di daerah tangerang selatan.
    saya mw nanya, om jual vitamin2 burung kaya:
    -Birdvit
    -Bird Slim
    -Fresh Aves
    -Bird Shout
    saya mau nanya apa kegunaan masing2 vitamin itu.
    trus kalo om jual, berapa aja harganya + berapa ongkos kirimnya.
    Saya di tangerang selatan

    Salam kenal.

  60. kenalan dulu om saya yanuar samba dr cilacap,,mow nanya om produk om kicau ko dicilacap ga ada ya om?? kl mow cr yg deket cilacap dmn??salam kenal dr wong cilacap

  61. Assalamualaikum, salam kenal om, saya pengemar burung baru, punya murai batu medan beli di bengkulu, karna saya kurang tahu burung saya beli saja sampai di jakarta paruhnya agak bengkok, tapi dia bunyi om lumayan banyak isianya om, tiap malem saya mastering, tapi masih ngeban he…he.., karna saya gak tahu sejarah burung itu sekarang seperti birahi tanda2 yg saya pernah baca dari blog om kicau, sudah saya kurangi EF mudah2an bisa normal lagi, bagi2 tips perawatanya om, saya tidak berharap banyak dengan MB saya yang sekarang yang penting bisa jadi burung rumahan yang gacor, “ngarep”

    salam hangat agung wibowo, jakarta, saya tahu kartosuro om

  62. Assalammualaikum…. salam kenal walau tak diundang ijinkan saya memperkenalkan diri unk dapat lebih banyak ilmu dari Pakarnya… haturnuhun…. zoelpanie padalarang-bandung 083821620244

  63. sugeng siang om,salam kenal…kulo saking tlatah diwek,wetanipun makam gus dur…matur nuwun sanget info2 ugi warta2nipun gegayutan kaliyan peksi lan sapanunggalanipun…mugi panjenengan tansah pinaringan bagas kasarasan,sampun bosen kaliyan udreg umeking komunitas peksi indonesia…nuwun..

  64. Nyuwun ngapuro om Duto..lagek sak niki ngisinipun…

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Saya dari Marga Asih Kab. Bandung, Asli Semarang

    Momongan Update saat ini :
    3 AM gericik smua ( satu Ring BALI warna Coklat ) Belum pada keluar ngeplongnya.
    1 MB Medan gacor lagi turun bulu ( punya penyakit gigitin bulu )
    3 KN gacor smua ( Warna : Merah muda, rutgal, gereja )
    1 CI gacor jinak lalat
    1 JS Malaysia gacor dijamin berisik tiap hari full ngerol.

    Matursuwun om Duto.

    Wassalamualaikum.

  65. Salam Om Kicau,,
    Terimkasih bnyak ilmu sya dapat dari artikel – artikel Om..

    maaf baca-bacanya duluan,,isinya buku tamu belakangan,,hehehe

    salam dari Blitar

  66. lam kenal……om kicau…dan para penggemar berat burung se indonesia…..
    minal aidin walfaidzin…mohon maaf lahir batin….
    top om kicau mah….

  67. Assalamualaikum Om Duto…
    Ak udah pke produknya Om Duto, hasilnya bagus Om… Malah ak ingin beli lagi niehh… salam kenal yah Om Duto dan seluruh pecinta burung lainnya….

  68. Met mlm om…salam kenal
    maaf om br bs gabung dah lama sich ngikutin perkembangan klub burung walaupun cuman ngintip doang.terima kasih dgn adanya web ini.semoga tambah sukses om.

  69. kulo nuwun……, saya sudah nyusup…….. nuwun sewu…. salam kenalan……. saya pingin belajar nangkar burung yang sederhana dulu saja ….. baiknya burung apa ya…… walaupun dari muda sebenarnya pingin bisa nangar jalak putih….. kalau jalak putuh gimana pula cara menangkarnya dan juga dapat bibit awalnya…. trimaksih salam hormat saya…. salam Usye

  70. SALAM KENAL SAYA DIMAS dari lampung….saya coba ternak kenari lokal dan cukup lumayan……..tapi saya ingin coba ternak kenari import yang asli indukan bukan campuran…dmana ya om nyarinya…….karean saya ingin punya peternakan kenari dgn darah asli bukan campuran….tolong infonya nya om

  71. thanxxxs buat om kicau, atas informasi dan pengetahuannya tentang burung anis merah.
    info yang saya dapatkan sangat berguna dan penerapan hasilnya perfect banget….

    salam kicau mania (MANUK IKU PENTING)

  72. salam kenal OM DOTO kesasar ni ampai disini.. tp nyasar membawa berkah.. pas bangt saya pn klangenane burung kicauan.. Om saya py MB lokal RIAU saya sbt lokal krna saya dpt di riau dan almt sy jg riau..hehehe yg sy tanyakan.. MB sy kemaster ketilang apa itu mempengarui penilaian kontes Om..dan apa bs di hilangkan untk jawab,annya saya ucapkn trimakash. sukses buat OM DOTO

  73. salam kenal om Duto….
    saya penggemar burung baru.dengan adanya blog burung ini bisa nambah wawasan ,nambah persaudaraan dan yg terpenting nambah PEMASUKAN hee….. heeee

  74. salam kicau om,semoga tambah sukses..
    udah lama ngikutin perkembangan om duto tp baru bisa gabung sekarang..hehee
    salam kenal buat om2 yg senior..
    salut buat om duto..

  75. ass terima kasih om atas artikel artikelnya, jadi menambah wawasan kicau mania. Untuk selanjutnya berita ttg kicau mania terus up date pasti ok banget. oy om saya termasuk murai mania tolong artikel ttg murai lebih dibanyakin ya om. Dan minta alamat peternak murai dijakarta donk om . bravo kicau mania bravo murai mania

  76. sugeng siang om matur nuwun, arkel – artikel saking om kicau nambah wawasan kulo kangge ngerteni macem – macem jenis manuk lan perawatane sing pas.
    mughi penghobi lan om kicau selalu jaya lan laggeng selalu

    bravo
    dari Rizal Lampung

  77. manstab om…banyak ilmu yg bisa didapet, maklum newbie dlm dunia perkicauan hihi 😀
    semoga artikel n sharingnya bisa diupdate terus….
    thanx beraaaat om ^_^

  78. om,

    saya sering cari threath & other refference untuk hobby saya (own: MB, AK, AM, KC pc ) di blog ini, tp br isi BK tamu sekarang, selama ini saya enjoy dg artikel & other yang ada di blog ini dan sangat membantu for all-nya,

    salam
    Joko

  79. Kebetulan saya juga penggemar burung berkicau. Sangat beruntung bisa mampir ke omkicau ini. Semoga tambah teman dan wawasan tentang hobi burung berkicau.

    Salam profit @ sadidahfx

  80. met kenal om, katanya kalau burung tangkapan hutan kena pengait biasanya kgk mo makan, cb dipancing aj th penjual nya dengan memberikan jangkrik dengan alih2 biar mo bunyi. thks mohon koreksi klo ad kesalahan

    • Tetap banyak yang mau makan Om. Burung kadang juga terlihat masih giras/ tidak kesakitan. Tetapi tahu2 setelah terjadi infeksi (bahkan ada yang tahan hidup terlihat sehat sampai 3 bulan) burung langsung “brek” mati.

  81. mat sore om dan juga penggemar atau penghoby burung yg sujka buka blok ini.
    salam kenal dari saya hajir berasal dari bakauheni lampung selatan
    artikel yg om ytulis sangat membatu.
    trim’s
    wasalam

  82. Salam kicau indonesia.
    Artikel Mas Duto amat sangat membatu saya sebagai pemula hobbies burung kicau. Berawal dari burung piaraan klangenan orang tua akhirnya benar benar merembes dalam jiwa ku setelah usiaku menginjak kepala empat sekarang ini.
    Sebagai pemula…dan hobbies…terimakasih banyak buat on duto yg tlah banyak memberi pelajaran seputar dunia burung.

    Salam,
    Bambang Suryono di Kudus

  83. adx cargo melayani pengiriman segala jenis live animal ke berbagai wilayah nkri hub 081231669958
    081938007758 ivans

    adx cargo pabean asri estate k14 pabean sedati. 61523 sidoarjo

  84. Lagi “ngangsu kawruh”……pengen belajar usaha penangkaran burung kicau, masih beum rampung mbaca2nyah……matur nuwun nggih Pakde.

    Salam,
    Ichang – Sunter Jakarta Utara

  85. wah, mas info-infonya amat sangat membantu sekali u/ saya pemula kicaumania.
    berguna sekali untuk hoby juga u/ skripsi saya !! ^_^ ..

    tapi mau tanya nih om, metode penangkapan burung dari alam untuk ditangkar nama’a apa yaa, n penjelasan’a ada juga ?

    ada tulisan mengenai itu juga ga yaa ..?

    _makasih_salam kicau mania dari Bekasi.. .

  86. Salam Om sy pecinta burung tp maih pemula….
    mohon bimbingan om kalo buat betina Kenari ys susah betelor kenapa ya om..??
    atau barangkali ada menu makanan tmbahan..?
    reim untuk pencerahanya…

  87. Selamat Siang…..
    Met kenal Om Duto, para kicau mania dan semua pengguna Blog ini. Nama saya Edy Juan Mandyra, Hidup dari Kota Reog lalu hijrah ke Kota Pahlawan
    Maaf Baru bisa ngisi Buku. Karena keasyikan, keanakan, keseriusan.. etc dalam buka2, membaca, mempelajari semua artikel2 punya om jadi baru sekarang sempatnya He…he…he…
    Terima kasih pada Om Duto semua info2nya

    Wassalam,
    Edy JM

  88. Betah menjelajah alas rimba belantara omkicau.com
    Sambil nikmati bergelas2 kopi dan sebungkus kretek.
    Melihat2 aneka burung kicau, dengar suara kicau burung
    Gemericik airnya laksana pengetahuan yang terus mengalir

    Betahnya menimba ilmu di rimba ini membangkitkan semangat baru
    Entah kapan bisa berjumpa dengan sang pencipta rimba ini.

    Sementara hanya bisa ucapkan Salam Kenal Om.Kicau
    Terima kasih banyak Om, artikelnya saya copas buat web saya. Hehe.!
    (Sumber dan link tetap terhubung ke omkicau.com)

    Tidak lupa : Salam kenal buat kawan2 semua !

  89. kulo nuwun om duto, sak derenge kulo ngaturaken sedoyo kalepatan,, mpun nderek tumbas momongan woten lapak ipun om duto, tpi nembe nderek ngisi buku tamu…he..he..he… Kulo mulyanto pacitan- lorok matur suwun om ………

  90. salam knal om…saya dr bangka
    belitung mau sdkit tanya om bgai mana biar burung kolibri main nya diem gak nempel ke jeruji dan apa saja isian untuk kolibri om?tanks om kicaw

  91. ini tanda tangannya dimana ya? … kayak buku tamunya manten aja pake tt. Apa kabar om? mohon maaf klo baru ngisi buku tamu sekarang, padahal sdh save as artikel… btw thx ya om.

  92. om mau tanya kenapa KC sy klu nangkring selalu menggunakan 1 kaki….,KC tersebt sy dapat br 2 minggu dr para pemikat dan msh liar….trmksh atas penjelasan nya om…..

  93. Salam KM OM DUTO…..sy punya CI dan KC baru 1 minggu dr Hutan di Kepulau an RIAU…dapatnya juga di jebak pakai getah , lumayan liar om….sy sudah banyak baca Wejangan 2 dr OM DUTO….dan baru beberapa minggu lumayan jinak juga tuch..CI – KC nya….trims OM DUTO atas wejangan nya…
    Trims.

  94. mau tanya, saya punya burung katanya sih cendet emas, tapi saya cari di situs int. tak da yang menyebutkan jenis ini. Bagaimana menurut om kicau?

  95. Siang om Duto,
    Mampir bentar, ada waktu OL 1 jam, mklum buruh pabrik he he he
    Mksh BirdMoltnya om, MB sy yg susah lpas ekor n sayap, 4 hr pake, hr kedua lepas ekor pjng 2, hr ke 4, lepas lg yg pendekan 2, tdnya dah nyerit, + bulu syp jg mulai rontok, sory sy ngga promosi tp mang kenyataan.
    Thx om Duto.

  96. Bermain burung indentik dengan hobiis melestarikan burung indonesia, pada umumnya.akan tetapi dengan catatan ;tdk mengeksploitasi burung dgn sekehendak hati ,saya sangat prihatin dengan penangkapan burung tanpa mengindahkan sarat dan ketentuan hati.seyogyanya bagi para pejontrot2 burung di hutan agar melepas tangkapan anakan burung utk keseimbangan ekosistem hati anak cucu kita di kemudian hari kelak..tak bisa saya bayangkan kesdihan hati saya apabila anak cucu kita di jejali dgn komik bergambar yg menceritakan keaneka ragaman burung nusantara,yg sekarang tinggal kenangan.semoga tulisan saya dapat menjadi referensi.bagi para penangkar burung utk lebih semangat dalam menghapus gambar komik di atas.

  97. LOMBA BURUNG TEMANGGUNG FIESTA 2010 DI ALUN2 KOTA TEMANGGUNG TGL 28 NOVEMBER 2010,MENGHARAP PARTISIPASI DARI REKAN2 KICAUMANIA SELURUH INDONESIA UNTUK DAPAT IKUT SERTA DALAM LOMBA INI,TIKET GOSOK.

  98. salam kenal om,
    saya herman lu dari karawang, ingin gabung di forum “omkicau”
    sekalian mo nanya sama om duto :
    sebulan yang lalu saya beli MB medan kondisi belum tumbuh bulu ekor, sekarang sudah tumbuh kuranglebih 5 cm tapi sayang bulunya mulai rusak bergaris-garis dari kiri ke kanan (seperti dimakan kutu) kira2 penyebabnya apa? dan obat produk omkicau apa yang cocok untuk kasus tsb di atas?
    terimakasih atas perhatiannya. fr. herman lu karawang

  99. Salam KM Om..
    Saya punya TL lolohan, tapi ga tau Jantan apa betina nya,.. warna birunya blm nampak,, apa bisa diketahui jns kel nya, meskipun dari bentuk tubuh?? walaupun bulu ekor blm tmbuh?
    makash sebelumnya ya Om…

  100. Lagi nyari suara Love bird, eh…ketemu omkicau……salam om…..keren juga ni web…..makasih banyak….suara lovebird yang aku download..keren juga….., dirumah aku ada pentet 2 ekor ( gacor semua ), 1 ekor kenari ( prestasi ) 1 ekor Lovebird ( baru dapat, suaranya pendek pendek cuma rajin diulang ulang ) 1 ekor Branjangan ( dulu bunyi, sekarang belum mau bunyi lagi, gara gara ganti tangkringan dan pasirnya )
    buat temen temen penggemar burung berkicau……saya mohon ijin bergabung dalam web ini. begitu juga buat omkicau….maksih ya om…by sonny.

  101. minal aidin walfaizdin maaf lahir batin bagi yg pnya blog om kicau dan smua pengunjung setia blog ini.met hari raya idul fitri smoga di sucikan diri kita kembali.salam sukses slalu kicau mania.

  102. Buat Om Duto dan temen kicau semua….Selamat hari raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan Bathin….kalo ade sale-sale kate ma perbuatan ane yg kurang berkenan ane mohon di maapin…..Amin…

  103. MET IDUL FITRI OM…. MAAF LAHIR BATHIN YAH, MBOK ADA SALAH SALAH KATA SELAMA INI JG KESALAHAN YG LAENNYA, SUKSES WAT SEMUANYA SEMOGA BERKAH & MJD ILMU YG BERMANFAAT WAT SEMUA, AMIN

    ANAN & KELUARGA

  104. SAUR.SAUR.SAUR……………..???ntr jgn lupa ngembunin burung,tp ati2 awas maling N kucing.sekalian mau ngucapin”SAKIT KEPALA MINUM KONIDIN”,”KALO EKO BANYAK SALAH TOLONG DI MAAPIN”,”MINAL AIDIN WAL FA IDZIN”,”MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN” utk om DUTO n keluarga+kicau mania se-INDONESIA met hr raya idul fitri,ngucapin duluan takut nggak ad wktu/sibuk?MAKASIH

  105. kan berkat nasehat blogging Juragan jg.. gak bisa bertahan lama juragan.. soalnya saya males update blog.. gak kaya juragan yang teratur updatenya..

  106. salam kenal om,sumpah ni blog keren abis,sangat sempurna untuk orang2 yg baru belajar seperti saya,kl bisa di tambah lagi jenis burungnya dan cara perawatannya,sukses ya om

  107. utk om DUTO dan keluarga,N para kicau mania senusantara ku ucapkan met mnjalankan puasa.smoga amal ibadah kita d terima 4JJI SWT,amin……………………………….. salam: eko KUDUS

  108. Halo Boss…. lama gak jumpa…. baru liat ini web, tadi baru nyari pakan yang jooss buat tombro. Eh ketemu web ini…. Apa kabar nih….. Kita di Solopos (Saya, Putut & Pak Ferdy) udah mancing mancing. Boros buat umpan terus ndak ada yang nyankut. Mau coba resep pakannya njenengan, semoga berhasil….. Salam buat semua saja. Nanti kalau ada masalah bisa dibantu ya.. bosss…. mancingnya masih jalan kan…..
    Trims….

    Jokomac

  109. selamat sore om. saya ikut gabung lagi dan sangat senang dengan adanya thread ini terutama pasar burung dan produk dari om duto. tks. salam untuk kel. tks

  110. salam kenal om. makasih infonya emang site ini weh…weh…weh hwebat top markotop soale lg demen belajar menangkarkan momongan MB ama kacer om.. tks bgt…

  111. salam kicau mania, saya punya anis merah kalau dirumah birahinya bagus, tetapi kalau udah dibawah kelapangan lomba birahinya drop, maksuk saya burung mau bunyi tetapi tdk mau teler, kepada om2 yang udah lama merawat burung minta tolong dong sulusi burung saya biar bisa teler dilapangan

  112. Assalamualaikum wr. wb.
    Salam Kicau Mania,
    Saya sebagai penggemar burung ocean selalu berangan-angan untuk standarisasi penilaian secara nasional, sehingga dalam laber maupun lomba juri dapat menilai sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PBI, sehingga didalam mencari jagoan atau burung kita tidak kesulitan. dengan standar penilaian maka dengan otomatis juri harus bersertifikat, juri tingkat laber dan lomba juga harus memiliki sertifikat yang berbeda sehingga dapat membedakan antara lomba maupun laber. dengan demikian kita sebagai pemain dapat mempercayai yuri maupun burung yang kita miliki kemampuannya sesuai dengan standar yang ada.
    Demikian usulan saya semoga dapat menjadikan introspeksi PBI maupun pihak-pihak terkait.
    trimakasih atas perhatiannya,
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  113. Salam kenal????…. mohon info nya om sy punya burung AM udh 1thn d pelihara tp tiba-tiba salah satu matanya mirip katarak apakah ini penyakit umum pd burung AM ?thx

  114. wah3…….salam kenal om duto…saya bru maen AM,krn info2 artikelx om duto saya jadi tahu banyak tentang AM.jadi bs dipraktekin di rumah tips and tricknya….he3..terima kasih banyak om duto atas artikel2 yang sieeeeeeeeeeeeep and ciamik.salam

  115. Mohon informasi apakah dimungkinkan agroburung memberikan materi pelatihan misalnya untuk para calon pensiunan di instansi suatu instansi? Apabila dimungkinkan mohon diemailkan untuk memberikan gambaran mengenai materi yang akan diberikan, durasi waktu yang dibuutuhkan untuk pelatihan, biaya, dan sebagainya.
    Kami tunggu kabarnya.

    Salam

  116. Wach..Salam kenal nih buat Om,terus terang nih saya masih baru dlm dunia perburungan,blm mengerti ttg burung kicauan,tp syukur dan terimakasih buat OM,atas ilmunya,sekarang saya mulai sedikit dunia berkicau.kebetulan tar hbs gajian sy mau cari MB kalou bisa sih bakalan medan…sekalian mau ngetes teori dr OM.makasih banget and suxes selalu.

  117. Blognya cuakep amat…… bravo
    Mau nanya : Pleci supaya ngerol apa mesti rutin dimandiin sama dikasih buah/pisang? Padahal dr pisang dilatih supaya full pooor…yg bener gimana Ooommmm. Terimakasih

  118. 5 poin plus plus dari forum ini :

    1. tambah ilmu bukan malah kena tipu
    2. tambah pinter bukan semakin keblinger
    3. tambah cinta bukan jadi merana
    4. tambah sayang bukan malah di tendang
    5. tambah teman bukan lawan

    salam …

  119. Met malem oM…
    oM Saya Penghoby segala jenis burung,Di rmh ada 16 kndang + kNdang tampungan,setiap Pagi S/d Sore Saya selalu menjebak burung di Pohon belakang Rmh Saya & Hasil nya cukup Lumayan…
    Saya Ingin mnambah momongan lagi klo bisa Kakatua anak & Nuri anak,tolong ksih Imfo nya om,tx.

  120. wah,,maaf,,saya belum isi buku tamu Om kemaren,,,hehehe
    saya Andy om,,,,

    saya penggemar burung,,
    terutama jenis paruh bengkok,,,
    baru mencoba menangkar beberapa jenis paruh bengkok juga…

    saya sangat senang,,sekarang sudah ada yang bahas paruh bengkok Lokal…
    semoga berkembang Om,,

    salam kenal…
    thx

  121. Papa ku juga hoby melihara burung Om

    sampe’ rela cari makan burung ujan-ujanan kalo dia lupa.gak inget kalo pelutny sendiri blum diisi makanan

    suka ditegor tapi malah bawel …ckcckck

    Jadi inget papa heny yang jauh disana

    Salam kenal ya OM 🙂

  122. om Duto apa obat merek andriol itu hormon? kalo iya jenis hormon apa ya? saya suka neliti kebiasaan burung jadi seneng sama tulisane om Duto walaupun sekarang ga pernah lomba tapi masih pelihara beberapa ekor kicauan di rumah. saya yg sdh agak paham masalah burung ngurak… intinya adalah burung ngurak yg terbaik adalah jika bulu lama lepas krn didorong pertumbuhan bulu baru.

  123. prmisi om sya mau nanya klo bli MB spsang brpa ea om kt,a dijogja ada 1,5 jt siap brtlur n klo sya brmnat bgaimna cra pngriman MB,nya trus untk dna,a gmna??

  124. Met pagi om. Gimana kalau para member diadakan jumpa fans kicau mania.Kan lebih asyik gitu. Itung2 bisa langsung lihat produc2 om kicau. Kalau boleh tanya dimana rumah om kicau.Salam manis untuk kicau mania.

  125. bang saya mau tanya ,saya punya 3 pasang love bird knapa burung love bird saya gak produksi,padahal sudah induk dan siap bertelur dan saat bertelur gak menetas.

  126. Salam kenal om duto, yang namanya supit udang pada burung LB saya kok masih bingung,jadi kesulitan untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina ?, dan selain supit udang cara apa yang paling ampuh untuk membedakan antara jantan dan betina karena saya sangat awam masalah jantan dan betina , saya nantikan jawaban om duto, trims.

  127. salam kenal saya aan di sumatera ( bengkulu)
    gimana om cara merawat kenari untuk ikut lomba…..
    mohon di bagi pengalaman secara detail…..
    maksih Om….

  128. Lam kenal semua……….
    saya dari cilacap, tinggal di bondowoso, kerja di kaltim……hehehe…..bingung ya
    saya lagi mulai untuk cari beberapa momongan yang bagus dari temen-temen disini…..
    salam kicau mania……….

  129. Ass Wr. Wb
    salam knl ya om….semoga sukses sll..
    saya dari ngalam dan masih awam tentang burung.
    makasih ya om udah bagi2 ilmunya, jadi tambah bergairah untuk merawat burung supaya jadi burung jawara.
    salam kicau mania.

  130. met malem bos, saya rada penasaran tentang perawatan burung bakalan hutan yang baru dibeli dari pasar soalnya kadang berhasil ( g sampai mati) tapi g jarang juga mati..gimana yang tips yang jitu utnuk perawatannya agar meminimalisasi tingkat kematian

  131. salam knal……saya dari riau!!
    ada yg minat nampung kacer.. kbtulan lg ada stock!!

    klw ada yg minat… kirim email aja ke:….

    thanks.

    Catatan Om Kicau:
    Mohon untuk jual burung sebutkan secara spesifik nama dan kondisinya. Untuk iklan yang hanya bersifat “pengumuman”, mohon diperhatikan tata cara dan aturan mainnya di pengantar halaman ini. Salam untuk Om Arnov…

  132. hallo, salam kenal….om kicau….. saya punya jenggot tapi dadanya abu2 lebih dominan… suaranya tembakan kapas tembak dan robin cewe …. suara srek-srekan cucak jenggot tidak serajin tembakannya….. badan burung dan ekor panjang, jambul tinggi…. kata orang jenggot medan ? bisa buat lomba ngak om ?

  133. slam kenal om,saya eko dr kudus.mau tanya nh om,aku kn puny lovebird isian cuck jnggot.pdhl hrianya tuh rajin brkicau smbl nembak2 suara jenggotan.tp knp pas tk bw LATBER cm ngekek aj nggk mau kluar suara matery.gmn supy suara jenggotannya bs keluar.MAKACIH…..1000X.he.he.he???

  134. assalamualaikum….
    salam kenal Om Duto,saya pemula dr Cibubur….situs Om kicau ini sangat bermanfaat bgi kami2 yg bru terjun di dunia hobi,yg khusus’y BURUNG KICAUAN…walaupun saya blm pernh ikut lomba,cma untuk rumahan saja…tp krna isi dr situs ini mengupas banyak hal dr soal mabung/macet bunyi/bangong/cra penaggulangan’y dll,saya jd bisa tau untuk mengatasi msalah yg ada pd burng2 saya di rmh…mohon bantuan/pencerahan/nasihat bgi kami para pemula BURUNG KICAUAN y Om…trim’s
    salam kenal….Asslamualaikum…

  135. SIANG OM

    TANYA DONK…
    TENTANG TLEDEKAN LAUT BISA JUARA NDAK….

    ADA TIPS MERAWATNYA NDAK

    MATUR NUWUN
    SIANG OM TANYA DONK… TENTANG TLEDEKAN LAUT BISA JUARA NDAK…. ADA TIPS MERAWATNYA NDAK MATUR NUWUN

  136. Salam kenal om Duta.
    Saya beli AM anakan, sekarang udah 4 bulan, belon tahu jantan apa betina, tiap hari dirawat dan dimandikan, kondsi sehat, makanan top song (ex.food. jangkrik, cacing, pisang kepok),
    Kira2 kapan bisa ngriwik? dan sudah benarkan saya merawatnya? Trmksh.

  137. maaf om Duto mau nanya nih, apakah om-om yg masuk daftar top breder dan top broker orang yg sangat bisa dipercaya (maaf bukan maksud berprasangka tidak baik ), dalam pengertian lain apakah barang yg kita beli sesuai dengan kesepakatan/ pesanan yg telah kita sepakati ? sekali lagi saya mohon maaf om yg sebesar -besar nya bukan maksud untuk tidak mempercayai tetapi hanya untuk mawas diri

  138. assalamualaikum om salam kenal saya siswanto asal dari kendal,saya sangat berterima kasih sama om melalui artikel om duto saya banyah belajar tentang memelihara burung walaupun sekarang saya tidak punya momongan sebab sekarang lagi menjadi buruh di negri gingseng tp dulu waktu di rumah saya punya mb,saya sangat senang dengan artikel artikel om membuat saya tahu banyak tentang burung kicauan insya allah bila pulang nanti saya pengen memelihara lagi,makasih om atas artikel artikelnya,semoga om berkenan berkenalan dengan saya matur sembah nuwun om

  139. Assalamualaikum…om….

    Maaf nih, numpang kenalan…Saya Subhan dari Negeri Tsunami…pengen kenalan sama om., Karena saya tertarik untuk mendengarkan berbagai kicauan “burung” milik om kicau. Di Aceh memang udah mulai banyak para hobiis yang memelihara berbagai jenis burung. namun untuk penangkar burung, khususnya jenis MB masih susah. Mungkin om bisa bantu memberikan info, dimana bisa kita peroleh MB bakalan di Aceh. Maklum, saya masih pemula. Trim. Salam kenal.

    Subhan

  140. Salam Kenal Om/ Bang. Saya dari Rembang. Om bagaimana cara memilih Induk Kenari yang bagus & siap Bertelur???????? Apa Ciri2nya?????
    soalnya saya sudah punya burung Kenari hmpir 2Th ngga pernah berhasil. Padahal si Pejantan sering Gacor & si Betina juga sudah Dewasa & lebih dari 2 ekor. Jangan2 Pejantannya yang mandul???

  141. Salam kenal Om,sy lg mncoba mnangkarkan spsng MB bbrp bln yg lalu,tepatnya bln Januari,brhasil mnetaskan spsng MB yg sehat,syng penetasan kedua dan ketiga gagal gara2 pohon rindang dekat kndang tngkar roboh akibatnya suhu skitar kndang tankar jd brtmbah panas,akhirnya sy coba kasih paranet tepat diatas kndang,skrng lg nnggu penetasan yg keempat.spsnng anakan prtama skrng usia dah 2 bln,dah bnyk orng yg nawar Om,terakhir kmrin da tmu mo tukeran ma Anis merah teler shrg 2 jt tp sy tolak,soalnya pngin kupelihra smpai gede,ntar spt apa hsl trnak sy.Dgn prkenalan ini sy pngin bljr bnyk dr Om yg ttntunya sdh brpengalaman dlm dunia perburungan.

  142. Menarik banget om ulasan maupun tulisannya..Smoga bisa selalu update yach..ga banyak lho yang bisa mengulas sedetail dan sebagus om..Ok deh sukses selaldan makin banyak kicaumania yang dateng…Salam kenal

  143. Assallamualaikum Om Duto.
    Maaf br sempat msk ke sn.
    Salam Om2 sma.
    Odamz dr Kampung,kota kecil,Banjarnegara,pgn informasi dr para Kicau mania Nusantara.
    Smga kehdrn Qta disn dpt berguna.
    Salam,kicau.

  144. halo om mau tanya sy punya MB g tau lmpng apa jmbi tp klo bunyi dadanya bulat,trus skrng dy jrng bunyi sekalipun bunyi hanya sekali aj beda wktu sy pertama bli di psar gacor mnta ampun, gmna solusinya om??

  145. Hallo om gimana ya agar love bird sy bisa engkek panjang jika di lomba,serta bisa figter di lapangan…..oh ya nih om cucak ijo saya ini kok mabungnya seperti murai batu ya…brol semua kepalanya…serta sayap brol banyak..gimana ya apa perlu ekstra fodingnya di tambah..thk om

  146. Salam kenal Om…saya tinggal di Depok
    Sebelumnya saya minta maaf karena baru sekarang isi buku tamunya habis keenakan baca2 artikel yang mantab he..he..semakin menambah pengetahuan apalagi di tambah dengan adanya pasar burung jadi tahu harga pasaran burung sekarang,maklum udah lama enggak piara burung jadi pengen lagi neh..
    Ok sukses selalu buat Om ..jangan marah nanti kalo saya sering tanya2 ya..

  147. Apa kabar mas duto..
    Te-O-Pe banget deh blognya :mrgreen:
    Wah, itu Page2-nya banyak juga ya.. di jadiin dropdown menu aja mas biar tambah keren…

    Oke deh mas.. tetap semangat dan tetaplah trus berkicau 😀

    Salam.

    • Walah, terima kasih.
      Kalau pakai dropdown banyak dikeluhkan teman-teman yang ngakses pakai HP nih Om.
      Katanya harus kebanyakan ngeklik, hehehe.
      BTW, sekarang web/blognya apa/mana? Kasih tahu dong…
      Salam…

  148. sore om, Sore Semua

    Mohon bagi ilmunya,
    Saya Punya AK muda, sebelum mabung burung ini rajin ngeriwik di siang hari, setelah mabung burung ini mulai males/jarang ngeriwik, tapi memang sudah mulai ngenplong & mulai belajar berkicau, cuma kenapa ini dilakukan di pagi hari kisaran jam 3 – 5, lewat dari jam sampai siang burung ini terkesan ogah bunyi, apakah ada yang salah dalam perawatan mohon informasinya, Terimakasih

    Perawatan nya

    pagi jam 05.30 : mandi, setelah mandi kasih jangkrik 5 ekor, saya gantang di teras yang kena sinar matahari, sampai jam 08.30 – 09.00 (karna harus berangkat kerja). Sepulang kerja malam jam berapa pun saya mandi’in lagi trus kasih jangkrik lagi 5 ekor

  149. saya amat tertarik dengan pengalaman yang luas tentang burung, kalau boleh saya ingin tahu dimana saya bisa beli indukan kacer, saya pingin coba menangkarkan… trims

  150. saya bingung om dengan warna bulu pada dada MB karna ada yg bilang berpengaruh pada mental MB tersebut apa bener tu om ???

    trus apa beda Mb yg bulu dadanya lebih menguning dengan MB yg bulu dadanya kecoklatan ???

    maaf om masi pemula dan udah banyak tanya . . .

    aterimakasih om sebelumnya . . . .

  151. Salam kenal OM Duto

    mohon maaf sebelumnya, baru posting langsung banyak tanya

    1.Mohon infonya berapa kisaran harga anis cendana gacor?
    minggu lalu saya ngeliat AC gacor abis di salah satu kios burung di jakarta, mo coba nawar masih sungkan karna belum tau kisaran harganya, maklum masih pemula, mohon infonya dari senior2, terimakasih

    2.Beberapa waktu lalu Saya coba beli anis bakalan ( usia burung kisaran 9-12 bulan )di pramuka, kata penjual si ini burung bekas bunyi dan laki, H + 1 dirumah burung AM mau langsung ngeriwik kasar dan ngelagu saat denger kacer bunyi, dan rajin ngeriwiknya, tapi saya pernah lihat AM ini ngecir tapi nga sampai lama dan badannya tidak nekuk, pertanyaannya om, AM ini laki tau Pere, trus kalau AM pere itu bunyi tau nga?

    terimakasih

  152. salam kenal om,
    saya tertarik dengan burung murai batu,
    minta tolong dong om gmn cara pemeliharaan MB yg baru saya beli dari pasar burung agar mau makan voor n biar ngk strees . . .

    terima kasi sebelumnya om

  153. Salam kenal Om.
    Saya memulai ternak lovebri 6 Nop 2009, 10 Pasang, Alhamdulillah sudah pada bertelur dan netas nyapih 3 ekor, saya belajar ternak dari web ini, kalau boleh saya pengin jumpa Om Kicau kasih alamat saya tinggal di Sragen Trims

  154. Sugeng ndalu om..saya beli am 1bulan kondisinya blm rampung mabung kurang bntar lg,lalu skg udah nriwik2 tpi blm mau buka mulut,oiya..apa boleh dimandikan&distel Ef nya&dulu pas baru 1 minggu mau makan buah.. kok skg ga mau ya?matur nuwun om.

  155. Lam knal OM…, Thanks 4 all… Abe, jogja… Se X an nanya neh….
    Sebenarnya apa sih manfaat krodong/krakap bagi burung kicauan… apa biar jinak, menjaga stamina, bikin mental burung makin brani, ato hanya sekedar biar burung ga ngGacor tiap saat…. (untuk burung kontesan)…
    Pertanyaan simple tapi bikin aq penasaran bangat….

    • Jawabnya yang paling simple ya nggak bikin kita repot kalau mau dibawa kemana-mana. Tanpa terbiasa dikerodong, dia akan kelabakan kalau kita bawa dan harus ditutup untuk melindunginya dari terpaan angin, takut kendaraan dsb. Jika kelabakan keterlaluan, bisa terluka parah di bagian atas paruh.

  156. mau tanya om….saya punya MB yang rajin berkicau awalnya karena tiap hari pagi sore tidak berhenti kroto+jangkrik…tapi ketika membaca kicaumania bahwa MB maksimal 2x seminggu untuk pemberian krotonya maka saya ikuti kok malah jadi nggak berbunyi lagi….mohon penjelasan

  157. om baru mao mulai miara burung nih
    jadi kenalannya yang enak di situs apa yahh

    saya pengen beli cak ijo harganya berapa ya?? yg masi bahan ajah cir2ny yg bagus gmn??

    thankss om !!

  158. Oha om sy mau tanya nih…soal AK saya,bakalan yg baru beli om,sy masih binggung soal AK sy ini betina atau jantan ya om.kalau dilihat fisiknya sih bagus…dari matanya sih menonjol keluar…cuma pantat bawahnya yg berwarna putih polos….apakah itu menunjukan betina atau jantan ya om…..jadi ragu sy mau merawatnya takut2 nantinya dia betina…mohon tangapanya om….trismakasih om….

  159. om gmna caranya ngeluarin power pentet biar lbh garang lg….ato tembakannya bkin lawan keder????

    settingan:

    jangkrik 5/5,uler kandang 1sndok mkn/ hari,kroto 1sndk teh/2hr,mndi tiap 2hr sore,jemur 8-11..full krodong

  160. salam kicau mania lovers.

    Om,burung pentet saya masa mabungnya dah hampir 2bln lom sesai jg,blm lg wkt untk proses pertumbuhan bulbnya….ap yg mbuat proses mabung jadi lama??

    Satu lg om,dalam proses mabung ap yg hrs dperhatikan penuh agar burung pentet saya punya kicaunya bs jadi lbh bagus dari sebelumnya???

    terima kasih.

  161. assalamu alaikum wr.wb.

    kata orang sih kalau mau sukses harus gabung dengan orang sukses seperti mas,

    cuma mau minta saran ngembangin bisnis radio di palu, siapa tau mas juga bisa buka network marketing radio yg nangkap iklan dari produsen terus dibagiin sama kawan kawan radio di daerah atau mungkin kiat kiat lain, trims sebelumnya salam kenal

    wassalam syam radio cinta palu sulawesi tengah

  162. Salam kenal, Omkicau..

    Silaturahmi ini sekalian memperkenalkan diri ditengah-tengah komunitas burung kicau. Mudah2an ke depan akan ada event yang bisa dikolaborasikan bareng antara komunitas burung kicau dan ayam ketawa.

    Terima kasih.

  163. Om … aelamat malam ..

    singkat saja syn mo cari cucak rowo yg rencananya mo saya tangkar .kirakira dimana ya mas ??? saya udah buat kandangnya lho ..

  164. Om…ngeliat muka Om yang lucu di tambah dengan cara2 Om dalam penyampaian tips dan trik yang begitu bersahabat, saya jd simpatik..he..he…maksud saya, Om tipe orang yang menyenangkan..bisa berbagi ilmu dengan gratis…

    Saya kicaumania dari JOGJA yang selalu setia membuka website OM tiap ada masalah dengan gacoan2 saya….Met Sukses Selalu buat Om dan Keluarga….

  165. met malem om,dah pulang belom dari jogja,?buat om duto saya berterima kasih telah diperkenankan kerumah om duto dan terima kasih atas konsultasinya,rencana hari minggu saya mo ke jogja om,ketempat pak IG

    Jawab:
    Sama-sama Om. Maaf karena saya harus segera meluncur ke Jogja.

  166. om duto, saya punya cucak ijo (CI), CI saya itu tidak mau makan jangkrik. saya kasih jangkrik cuma di jatuhin saja.gimana om caranya CI saya biar mau makan jangkrik??balas…dendy.

    Jawab:
    Ayo dong Om, kirim pertanyaan masalah burung ke omkicau.com. Salam

  167. mau tanya teman saya beli burung kenari, trus dikasih kenari emas nya warna nya orange hitam. mau tanya apa ada kenari emas sya cari kok nga ada terima kasih.

    Jawab:
    Kenari emas? Saya belum pernah dengar malah Om. Kalau kutilang emas ada….

  168. Maaf om,saya lupa password untuk log in di agroburung. Bisakah om Duto membantu. saya sudah coba klik get new password tapi tetap ga dapat password baru untuk bisa log in di agroburung.com

    Terima kasih

  169. salam mas duto,

    maaf kemaren speedy di daerah saya ada ganguan.

    saya minta petunjuk teknis lapangan dan persiapan-persiapan yang diperlukan didalam kegiatan lomba kicauan skala besar(kawasan sumatra)

    semoga mas duto bisa memberikan petunjuk dan bimbingan nantinya bagi kami pemula di Inhil Gemilang BC (Riau)

    tetntunya kita semua para pelaksana mengharapkan lomba nantinya berjalan dengan lancar dan fair play. tentunya masalah juri termasuk salah satu persiapan yang perlu kami persiapkan. kalau bisa mas duto membantu memberikan kriteria juri yang layak dan bisa kami bawa karena bersifat netralnya. tolong nanti di kirim ke email saya ya om, segala sesuatunya yg perlu kami panitia persiapkan nantinya

    terimakasih

    salam

  170. sallam om duto….saya.salute..deh buat om duto,maju..truss..om..dan jangan lupa terima masukan..(vtamin om:)!)..!matav(9x),blog ini sangat2 berguna dan membantu parakicau mania(pecinta burung berkicau)……btw..om…tentang MB yng pesisir n' pulau..saya rasa beliau tepat om !,dr apa yang saya liat..dr ujung..sumatra ke ujung smtra yg lainya,tpi skali lg saya salute..salute dg om begitu kenalnya dg ragam MB di smtra, sampe2 tau murai medan(atau murai yg di jual d pasar medan) apakah muarai PASAMAN(sumbar)atau murai ACEH…hehehe..KALAU YANG INI SAYA SEPENDAPAT DG OM..,maaf ya om saya hanya ingin berbagi pendapat n pengalaman aj ,kalo salah mohon di koreksi!….sallam (the young n' beginer Ala di bdg).

    Jawab:
    Om untuk sharing dan komentar, akan makin asyik di <a href="https://omkicau.com” target=”_blank”>omkicau.com. Silakan klik di sini. Saya tunggu.

  171. Permisi Om mau bales kunjungan nih 🙂
    Ternyata isi blognya sesuai sama namanya 'Master Agroburung'. Blognya juga rame bgt sampe ngga ada ruang tersisa 8).

    Jawab:
    Trims Om, kapan nanti mampir lagi ya…

  172. hallo para pecinta burung mania………
    kenapa di web ini ga bisa di download ya…….?
    sayang banget…..
    terus kalo mau download gimana caranya ni …….?

    Jawab:
    Untuk download bisa meluncur ke omkicau.com Om.
    Tks.

  173. satu kata wat om duto "MANTABB"…

    enak nieh,kalo ada mslh dg bulung pliaran d rmh,tinggal tengok deh,yg jelas tengok nya pasti kesini…

    saatnya prubahan…hehehehe….

  174. om kok belum ada info tentang blacktrout (BT)?dari tadi saya cari kok gk ketemu,apa saya yang gk bisa nyari?

    Jawab:
    Saya lebih banyak menanggapi pertanyaan. Saya belum pernah menulis artikel tentang BT. Tetapi di forum Curhat, pernah saya jawab mengenai cara penjodohan dan tips menangkar BT.
    Praktisnya saja Om, kira2 ada masalah apa dengan BT bisa disharing di sini. Kalau saya bisa menjawabnya, saya jawab. Kalau tidak bisa, saya carikan jawabnya karena kebetulan di daerah saya ada penangkar BT yang sangat handal (Om Hasto Kartasura).

    • saya cumen pengen tahu bagaimana merawat BT yang baik dan benar.mulai dari pakan yang disukai,EF yang dapat diberikan baik yang menaikkan atau menurunkan birahi,sampai hal-hal yang dilarang.terima kasih sebelumnya…

      Jawab:
      Hampir sama dengan kenari Om. Pakan sama, sayuran sama. Blachtrouth (BT) juga suka banyak jemur. hal yang khusus atau "BT banget" enggak ada. Juga soal "larangan". Relatif mudah kok Om piara BT, ya misalnya dibanding MB, kacer apalagi AM…
      Yang jelas, cari yang gacor sekalian saja kalau ada karena harga gacor sama yang bakalan selisihnya juga nggak begitu besar, tetapi kita tinggal "pakai"…

  175. salam mas
    dah lama nggak nanya ama mas duto nih
    apa kabarnya mas ???
    semoga selalu sehat walafiat.
    ini email saya mas

    norpianaryhuda@yahoo.co.id

    selanjutnya gimana mas ???
    makasih
    salam

    JawaB;
    Ok Om, nanti kalau may nulis-nulis langsung, bisa saja. Saya prosesnya dulu ya, maklum sempat ngutak-atik biasanya malam hari.

  176. Semoga Mas Duto selalu dalam keadaan sehat,
    Usulan yg inovatif kalau juri pake kaca mata hitam he..he….Tapi nanti ga bisa main mata hi…hi…Mau curhat lagi nih mas duto 2 minggu lalu saya punya anak murai 2 ekor entah dari lampung /jambi/medan.Saya beli usia nya lebih kurang 1 bulan,Perawatan dari loloh sampai makan sendiri selama 2 minggu selanjutnya almarhum.Padahal jemur pagi selama 5 menit saya lakukan ,mandi sendiri krn saya lepas dlm kmr mandi.Malam hari dlm rmh saya masukkan kandang dan ditutup,makanan voer,kroto,jangkrik cukup.Pertanyaan saya perawatan apa lagi yg kurang?Ada perawatan tertentu yg membuat daya tahan tubuhnya menjadi lebih kuat?Mohon saran dari mas duto krn saya ada niat mau beli bayi murai lagi,Trmaksh sblmnya mas Duto yg ganteng..

    Jawab:
    Sebelumnya, saya mau komentar pernyataan Om yang terakhir soal "ganteng". Herannya saya, kok tahu begitu loh hahahahah…
    Itulah masalahnya Om bahwa burung trotolan yang ambilnya di hutan sudah "telat", maka risiko kematian sangat tinggi.
    Sekadar cerita, anakan AM di Bali sana, diambil ketika umur antara 5-9 hari. Sebelum 5 hari, masih sulit ngrawatnya karena belum membuka lebar mulutnya kalau diloloh. Sementara lewat usia 9 hari, sudah relatif takut2 dengan manusia. Kalau engak lapar sekali, nggak mau membuka. Kalau sudah kelewat lapar, biasanya sudah lemas dan meskipun ada makanan masuk, sudah tidak maksimal mencernanya.
    Sementara untuk makan sendiri, mereka juga belum bisa. Jadi tanggung. Risiko kematian besar sebab pada usia itu jumlah makanan yang masuk sedang banyak2nya.
    Saya punya AM trotolan, kalau pagi saa beri jangkrik sekitar 10an ekor kecil2. Siang dan sore porsi hampir sama. Sementara untuk voer, makannya juga lahap sekali.
    Jadi begitu Om ceritanya.
    Soal anakan burung, hal yang sama juga berlaku untuk penangkaran MB di rumahan. Kurang dari 5 hari sulit memberinya makan. Lewat 9 hari, berisiko burung takut2 dengan manusia dan kekurangan asupan pakan.
    Kalau kali lain dapat burung trotolan, kalau hanya mau makan sedikit, dengan cara halus dibuka paksa paruhnya. Masukkan pakan/jangkrik yang sudah bersih dan dimemarkan. Begitu Om.

  177. hallo om, maaf nich belum pernah komen cuma intip2 saja..
    blognya??? bagaimana jika ditambah background om buat nambah kesan sejuk..walau itu akan meanmbah lama loading, tpi??
    semua memang ada kurang tambahnya..

    bagaimana kabarnya mas?? sehat??
    wah untuk itu lapie di jogja kemarin ndak jadi mas, saya jadinya ambil yg dijakarta..
    untuk burung? kalo sebelum akhir bulan ini bisa keluar tidak ya mas???
    Salam
    wah ngapunten nich, selalu saja ngrepoti njenengan..

    Jawab:
    Soal blog, wah maunya sih memang begitu tetapi belum sempat. Coba nanti kalau saya sudah pakai domain sendiri dan hosting sendiri, insyaAllah saya bikin tampilan model majalah-online hehehe.
    Soal burung, moga-moga AMnya minggu depan sudah mau kerja di latberan lokalan Sragen. Mau dicoba. Kalau kerja, kan bisa ada nambah harga hehehe…
    Kalau MBnya, hehehe… bandel banget bulunya…satu-dua kecil2 setelah itu mandek…meski sudah gacor sih sebenarnya…
    Oke, kalau ada perkembangan segera saya kabar2 ya…

  178. Kulonuwun pakde DUTO… pokoknya top banget. Isi blognya kualitas no. 1. Penuh ilmu enak dibaca dan perlu. Pakde maturnuwun yo. Salam …

    Jawab:
    Matur suwun, sama-sama.

  179. Assalamualaikum
    Salam kicau, Pak

    Pak saya sangat kagum dengan orang2 seperti Bapak yang punya kepedulian pada kelestarian plasma nutfah kita, seperti burung2 kicau asli Indonesia yang saat ini sudah mulai langka.
    Saya ingin sekali belajar dari Bapak, sebagai orang yang ahli, tentang bagaimana membudidayakan burung kicau. Ketertarikan saya terutama adalah pada MB. di mata saya MB memiliki pesona dan wibawa tersendiri yang terangkum dalam keindahan bentuk dan sikap tubuh, serta suara yang mampu menenangkan hati bagi setiap orang yang mendengarnya.
    Kalo tidak keberatan saya ingin berkunjung ke tempat Bapak untuk berkonsultasi dan belajar tentang seluk-beluk dalam membudidayakan MB.

    Terima kasih Pak, atas dibuatnya blog ini yang sangat membantu bagi orang-orang yang ingin belajar seperti saya.
    Salam kicau, Pak
    Wassalamualaikum.

    Jawab:
    Silakan saja Om, saya kan sekadar sharing mengenai apa yang saya tahu. Kalau soal penangkaran dan sebagainya, saya juga hanya menyampaikan segala hal yang saya lihat selama ini dan juga dati hasil ngobrol dengan banyak teman yang sudah berhasil dalam penangkaran.
    Silakan kontak saya lewat nomor telepon yang sudah saya cantumkan di sini.

  180. assalamua'alaikum
    salam kenal pak.
    saya danang prasetyo tinggal di jombor,bendosari,sukoharjo
    saya punya LB 1 pasang warna ijo kayaknya jenis yg tanzania.
    LB itu tinggalam alm kakak [putranya pakde]. dulu sempat bisa berkembang biak kemudian ndak bertelur lagi.dulu ada beberapa pasang, kmdian ada yg mati karena ndak dikasih makan, dimakan ular. kmdian dikasihkan kesaya. nah kandanngya itu ada 4 plong,tiap plong ukuran kira2 1.5×1.5×1.5. nah saya pingin lanjutin ternaknya. saya pingin beli indukkan untuk isi yg 3 plong yg ksosong itu. baiknya gimn ya pak,soalnya saya baru dalam perkembang biakan.
    mohon dijawab,dan sekalian dikirim ke email saya.
    matur nuwun sanget
    .:: danang prsaetyo ::.
    0271-5871178

    Jawab:

    Coba dibaca2 lagi postingan saya tentang penangkaran LB di sini. Lengkap di sana Om.

  181. salam mas duto,
    saya kurang paham mengenai tampilan blog
    tapi kalo memungkinkan seperti di blog KM gimana om ???
    maksudnya biar saya bisa ngirim data poto dan video om
    maaf gaptek om
    salam

    Jawab:
    Om bisa saya beri fasilitas untuk menulis di blog ini. Kirim alamat email yang valid. Nanti password saya kirim…

  182. ha..ha…

    Luar biasa kang Duto……
    perubahannya pesat banget…..

    Logonya juga bagus…

    usul tread …. Encyclopedia of Bird, jadi segala macem istilah tentang burung bisa dicari di situ….
    ya…kaya kamus berisi informasi about burung, pasti tambah keren…..

    jadi tambah semangat liat blognya kang duto…..

    Jawab:
    Tks.
    Untuk merintis penulisan Encyclopedia of Bird, bisa dimulai dengan Om Wbio mengirim tulisan ke saya. Nanti saya upload, hehehe. Ayo…

  183. Kulo nuwun,
    Salam kenal mas Duto, saya penghobi perkutut derkuku. dulu sering nongkrong di kiosnya mas Wagiman (kasandra) di ps burung depok. Numpang baca barangkali tertarik main ocehan juga. …

    Jawab:
    Mangga disekeca'aken mawon Om…

  184. Malem om Duto,
    mo usul om, kalo bisa foto2 CR N LB nya ditaruh di galeri foto tersendiri aja om,soalnya kalo fotonya ada di tiap halaman bikin kantong bolong buat yang browsingnya pake hp,khan data yang kudu di donlot jadi membengkak om,biaya gprs khan msh mahal om,hehe…

    Jawab:
    Tks. Mangga hal yang lainnya Om saya tunggu. Semua usul saya tampung semua dulu.

  185. Siang om…
    cuma mau usul neh untuk fasilitas search tool nya gimana kalo dilengkapi dengan panel go/search (kayaknya dulu udah pernah disetting begitu) soalnya untuk saya kesusahan untuk mengklik go/enter karena saya browsing selalu pake hp(SE P990i) ataukah om punya petunjuk laen mengenai hal tersebut??
    Sebagai informasi setelah saya tulis hal pencarian saya tekan enter/ok di hp…..nggak bisa jalann
    tks om semoga blognya makin lengkap lagi…

    Jawab:
    Coba nanti saya settingnya ya. Bisa enggak saya ya, daptek soalnya Om…..maaf..

  186. salam knal yah boss???
    klo bisa disusun lebih rapi boss
    spy yang ngebaca g pindah2/dijadikan satu aj!
    contoh: pada burung MB didalamya diberi gambar ato photo burungnya+mp3 agar kita bisa lebih tau mana yang namanya MB kalimantan,lampung,medan,malaysia,dll
    ciri2 morfologis burung menurut daerah tetorialnya MB yang ada digunung,pantai maupun hutan ciri2 body karakter suaranya seperti ap hingga sampi cara menangkarkannya.

    Jawab:
    Terima kasih atas masukannya.
    Hanya saja secara teknis nanti tetap harus di-link. Sebab, problem burung rata-rata hampir sama misalnya dalam hal pakan, molting, pemasteran dan lain-lain. Kalaua setiap burung ditulis satu persatu untuk setiap persoalannya, wah…. tenaga dan waktu ini yang nggak ada Om.
    Untuk masalah pengetahuan perburungan secara umum, sudah banyak website yang menyajikannya Om. Sedangkan blog ini sebenarnya lebih saya tujukan untuk pembahasan persoalan "bird care". Kalau di sana-sini ada artikel mengenai burung secara umum, itu juga saya kutipkan dari sumber-sumber yang sudah saya tulis di setiap postingan. Artinya, dengan saya menuliskan sumbernya itu, selain merupakan kewajiban etis, juga agar teman-teman bisa membukanya sendiri ke sumber aselinya.
    Btw, terima kasih masukannya.
    Salam…

  187. siiip tapi sayang blognya kurang lengkap boss?

    Jawab:
    Terima kasih. Saya akan sangat senang bila Om mau menyumbangkan tulisan agar blog ini semakin lengkap.
    Salam.

  188. Salam Kenal Mas Duto

    Senang membaca tulisan-tulisan anda, baik diblog ini maupun di web kicau mania,
    Saya sendiri adalah penggemar burung berkicau yang slalu gagal untuk mendapatkan burung yang bagus ataupun merawat burung menjadi bagus.
    Banyak tulisan-tulisan anda yang coba saya praktekkan dalam pola rawatan burung saya. Somoga dapat menjadi baik & bagus ya mas.
    Sekali lagi salam kenal dan terima kasih

    Jawab:
    Terima kasih Om. Akan lebih bagus kalau Om juga sharing deh bagaimana perawatan burung Om selama ini. Kalau ada contoh bagus mengenai perawatan tertentu, jangan pelit2 untuk di-sharing ya Om hehehe.
    Sekali lagi, terima kasih.

  189. Waduh enak nich…
    Om duto punya blog sendiri…
    Saya seneng bgt Om…krn tulisan-tulisan Om duto bahasanya mudah dicerna & di pahami, khususnya masalah perawatan burung berkicau…
    OK, Sukses selalu buat om duto…

    Jawab:
    Terima kasih Om…

  190. Kang duto … saya habis nulis tentang kloning gen…
    tepatnya menulis review jurnal penelitian..
    mohon dilihat kualitas tulisannya…
    jangan lupa komentarnya…
    salam
    Farid

    Jawab:
    Segera meluncur ke TKP. Tetapi biasa… komentar saya nyelekit.. dan usil heheheh.

  191. om makasih infonya..
    joss..

    Jawab:
    Moga-moga nggak bosen. Tolong kalau ada kesulitan akses atau tampilan blog amburadul, saya diberi tahu sehingga bisa cepat saya benahi.
    Suwun.

  192. he he he…ketemu lagi disini….
    Salam kenal Om Duto…..

    Jawab:
    Walah.. gayane salam kenal segala…lha bangkotan begitu kok hehehehe….

  193. aku sedot gambar WP forumnya ya, mau saya modifikasi soalnya terlalu gede.
    Thanks Om Duto, salam juga sama burung2 nya…

    Jawab:
    Wah, saya memang sengaja pasang "gedhe" Om biar asooy.. hehehe. Tetapi apa-apa itu sebenarnya memang nggak bagus sih kalau kegedean dan kepanjangan…. Kalau kegedean kasihan bapak-bapak, kalau kepanjangan kasihan ibu-ibu huehuehue…..

  194. Wah om….saya juga ndak sempet orang pulang ke solo aja 2 bulan sekali je….saya usul gitu supaya tau kalo pas pulang ada event biar bisa coba-coba e om…he..he..
    hari minggu kemarin aja di Sleman ada tapi nggak tau???sedih deh kalo tau gek udah kelewat…??hikz…hikzz

    Jawab:
    Hehehe…. sabar saja, nanti blognya saya ganti model website biasa saja ya dan jadi tabloidburung.com hehehe, tetap gratis tetapi dapat pasang iklan…begitukah?

  195. Sugeng ndalu om duto
    mau usul neh…mbok ditambah rubrik jadwal event latberan atau lomba burung khususnya wilayah jateng dan DIY
    tks ooom…

    Jawab:
    Bagus itu Om. Cuma saya kalau garap sendiri agak repot nih di kerjaan. Apa Om Wawan bisa bantu? Hehehehe

  196. Saya sudah berkunjung ke Yayasan Burung milik Om Duto, tapi bingung ngasih komentar jadi saya kasih komen disini saja.
    Mendengar kata Yayasan Burung dalam pikiran saya tergambar Om sedang membuka kotak sumbangan untuk mengurus burung-burung yatim piatu atau fakir miskin, atau burung-burung yang jadi korban laki-laki. Ternyata tujuannya bukan itu, tapi ada visi dan misi sendiri tapi tetap mulia.

    Jawab:
    Hahahahahaha…… lha itu idep-idep sebagai "nyaur utang" karena selama ini ikut andil mendorong perburuan burung…hehehe.
    Salam…

  197. makasi banyak ya om Duto, om emang baik banget, ga cuman ama burungnya ama aku juga baek, ma smua org juga… hehehe salam kenal ya om maap dah ngrepotin.

  198. halo om Duto. saya baru pertama kali ikut2an di sini pengen nya sich tau banyak tentang blog ini. saya ingin tau cara nya jual ato cari burung di omkicau.com/pasarburung cara nya gimana ya? apa pake register dulu ato langsung. saya coba jual, ato sekedar lewat, tapi komentar anda menunggu moderasi gitu dech
    thank ya om duto

    Jawab:
    Langsung tulis saja Om, begitu saya masuk online, saya ACC. Oke?

  199. Salam kenal om Duto ,

    saya nick ang_jkt di KM jakarta area , pengen kenalan sama pakar nih apabila di ijinkan 🙂

    maklum om , saya pemula di dunia burung, mohon bimbingannya yah .

    terima kasih
    0816 105960

    Jawab:
    Wah bimbingan segala…kayak bikin tesis saja hehehe….
    Tks….salam…

  200. Wah, maestro kicauan bener heheheheheheh TOP tenan. Kalau mumet nyari solusi masalah kicauan ternyata disini tempatnya…..
    Masih breeding apa saja nich Om Duto??
    Matur nuwun

    Jawab:
    Wah tks sudah mampir…
    Sekarang tinggal MB…nelor melulu belum nuga isi…. hehehehe.
    Memang paling enak kalau sekadar nonton teman breeding ya.. ngalami sendiri banyak nggak sabar dan telatennya…hehehehe.

  201. pagi kang duto…

    saya baru saja menulis tentang Software biologi
    dan penemuan di bidang biologi

    mohon untuk saran dan kritiknya kang

    salam
    Farid

    Jawab:
    Hehe lha bagus gitu lho. Masukannya, diperbanyak lagi tulisan-tulisannya.
    Top banget deh…

  202. pak duto bagaimana perawatan kenari,kalo saya jemur dari jam 8-11siang.apakah tidak masalah?terus dikroto perhari ga masalah pak?extrafoding apa yang membuat birahi kenari turun?timun cepat drop.

    Jawab:
    Jemur sampai jam 11 nggak masalah asal dilakukan secara bertahap dimulai dari 1 jam (sejak jam 8) selama dua hari, 2 jam selama tiga hari, dan hari berikutnya baru 3 jam sehar (sampai jam 11).
    Dikroto tiap hari nggak apa, cukup 25an butir kroto lembut.
    EFnya bisa sawi (sudah direndam dan cuci untuk menghilangkan pestisida), buah (apel) dll.

  203. Salam kenal mas mohon bantuannya:
    1.saya punya burung cendet dari anakan 2 ekor, skrng dah tumbuh jd burung muda, dah rajin bunyi bahkan dah masuk masteran prencak.Gmana cara pelihara burung cendet muda yang baik mas?
    2.cucak ijo saya rajin banget bunyi dirumah, umur udah lumayan.Tapi saat ditrei kok ngak bunyi sama sekali mas, Mohon Solusinya. Thanks

    Jawab:
    Jawab:
    1. Untuk cendet yang penting adalah EF (extra fooding protein tinggi) seperti jangkrik atau kroto. Pakai jangkrik saja parkatis dan murah. Sehari 6/5 pagi sore.
    Cendet/pentet/teot suka berjemur. Kalau jemur bisa sampai jam 12-an. Tetapi kalau tidak biasa jemur, lakukan penjemuran tahan lama secara bertahap. Misalnya, hari 1 s/d hari 3 dijemur sampai jam 9. Hari 4 s/d 7 sampai jam 10. Hari 8 s/d 10 jemur sampai jam 11 dst sampai bisa/kuat dijemur sampai siang hari.
    Pagi hari jangan lupa dimandikan dengan cara disprayer (semprot embun) sampai basah kuyup. Setelah bulu kering, baru dijemur. jadi jangan dimandikan langsung jemur, kecuali masih pagi ketika matahari belum panas.
    2. Untuk CI, bisa karena usia belum cukup (kaki masih kelihatan basah) bisa jadi karena masalah mental (yang antara lain juga berkaitan dengan umur). Dirawat dengan baik sambil sesekali tetap dilatih untuk dipertemukan dengan CI lain.

    Salam,
    Duto Solo

  204. kang
    thanks atas masukannya.
    ane juga udah revolusi lagi tampilannya untuk layanan video animasi. saya sertakan coretan ilmiah tentang topik animasi tersebut.
    kalo sempet ditengok and kasih komen…

    huehuehuheuheu
    thanks
    salam

    Jawab:
    Oke, segera meluncur ke TKP.
    Salam,
    Duto Solo

  205. ass …….
    salam kenal ….

    knapa ya mas kenari saya klo bunyinya ngotot selalu nabrak ke kandang, birahi atau apa ya ?????
    bagaimana cara ngilangin birahi nya ??????
    trims wass

    Jawab:
    Coba ditreatmen dengan sejumlah tips yang sudah saya berikan di sejumlah postingan di kategori/topik kenari. Kalau memang treatmen pakan dan menurunkan birahi sudah mentok, coba treatmen pada tangkringannya. Bisa dibaca di sini.

    Salam,
    Duto Solo

  206. assalam….kang duto
    ane dah perbaharui untuk layanan jurnal dan video. sesuai dengan saran kang duto
    mohon untuk saran dan kritiknya

    mau tanya nih mas
    saya ingin nambahin tag, sama ituloh….
    apa ya namanya kunjungan dari negara-negara. ane ga tahu itu namanya?
    heuhueuehue
    saya sangat berterima kasih sekali jika kang duto berbaik hati untuk membantu saya
    salam
    Jawab:

    Bagus Bro. Saya sudah melihatnya, cuma ada sedikit catatan dari saya, dan saya tinggalkan di komentar. Untuk pertanyaannya itu saya nggak tahu apa yang Om maksud.

    Salam,
    Duto Solo

  207. om duto, berubah lagi nih tampilan depan.
    Burung kenari yang rambutnya gondrong dengan gaya The beatles seperti gambar depan, itu harganya berapa om. Bisa nggak hidup di surabaya, dimana saya dapatkan, ada tidak disurabaya?

    Jawab:
    Tampilan terus bolak-balik karena maklumlah orang tua Gaptek. Maunya coba-coba melulu. Sampai-sampai saya pernah keliru men-delete halaman. Hilang semua tulisan. Untungnya saya selalu mem-backup data di WP di komputer lokal.
    Hehehe kenari di depan itu Gloster Corona Om namanya. Lha kenari kan burung "wilayah panas". Surabaya sepertinya belum jadi kutup kan Om, hehehehe.
    Kalau di Solo harga sekitar Rp. 500.000. Di Surabaya saya tidak tahu lokasi penjualan kenari model seperti itu. Sebab, kebanyakan kenari Surabaya kan dari Malang. Di Malang, yang sedang populer silangan Yokshire (YS) dengan colorbed (holand/lokal).
    Teman saya Surabaya kebanykan piara pentet. Burung lokal dengan variasi suara banyak dan tidak rewel perliharanya.
    Salam,
    Duto Solo

    Update jawaban:

    Om, Anda bisa tanya kenari Gloster di Santa Petshop, Jl. HR Muhammad, Darmo, Surabaya.. Teman saya lupa nomor berapa tetapi dia bilang "nomor dua ratusan berapa gitu"… Itu katanya toko dua lantai. Lantai pertama untuk jualan pakan macam-macam hewan peliharaan dan lantai atas dipajang berbagai kenari impor, termasuk Gloster. Cari yang sehat. Kalau nggak sehat, jangan dibeli. Kenari impor yang baru datanhg rentan
    penyakit tropis. Kalau datang sudah bengek'en, ya sulit peliharanya. Kalau sehat, ya kemungkinan sehat terus…

  208. Bang duto..
    kalo burung tau ada yang meninggal suka cuit..cuit.. tuh bener ga kalo bener hebat dong..
    bayangin aja kalo nyimpen burung ini di palestina…
    cik..cik..cik..
    Lam kenal..
    Tolong manggilnya jangan om yaa
    saya kan masih muda

    Jawab:
    Ya, namanya juga mitos…
    Hehe, panggilan Om kan untuk "membahasakan" panggilan untuk Anda dari anak saya….
    Salam,
    Duto Solo

  209. mengumpulkan tenaga?
    wah om.duto seperti DRAGONBALL aj ngumpulin tenaga hehehehe….

    bener juga tu om dikasih halaman iklan jual beli burung,biar blog ini semakin oke saja…
    sukses buat om.duto, saya bantu dengan doa…hehe

    Jawab:
    Doa sudah lebih dari cukup Om. Tks.
    Salam,
    Duto Solo

  210. hmmm. Mantab Mas
    Good Luck for KANGMAS DUTO, and Saves bird from rare of in world
    heehe

    Jawab:
    Terima kasih Wang, terus berkarya ya…
    Salam,
    Duto Solo

  211. malam…
    om.duto,saran untuk blog ini…
    d kasih daftar2 harga burung dunk om wlpn sebatas kisaran harga saja…lumayan dunk untuk gambaran…hehehehe

    Jawab:

    Oke deh nanti saya kumpulkan tenaga dulu untuk menghimpun informasi itu, heheheh…
    Apa perlu juga ya dibuka halaman iklan gratis untuk penghobi burung dalam mencari ataupun menjual burung? Tolong deh teman yang lain kasih masukan.
    Salam,
    Duto Solo

  212. Om Kalo burung kesedak, diapain ya? soale kemarin burung adikku kesedak

    Jawab:
    Wah mau jawab kok jadi ragu-ragu. Ini humor apa tany beneran…
    Kalau humor, jawabannya: disuruh minum es teh banyak2 hehehehehehe
    Kalau beneran, ya dipegang, buka perlahan paruhnya dan dikucuri air. Tetapi jangan sampai keblebegan…
    Kalau sampai sekarang masih selamat tetapi masih megap-megap, coba beri minum lagi dengan cara itu…
    Kalau dia burung pemakan buah, beri saja pakan buah pepaya dan sementara pakan lain (voer) diambil/tidak usah diberikan dulu.

    Salam,
    Duto Solo

  213. Om Duto burung saya keseleo, apa Om bisa cara pijat urat burung? sudah saya kasih minyak tawon, malah teriak2.

    Jawab:
    Wekekeke… emang habis diajak angkat berat ya….ihik…
    Diminyak tawon dan diurut saja. Caranya, pegang secara benar burung tersebut, kemudian diurut pada bagian yang diduga keseleo secara perlahan. Arahnya, ke arah jantung (kalau kaki ke arah atas/paha), kala sayap juga ke arah pangkal sayap. Pas di ruas tulang, pijat saja perlahan-lahan. Sekadar tahu bagaimana posisi yang betul otot-otot bagian yang keseleo, coba raba bagian lain yang sama. Misal yang keseleo pangkal kaki kiri, coba raba dudukan otot pangkal kaki sabelah kanan sebagai perbandingan. Tetapi hal ini memang memerlukan kepekaan raba secara khusus karena jangankan otot burung, bahkan oto manusia saja sulit untuk pembandingannya bagi orang awam. Ya dicoba saja dulu.
    Burung pasti teriak-teriak kalau diurut, tetapi tidak mengapa. Orang dalam kondisi sehat saja juga teriak2 kalau dipegang apalagi pas sakit. Yang penting, diurut secukupnya saja, sebab kalau terlalu lama kasihan burungnya. Bisa diulang keesokan harinya.
    Seperti manusia, kalau sedang keseleo parah, tukang pijat tidak mau ambil risiko memulihkannya hanya dalam sekali tempo. Pasti diulang sesuai kekuatan fisik pasien.
    Sharing ya mengenai perkembangannya.
    Salam,
    Duto Solo

  214. Terima kasih atas jawabannya, Btw Kadang2 yang Punya AM aja kaga Mandi Malem takut kena Reumatik Ya Om Duto…

    Ha..Ha..Ha…. C U Soon..

    Regards,

    Affan A

  215. om duto saya sally yunarto saya pnggemar kicauan pemula asli cah solo tugu lilin tp skrg saya krja di sby saya punya murai batu borneo sudah ngriwik dan kalo didengerin sudah ada variasi tembakan dan ngerolnya tp knpa setiap brkicau hnya ngriwik paruhnya tdk prnah membuka shingga volumenya kecil mohon bantuannya
    Jawab:
    Umurnya berapa kira2? Atau bagaimana kondisi kakinya, apakah sudah kering ngerak atau masih terlihat basah (muda)?
    Juga bagaimana rawatan harian serta di rumah ada burung apa saja? Sejak kapan Anda memeliharanya? Apakah sejak dapat kondisi seperti itu, ataukah dulu pernah dipelihara orang dan bagaimana kondisi/perfroma saat itu? Mohon informasi lebih lengkap agar saya tidak menduga-dua.
    Salam,
    Duto Solo

  216. wah…..ternyata kang DUTO rajanya BURUNG
    sampe bisa komunikasi dengan burung…..

    luar biasa, ini dia nih
    sang AHLI BURUNG
    OMON-OMON dulu kuliah BIOLOGI juga ga OM?
    ehuheuehuehue

    Jawab:
    Hehehehe…
    Saya bukan Biologi, tetapi Fisipol yang nyimpang ngambil jurusan "Ornithologie", hehehehe.

    Salam,
    Duto Solo

  217. kang duto….
    ane dah perbaiki profile saya di "about me" blog saya
    kasih komen ya…..
    thanks

    Jawab;
    Sudah-sudah, wah foto ente sangar banget di sana ya….
    Salam,
    Duto Solo

  218. terima kasih telah mengomentari BLOG saya dan sebaiknya BISNIS aja deh lewat INTERNET daripada ngurusi burung ntar kena AVIAN INFLUENZA , kan sudah punya burung sendiri napa cari yang lain he…..he…..he…….,
    salam kenal dari saya,
    dedik s

    Jawab:
    Ini juga bisnis lho Mas, minimal memperluas kenalan dan silaturahmi. Terima kasih telah balik berkunjung.
    Salam kenal,
    Duto Solo

  219. Salam Kenal Mas Duto,

    Mas saya punya AM Bahan 2 Ekor Umur 5 & 6 Bulan, apakah AM Bahan di mandikan pada malam hari juga seperti AM Dewasa yang sudah gacor? Thx Untuk jawabannya..

    Affan A
    Jakarta

    Jawab:

    Mandi malam itu kan "kebiasaan" yang dibentuk oleh pemeliharanya. Kalau mandi normal ya pagi, atau sore pas udara terasa gerah (bukan panas karena sengatan matahari langsung sebagaimana siang hari).
    Mengapa mandi malam? Nah, itu kan kebiasaan penghobi burung Jakarta karena mereka baru sempat ngrawat burung pada malam hari. Kalau dikatakan burung menjadi gacor kalau dimandikan malam, sebenarnya juga bukan karena pengaruh mandi malamnya. Tetapi ya karena pada dasarnya burung sedang dalam kondisi fit.
    EMANG DI HUTAN ADA BURUNG MANDI MALAM OM? Hehehe, nanti dikira "jin burung" sama burung aseli yang sedan pada asyik tidur. Ya kan?

    Salam,
    Duto Solo

  220. Salam kenal dari kami,mudah2an visi kita terhadap alam dan lingkungan sama."BURUNG LEBIH INDAH DI ALAM"

    Jawab:
    Oke Om, secara pelan-pelan saya memang mensosialisasikan perlunya para penghobi burung "lari" ke burung hasil penangkaran. Dengan berkembangnya penangkaran, amanlah burung di alam. Kalau perlu, nanti malah ada semacam "peng-alam-an" burung-burung hasil penangkaran ke hutan-hutan yang sudah "gundul" dari kehidupan burung.
    Salam,
    Duto Solo

  221. Thank's banget dah ngunjungin blog aku… yang sangat sepi dan huufff. jauh sama blog om…
    blog nye keren banget om!!!

    Jawab:
    Makasih juga ya Dinda, sudah balik berkunjung.
    Kalau blog Dinda mau keren, ya eksplorasi aja apa yang Dinda suka. Katanya Dinda suka Peterpan dan punya lengkap albumnya… kenapa blognya nggak diisi tetek bengek soal
    Peterpan.
    Sebut saja misalnya "Blog Kanca Peterpan", lalu bawahnya "Biar Peterpan bubar, saya tetap nge-fans". Nah….
    Pasti banyak yang meluncur ke blog kamu deh.
    Salam,
    Duto Solo

  222. salam kenal……

    minta tipsnya untuk share ling di WP
    kira-kira kode etiknya gimna?
    luar biasa blog anda

    Jawab:

    Untuk share link, kalau Om pengin pasang link di blog Om, misalnya link ke blog saya, tulis saja misalnya dengan menempatkannya di widget teks atau di blogroll. Cukup memberi tahu saya bahwa link telah dipasang di blog Om.
    Dalam kaitan itu, saya juga akan membuat halaman atau blogrol ke semua teman yang telah berkunjung ke sini. Biasanya, tanpa diberitahu pun, mereka akan enjoy dan senang karena kita "membuat" jalan bagi pengunjung blog kita menuju blog merek.
    Terima kasih telah berkunjung. Insya Allah dalam waktu dekat saya link blog Om ke blog saya.
    Salam,
    Duto Solo

  223. hallloowww mas thanks y… atas knjunginnya ke blog sederhana saya~~….ehehehe maklum umur blognya masih balita baru 2 minggu blognya saya buat ehehehehe………
    btw tukeran link yuk mas….
    blogny mas kerennn dech…..udah rame pengunjungx 🙂

    Jawab:

    Terima kasih atas kunjungan baliknya. Tukeran link pasti oke. Bentar ya, nanti akan segera saya buat halaman khusus link ke blog para kanca Kurawa (eh, Pendawa…. kali ya yang lebih baik… tapi wis pokeke kanca begitulah, hehehehe).
    Salam,
    Duto Solo

  224. wah…Lovebird..seperti itu saya punya..tapi sayang…….tinggal kenangan…..
    jadi pengen miara lagi….nih..

    Jawab:
    Lho, emangnya dulu mati atau terbang? Ya, cari lagi saja Om untuk klangenan obat stress.
    Salam,
    Duto Solo

  225. Tips Nomer 6 udah saya ikutin neh….
    hehehe.

    Jawab:
    Eh, ini tips soal apaan ya?
    O… soal kunjung mengunjungi ya? Heheheh, lha kok ninggalinya pesan irit banget. Pueliiit… hwakakaka.
    Terima kasih. Segera ada kunjungan ke rumah Anda bih. Siapkan kopinya ya.

    Salam,
    Duto Solo

  226. udahh adaaa tuww brooo ilmunyaa,,hheeee..

    masuk ke kategori ilmu yaaaa….

    tapi baru 2 n kurang bisa rapi untuk downloadnyaaa…tapi bisaaa kok…

    met mencoba yaaaaa..

    Jawab:

    Terima kasih dah mampir. Nanti saya tak mampir lagi ke sana untuk melihat-lihat. Trims ya Bro Agung..

    Salam,

    Duto Solo

  227. hhhhahaaaaa……susaaahhh niyyyy boosss masukin link2nyaaa , belumm ngertiii caranyaaa…punyaaa banyaaakkk aq materinyaaa bung, tapii yaaa ituuu gag bisaaa masukin berupa link,,,

    blog lo kaerenn kok masakk gaptekk broo..?

    mangnyaa lo kul mana mas dutaa ehh dutoo maksudnyaa..???lam kenall juga yeee…

    Jawab

    Ya pelan-pelan memang harusnya.

    Saya nyangkul di mana-mana sih, hehehe. Kalau skulnya dulu terakhir ya di Jogja.

    Oke, trims bro..

    Duto Solo

  228. Unik banget blog ini dan pasti banyak manfaatnya, cuma sayang aku g punya burung he he he.

    Jawab:

    Kalau belum telanjur jadi penggila burung, mending nggak usah deh, nanti kecanduan, hehehe.

    Terima kasih telah berkunjung.

    Salam,

    Duto Solo

  229. Ass.Wr.Wb..

    Saya langsung mampir koq Mas..dan mau sedikit “berkicau” disini .

    Masalah ini menurut saya bukanlah perang,tetapi penjajahan dan penindasan terhadap suatu bangsa.

    Selama ini mungkin negara-negara Islam yg lain belum begitu berani melakukan tindakan langsung kepada Israel yang bersembunyi dibelakang Amerika.

    Saya pernah menulis “Awal Perang Dunia ke-3″ karena berdasar pada aksi kejì ini.

    Sesabar-sabar orang..suatu saat juga bisa marah.Begitu juga negara-negara muslim yang lain.Jika penyerangan ini tidak segera dihentikan..,kita tinggal menunggu waktu saja,kapan hal itu terjadi.

  230. Hallo bang duto, @arali sudah sering berkunjungan kesini tapi baru kali ini meninggalkan komentar, link dari forum topik cerita bersambung.

    Terima kasih atas apresiasinya untuk blog @arali2008.

  231. kalau gue pernah punya burung, capek2 pilihara dari kecil setelah besar hilang dicuri orang, atau dmakan tikus.

    jadi sekarang tinggal burung kenari saja, tidak susah merawatnya. Untuk membangkitkan gairah burung untuk berkicau cukup diberi daun binahong. diselingi daun gingseng.

    Jawab:

    Hehehe, terima kasih telah berkunjung. Wah iya, daun binahong memang bagus untuk burung yang suka makan hijau-hijauan seperti kenari dan juga Lovebird. Begitu juga dengan daun ginseng. Cuma sayang untuk binahongnya, punya saya pada layu ketika kemarau panjang lalu. Untuk ginsengnya, di belakang rumah masih banyak banget. Musim hujan lagi… tambah subur.

    Salam,

    Duto Solo

  232. mas kaloburung disuruh dengerin suara burungdi mp3 emang bisa lancar gitu ?

    Jawab

    Lancar bagaimana maksudnya Om? Kalau bisa menirukan atau tidak, tergantung kecerdasan burungnya. Cuma, memang itulah biasanya yang dilakukan ketika kita memaster (mengisi) lagu untuk burung dan kebanyakan masuk.

    Salam,

    Duto Solo

  233. Terima kasih pak Duto atas kunjungannya ke blog saya. Sekedar informasi blog ini pernah jadi di review di blog ekonurhada.com sebagai blog yang bisa dapat uang tanpa adanya iklan.

    Salute deh..

    Jawab:

    Trims atas kunjungan baliknya.

    Oh iya memang ada taut dari blog kawan Eko Nurhuda.

    Kalaun ada rejeki sampingan, ya saya hanya bisa mengucap syukur, hehehe.

    Trims sekali lagi.

    Salam,

    Duto Solo

  234. wach mas suka ternak burung ya…sama saya bapak ku.

    Jawab:

    Trims kunjungannya. Salam untuk Bapak Om. Kpan2 ajak mampir ke blog ini ya.

    Salam.

    Duto Solo

  235. wogh, duta jebule neng kene. piye kabarmu dab? ijih sering kontak karo konco2 83? hatta? evie? pipit dll?

    Jawab:

    Wealah iya Dab. Belajar nulis bebas kiye… hehehehe…

    Sumpek nek terus-terusan di media konvensional je.

    Salam balik

    Duto Solo

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.