Wahid Fajar Indah: Spesialis pembuatan kandang umbar dan kandang penangkaran

Inilah “risiko” pengusaha jasa interior dan eksterior berbahan alumunium yang juga penggemar burung. Bisnis utama Om Wahid Riyadin sebenarnya jasa pembuatan kusen pintu, jendela, rolling door, serta aneka trails dan partisi dari alumunium. Menyadari banyak kicaumania yang ingin menangkarkan burung kicauan, dia melakukan diversifikasi produk dengan membuat aneka kandang umbaran dan kandang penangkaran burung berbahan alumunium.

Om Wahidin, spesialis pembuatan kandang penangkaran berbahan alumunium.

Om Wahid, spesialis pembuatan kandang penangkaran berbahan alumunium.

Om Wahid, bos Fajar Indah Alumunium Jakarta, kini terus memproduksi berbagai produk kandang, mulai dari kandang umbaran, kandang penangkaran untuk lovebird dan kenari, kandang penangkaran permanen untuk murai batu dan perkutut, hingga kandang multifungsi untuk penangkaran segala jenis burung.

Ketertarikan Om Wahid mengembangkan produk kandang ini dilatari kegemarannya memelihara burung. Bahkan, dua tahun lalu, dia pernah ikut lomba dan jagoannya, Anggi, tampil sebagai juara 1 di kelas cucak jenggot. Sang gaco pun ditransfer dengan nilai fantastis sebesar Rp 75 juta pada masa itu.

Pertemanan yang luas di kalangan kicaumania membuat kandang penangkarannya laris-manis di pasar. Pemasarannya tidak terlalu rumit, berjalan otomatis dari mulut ke mulut: tutur tinular. Tidak heran apabila pemesan umumnya para kicaumania dan breeder ternama di Jabodetabek. Kicaumania biasanya memesan kandang umbaran, dan para breeder memesan kandang penangkaran.

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, Om Wahid selalu memperhatikan kualitas produk demi kepuasan costumer. “Prinsip ini selalu saya utamakan, bukan hanya untuk produk kandang, tetapi juga untuk kontruksi bangunan yang selama ini menjadi bisnis utama Fajar Indah,” kata dia.

Kandang penangkaran lovebird model soliter.

Kandang penangkaran burung model soliter.

Banyak keunggulan dari produk kandang Fajar Indah Alumunium. Apalagi dia selalu menggunakan bahan baku berkualitas bagus,  terutama untuk kandang umbar maupun kandang ternak. Alumunium berfungsi sebagai rangka. Selebihnya ditutup dengan kawat halus antikarat, bahkan aman dari gigitan tikus, serta sulit ditembus kucing dan anjing yang sering mengancam keselamatan burung di dalamnya.

Selain aman, tentunya kandang juga higienis, lebih mudah dibersihkan, dan bisa dipindahkan dari dalam ruangan ke luar ruangan atau sebaliknya.

Untuk kandang umbaran, Om Wahid membuat dua model, yaitu kandang umbar biasa dan kandang umbar model sliding (bisa digeser, ditarik, dipanjang-pendekkan sesuai dengan kondisi ruangan). “Ukuran tergantung pesanan,” jelas Om Wahid.

Kandang umbaran model slidding yang fleksibel.

Kandang umbaran model sliding yang fleksibel.

Kandang umbaran biasa digunakan untuk melatih fisik burung-burung seperti murai batu dan kacer. Meski ada pro dan kontra mengenai kemanfaatan kandang umbaran, yang jelas produk spesial dari Fajar Indah Alumunium ini laris-manis di pasaran.

Lantas berapa banderol kandang umbar? “Itu relatif, tergantung ukurannya. Untuk kandang umbar model biasa dengan panjang 3 meter, lebar 50 cm, dan tinggi 50 cm, harga saat ini 1,8 juta rupiah. Kalau model sliding 1,9 juta rupiah per unit,” jawab Om Wahid.

Demikian pula dengan kandang penangkaran, harga tergantung ukuran dan jumlah ruangan. Misalnya kandang penangkaran lovebird dengan 6 ruang / 6 pintu, ukuran per petak masing-masing 60 cm x 60 cm x 60 cm, harga saat ini Rp 2,7 juta. Jadi, per petak kandang atau per pintu rata-rata dibanderol Rp 450 ribu.

“Harga itu sudah lengkap dengan tangkringan serta fiber penutup dinding kiri dan kanan kandang, Pokoknya sudah terima jadi, pemesan tinggal memasukkan burung ke kandang,” kata Om Wahid yang juga menjadi subkontraktor pada beberapa kontraktor bangunan di Jabodetabek.

Selain kandang umbar dan kandang penangkaran, Fajar Indah Alumunium juga siap menerima kandang penangkaran model besar seperti kandang koloni, kandang petakan permanen untuk murai batu maupun jenis burung lainnya, maupun kandang aviary. (d’one)

 

Alamat Fajar Indah Aluminium / Om Wahid Riyadin

Jalan Desa Putra, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan

Contact person: 0813 9820 2525

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini