Tips percepat penjodohan murai batu ala Wak Haji Padepokan Gamprit

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Bagaimana cara cepat menjodohkan murai batu? Banyak tips banyak cara. Salah satu cara cepat menjodohkan burung murai batu adalah dengan “main semprot” ke burung pejantan. Bagaimana maksudnya? Bagaimana langkah-langkah operasionalnya? Sabaarrr…

Di bawah ini saya turunkan artikel dari H Ari Suprawadi S Kom yang di pergaulan dunia burung sering saya sapa Wak Haji atau Om Arkum. Sudah lama sebenarnya saya mesan artikel dari Wak Haji, dan baru kesampaian hari ini terkirim. Selain artikel ini, insya Allah, akan meluncur juga artikel Wak Haji yang lain, yakni 1. Alasan Memelihara Burung dan Breeding Burung; 2. Trik Singkat membuat Anis Merah Bunyi; 3. Cara Mudah Menjodohkan Anis Merah; 4 Beternak Branjangan ala Padepokan Gamprit. Oke kita mulai saja…

Ini nih:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

  • Pilih indukan murai batu jantan yang sudah gacor dan sudah siap ditangkarkan (sebaiknya usia lebih dari 2 tahun).
  • Siapkan indukan betina murai batu yang sudah siap.
  • Siapkan kandang dengan perlengkapan yang diperlukan (bahan sarang letakkan di dasar kandang, glodokan atau kotak buat sarang dll, maaf tidak dibahas satu-persatu karena diasumsikan sudah memahami dan bisa dibaca di www.kicaumania.or.id atau www.omkicau.com. Catatan Om Kicau: lihat misalnya di artikel Kandang penangkaran burung).
  • Untuk penjodohan sebaiknya dilakukan hari libur (Sabtu/Minggu) dengan pemikiran kita bisa memantau kondisi burung bila belum berjodoh dan burung berkelahi.
  • Masukkan indukan betina ke kandang breeding, usahakan pagi hari. Dengan tujuan agar betina murai batu bisa mengenal lingkungan terlebih dahulu dan bisa mencari perlindungan bila disatukan dengan indukan jantan. Jangan lupa beri makanan dulu supaya tidak kelaparan jika dikejar-kejar yang jantan.
  • Siapkan alat penyemprot yang sudah diisi air  (seperti alat semprot yang biasa untuk menyemprot memandikan burung).
  • Sekitar 2 jam kemudian baru masukkan indukan jantannya, dan perhatikan dengan seksama. Biasanya si jantan akan segera menyerang si betina dan saling mencekram, bila hal ini terjadi semprot si jantan dengan semprotan yang sudah kita sediakan sampai kuyup. Lakukan hal ini bila si jantan mulai menyerang lagi. Biasanya untuk jantan yang galak akan selalu menyerang betinanya ketika betinanya bergerak dan sebaliknya ketika betinanya diam si jantan juga akan diam. Nah untuk itu perhatikan dengan seksama dan semprot jantannya bila si jantan menyerang betina. Kuncinya adalah ketika jantannya basah kuyup dia akan sibuk merapihkan bulunya dan tidak akan galak lagi seperti ketika dia dalam keadaan kering. Lakukan hal tersebut secara sabar dan berulang sampai jantan tidak menyerang lagi, untuk hal ini kemungkinan anda akan beruntung karena kurang dari 5 menit kadang si jantan berubah tidak menjadi galak lagi dan bisa ditinggal.
  • Terkait trik nomor 7 yang merupakan trik kunci tersebut adalah, biasanya kedua pasangan belum jadi itu akan tetap berkelahi ketika berebut makanan, untuk hal tersebut mohon tetap waspada dan berikan porsi makanan terutama jangkrik dengan porsi yang lebih banyak.
  • Jika point No. 7 dan No. 8 tidak berhasil, maka sebaiknya indukan dipisah kembali dan bisa dicoba 1 minggu kemudian dengan menambah EF masing-masing agar cepat birahi.
  • Trik ini tidak dapat menjadi acuan baku dan butuh kreativitas dan kesabaran, namun trik ini juga sudah teruji untuk mejodohkan beberapa murai batu dan anis kembang, anis merah dan kacer di Padepokan Gamprit.

    Bila kita beruntung maka jangan heran bila anda mendapati burung sudah jodoh tidak lebih dari 5 menit saja.

    Selamat mencoba semoga sukses

    Nah begitulah, kalau suhu dari Padepokan Gamprit sudah turun gunung. Singkat, padat, ringkas, tidak bertele-tele. Sekadar tambahan tips titipan dari sponsor, maka ketika murai batu masih sendiri-sendiri, Anda bisa memberikan TestoBird untuk jantannya dan EstroBird untuk betiannya. Ketika sudah jadi satu arang agar segera beranak pinak, gunakan BirdMature (BMR).

    Hehehe, bukannya berpromo, tetapi baru saja tadi pagi saya dapat SMS dari Om Beny Budhi (Kodim Blora) yang isinya sangat padat dan ringkas: “Mo konsul om. BMR Jely1 btl n 1pkt serbk tuk 4 psg jalk bali hasilnya cespleng 14tlr 100% jadi. BMR sy hbs sisa testo/estro. fungsi BMR sama gak dng estro/testo”.

    Setelah saya jawab, dia SMS lagi: “Sy mo psn lagi BMR serbuk 2 pkt jely 2 pkt dng ongkir jd brapa om ? Pulang kantor sy trnfr”. Alhamdulillah…

    DATA PRIBADI OM ARKUM

    Nama : H. Ari Suprawadi S.Kom.

    Nama alias : arkum2x

    Email: arkum2x@yahoo.com

    Alamat : Jl. Masjid Al-Ikhlas No. 23A Rt.003/01 Kampung Bojong Tua    Jatimakmur Pondok Gede, Bekasi 17413

    Alamat Alias : ” Padepokan Gamprit

    Hobby : Sepak Bola dan Kicaumania

    Pengalaman Penangkaran : Anis kembang, Anis Merah, Kacer, Branjangan, Hwamei,   Love Bird, Murai Batu dan Kenari.
    Penting:

    1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
    2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
    3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



    ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

    JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

    BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

    Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

    PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

    41 Comments

    1. mau nanya lg..he..kandang indukan kacer satu lokasi dgn kandang indukan lb g mana trganggu tdk utk kacer?
      2.rencana sy pgn beli indukan mb dan bikin kandang satu lokasi dgn kandang kacer (bersebelahan)apakah keduanya tdk trganggu?thx om..erik equality

      • 1. tidak masalah, malah bagus sekaligus untuk masteran bagi kacer.
        2. sebaiknya dihindari jika belum paham betul karakter masing-masing indukan, karena kacer dan murai batu burung yang bersifat teritorial.

      • jika beli cerita ‘katanya’ ya sabar saja, jika memang indukan pasti akan produksi setelah indukan nyaman di kandang barunnya.

    2. asalamualaikum kicau mania saya mau cari murai betina ternakan barangkali ada yang mau jual ,lok yogyakarta,,hub ke 8353712, trimakasihh

    3. om,….. mbku sudah bertelur dan ngeram 2 kali tapi tiap hari keluar dari sarang untuk makan setelah kenyang ngeram kembali, telur yang pertama tidak netas dan sekarang ngeram kedua udah 10 hari. bagaimana caranya biar ngeramnya nyaman dan tidak keluar tiap hari.

      • Nggak masalah Om kalau MB betina harus turun untuk makan. Kalau dulu tidak menetas tentunya bukan karena hal itu. Bisa jadi karena memang tidak terbuahi secara sempurna dll.
        Seperti halnya penangkaran burung pada umumnya, MB membutuhkan lingkungan yang tenang. Paling tidak, harus terbebas dari gangguan predator (kucing, tikus dll). Sementara untuk menghindarkan burung dari serangan penyakit yang berasal dari parasit, maka kita harus memastikan kandang yang relatif bebas parasit dan serangga pengganggu seperti semut dan kecoak.
        Parasit pengganggu burung di penangkaran ada macam-macam. Jika tidak ditangani secara serius, maka akan menyebabkan betina tidak nyaman dalam mengeram. Akibatnya, burung tidak tenang dan selalu turun dari sarang. Jika ini berulang terjadi, maka dipastikan telur tidak bisa menetas karena tidak mendapatkan suhu pengeraman yang stabil. Kadang-kadang, gangguan parasit juga menyebabkan indukan berlaku agresif dan bisa mengobrak-abrik sarang, makan telur sendiri, dan lain-lain.

    4. Agan2 master mb..mohon pencerahan apakah bisa sepasang mb usia muda 8 bulan (jantan dan betina umur sama) dijodohin…ada yang bilang mb usia muda dijodohin akan sia-sia, trims sebelumya atas pencerahan

    5. Betul beneran ready ga tuh om poksai. Betinanya?? Ga aspal kan? Atau ga cuma kabar2 aja?. Maaf ni, kalo betul ada 100 mau hunt neh. Pilih2. Lokasi dmn??

    6. oh ya om…saya tunggu artikelnya ….cara cepat membuat anis merah bunyi…saya udah 4 bulan ..cuma ngeriwik kecil…gak ngeplong2

    7. om……saya ada 1 pasang dirumah…tapi cara penjodohan saya beda om…dan alhamdulillah sudah jodoh dalam 1 kandang.nah caranya .yang jantan dan betina saya taruh dalam beda kandang …trus saya dekatkan selama 1 minggu …misal dalam 1 minggu yang jantan dan betina udah mulai bunyi2 memanggil…..nah tinggal masukkan 1 kadang…n gak perlu di tunggu lagi….

      mungkin bisa di coba…..

      • saya mau tanya oom ? Jika saya pakai indukan jantan mb hutan gacor trus jantan te
        rsebut dr totolan yg betina dr indukan hutan jg kira2 apa bisa dijodokan

    8. wak haji sy belajar ternak MB tetapi belum bisa juga betina bru mati enam ekor padahal ada yg udah lama dalam sangkar tapi diserang juga apa butuh tempat yg sepi ya ?
      sy skg coba anakan itu butuh waktu berapa lama ya ? tolong kasih tips yang jitu trims

    9. Om saya mau nanya nich, saya mau nambah sepasang indukan MB tapi ada kendala pada saat penjodohan sudah sudah 2 ekor indukan betina saya yang jadi korban/ mati gara2 diserang sama yang jantan gimana tips cepat menjodohkan dan perlu saya sampaikan indukan yang jantan tiap malam indukan tidurnya dikotak tempat sarang apa perlu sediakan dua kotak sarang?????
      tks
      agung

      • coba om yang jantan kurangi EF nya taruh dalam sangkar yg betina biar di luar, kalau sdh klht mau pd kwn kita lepaskan pejantan sore hari tp harus kt tunggu sambil disemprot biar yg jantan basah malam hari jg di semprot biar MB mau berendeng cara tsbt saya lakukan scr trs mnrs smp MB jantan tdk mengejar yg betina,,itu cara yg saya lakukan MB saya cm 3 hari lgsng jodoh dalam 10 hr skrng sdh nelor 3btr, lingkungan tdk pengaruh semua tergantung MB nya

    10. om saya punya betina nias, jantan borneo, medan, kira2 nanti hasilnya anakannya ekornya adanya putihnya ga ya???kalo silang jenis ga papa ya?karena saya baru sekali..hijauuu…sarannya om?
      kalo ada betina lampung mungkin oke ya?

    11. wuih mantep tenan infonya om,kapan ya aku bisa mulai penangkaran mb padahal sudah ga nahan pengen segera memulai,alasanya seh blm nyempetin.

    Komentar ditutup.