CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG WORDPRESS

Halaman depan blog ini, saya buat dengan “bermain tabel” agar berwarna-warni tetapi tidak perlu menambah image. Bagaimana cara membuatnya? Untuk memulainya, yuk kita lihat tabel di bawah ini:

JUDUL TABEL ANDA

PERCOBAANKOLOM 1KOLOM 2KOLOM 3KOLOM 4KOLOM 5
BARIS 1AAABBBCCCDDDEEE
BARIS 2FFFGGGHHHJJJ
BARIS 3KKKLLLMMMNNNOOO

Nah, cara membuat tabel di atas adalah sebagai berikut:

Ketikkan pada tab HTML Editor Anda di WordPress sbb:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

<h4>JUDUL TABEL ANDA</h4>

(kode html di atas ini digunakan untuk membuat judul pada tabel Anda)

<table border=”1″>
<tbody>
<tr>
<th>PERCOBAAN</th>
<th>KOLOM 1</th>
<th>KOLOM 2</th>
<th>KOLOM 3</th>
<th>KOLOM 4</th>
<th>KOLOM 5</th>
</tr>

(kode html di atas ini digunakan untuk membuat rincian paling atas pada tabel)

<tr>
<th>BARIS 1</th>
<td>AAA</td>
<td>BBB</td>
<td>CCC</td>
<td>DDD</td>
<td>EEE</td>
</tr>

(kode html di atas ini digunakan untukmengisi data pada Baris 1 pada tabel Anda, urutannya dari kiri ke kanan)

<tr>
<th>BARIS 2</th>
<td>FFF</td>
<td>GGG</td>
<td>HHH</td>
<td> &nbsp; </td>
<td>JJJ</td>
</tr>

(kode html di atas ini digunakan untuk mengisi data pada Baris 2 pada tabel anda, urutannya dari kiri ke kanan. pada Kolom ke 4 diisi &nbsp; untuk mengosongkan cell tsb kalau memang anda mau dikosongkan)

<tr>
<th>BARIS 3</th>
<td>KKK</td>
<td>LLL</td>
<td>MMM</td>
<td>NNN</td>
<td>OOO</td>
</tr>
</tbody>
</table>
<table border=”1″></table>

(kode html di atas ini digunakan untuk mengisi data pada Baris 3 pada tabel Anda, urutannya dari kiri ke kanan. dan anda harus tutup code htmlnya menggunakan code html 3 baris terakhir)

Nah, Tabel Anda sudah jadi dan tinggal diedit saja datanya mau dimasukkan apa…

Artikel di atas disedot mentah-mentah dari __http://nadasms.wordpress.com/2010/04/15/membuat-tabel-di-wordpress/ bukan untuk gagah-gagahan tetapi untuk pembelajaran.

CARA YANG LEBIH PRAKTIS

Cara yang berikut ini saya ambil mentah2 dari __http://hermanyudiono.wordpress.com/2009/05/17/cara-membuat-tabel-di-blog/ dan memang lebih praktis karena hanya tiga langkah di saat kita membuat postingan, tanpa harus mengerti bahasa HTML atau java script. Oke bro, gak perlu panjang lebar, di bawah ini adalah cara-cara membuat tabel di postingan blog wordpress.

  1. Buat materi postingan yang ada tabelnya di Microsoft Word terlebih dahulu.
  2. Login ke blog wordpress Anda, lalu buat ADD NEW pada POST. Klik tombol PASTE From Words (lihat panah merah pada gambar di bawah ini).

3. Akan muncul tampilan Paste From Word seperti ini.

4. Kembali ke Microsoft Word, blok materi postingan semuanya, lalu COPY.

5. Kembali ke tampilan Paste From Word , tekan CTRL+V di keyboard Anda, dantekan Insert. Contoh hasilnya seperti di bawah.

6. Materi dan tabel akan masuk ke tempat postingan. Silakan Anda atur kerapiannya dan edit sesuka Anda (misalnya beri warna yang berbeda dengan huruf postingan dll).

7. Setelah selesai menulis, klik Publish. Lihat tampilannya di Site View.

8. Selesai deh…

Praktis toh cara membuat tabel di wordpress? Selamat mencoba.***

MEMBUAT LATAR BELAKANG BERWARNA DENGAN KODE WARNA

Nah, untuk membuat latar belakang berwarna pada tabel, gampang saja. Pertama, tentukan lajur mana yang akan diberi warna latar belakang. Kalau sudah ditentukan, maka buka draf tulisan pada mode HTML dan lihat kode “<td>” di awal setiap lajur. Misalnya Anda mau memberi latar warna hitam, maka kode itu bisa ditambahi dan menjadi begini “<td bgcolor=”#000000″>”, kalau mau warna lain, ya ganti saja code warnanya. Gampang kan? Untuk kode warna, bisa dilihat di artikel ini,

Kalau Anda sudah terbiasa bermain tabel, maka Anda akan semakin menemukan banyak keasyikan untuk bermain warna-warni dan juga pembuatan kolom atau lajur sekehendak hati Anda.

Salam ngeblog.

KEMBALI KE BERANDA

Halaman terkait:

BLOG TIPS

84 Comments

  1. Terima kasih, tapi sy ingin tanya, paste from words itu plugin atau apa y? soalny d wordpress.com gratisan ga ada. Saya biasanya pakai html langsung kl mau bikin tabel di postingan. Memang lebih ribet sih, tapi lumayan buat ngapalin kode html,hehe

  2. kalau pakai hosting berbayar bisa pakai plugin lebih enak mas & lebih bagus tampilannya
    tapi kalau ga pakai hosting sendiri bisa pakai cara saya seperti diblogspot
    sy bikin dulu diword terus save as html, nah kode htmlnya tadi yg dicopy ke postingan
    enaknya bisa pakai style juga & nanti tampilannya sama dengan yg tampil di word 🙂
    emang si agak panjang jalannya tapi hasilnya jadi lebih bagus & enak diliat

  3. wahh.. makasih banyak info nya.. kebetulan saya tadi nyari-nyari cara gimana bikin tabel di wordpress. eh ketemu nya website ini.. makasih ya om admin…. berguna banget buat saya..

  4. saya sudah mencoba insert tabel dari M.WORD, tetapi hasilnya garis tabel tidak tayang, sementara content/isi dari tabel tersebut ada.
    minta solusinya dong…

  5. woh, postingan ini ada di no 1
    the best deh, dan ini artikel emang bermanfaat banget, mau bikin tabel di wp, jadi langsung nancep deh komennya disini 🙂

    • Tombol yang apa maksudnya Om? Yang untuk editing? Coba buka dalam mode visual, dan setelah itu klik saja tombol paling kanan, nanti akan terbuka tombol “kitchen sink”-nya (begitu nama deretan tombol yang belum terlihat di papan editor dalam mode visual tersebut).

    • Terima kasih telah berkunjung. Tetapi di wordpress.com tidak bisa menggunakan plugin. Bahkan javascript saja tidak diperbolehkan. Demikian aturan main di wp.com yang berbeda dengan wp.org. Tks.

  6. Cara yang disajikan di blog ini lebih lengkap dari yg saya dapat sebelumnya. Ada yang pake HTML, dan ada yg lebih simpel. I really appreciate that, anyway!

  7. Waduh kayaknya aku harus buka WP ku kembali ni, masalahnya MP, Blog, juga lama tertinggal gara-gara FB atau karena sibuk ngurusin ternak ? ea baru semangat lagi neh
    Makasih Om!

  8. Kalau lewat cara paste from words biasanya tampilannya tidak sempurna. kadang memang apa yang tampil di words bisa tampil sama persis pada postingan. Tapi kadang juga untuk border dan kolom tidak akan keliatan garisnya.
    Saya lebih suka dengan cara insert html seperti cara yang pertama atau dengan menambahkan plugin wp-table.

    Salam..

  9. Waaah2,,, makasih bgt nih atas postingannya,,, langsung tak cobain dlu di localhost buat web saya : http://www.lukisantermurah.com ,.,. klo buat tabel buat input produk bisa berarti y, biar rata aja gtu 🙂 abisnya susah bgt y klo buat input produk msti di edit satu2 pkai phtoshop 🙂
    Makasih bgt atas postingan 🙂 salam sukses dari sang penjual Lukisan Murah

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.