Ini adalah jawaban saya atas pertanyaan teman di forumn wp.com mengenai cara melebarkan space halaman ataupun sidebar pada blog. Pertanyaan yang disampaikan adalah sebagai berikut:

minta tolong sama teman-teman nih… gimana cara untuk menambah lebar halaman blog kita, terus sidebarnya agak disempitin gitu, jadi kalo mau posting yang layoutnya agak sama dengan di program pengolah kata gitu, misal word. kalo di word pake menu page setup. kalo di blog wordpress pake menu apa ya??? MAKLUM aku pake yg gratisan. help me please …terimakasih

Menjawab pertanyaan itu, saya sampaikan hal berikut ini:

= Sejauh yang saya tahu, secara umum hal itu bisa dilakukan jika kita upgrade CSS. Di sana kita bisa ubah2 lebar sidebar/ halaman.

= Kalau tidak upgrade CSS, ada kok beberapa tema yang memberikan pilihan kepada kita mau menggunakan sidebar lebar atau kecil, dua atau satu atau malah tiga sidebar, di kanan atau di kiri, atau bahkan kita bisa memilih yang tidak ada sidebarnya sama sekali.

Contoh tema yang bisa untuk tujuan begitu adalah Coraline atau Pilcrow. Tema Pilcrow misalnya, memberi Anda alternatif untuk memilih:

1. Skema warna (Color Scheme) dengan pilihan: Merah, Kulit, Terang, Gelap

2. Layout Scheme:
a. Default Layout (Content-Sidebar)
b. Sidebar-Content
c. Content-Sidebar-Sidebar
d. Sidebar-Sidebar-Content
e. Sidebar-Content-Sidebar
f. Full-Width, No Sidebar

Alternatif sidebar di atas ada yang lebar dan ada lebih sempit. Tinggal pilih.

Untuk memilih tema yang bisa “kita mainkan” sidebarnya, bisa dicari dengan memasukkan kata kunci atau tag (misalnya) “multiple sidebar configurations”. Lihat masing-masing tema dan pilih yang Anda suka.

HALAMAN TERKAIT

1. Sukses Bikin Web

2. Cara Membuat Tabel di WordPress

3. Kode Warna HTML

4. Pengantar: HTML

5. Search Engine Optimization

6. Cara bikin background animasi

13 Comments

    • Ya kalau kita pakai web dengan hostingan sendiri ya tinggal ubah parameternya saja. Hanya saja, agar sesuai dengan tampilan keseluruhan maka lebar sidebar dan elemen lain yang berkaitan perlu disesuaikan agar designya tidak malah rusak.

Tinggalkan Balasan