Video perkawinan burung kakatua Om Rangga: Sayang dilewatkan…

Kakatua kawinNamanya Rangga Wijaya A Saad. Sering mengaku sebagai orang kota Banjarnegara meski sebenarnya berasal dari Metro Lampung. Orangnya humoris dan tetap suka ngakak meski saat ini tubuhnya sedang tidak fit gara-gara terserang rindu berat… rindu menjadi penangkar sukses burung paruh bengkok…

Ya itulah sekelumit gambaran sobat Om Kicau yang kini tinggal di Punggelan – sebuah kecamatan pelosok di Kabupaten Banjarnegara. Loh katanya orang kota? Ya begitulah dia sering mengaku sebagai orang Kota Banjarnegara meski kenyataannya adalah kota pelosok hehehe.

Gara-gara kecantol kecantikan gadis bernama Ulva Purnama Sari yang aseli Punggelan, maka tidak ada pilihan bagi Om Rangga untuk menetap di sana. (Kecuali kalau siap “dipecat” ya Om? Hehehehe…).

Om Dwi - Om Andy - Om Rangga dan Om Ige
Dari kiri ke kanan: Om Dwi - Om Andy - Om Rangga dan Om Ige ketika mampir ke rumah saya di Kartasura.
Om Rangga dan teman-teman KM di rumah Om Yulianto Solo Baru
Om Rangga dan teman-teman KM di rumah Om Yulianto di Solo Baru.
Om Rangga bersama Om Joko - Om Ige - Om Dwi - Om Wahyudi - mampir di sebuah warung di Manahan
Om Rangga bersama Om Joko - Om Ige - Om Dwi - Om Wahyudi - mampir di sebuah warung di Manahan

Meski tinggal di kecamatan terpencil yang berudara dingin ketika malam hari tetapi cukup terasa menggerahkan udara siangnya (minimal itu yang saya rasakan ketika beberapa waktu lalu saya main ke rumahnya), Om Rangga sama dengan kicaumania di mana saja: suka keluyuran lintas wilayah meski sekadar untuk berbagi wawasan perburungan dengan siapa saja.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Ya misalnya saja dia meluncur ke Solo untuk bertemu dengan salah satu penghobi dan penangkar burung paruh bengkok andal – Om Andy Rahmanto (Moderator Paruh Bengkok KicauMania.or.id).  Bersama dengan saya, Om Dwi Lovebird Jogja, Om Ige (moderator konservasi KM, Ige Kristianto) Om Joko Pamungkas, dia ngobrol cukup lama tentang burung yang sekarang digandrunginya: jenis paruh bengkok.

Di rumahnya sendiri di Punggelan sana, Om Rangga memelihara beberapa jenis burung paruh bengkok yang saat ini sedang disiapkan untuk ditangkaran. Dua di antaranya adalah kakatua jambul kuning yang kedua-duanya sangat jinak dan dibirkan berkeliaran di dalam rumah.

Entah karena dasarnya orang pemalas atau karena terlalu sibuk dengan momongan lain atau karena memang pengin rumahnya jadi ruang penangkaran paruh bengkok terbesar di dunia (hehehe…) kedua burung itu dibiarkan bercumbu rayu di mana saja.

Salah satu episode perkawinan sepasang burung kakatua peliharaan Om Rangga itulah yang pengin saya sajikan di sini. Inilah video tersebut yang menurut saya, sayang kalau dilewatkan:

=

=

=

Inilah sejumput foto episode perkawinan kakatua tersebut:

Perkawinan kakatua Om Rangga
Perkawinan kakatua Om Rangga

Pertayaannya adalah apakah burung kakatua yang diumbar di dalam rumah bisa berkembang biak? Ya tergantung. Soalnya kakatua Om Rangga ini termasuk manja. Sebagaimana dia ceritakan ke Om Dwi, “Saya bikinkan sarang nggak mau nempati Om, maunya bertelur di kasur…”

Hehehehe… selamat bersibuk ria dan berbagi kasur dengan kakatua ya Om Rangga…(*)

Update informasi:

Begitu sore hari saya turunkan artikel ini, eh burung kakatua betina benar-benar nelor di kasur. Ini nih fotonya:

maunya nelor di kasur
Maunya nelor di kasur

Waaah… hebring Om….
Selamat!!!!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

9 Comments

  1. Waduuuuhhh,,,, kapan ya burung parbeng saya bisa kaya gini… Share donk om, gimana menjodohkannya. Saya juga terobsesi jadi penangkar parbeng om….. Trims, wslm……….

Komentar ditutup.