Mandi pasir untuk burung, fungsi dan tata caranya

Burung sedang mandi pasir (Sumber Foto: gearlog.com)

Pernah mendengar istilah mandi pasir untuk burung? Misalnya mandi pasir untuk terapi kacer mbagong atau nguda laut atau kacer mbalon? Kalau belum, ya sekarang ini Anda sedang membaca salah satu artikel yang membahas masalah mandi pasir.

Pernah Anda melihat ayam yang sedang mandi di kubangan debu? Nah itulah sebenarnya apa yang kita maksud dengan mandi pasir. Dengan demikian, apa yang disebut mandi pasir hanya masalah istilah. Sebab yang bisa digunakan untuk mandi bisa pasir bisa juga tanah.

Selain ayam, beberapa jenis unggas dan burung juga suka mandi pasir atau mandi tanah yang dalam bahasa Jawa disebut “kipu”. Burung perkutut, derkuku, atau burung branjangan, adalah contoh-contoh burung dan/atau unggas yang biasa mandi pasir.

Untuk Anda ketahui saja, burung yang biasa mandi pasir, biasanya berumur panjang. Burung branjangan, dengan perawatan standar dan diberi tanah untuk mandi, umumnya bisa berumur sampai belasan tahun, atau bahkan lebih dari 20 tahun. Pertanyaannya, apa hubungan antara mandi pasir dengan umur panjang?

Pada saat burung mandi pasir, sebenarnya dia juga mematuki sejumlah mineral yang diperlukan oleh tubuh. Yang disebut mineral ini, yang sangat berguna untuk burung, antara lain adalah calcium, phosphor, iron (besi), manganase, iodium, cuprum, zinccum, magnesium, sodium dan kalium.

Mineral sesungguhnya adalah salah satu pembentuk utama tubuh makhluk hidup. Mineral ini membantu proses kimia dan elektrik yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Proses-proses kimia dan elektrik hanya akan berfungsi dengan benar apabila keseimbangan mineral yang sesuai diberikan pada sistem. Dalam hal ini bisa dicontohkan zat besi untuk darah, belerang untuk otot, kalsium untuk tulang, dan banyak lainnya yang secara umum memberikan kelancaran fungsional tubuh makhluk hidup.

Mineral juga dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan. Meskipun vitamin begitu penting, vitamin tidak dapat melakukan apa-apa untuk makhluk hidup tanpa mineral.

Dengan cara mandi pasir inilah burung branjangan mendapatkan mineral yang mereka butuhkan. Dalam kasus lain, burung perkutut yang diberi totok (kerangka/tulang) sotong atau cumi-cumi, juga mendapatkan mineral dari tulang cumi itu. Inilah salah satu penyebab mengapa burung perkutut yang dipelihara di sangkar juga bisa berumur bahkan sampai puluhan tahun.

Burung apa saja yang perlu mandi pasir dan mengapa?
Sebenarnya semua burung perlu mandi pasir. Artinya, semua burung memang perlu mendapatkan mineral. Burung-burung yang tidak suka mandi pasir di alam aselinya, mereka mendapatkan mineral dari tanah yang ikut terangkut ketika burung makan makanan yang tergeletak di tanah, atau ketika dengan sengaja mereka mengorek-ngorek tanah untuk mendapatkan cacing dan sebagainya.

Demikian pula halnya dengan burung-burung yang kita pelihara di dalam sangkar. Mereka memerlukan mandi pasir, mereka perlu mandi tanah untuk mendapatkan mineral. Masalahnya adalah tidak semua burung suka mandi pasir lagi pula pasir atau tanah seperti apa yang harus kita gunakan.

Jika burung Anda kurang mineral, maka manifestasinya bisa macam-macam. Antara lain burung berulah (kalau kacer misalnya mudah mbagong, nguda laut atau mbalon atau uter/puther-Jawa; untuk cucak ijo misalnya kurang ngentrok atau kurang njambul). Burung yang kurang mineral atau defisiensi mineral akan menunjukkan gejala seperti rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), anak burung yang menetas cacat, urat keting (tendo), terlepas sendinya, tercerai (luxatio); paruh meleset, kekurangan darah, pucat dan lemah. Dan hal yang paling sering juga bulu burung mudah patah sehabis mabung, tidak berkilau alias kusam.

Sedangkan untuk burung indukan di penangkaran tidak segera bertelur, telur gagal, atau produktivitas telur sedikit, daya tetas rendah, terjadi banyak kematian embrio dan sebagainya.

Tanah yang digunakan dan cara penggunaan
Kalau Anda mencari tanah yang akan Anda gunakan untuk memandikan burung, maka berikut ini beberapa tips-nya:

  1. Jangan menggunakan pasir karena butiran pasir sangat keras dan tajam yang bisa merusak bulu burung.
  2. Cari tanah yang bebas mikroba dan pestisida. Jika Anda tidak bisa memastikan tanah yang bagus dan bersih, Anda bisa menggunakan bubukan batu bata yang disaring. Cari saja batu bata yang empuk jangan yang keras karena meski disaring, bubukan bata yang keras bisa juga merusak bulu burung seperti halnya pasir.
  3. Pastikan Anda menggunakan tanah yang mengandung banyak mineral. Jika Anda tidak bisa mendapatkannya, maka cukup Anda mendapatkan bubukan bata kemudian dicampur dengan Bird Mineral secukupnya. Apa itu Bird Mineral? Bird mineral adalah salah satu produk kesehatan burung yang di dalamnya terdapat calcium, phosphor, iron (besi), manganase, iodium, cuprum, zinccum, magnesium, sodium, kalium, vitamin B12 dan vitamin D3. Untuk mengetahui apa itu Bird Mineral, anda bisa membacanya di sini.
  4. Isi bak karamba burung dengan tanah yang sudah Anda campur dengan Bird Mineral tersebut dan masukkan burung ke dalamnya seperti kalau Anda sedang memandikan burung. Beberapa burung akan mau melakukan kipu atau mandi pasir, sedangkan yang lainnya tidak. Untuk hal ini, memang perlu dilatih secara telaten dan sabar.
  5. Khusus untuk burung branjangan ataupun perkutut, tanah yang sudah tercampur dengan Bird Mineral bisa digunakan sebagai dasar sangkar seperti yang biasa kita gunakan untuk burung branjangan dan bisa diganti sepekan sekali dengan campuran yang baru.
  6. Untuk burung di penangkaran, bak pasir / tanah bisa diletakkan di dalam kandang penangkaran.

Kalau burung Anda tidak mau mandi pasir atau Anda tidak telaten dan sabar melatihnya agar mau mandi pasir, Anda bisa saja langsung memberikan Bird Mineral dengan cara mencampurnya ke dalam voer atau kroto (untuk burung yang mau makan kroto). Yang penting dalam hal ini adalah memastikan burung mendapatkan mineral yang tepat, pas dan terukur.

Dengan membiasakan burung mandi pasir/ tanah, maka Anda sudah memastikan burung Anda memiliki bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi dengan tingkat kematian embrio yang rendah.

Salam sukses hobi burung Indonesia.

Sekadar intermeso, berikut ini sejumlah bentuk dan cara mandi manusia dengan kegunaan bermacam-macam (sumber gambar: bluefame.com):

Mandi cream

Mandi madu

Mandi oli

Mandi (di) sungai, hehehe

Mandi kembang

Mandi kembang 2

Mandi lumpur

Mandi pasir

Mandi rempah-rempah

Mandi tomat

Mandi uang

Mandi ular

Mandi coklat

Mandi susu

Ratu Mandi Madu Indonesia, hehehehe….

Selamat berhobi burungjangan lupa memandikan pasir/tanah burung Anda.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

56 pemikiran pada “Mandi pasir untuk burung, fungsi dan tata caranya

  1. om.
    KC sya kan sllu mbagong d tengah jalan,,boleh nh klo d coba terapi mandi pasir pd KC sya..
    Yg jd pertanyaan sya,,
    ~kpan melakukan mandi pasir’a?
    ~brapa x dlm seminggu?
    ~kalo pk pasir yg sudah d saring apakah bsa?
    Cz d daerah sya cari bubuk bata susah..
    Tolong jawabannya om..
    Trims.

    Suka

  2. Met sore om kicau
    sya ada sdikit kendala mengenai kacer sya,skrg kondisi selesai mabung dan bulu sdh rapi bgt om,tdi sya iseng sya trek ama kacer tmn,nglawan sbntar hbis itu kok lgsg trrrrr/mbagong y om,,apa sya slh dlm rwatan masa mabung atau karena hbis mabung lgsg sya trek itu y om,
    terima kasih sblumnya om kicau utk jwb nya.

    Suka

  3. salam kicau mania om..
    saya mau tannya ni om, saya suda sering plihara kc poci tapi saya baru sekali plihara yg dari trotol ..
    burung ini jinak bangret om kalo saya deketin tangan saya pasti dy ngriwik2 trus..
    gacor bgt lg..
    setiap saya trek sma kc mana aja ga pernah buang selah..
    nah masalah nya yang mau saya tannyain kenapa penyakit kuda laut nya ga ilang2 , kan malu om kalo pas latian bareng jadi bahan keta gitu..!! hehehe padahal therapy mandi pasir uda saya coda juga om..
    ow ia om jadwal/waktu buad mandi pasir nya itu gimana ya om??
    sbelum nya trimakasi buat artikel2nya om & sudah mau berbagi pengalaman nya..

    Suka

  4. Slm Knal OM…Mau Tanya And Mintak Solusi Nihh…..”Aku Baru Aja Beli KC Poci,,,Namanya BOGEL,,,Bogel Gacor Banget Seajak Pertama Ditangan KU,,,Tapi,,,Kalaw Di Sandingin Ma KC Poci Yg Kandangan Yg Lain BOGEL Nebalon OM,,,Anehnya Klw Ma KC Poci Liar ( Alam Bebas ) Ngeri Perlawanan Si BOGEL…. Yang Mau Aku Tanya,,,
    Solusinya Biar Ndak Ngebalon Gi Mna OM ??? Tolong Ya OM….Thank You OM…

    Suka

  5. om kicau..saya mw tanya ..
    1.apakah sesudah mandi pasir burung boleh dimandikan lg secara normal “pakai air” ?
    2.bgaimana step by step cara memandikan dgn cara mandi pasir ?
    3.dimana saya dpt membeli BIRD mineral ? apakah ada kontak tlp selain email ?
    mohon pencerahannya,.salam kicau mania jabar…

    Suka

  6. gini om aku baru ne hobi di dunia burung..pemula deh…
    nah dulu saya pernah beli kacer poci,n ngoceh trusss,,, namun gara2 adik saya,,kurungan kacer saya jatuh,jadinya kacer saya sekarang ngak rutin lagi bunyinya… trus kalo kacer saya bunyi saya lihatin langsung berhenti… gi mana om ya ngatasinnya… mohon bantuan dari temen2 yang dah berpengalaman…
    salam.yudi palembang!!

    Suka

  7. ooooooooooooooooooooooooooouoooooooooom duto yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang guannnnnnnnteng aku pnya kcer kalo tarung kok parkir2 trus. tolong solusinya om………………..! padahal dia udah tak lateh baris berbaris kok sukanya dadi TUKANG PARKIR, prit….prit… prit…….. aja……., belok kanan belok kiri trus maju ibarate gitu om saking sedihnya aku om……. ,,,,,,,,, suka main suka tarung, dan yang anehnya suka ngetem duduk2 kalo diajak tarung he………… he……………. he……………..ypi trus tarung lagi,……. salam kenal om from KICAU MANIA PEMULA BATAS KOTA MANTINGAN NGAWI JATIM (org pinggiran BC)

    Suka

  8. om aku punya kacer sedang loyo ,mcem cara dh tak coba,mulai mandi air ,pasir,lumpur, ful kroto,cacing,hkong ,suplemen,jakr ful , jemur model macem2 juga udah, main drop ya udah pernah,
    pertanyaAN SAYA SIMPEL kenapa kok kacer saya rewel nggak seperti dulu pdhl tadinya waduh luar biasa ? trim,s om duto yG CUAEM dw

    Suka

    • Jawabnya simpel Om. Burung perlu konsistensi dalam perawatan dengan asupan penuh gizi dan bukan diubah-ubah hanya karena terpengaruh teman misalnya, apalagi kalau baru sebulan diubah setelannya atau rawatan karena Anda kurang puas, lantas bulan berikutnya diubah lagi, begitu seterusnya.
      Lihat Om, artikel saya tentang Kunci Utama Perawatan Burung.

      Suka

    • yg ada burung nya terawat sedangkan diri kita sendiri yg tidak terawat om, biasa nya pagi sering duluan burung nya om mandi daripada tuan nya
      wkwkwk

      Suka

  9. Burung kacer saya dr beli sampe sekarang blom bunyi…knapa ya om apa penyebab nya..trus bulusayap sebelah ma ekor ber angsur habis tp tak ada yg kelihatan jatuh..tlng pencerahannya om…

    Suka

    • bisa jadi anda beli burung liar/tangkapan , kaena tertalu bnyk gerak akirnya tak terkendali trus pada rusak bulunya he……… solusinya porsi makan di tmbh,menu EF nya teratur ,taruh tempat yg teduh……………… poasti cpat bunyi, kalo perlu ful kroto,,,,,,,,,,,,so jangan keseringan pindah tempt , tenang dan istrh tpat,,,,intinya biarkan dia burg kacer nyaman hem .,…………. nantinya biar dia mulai mriwik dan ngeplong pada waktu santi angin sepoi2

      Suka

  10. Kacer saya sulit pindah sangkar..jd kagak sabar saya ambil pake tangan untuk pemindahannya.namun setelah pindah kacer saya tidak seperti biasanya untuk bunyi..gmn caranya itu om untuk pemulihannya!

    Suka

Komentar ditutup.