“Menciptakan” isian burung/masteran secara murah

Saya akan menulis sedikit pengalaman saya mengundang burung masteran ke sekitar rumah kita.
Burung masteran yang saya maksud adalah burung gereja. Nah pasti Anda sudah bisa menebak ke mana arahnya, ya… jangan pelit2 untuk menebar sejumput beras, atau bisa juga milet, ke atas genting atau di halaman rumah kita, setiap hari. Untuk lebih “mengundang” sekali-sekali juga boleh ditebar sejumput UH.
Karena di daerah saya tidak ada yang memelihara merpati secara diliarkan, maka penyerbu beras atau milet adalah burung gereja. Kadang-kadang ada juga emprit/pipit yang datang, tetapi biasanya pipit akan pergi begitu gerombolan burung gereja datang.
Untuk mereka yang suka dengan isian prenjak (yang bagus justru suara betinanya kalau untuk isian MB misalnya), dan ada pepohonan di sekitar rumah , maka sediakan wadah yang bisa ditalikan/dipakukan di pepohonan (pada ketinggian 2-4 meter) dan diisi sejumput kroto atau UH tiap pagi. Kalau Anda beruntung (atau malah sial ya?), burung kecil lain seperti kacamata atau pleci juga akan datang.
Untuk melengkapi thread “Menciptakan isian burung/masteran secara murah” ini, ada juga cara “alami” menambah suara masteran di sekitar rumah kita, yakni biasakan dalam jangka waktu 3-4 hari sekali untuk melepas barang 2-3 ekor jangkrik jantan di halaman/ kebun kita. Mereka akan berkeliaran dan ketika datang masa birahi, mereka akan “bernyanyi bersahut-sahutan”.

Barangkali ada di antara Anda punya pengalaman lain untuk “menciptakan isian burung/masteran secara murah”? Ditunggu sharing-nya.
Salam,
Duto Sri Cahyono

TULISAN TERKAIT

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 24 comments

  1. Wiwid

    Cocok persis seperti yang saya lakukan yaitu menebar gabah dan beras di loteng lantai 2 al hasil banyak gereja yang bersarang di sela2 genteng..mantab untuk masteran anis merah saya..

  2. agus

    Salam kicau Om..sy selaku pemula kicau mania…mau nanya dikit nih..kira-2 brp byk sih suara isian buat burung kacer poci ya.? trim”s sebelum nya om…

  3. Yoan

    Salam knal om…saya pya sepasang cucak hijau dan sepasang punglor kembang smua saya gantang jdi satu dalam satu ruangan kira2 berpengaruh nga pda keduanya,soalnya punglor sama cucak hijau gacor smua…matur nwun.

  4. Ao Ming

    om aku beli burung gereja lumayan, bunyi terus, kemaren ditawar 1,5 juta gak tak kasih, eman soalnya bisa ngundang burung gereja lain. temen-temen sering bawa burung kerumah, katanya ada masteran gratis dirumah. kalo om mau bawa burungnya kerumah……

  5. Sodig

    Mas sbgai masukan pengalaman yg sy lakukan di daerah sy yg tdk tersentuh burung pleci, maka dari itu saya berusaha agar ada burung pleci di skitar rumah dgn cara saya beli burung pleci kira2 5 ekor lalu sy pelihara kurang lbh satu bula di rmh, stlh kurun wkt 1 bln kita lepas 1 ekor burung pleci tsbt maka burung pleci tsbt tdk akan pergi jauh dr rmh kita dan dia akan bunyi di skitar rmh dan kembali ke sangkar 4 ekor tp maka berilah makanan diatas sangkarny biar dia mkin betah dan rajin bunyi buat masteran murah di sktar rmh kita,

    salam

  6. arya

    Salam kicau mania.

    Suara burung pleci menurut saya seh unik yaa… Ngerolnya bisa kenceng banget.

    Untuk besar kecilnya suara tergantung dari bawaan atau karakter burungnya. Karena saya pernah liat dan kebetulan saya punya, suaranya seh cukup kenceng kaya' burung blackthroath. Banyak juga saya liat suaranya pelan.

    Kebetulan saya beli yang udah jadi. Katanya seh kalo beli bakalan hasilnya belum tentu bagus.

    Yaa…daripada beli bakalan nunggunya lama dan belum tentu bagus, saya berpikiran mending beli yang udah jadi sekalian.

    Demikian sharing info tentang burung kecil kaca mata "si pleci" ini. Terimakasih

  7. FAHMI

    Salam kicaumania om

    saya punya love bird 1 ekor yang selalu juara masuk 3 besar, yang saya tanyakan om kalau love bird tsb saya jadikan burung master apakah tidak merusak mental dan prestasinya, tq

    Jawab:
    Untuk komentar dan pertanyan dari Om dan Tante dengan ID = aryoudha, triofabianto, galang, MDz, Inay, kemal, Ridwan, FAHMI, Hamdi, choung yang, Anang, MARDI, Ken Arok, firmansyah, indra, safrudinplncikupa, buto, galang, processed69., sudah saya masukkan dan jawab di link ini: http://omkicau.com/about/curhat/. Dikopi saja link itu dan paste-kan di browser. Kemudian "enter". Terima kasih.

  8. aryoudha

    salam om
    kalo burung plechi apa bisa dijadikan masteran ????
    bagusnya untuk memaster burung apa om ?????
    emang kebetulan di daerah saya masih berserak jenis burung plechi ini
    per ekor @ RP 8000.
    kalo disatukan dalam satu sangkar dalam jumlah banyak(lebih dari 5 ekor) lumayan ribut) tapi kalo di pisahin 1 sangkar 1 ekor burung, dan digantung terpisah berjarak 4 Meter malah asik didengar yg di pisah gini om,
    makasih
    salam

    Jawab:
    Bisa untuk masteran. Cuma karena suaranya kecil, kurang bisa tembus ke burung lain. Kalau mau untuk memaster ya burung yang mau dimaster selalu didekatkan dengan pleci.

  9. aryoudha

    kalo saya boleh kasi masukan ni mas, untuk burung gereja gampang kalo mau main dan di buatin sarang di rumah.

    1. ambil sabut kelapa yang utuh( tak terpisah masih membulat utuh tampa ada tempurung kelapa) kalo sabutnya cuman ada yg lepas, di ikat aja menjadi bentuk semula (pake tali ato kawat) kasi lobang se ukuran burung gereja untuk keluar masuknya burng gereja.

    2. gantungkan aja di sekitar rumah(agak tinggi dan terhindar dari ganguan kucing dan tikus)

    kalo memang di lingkungan rumah banyak terdapat burung gereja,insya allah dalam 2 minggu burung gereja udah mau bersarang kedalam rumah sabut yg kita buat tadi.

    itu yang sering saya lakukan sewaktu saya masih di SD dulu.

    semoga bisa menambah pengetahuan deh.

    salam.

    Jawab:

    Nah kan. Ayo-ayo siapa yang punya ilmu, keluarkan semua.

    Terima kasih.

    Salam,

    Duto

Komentar ditutup.