Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Menjawab pertanyaan seputar breeding kenari

Salah satu kata kunci yang paling sering dicari di website omkicau.com adalah kenari. Saat artikel ini dibuat, kata kunci kenari berada di peringkat ketiga. Ini hampir terjadi setiap hari, yang menandakan banyak pembaca omkicau.com membutuhkan informasi mengenai kenari. Beberapa pembaca mengajukan pertanyaan seputar breeding (penangkaran) burung kenari, baik di boks komentar, Curhat Burung, maupun di facebook / BurungFB. Berikut ini jawaban dari Om Kicau yang sengaja dikemas dalam satu artikel agar menjadi pengetahuan bersama.

Breeding kenari

Breeding kenari, salah satu usaha yang menguntungkan.

1. Mengapa burung kenari dewasa tidak mau berkicau ?

Dalam artikel sebelumnya sudah disebutkan beberapa penyebab burung kenari tidak mau bersuara. Silakan tengok lagi artikelnya di sini.

2. Kapan siklus berkembang biak / musim kawin kenari ?

Siklus perkembangbiakan burung kenari dalam kandang penangkaran, atau pemeliharaan manusia, bisa terjadi kapan pun. Asal burung berjodoh, mereka bisa kawin kapan saja dan segera bertelur. Lain halnya jika burung di alam liar. Mereka memiliki siklus berkembang biak dalam kurun waktu tertentu.

3. Apa yang perlu disiapkan dalam penangkaran kenari?

Menangkarkan kenari tentu membutuhkan ketersediaan beberapa bahan, misalnya kandang penangkaran, tempat dan bahan sarang, tulang sotong, air minum yang bersih, air untuk mandi, pakan kenari, buah dan sayuran segar, telur rebus.

Untuk indukan, baik jantan maupun betina, Anda perlu menggunakan suplemen khusus penangkaran seperti BirdMature, agar bisa meningkatkan jumlah telur yang subur (fertil), meningkatkan jumlah telur yang menetas (daya tetas), dan meningkatkan kualitas anakan.

Adapun untuk perawatan anakan kenari sebelum siap jual, Anda bisa menggunakan BirdVit untuk memastikan semua kebutuhan vitamin terpenuhi, serta BirdMineral untuk menjamin kecukupan mineral-mineral esensial.

4. Adakah pengaruh kuku induk kenari yang terlalu panjang ?

Induk kenari yang kukunya terlalu panjang, baik jantan maupun betina, sebaiknya dipotong sebelum memulai usaha penangkaran. Hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan saat burung jantan mau mengawini betinanya. Selain itu bisa mencegah kuku betina menyangkut pada sarang dan bisa menyebabkan telur maupun anakan kenari terinjak. Mengenai cara memotong kuku burung, Anda bisa membuka kembali arsipnya di sini.

5. Apa bahan sarang yang terbaik untuk induk kenari?

Di toko burung, banyak dijual bahan / material untuk membuat sarang. Sebaiknya pilihlah bahan yang tidak berbentuk kenur / benang yang sangat tipis. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan piyikan sering terlilit bahan sarangnya.

Selain itu, kuku indukan yang sering tersangkut bahan sarang bisa berpotensi menginjak telur maupun piyikan, apalagi jika kuku belum dipotong. Namun jika tetap ingin menggunakan material tersebut, misalnya serat nanas, maka pemantauan terhadap sarang harus rutin dilakukan. Bahan lain yang bisa digunakan adalah serat karung,  kapas, rumput kering, daun cemara, dan sebagainya.

6. Bagaimana memilih calon indukan yang tepat?

Sebaiknya burung yang mau dijadikan indukan jangan terlalu muda, tetapi juga jangan terlalu tua (ketuaan). Umur ideal untuk calon induk jantan adalah 1-2 tahun, sedangkan calon induk betina 8-12 bulan. Burung jantan harus lebih tua daripada betina, karena jika lebih muda biasanya mentalnya drop saat menghadapi betinanya.

Kalau menggunakan indukan yang belum cukup umur atau terlalu muda, masalah yang sering dihadapi antara lain tingkat fertilitas telur rendah, dan daya tetasnya pun cenderung rendah. Untuk indukan yang terlalu muda, sering terjadi kasus egg binding, di mana telur sulit dikeluarkan akibat menempel pada saluran reproduksi yang bernama oviduct. Untuk mengatasi egg binding, silakan menggunakan terapi yang diperkenalkan drh Edi Boedhi Santosa MP (cek panduannya di sini).

Induk kenari yang terlalu muda juga sering menunjukkan perilaku burung, misalnya dengan membuang telur saat masa pengeraman, tidak mau mengerami lagi alis meninggalkan sarangnya, membuang anakan saat masa pengasuhan, dan sebagainya.

Adapun indukan yang terlalu tua (misalnya berumur lebih dari 4 tahun),  khususnya betina, seringkali mandek bertelur. Kalaupun bertelur, jumlahnya relatif sedikit.

7. Apa tanda-tanda kenari siap berkembang biak ?

Tanda-tanda kenari siap berkembang biak biasanya diawali dari burung jantan yang makin lantang berkicau. Sedangkan burung betina akan membalas kicauannya, sambil berharap si jantan akan memberinya makanan. Burung betina juga sering terlihat mengaduk-aduk wadah pakannya.

8. Kapan burung jantan mulai mengawini betina ?

Burung jantan mulai mengawini pasangannya jika melihat induk betina mulai membangun sarang (misalnya memunguti bahan sarang yang sebagian ditebar di lantai kandang). Pada saat itulah, Anda selaku breeder harus lebih rajin memantau perkembanganya. Jika sewaktu-waktu terjadi perselisihan, Anda bisa segera memisahkan dan mengulangi lagi proses penjodohan. Bagaimana cara menjodohkan burung, silakan lihat artikelnya di sini.

Apabila sudah beberapa kali burung betina dan / atau jantan saling menyerang, meski sudah dijodohkan ulang, maka jangan menunggu terlalu lama. Segera ganti induk jantan atau betina dengan burung lain yang lebih cocok.

Jika Anda tidak mau mengganti indukan, mungkin karena sudah menyeleksi kualitas burung jantan dan betina dengan kriteria tertentu sesuai dengan keinginan Anda, penggunaan BirdMature dapat membantu mengatasi masalah ini. Itu sebabnya, seminggu sebelum dijodohkan, kedua burung yang masih berada dalam sangkar yang terpisah perlu diberi BirdMature setiap hari.

9. Berapa jumlah telur yang dihasilkan induk kenari betina?

Pada umumnya induk betina akan bertelur sebanyak lima butir.

10. Perlukah memindahkan telur agar nantinya bisa menetas bareng?

Tindakan mengambil telur, kemudian mengembalikannya ke sarang ketika induk betina sudah tak bertelur lagi, dengan tujuan semua telur bisa menetas dalam waktu bersamaan, tidak perlu dilakukan. Sebab telur bisa rusak apabila Anda menyimpannya dalam suhu yang tidak tepat.

Tidak perlu pusing memikirkan telur tidak menetas dalam waktu bersamaan, karena selisih waktu menetas juga tidak terpaut jauh. Induk betina biasanya mulai mengerami telur setelah mengeluarkan telur kedua atau ketiga. Jadi, telur 1 dan 2, atau telur 1 s/d 3, akan menetas dalam waktu yang tidak terpaut jauh.

Memang, induk betina (burung apapun) memiliki kecenderungan lebih memperhatikan anakan yang menetas lebih awal. Jika jumlah anakan banyak, misalnya 5 telur menetas semua, Anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan pemanenan pada umur 1 minggu, sehingga pertumbuhan anakan relatif seragam. Cara ini jauh lebih aman daripada menyimpan setiap telur yang dikeluarkan, kemudian mengembalikannya ke sarang induknya.

11. Apakah induk jantan juga mengerami telur?

Tugas mengerami telur hanya dilakukan oleh induk betina. Induk jantan bertugas menjaga sarang dan memberi makanan kepada pasangannya.

Kenari betinalah yang mengerami telurnya

Hanya kenari betina yang mengerami telur.

12. Berapa lama masa pengeraman telur kenari?

Setelah betina mulai mengeram, waktu inkubasi yang dibutuhkan sekitar 14 hari sampai telur menetas.

13. Bolehkan induk betina dimandikan saat sedang berkembang biak?

Ya, mandi selama induk betina berkembang biak sangat bermanfaat bagi embrio. Hal ini bisa membantu dalam memberikan kelembaban dan menjaga telur lebih kenyal daripada dalam kondisi kering. Hal ini bisa membantu perkembangan embrio di dalam telur.

14. Apa yang dimaksud dengan peneropongan telur ?

Peneropongan telur, atau egg candling, adalah salah satu cara melihat isi telur dengan bantuan cahaya. Anda bisa membuat sendiri alat peneropongan telur dalam bentuk sederhana, sehingga dapat mengetahui apakah telur yang sedang dierami induk betina fertil atau tidak, atau apakah embrio di dalam telur masih hidup atau mati.

Mengenai metode peneropongan telur dan cara membuat alat peneropongan sederhana, silakan dibuka kembali panduannya di sini.

Meneropong telur atau candleing egg untuk memastikan telur tersebut berisi

Meneropong telur untuk melihat kondisi di dalam telur.

15. Kapan waktu yang tepat untuk meneropong telur?

Waktu yang tepat untuk meneropong telur bisa dilakukan antara hari kelima dan hari kedelapan masa inkubasi.

16. Apakah piyik yang baru menetas harus diberi pakan?

Tidak perlu, piyikan yang baru menetas masih memiliki kantung kuning telur yang menjadi makanannya saat masih berada di dalam telur. Kantung kuning telur (yolk sac)  ini ditarik masuk ke dalam rongga perut selama hari terakhir sebelum menetas. Jadi piyik itu sendirilah yang menyediakan makanan pada hari pertama kehidupannya.

17. Bolehkah anakan kenari diberi pakan berupa roti yang direndam dalam air susu?

Om Kicau pernah membaca di beberapa blog mengenai anjuran seperti itu. Perlu difahami, susu maupun produk krim lainnya dapat menyebabkan masalah pencernaan pada burung kenari. Pemberian roti yang direndam susu tidak memberi manfaat untuk indukan saat bawa anak. Masih banyak pakan jenis lain dengan nutrisi seimbang, serasi, dan sesuai untuk induk kenari yang sedang merawat anak-anaknya. Misalnya egg food dan sejenisnya.

18/ Kapan anakan kenari mengalami perubahan perilaku?

Anakan kenari tidak mengalami perubahan perilaku sebelum berumur 14 hari. Setelah umur tersebut, mereka mulai waspada terhadap gerakan dan suara-suara di sekitar lingkungan mereka. Insting untuk terbang muncul saat mereka merasa terancam.

19. Kapan waktu ideal untuk memasang ring?

Memasang ring bisa dilakukan setelah anakan berumut 10 – 12 hari. Jika terlalu muda, ring mudah terlepas dari kakinya yang masih kecil sekali. Sebaliknya, jika terlalu tua, jari-jari kaki sudah membesar sehingga makin sulit untuk memasang ring. Jika nekat dilakukan, pergelangan kaki kerap memar dan bengkak.

Untuk panduan pemasangan ring, silakan buka artikel terkait di sini. Meski artikel ini membahas pemasangan ring pada lovebird, namun secara prinsip bisa diterapkan pada jenis burung lain, termasuk kenari.

20. Kapan anakan kenari bisa keluar dari sarangnya? 

Anakan kenari bisa keluar dari sarangnya setelah berumur 15 – 17 hari. Pada saat ini mereka sudah siap untuk dipasarkan, atau dipisah dari induknya agar bapak dan ibunya bisa kembali berproduksi. Tetapi, Anda juga bisa membiarkan anakan tetap dalam perawatan induknya sampai berumur 1 bulan.

21, Kapan anak kenari bisa mandiri dan dipisahkan dari induknya?

Setelah berumur 1 bulan, anakan kenari sudah bisa hidup mandiri, termasuk sudah bisa makan sendiri. Inilah saat Anda untuk memisahkannya dari kedua induknya. Pada usia ini, kenari juga sudah siap untuk dipasarkan, kecuali jika Anda ingin merawatnya hingga dewasa.

22. Bagaimana jika ingin merawatnya hingga remaja atau dewasa? 

Banyak breeder yang sengaja menjual kenari remaja dan dewasa. Dalam hal ini, anakan umur 1 bulan dipisah dari induknya, dan dipelihara dalam sangkar tersendiri. Untuk pakan tambahan atau extra fooding (EF), Anda bisa memberikan egg food, karena pakan racikan ini kaya nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan kenari muda.

Bagaimana cara membuat egg food untuk kenari sudah pernah dijelaskan Om Kicau di sini. Jika repot membuat menu tersebut, pastikan anakan kenari selalu mendapatkan pakan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Hal ini bisa diperoleh dari sayuran, buah, dan telur rebus.

23. Bolehkah burung muda diberi vitamin dan mineral?

Tentu boleh. Vitamin dan mineral bukanlah doping, tetapi termasuk salah satu nutrisi yang harus selalu hadir dalam makanan yang dikonsumsi burung jenis apapun. Sebenarnya setiap bahan pakan mengandung vitamin dan mineral, tetapi jumlahnya seringkali tidak mencukupi.

Hasil penelitian menunjukkan, sebagian besar burung yang dipelihara (bukan hidup di alam liar) kekurangan vitamin A, vitamin D, dan mineral kalsium. Sebagian lagi kekurangan vitamin E (cek penjelasannya di sini). Hal ini juga sering dialami dalam peternakan ayam, itik, dan burung puyuh.

Meski dibutuhkan dalam jumlah sedikit, kekurangan terhadap salah satu atau beberapa jenis vitamin maupun mineral akan menimbulkan persoalan besar, baik pada burung peliharaan maupun burung penangkaran.

Karena itu, Om Kicau selalu menganjurkan setiap breeder untuk menggunakan multivitamin seperti BirdVit dan multimineral seperti  BirdMineral, karena tidak mungkin kebutuhan berbagai jenis vitamin dan mineral dapat tercukupi melalui pakan. Berbeda dari nutrisi inti seperti energi metabolisme (EM), karbohidrat, protein, lemak, dan serat kasar, yang bisa terpenuhi melalui penyusunan ransum yang serasi.

24. Kapan waktu pemasteran untuk anakan kenari?

Sejak anakan dipisahkan dari induknya, pemasteran sudah bisa dilakukan. Sebelum mandiri (1-3o hari), anakan kenari bahkan sudah dilatih berkicau oleh bapaknya atau induk jantan.

Jika sudah dipisahkan dari induknya, pemasteran bisa menggunakan burung kenari lain atau suara burung lain yang ditempel tidak jauh dari sangkarnya, dan digantung dalam ruangan khusus. Usahakan agar anakan kenari tidak mendengar suara burung lain, selain burung master, agar proses pemasteran berjalan lancar.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

 

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

24 Comments »

    • kalau boleh saran om, untuk telur puyuh sebaiknya tidak terlalu tiap hari, kalau burung sudah berusia mapan/dewasa, terlalu banyak konsumsi telur puyuh selain bisa membuat birahi tidak stabil juga burung cenderung kegemukan om, kecuali kalau burung yang dirawat masih berusia 5 bulan kebawah, pemberian telur puyuh bisa setiap hari untuk mendukung perkembangannya. sedangkan untuk tulang sotong sebaiknya selalu disiapkan stiap hari / ditempel terus dalam kandangnya, karena tulang sotong berfungsi untuk tambahan kalsium terutama buat burung muda dan dalam masa pertumbuhan, selain itu juga bisa membantu dalam proses pencernaan burung om. Kalau sayuran sebaiknya setiap hari dan harus diberikan sayuran atau buah yang segar, karena sayuran atau buah itu EF yang baik bagi kenari.

      Suka

  1. om, mo tanya, saya baru coba jd peternak kenari, kenari sudah berjodoh dan bertelur 4 butir di sarang, tetapi betina tidak mengerami telurnya dan malah minta kawin lagi dengan mengepak ngepakkan sayapnya serta manggil2jantan. solusinya bagaimana yaa om….terima kasih atas jawabannya

    Suka

    • coba periksa dahulu telurnya om apakah memang berisi atau kosong dengan cara neropong, kalau memang kosong berarti betina masih dalam kondisi birahi dan belum dikawini oleh jantan, tapi kalau berisi kemungkinan seaktu mengeram betina terganggu atau merasa tidak nyaman dengan sarang dan tempat sarangnya.

      Suka

  2. Om mw tanya neh…aq lagi coba ngawinin kenari sekrang posisi’y indukkan kenari sudah bertelur dan mengeram,,yang mw ane tanya kalau betina sudah bertelur dan mengeram sebaiknya jantan dipisahkan dengan betina atau ngak usah dipisahkan sampai telur kenari menetas dan anak2nya udah gede???

    Suka

    • tergantung kita juga om, kalau memang burung jantan terlihat membantu mengeram ya jangan dipisah, kalau ada indikasi burung jantan mulai agresif atau sering mematuk telur ya dipisahkan saja, tapi kalau burung jantan mau digunakan lagi buat ngawinin yang lainnya juga bisa dipisah dulu,

      Suka

  3. om numpang tanya.. saya pemula buat jadi peternak nih
    saya udah jodohkan kenari saya pas jam 3 sore seblum nya udah di deketin trus waktu d jemur nah pas d satuin si jantan itu ngeloloh betinanya, tapi pas si jantan minta kawin si betina nya bunyi cuit2 trus kabur2 truss ,, saya takutnya kenari betina saya terluka.. mohon sarannya om

    Suka

  4. agan2, ane kemarin beli kenari holland, kenapa kenarinya gak bisa makan sayur2an y? kenarinya cuma mau makan biji2an aja
    cara melatih agar kenarinya bisa makan sayuran gmn y?

    Suka

    • maksudnya tidak mau jenis sayuran yang seperti apa om, kalao tidak mau makan daun-daunan (sayuran hijau ), bisa diatasi dengan memberikan wortel yang digantung atau diparut atau bisa juga dengan cara mencampurkan beberapa irisan dari sayur-sayuran yang ditempatkan dalam wadah terpisah dan bagian atasnya ditaburi kuning telur rebus untuk memancing mereka mau makan disitu.

      Suka

  5. Trim’s bwt OmKicau sdh mw brbagi ilmu, informasiny bgs bgt, nambah & brmanfaat bwt qt smua pcinta brung yg ingin jg mrambah k pnangkaran, isi Blogny jg lngkap :-)

    Suka

  6. Siang om….mau tanya kalau mau beli birdVit itu di mana om…soale di jogja sini kok setiap yh jual PB saya tanya jarang yg jual om…mohon infonya om…matue nuwon.

    Suka

    • Untuk jogja bisa hubungai agen omkicau yang berada di Sleman om, nama agennya :
      DT BirdFarm (Nutrilove – Bp. Dwi Wahyudi), Griya Taman Asri Sleman Blok D 301 Sleman, Telp. 085729406875

      Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.043 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: