Tips penjemuran burung kicauan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung perlu dijemur

Sinar matahari merupakan variabel penting dan bahkan utama dalam kehidupan burung, termasuk burung kicauan yang dipelihara para penghobi burung. Keperluan sinar matahari yang utama adalah untuk:

1. Pengubahan pro vitamin D menjadi vitamin D di dalam tubuh burung.
2. Membunuh jamur dan mikroba di sangkar dan di tubuh burung.
3. Menghangatkan tubuh burung.

Di luar ketiga hal itu, masih banyak kegunaan sinar matahari tetapi yang utama adalah ketiga hal tersebut di atas.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penjemuran:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

1. Jemur dari waktu sepagi mungkin, bahkan kalau bisa sebelum waktu fajar sehingga sekaligus untuk pengembunan. Pengembunan bagus dilakukan untuk burung agar mereka bisa mendapatkan kesegaran udara pagi hari, yang diasumsikan kondisi udaranya masih bersih tidak terkena polusi debu siang hari.

2. Jangan lakukan penjemuran melewati pukul 09.00 karena selepas waktu itu sinar ultarviolet bisa membuat bulu burung rusak. Selepas waktu itu, bisa dilakukan untuk penanganan atau treatment khusus burung untuk tujuan tertentu misalnya lomba, membuat tambah gacor, lebih ramping dan sebagainya.

3. Jangan menjemur dengan sangkar dikerodong, khususnya untuk daerah panas. Penjemuran dengan sangkar burung dikerodong, bisa menyebabkan burung mendapat panas yang berlebihan. Burung bisa kekurangan oksigen dan bisa mati kepanasan. Untuk daerah dingin, hal ini bisa jadi tidak menimbulkan masalah serius.

Untuk penghobi yang bekerja pagi-malam

Untuk penghobi yang harus berangkat kerja pagi hari dan pulang sore hari, bisa menempatkan burung di tempat tertentu di mana burung mendapatkan sinar matahari dan pada sekitar pukul 09.00 sinar matahri sudah tertutup atap/dedauaan. Kalau kondisi tidak memungkinkan, maka lakukan penjemuran pada pagi hari minimal sepekan sekali (waktu libur dan sebagainya).

Sebelum atau sesudah dimandikan?

Kalau Anda mengeluarkan burung sejak subuh, maka burung bisa dimandikan dalam karamba pada pagi hari antara pukul 06.00 – 07.00 dan bisa langsung dijemur karena sinar matahri belum panas sehingga tidak membuat bulu mengkerut/keriting.

Kalau Anda memandikan selepas pukul 08.00, maka sebelum dijemur perlu diangin-anginkan dulu sehingga kondisi bulu sudah teratur rapi (dirapikan si burung sendiri).

Kalau Anda langsung menjemur setelah burung dimandikan dalam kondisi sinar matahari yang sudah panas, maka sebelum bulu sempat dirapikan burung, maka bulu sudah telanjur kering. Hal ini menyebabkan bulu menjadi keriting, tidak tertata rapi.

Soal menjemur apakah sebelum atau sesudah dimandikan, jika hal itu dilakukan semua pada pagi hari, maka tidak ada perbendaannya. Tetapi kalau dengan sangat terpaksa Anda hanya bisa memandikan burung setelah burung dijemur (belum sempat memandikan pada pagi hari misalnya), maka sebelum memasukkan ke karamba atau disemprot, pastikan burung sudah diangin-anginkan dulu sehingga suhu tubuhnya sudah turun.

Bagaimana jika kesempatan untuk memandikannya hanya pada sore hari? Nggak masalah, enjoy saja. Mandikan burung, diangin-anginkan dan dijemur dengan panas matahari sore (sebaiknya selewat kam 16.00 sehingga sinar matahari sudah tidak terlalu panas.

Benarkah penjemuran bisa mengurangi kegemukan?

Bisa dikatakan iya, tetapi hubungannya tidak langsung. Dengan burung dijemur, maka dia merasa panas dan kehausan. Dalam kondisi seperti ini burung akan lebih banyak minum ketimbang makan, dan karenanya konsumsi karbohidrat berkurang sehingga tidak banyak terjadi penumpukan lemak. Atau, burung bisa mendapatkan tenaga dari pembakaran lemak tubuhnya sehingga burung bisa menjadi lebih langsing.

Apakah penjemuran bisa membakar lemak? Nah hal ini hanyalah mitos. Tidak ada cerita bahwa sinar matahari bisa menyebabkan terjadinya pembakaran lemak di dalam tubuh. Cairan yang keluar dari tubuh burung yang dijemur bukanlah hasil pembakaran lemak tetapi cairan air. Itulah mengapa burung yang banyak jemur bisa terlihat singset karena dia tidak banyak mengonsumsi karbohidrat tetapi air.

Perlu ditekankan lagi bahwa burung akan mengeluarkan banyak energi yang bisa memacu pembakaran lemak (dengan asumsi ada pembatasan pakan) sehingga burung langsing adalah ketika dia banyak dimandikan. Dengan banyak dimandikan, maka burung akan banyak melakukan gerakan-gerakan menata bulu (didis-bahasa Jawa). Pada saat yang sama, untuk menghangatkan badan, burung memerlukan energi. Jika dari sisi pakan ada pengurangan karbohidrat, maka mau tidak mau burung akan melepas lemak di tubuhnya dan dibakar sehingga berubah menjadi energi. Maka menjadi langsinglah dia.

Jenis burung dan keperluan jemur

Masing-masing jenis burung memerlukan treatment yang berbeda dalam penjemuran. Hal itu disesuaikan dengan kebiasaan burung sejenisnya di alam.

1. Untuk burung-burung jenis anis, seperti anis merah atau punglor merah, anis kembang, anis macan; kacer poci atau sekoci dan kacer hitam, sulingan atau tledekan, jenis-jenis cucak, murai batu dan sebagainya, maka keperluan mereka untuk penjemuran relatif sedikit dibandingkan jenis burung pemakan biji-bijian.  Sebab burung jenis-jenis itu di alam sana hidup di antara pepohonan yang rindang dan tidak terbiasa berjemur berlama-lama.

2. Untuk burung-burung jenis pemakan biji seperti kenari, gelatik, branjangan, perkutut, derkuku, lovebird dan beberapa  burung paruh bengkok lain, bisa dilakukan penjemuran relatif  lebih lama ketimbang burung-burung jenis anis ataupun cucak. Bahkan dalam berbagai kasus, beberapa burung yang macet bunyi bisa diterapi dengan  penambahan waktu jemur diimbangi dengan banyak mandinya. Misalnya lovebird atau kenari, memerlukan panas yang relatif banyak.

Burung-burung pemakan biji umumnya hidup di padang rumput, ladang jagung, gandum, milet dan sebagainya yang merupakan daerah terbuka dan banyak kena sinar matahari.

3. Ada beberapa pengecualian dalam hal ini, misalnya untuk burung jalak suren, kakatua, pentet atau cendet dan beberapa burung lainnya. Burung jalak suren misalnya, meski dia bukanlah pemakan  biji tetapi pada habitat aselinya dulu dia selalu berada di persawahan atau rawa-rawa yang relatif mendapat banyak sinar matahari. Meski demikian, burung jalak suren tidak memerlukan penjemuran yang lama jika dipelihara di rumahan.

Sedangkan burung kakatua dan bebera jenis nuri, meskipun mereka pemakan biji-bijian tetapi mereka lebih banyak berasal dari habitat hutan dengan memakan biji-bijian dari pepohonan yang besar dan rindang.

Sedangkan untuk burung pentet atau cendet, dia adalah burung pemakan serangga dan bahkan juga makan burung lain yang lebih kecil (predator), terutama anakan di sarang. Di Bali sana misalnya, burung pentet atau cendet adalah musuh utama para pemilik penangkaran alam anis merah, selain ular dan biawak serta beberapa jenis hewan pemangsa anakan anis merah lainnya. Cendet atau pentet terbiasa bertengger di pucuk pohon yang tinggi atau bebatuan dan sebagainya ketika mengincar mangsanya. Dengan demikian pentet bisa tahan berjam-jam di bawah sinar matahari.

Ada beberapa pengecualian untuk beberapa jenis burung lain yang tidak saya sebutkan di sini. Tetapi, sementara ini dulu ya artikel tentang penjemuran untuk burung kicauan.

Salam, Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

77 Comments

  1. om numpang tanya, ngapa ya brg kenari sy suka rontok bulunya, awalnya kirain sy lagi masa mabung sy kerudungin hampir 2 minggu kadang bulunya rontoknya cuman 1 helai kdg ngak. minta solusinya ya om. tq banget.

  2. Șϊϊρ̶ρ̶ρ̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶.̶̶̶ banget.

    Smoga tambah jaya ɑ̲̃̇Ĵɑ̲̃̇ om kicau

  3. saya mau nanya nih,
    kalo burung kacer bakalan d’pedengarkan suara master burung murai batu buat latihan gmna ya?
    Ada efek jelek gak ya?
    Mohon info’y,

  4. saya punya prenjak sepasang, tiap pagi sy jemur & mandi’in, sya ksih makan ulet hongkong & vour tapi vournya ga pernah d makan & minumnya pun ga prnah diminum…
    ga pernah bunyi…
    gmn solusinya gan?

    trima kasih

    • yakin tidak minum? atau om yang belum pernah lihat burungnya minum karena sibuk sendiri hehehe, air kebutuhan sangat mendasar buat setiap makhluk hidup. coba campurkan uler kandang dengan voor sedikit dulu. masalah bunyi, ya harus tunggu burungnya mapan dulu.

    • tiap hari tidak masalah om, karena dalam proses mabung burung membutuhkan energi lebih banyak terutama untuk pertumbuhan sel bulu barunya.

  5. om saya punya burung pentet tapi dia lagi terus udah seminggu dia jarang ngoceh itu juga sekali ngoceh suaranya serak om, kalo solusinya gimana yah om ?
    Terus boleh dimandiin kaga om kalo lagi mabung gitu ?

    • kemungkinan ada lendir didalam kerongkongan yang tidak bisa dikeluarkan, caranya dengan gurah/perah menggunakan daun lanteng putih/daun perah yang biasa digunakan kepada merpati/andhokan. masalah umur, semakin dewasa mental burung cenderung semakin stabil, namun pelatihan dilakukan sejak usia muda dengan cara sesekali ditrek dengan burung lain misalnya 2x sebulan.

  6. Om kalo perkutut digantang dari pagi sampe menjelang malam bagaimana ? Apa bisa rusak suaranya ? Ato ada bahaya yang lain ? Manur Nuwun

    • sebaiknya hindari penjemuran yang berlebihan, karena akan beresiko merusak pita burung bahkan menganggu metabolisme burung.

  7. om saya baru beli burung cendet tp knp baru sehari langsung mati ya om ? gmn cara memperlakukan cendet saat baru beli agar tidak stress atau mati ?

    • kenapa bisa stress mb nya?, jangan2 om tidak rawat dan memperlakukan mb dengan baik. pasalnya mb sejatinya burung fighter yang tidak rentan stress kecuali ada kesalahan dalam hal perawatan.

  8. Om aq punya cucak hijau, untuk perawatan didaerah dingin seperti rumah saya yaitu di gunung bromo bgm? Apa perlu menambah porsi penjemuran? Dan untuk perwatan harianya bagaimana? Trimakasih om

  9. om aku punya burung cendet,tpi burungku baru aja belajar berkicau,,,gmana neh cara perwatanya biar burung ku bisa berkicau dg baikk,,,

    • perawatan yang baik ialah perawatan secara konsisten, misalnya untuk cendet jangkrik 3 pagi dan 3 sore, kroto seminggu 2x, penjemuran 2-3 jam, lah lakukan perawatan tersebut secara rutin. jika cendet sudah cukup umur dia akan bunyi.

  10. Om,di artikel td gx ada untuk kolibri?sy pny kolibri sriganti dewasa,kira” brapa jam penjemuran’a,?sy biasa njemur burung jam 7
    mksh om

    • disesuaikan saja om, colibri jenis burung kecil yang kuat jemur sebaiknya dijemur cukup 1 jam tergantung tingkat kepanasan matahari.

  11. Om mw tnya,,..knpa cendet sya trkdang bulux mekar2 (dlam bhsa jawa “mekrok”),.,. Tu fktor ap om yg jdikan cendet sya sprti it??? Matur tengkyu om.

  12. hallo om ,
    saya punya burung cendet , dia tuh ngk mw dikerodong , klu dikerodong wktu mlem hari tuh , dia sperti stres gtu ngk mw ,(ketakutan) , gmna cara agar burung ane ngk stres klu di kerodong gan , pliss bantu ?
    thanks veryyyyyy muchhh 🙂

  13. Thanks om kicau sedikit banyak saya bisa tahu cara merawat burung kicau,jujur saya pemula yang seneng dengan burung berkicau krn waktu yg blm full krn harus plg sore.tpi ingin burung peliharaan saya g lelet.artikel anda cukup memnbantu.

  14. om kita nih pemula pecinta burung, ceritanya saya beli kenari yang sudah gacor, perasaan pakan penuh dan seperti biasanya perawatan yang lainnya juga, cuman daerah saya cukup dingin palagi musim ini ahirnya burung itu duh emang sedihnya bukan main cuman semingguan om. jadinya klo mau beli burung kecil ga ragu. akirnya saya beli jalak suren tapi kelihatannya bakalan sih. kira2 om tuk pemula gmn cara rawat jalak suren? emang kita browsing udah banyak, tapi ada tips yang lebih khusus ga?

  15. om,gmana cranya agar kcer s dada ptih sya gcor d pentas?alnya sbtu kmrin sya coba”dia ngga nboceh!pdahal d rumah gcor banget!

  16. Om,, mau nanya,, gimana caranya agar burung jalak kebo bisa tidak giras dan berkicau,,
    trus katanya harus dipotong dulu lidah burung nya atau di gesek dengan emas agar burung jalaknya bisa ngomong kayak burung beo..
    tq…

  17. numpang naNya ni oM., kmren bRung pRenjak saya di seranG bruNG pentet Liar…!!! So slama ni brung saya Gacor eeh mlh brubah jd diem (gak gacoR lg)…,,gmna ya Om spaya plih kmbali..?????????

  18. mau tanya om..
    MB setelah mandi boleh gak dijemur dari 7 pagi ampe jam 5 sore?apa pengaruhnya? dirmh saya matahari menyengat ampe jam 11 siang dan sesudah itu tempat gantung burung agak teduh/tidak terkena sinar matahari lagi…… mohon dijawab om… thanks

  19. 4020 fans blog, wow fantastic, selamat om,
    sekalian mau tanya om, kalau cucak hiau bahan muda hutan berapa lama dipelihara hingga bisa gacor, dg perawatan intensif tentunya ( maksimal perawatan )

  20. thx artikelnya, om skalian mau tanya, kalau cucak hijau bahan muda hutan, berapa lama di pelihara hingga bisa gacor, tentunya dg pearawatan intensif

    • Kebiasaan. Ya. Jadi selama ini burung Om pasti jarang didekatkan di dekat lalu lalang orang. Juga cantelannya tentu tinggi terus sehingga burung tidak terbiasa didekati orang.

    • om ne wa coba sharing ja…coz melihara jg…saya punya saran kalau rumah bapak dipinggir jalan taruh burung tersebut didepan tapi sebelum dimandikan dulu supaya badan sedikit segar kira” jam 8 baru anda angin”kan didepan rumah anda
      coba aja

  21. IJIN TANYA NE OM,DIATAS DIKATAKAN.

    “Sedangkan untuk burung pentet atau cendet, dia adalah burung pemakan serangga dan bahkan juga makan burung lain yang lebih kecil (predator)”

    SAYA KEMARIN BELI PENTET TAPI BLM SAYA AMBIL SBB KWATIR BURUNG SAYA YG LAIN (KACER,KENARI DLL)JATUH MENTAL…APAKAN BISA MENGAKIBATKAN BURUNG LAIN JD JATUH MENTAL APABILA MENDENGAR SUARA BURUNG PENTET TSB???

  22. trims atas artiekl nya om… cuma saya pergi kerja jam tujuh pulangnya steng 5 sedangkan rumah menghadap barat sehingga susah untuk mendapatkan cahaya matahari pagi untuk si kacer…. kalaupun dapat cahaya matahari sore..

  23. Artikelnya ok banget Om…saya kerja berangkat jam 7.30 pulang jam 19.00…sebelum jam 7.30 kebiasaan saya burung hrs sdh saya mandikan terus di jemur…jd istri deh saya pesenin untuk ngangkat jam 9 pagi…Terima kasih atas pencerahannya

  24. Pantes cendet saya tambah lama di jemur tambah rajin bunyinya…Tapi ada 1 masalah nih om..rumah saya membelakangi matahari pagi, jadi waktu penjemurannya sekiar jam 9.30. Kalau sore nga sempat karena kerja sampai jam 6. bagaimana solusinya nih om…tks

Komentar ditutup.