Menyiapkan kenari lomba: Melatih mental dan suara panjang

Memiliki kenari yang bersuara  kencang, kristal, dengan lagu panjang yang mencapai  minimal 35 detik, plus kicauan bervariasi, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliki burung, tak peduli apakah kenari tersebut berjenis lokal atau impor. Didukung mental yang baik, burung akan selalu ngotot jika mendengar suara kenari lain yang sama-sama gacor. Inilah modal utama yang harus dimiliki kenari Anda sebelum diterjunkan ke arena lomba atau latber.

Tidak jarang kenari yang bagus akan mengalami masalah dengan suaranya dan karakternya, sehingga bisa menurunkan performa di lomba.  Di sini kita akan membahas perawatan kenari untuk tujuan lomba, dan bagaimana mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada kenari lomba.

Melatih mental kenari

Tahapan ini hanya untuk Anda yang memiliki kenari yang mentalnya belum stabil. Jika Anda memiliki kenari yang mentalnya sudah baik, silakan langsung masuk ke bagian Melatih kenari agar bersuara panjang.

ANTON YAPAH MERAJAI KENARI KMYK

ANTON YAPAH MERAJAI KENARI KMYK

Melatih mental kenari untuk lomba sangatlah penting, agar burung tidak mudah ngedrop di tengah lomba, atau kurang pede ketika mendengar suara kenari lain yang memiliki suara kencang, panjang dan bervariasi. Latihan bisa dilakukan melalui beberapa metode, yang semuanya bertujuan agar kenari terbiasa dengan situasi dan kondisi lingkungan yang baru, terbiasa dengan suara kenari lain yang kencang, serta terbiasa dengan sifat dan karakter dari kenari atau burung lainnya.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan mental burung kenari lomba:

  • Untuk burung yang masih muda, latihan mental bisa dilakukan dengan menempelkannya pada kenari yang sudah mapan atau memiliki mental bagus. Burung muda memiliki sifat mudah meniru. Maka, ia pun akan mengikuti karakter, gaya dan suara dari burung kenari yang mapan tersebut.
  • Sering mengajak burung jalan-jalan ke arena lomba atau latber, meski tidak ikut kontes (sekadar membiasakan kenari terhadap keramaian suasana serta suara burung kenari lainnya).
  • Gantung di tempat yang berbeda-beda. Tujuannya agar burung terbiasa dengan lokasi baru. Perubahan tempat baru biasanya akan membuat kenari lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, termasuk di arena lomba (baik mendapat gantangan di tengah maupun di pinggiran).
  • Pastikan kondisi burung selalu fit. Burung yang kondisi fisiknya fit bukan hanya lebih tahan terhadap serangan penyakit, tetapi juga memiliki korelasi positif terhadap kondisi mentalnya. Burung bermental bagus pun bisa drop, ketika kondisi fisiknya tidak / kurang fit, dan butuh waktu lama untuk mengembalikannya ke kondisi mental idealnya.

 

Suara kenari kristal atau ngristal

Di kalamgan kenarimania dikenal adanya suara kenari yang ngristal bening; seperti bergema stereo. Sebenarnya suara ngristal adalah bawaan atau karakter tang terbentuk sejak anakan. Sobat kenarimania Klaten, Om Budi (idnya Galeri Burung Berkicau di FB) pernah menulis di forum kicaumania.or.id tentang hal ini.

Intinya suara kristal bisa dibentuk selama masa pemasteran dengan cara menempatkan burung kenari di ruangan tertutup dan bergema jika ada suara di dalamnya. Suara gema ini akan mempengaruhi bagaimana warna suara masateran saat direkam oleh pendengaran burung dan disuarakan ketika burung berkicau.

Sharing yang disampaikan Om Budi tersebut berdasar pengalamannya selama saat masih memiliki banyak burung kenari di rumahnya di Jogonalan, Klaten. Saat ini pun Om Budi masih aktif di dunia perkenarian dengan menjadi salah satu pengurus Papburi Klaten.

Beberapa problem terkait mental (update dari Om Kicau)

Kalau ada beberapa problem yang terkait dengan mental kenari Anda, sebaiknya perbaiki dulu agar tidak berlarut-larut dan makin menyulitkan dalam perawatan harian maupun perawatan lomba. Problem mental bahkan bisa dialami pula oleh kenari yang gacor, suara kicauannya panjang dan bervariasi. Misalnya, gaya bernyanyinya lebih sering di dasar sangkar atau sering njeruji (menabrak sangkar).

Sebagus apapun performa suaranya, mental burung seperti itu pasti akan berpengaruh terhadap penilaian juri dalam sebuah kontes atau lomba. Kicauan yang semula ideal, tiba-tiba berubah ketika burung tidak terkontrol emosinya. Emosi dapat disebabkan burung sedang birahi, tetapi bisa juga disebabkan faktor lain, termasuk masalah mental yang labil. Kalau sudah begini, suara panjangnya pun bisa berubah menjadi pendek.

Jika kondisi seperti ini terpantau minimal sepekan sebelum lomba, biasanya masih memungkinkan untuk diperbaiki dan diterjunkan ke arena lomba. Tetapi jika hanya beberapa hari menjelang lomba, dan upaya perawatan belum membuahkan hasil, sebaiknya jangan dipaksakan ikut lomba dulu.

Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan dalam menyelesaikan problem mental kenari yang seperti ini :

  • Coba tambahkan beberapa tangkringan di dalam sangkarnya. Misalnya, jika semula hanya ada 2 tangkringan, bisa ditambah menjadi 3-4 tangkringan yang dipasang melintang. Logikanya sederhana, yaitu memberi pilihan kepada kenari untuk menclok di tangkringan yang paling disukainya.
  • Pada saat yang sama, berikan terapi pembatasan pakan. Hal ini terutama jika Anda terbiasa memberikan telur puyuh setiap hari atau memberikan extra fooding berupa kroto dalam porsi terlalu banyak sehingga kenari mengalami over birahi (OB). Terapi pembatasan pakan ini mencakup dua hal:
    • Pemberian kroto untuk sementara dilakukan 2x seminggu, masing-masing dengan porsi maksimal 10 butir kroto.
    • Pemberian telur puyuh untuk sementara juga 2x seminggu.
  • Berikan mentimun selama 2 hari berturut-turut.
  • Tingkatkan frekuensi mandi, misalnya pagi, siang, dan sore hari.
  • Kurangi lama penjemuran menjadi 30 menit / hari.
  • Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama.

Melatih kenari agar bersuara panjang

Melatih kenari agar bersuara lebih panjang dapat dilakukan dengan melatih pernafasan burung. Cara yang biasa dilakukan adalah memasukkan burung ke dalam kandang umbaran sewaktu menjemur burung, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Metode ini akan membuat burung lebih aktif atau banyak bergerak.

Lakukan pengumbaran selama 1 jam, kemudian burung dikembalikan ke kandang / sangkar harian. Setelah itu dijemur seperti biasa. Usai pengumbaran dan penjemuran, berikan BirdShout  yang dilarutkan dengan air minumnya. Lakukan latihan ini sampai burung kenari benar-benar memiliki lagu yang bervariasi dan lebih panjang dari sebelumnya.

Pemberian kerodong diperlukan bagi kenari agar tidak terlalu sering mengeluarkan kicauannya sepanjang hari, serta untuk menjaga kondisinya,  terutama saat cuaca sedang dingin atau turun hujan. Berikan kerodong setiap sore hari sebelum burung dimasukkan kedalam rumah untuk beristirahat.

Persiapan selama 3 hari jelang lomba

Tidak bisa dimungkiri memang, pakan kenari yang berkualitas juga menentukan kestabilan kenari di arena lomba. Misalnya BirdFood yang terbukti pernah mengantar beberapa kenari jawara seperti Poliponic, Harmoni, dan Mesi menjuarai beberapa lomba bergengsi di negeri ini. Testimoni dari beberapa pemilik kenari jawara pun bisa dibaca para artikel terdahulu (cek di sini).

Ada tiga hari menjelang lomba yang begitu sayang untuk dilewatkan tanpa pemberian BirdFood. Ramuan ini juga bisa digunakan di luar waktu lomba, terutama untuk kenari yang selama ini terlihat kurus, kuyu, dan drop, atau sering sakit-sakitan. Jika sudah sehat dan kembali gacor, pemberian BirdFood bisa distop dan cukup diberikan menjelang lomba saja.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 8 comments

  1. Febry Fauza

    Om! Tetangga punya kenari yang sudah rajin bunyi, umurnya baru 7 bln jenis AF, lalu saya menempelkan kenari saya yang berumur 7 bulan juga jenis RedBrown belum rajin bunyi. Kenari tetangga yang tadinya rajin bunyi, langsung diam tak bersuara kenari saya pun diam. Kalau ditempel terus menerus apakah berpengaruh buruk pada kenari saya maupun pada kenari dia? Mohon dibalas om!

  2. agung

    Om Kicau, mau tanya
    Hari mingu kemarin,untuk pertama kalinya saya ikutkan kenari di latberan dan hasilnya sangat mengecewakan om…burung hanya diam seribu bahasa meski ga sampe turun tangkringan, berbanding terbalik jika burung saya gantang dirumah atau tempat yg belum pernah dikunjungi (burung sering saya ajak jalan2 ke tempat yang berbeda-beda dan burung selalu gacor ditempat yang asing)..perawatan harian sudah sama dengan ulasan2 diweb ini…selain masalah mental apakah ada lain hal yang perlu saya perbaiki om? kronologis…ketika hari H saya hanya mempunyai waktu 10-15 menit untuk mempersiapkan kenari sebelum digantang karena saya datang telat jadi terkesan gerasak gerusuk heheheh…berbeda dengan pelomba lainya yang sudah sangat2 mempersiapkan burungnya minimal 1 jam sebelum digantang, apakah ini juga faktor yang membuat burung saya kaget sehingga tidak mau bunyi….mohon masukan dan solusinya om?

    Tks

    1. redaksiomkicau

      bisa jadi belum terbiasa bertemu dengan kenari lain dalam jumlah banyak dan berbagai gaya tarungnya sehingga burung jadi kaget. biasakan ketemukan dengan kenari lain seumuran tapi cukup 3-4 burung dulu, jika sudah mau bunyi tambahkan sparing partnernya. Sebaiknya datang ketempat lomba 1 jam sebelum digantang supaya burung bisa lebih tenang.

Komentar ditutup.