Beberapa penyebab bulu di sekitar kloaka burung cepat kotor / berminyak

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sering kita jumpai bulubulu di sekitar kloaka burung cepat kotor atau berminyak. Ini memang masalah yang umum terjadi pada berbagai jenis burung peliharaan, terutama burung pemakan biji. Kita sering menganggapnya bukan hal yang serius. Tetapi jika kondisinya sudah makin parah, tentu tak bisa didiiamkan. Berikut ini beberapa penyebab bulu di sekitar kloaka burung cepat kotor / berminyak.

Bulu-bulu yang kotor sekitar kloaka
Bulu-bulu di sekitar kloaka burung mudah sekali kotor atau berminyak.

Pada umumnya, burung yang mengalami penurunan kondisi akan terlihat pada perubahan perilakunya. Yang paling sering terjadi adalah burung terlihat malas-malasan, dan bulu-bulunya selalu dikembangkan.

Dari perilaku tersebut, kita bisa tahu apakah ada masalah yang berkaitan dengan kesehatannya. Tetapi, terkadang, beberapa jenis burung pandai menyembunyikan kondisinya. Lovebird dan parkit pintar menyembunyikan kondisi kesehatannya. Burung yang sebelumnya terlihat sehat-sehat saja, ternyata mengalami sakit parah akibat terlambat ditangani.

Tetapi sepandai-pandai burung menyimpan penyakitnya, sobat kicaumania yang teliti pasti akan mengerti apa yang terjadi pada burung peliharaannya itu. Salah satu tengara yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan burung adalah kondisi bulu-bulu di sekitar kloakanya yang kotor.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Bulu-bulu yang kotor biasanya akibat kloaka sering mengeluarkan cairan atau lemak / minyak. Cairan inilah yang membuat bulu-bulu di sekitarnya mudah kotor, baik oleh feses (kotoran) maupun bekas pakan.

Persoalannya, mengapa bagian kloaka tersebut sering mengeluarkan cairan yang membuat bulu-bulu di sekitarnya mudah kotor? Berikut ini tiga penyebab utamanya:

1. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare akan membuat burung terus-menerus mengeluarkan cairan melalui kloakanya. Jika tidak segera ditangani, burung bisa mengalami dehidrasi, lemah / lemas, kehilangan selera makan, dan terjadi penurunan bobot badan yang ditandai dengan tubuh kurus / dada nyilet.

Untuk mengatasinya, coba amati bentuk kotoran yang dikeluarkannya. Dari bentuk kotoran itulah bisa didapatkan informasi mengenai jenis penyakit yang dialami burung, sehingga bisa segera diberikan pengobatan yang tepat.

Untuk mengetahui kondisi penyakit burung dari bentuk kotorannya, silakan simak artikel Informasi kesehatan melalui bentuk kotoran.

2. Infeksi bakteri dan jamur

Selain gangguan pencernaan seperti diare, masalah lain yang kerap terjadi adalah radang usus / infeksi baik yang disebabkan bakteri, jamur, dan cacing. Hal ini menyebabkan kloaka burung sering mengeluarkan cairan. Masalah ini biasanya terjadi akibat pola makan yang buruk, atau pemilik kurang memperhatikan kebersihan sangkar dan pakan.

3. Terlalu banyak lemak

Beberapa jenis burung, misalnya kenari, dikenal cukup sensitif dengan pakan tambahan maupun bijian yang tinggi kadar lemaknya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan membuat tubuh mengeluarkan cairan/lemak yang berlebihan melalui kloakanya. Hal itulah yang membuat bulu-bulu di sekitar kloaka mudah kotor.

Untuk mengatasinya cukup dengan mengurangi / menghentikan pemberian pakan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Setiap hari, burung cukup diberi pakan canary seed dan sayuran hijau untuk memulihkan kondisinya.

Itulah beberapa penyebab bulu-bulu di sekitar kloaka burung cepat sekali kotor. Masalah ini harus segera ditangani sebelum berkembang makin parah.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.