Suara isian “wajib” dan “haram” untuk memaster burung murai batu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Berikut ini saya sampaikan lagi tips pemasteran untuk burung murai batu yang ditujukan untuk lomba. Pada lain kesempatan saya akan menuliskan tips untuk burung-burung jenis lainnya.

Saya tegaskan untuk lomba, sebab kalau saya sendiri kurang cocok dengan pemasteran model ini. Alasannya sederhana, saya memelihara burung bukan untuk saya persembahkan kepada juri, tetapi saya persembahkan kepada diri sendiri.

Referensi artikel ini adalah artikel saya yang berjudul Variasi lagu dalam lomba cuma OMONG BESAR… NONSENSE….

Tips secara umum:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

1. Selama masa pemasteran, perkenalkan burung murai batu DENGAN SEGALA MACAM suara masteran. Baik suara burung, suara binatang lain, suara mobil, suara motor, suara klotekan alat-alat rumah tangga dan sebagainya. Ya inilah mengapa saya menyediakan banyak sekali suara isian di blog ini.

2. Pada saat yang berbeda pada hari pemasteran itu, ambil waktu terpanjang untuk memasterkan “HANYA SATU SUARA KHUSUS” yang biasanya bisa dibawakan panjang-panjang oleh burung murai batu (lihat juga karakter suara burung dan pola pemasteran pada artikel-artikel pemasteran sebelumnya).

SUARA KHUSUS yang akan dijadikan suara dominan pada murai batu yang akan kita master, saya pilih berdasar kondisi lomba dan penilaian saat ini, yang perlu disesuaikan dengan jenis burung isian atau jenis suara masteran dan bagaimana mereka biasanya dibawakan murai batu di arena lomba:

Suara wajib untuk isian burung murai batu (PILIH SALAH SATU SAJA UNTUK JADI SUARA DOMINAN) dengan asumsi “suara panjangnya” bukan suara angkatan dari burung:

1. Lovebird.

2. Cililin.

3. Kenari.

4. Pelatuk.

5. Cucak jenggot

Suara “abu-abu”, kandang berdampak bagus, kadang bedampak negatif:

1. Suara burung serindit, bagus untuk menajamkan suara, tetapi ketika burung murai membawakan suara burung serindit, tidak mudah terpantau karena biasanya paruh tidak membuka dan tidak bergaya/ ngeplay.

2. Suara burung gereja, bagus jika yang direkam dan disuarakan murai batu adalah suara ngerol nrecetnya. Jelek kalau yang terbawakan hanya suara crek-crek awalnya.

3. Suara burung tengkek, kalau hanya dibawakan pendek, suara burung murai terdengat jelek di areba lomba. Kalau bisa membawakan ngerolnya kekekekek tengkek panjang, ya bagus.

4. Suara burung elang, bagus kalau bisa panjang berulang. Bisa membuat grogi burung lawan. Jeleknya, suara dinilai “tidak indah” di telingan juri.

5. Suara burung parkit, bagus jika trecetannya yang terekam. Jelek kalau suara patah-patah yang terekam dan disuarakan murai batu.

6. Dan beberapa suara burung atau hewan lain yang kadang ada trecetan panjang tetapi kadang pendek-pendek.

Suara “HARAM” untuk isian burung murai batu:

1. Suara burung prenjak (padahal kalau murai batu menyuarakan suara prenjak saya paling suka. Sayangnya, tidak akan menonjol atau disukai di arena lomba).

2. Suara patah-patah jalak suren (tajam sih tajam tetapi tidak menonjol karena jarang disuarakan secara panjang-panjang apalagi ngerol).

3. Suara patah-patah jalak kebo (wah janganlah).

4. Suara burung cucakrowo (ini apalagi, meski kadang suara cucakrowo tidak akan keluar ketika murai batu dilombakan).

5. Suara patah-patah/angkatan ciblek.

6. Suara patah-patah asli anis kembang.

7. Suara patah-patah aseli anis merah.

8. Suara burung kutilang.

9. Suara aseli burung cucak hijau.

10. Suara burung trucukan.

11. Suara ayam.

12. Suara siulan manusia.

13. Suara aseli burung kacer.

14. Suara blackthroat (jarang murai batu bisa sukses ngerol menirukan blackthroat).

15. Suara helda sanger.

16. Suara burung betet.

17. Suara aseli burung beo.

18. Suara perkutut.

19. Suara derkuku.

20. Suara kucing.

21. Suara anjing.

22. Dan semua suara yang sifatnya monoton pendek-pendek apalagi dengan frekuensi rendah (contoh mudah suara burung perkutut).

Nah, PERTANYAANNYA ADALAH mengapa kalau saya menyarankan burung perlu punya suara dominan kok harus dimaster dengan aneka suara burung sebanyak-banyaknya? Apakah malah tidak membuat burung jadi “bodoh” untuk memiliki satu suara dominan?

Jawabannya kembali kepada persoalan lomba burung. Ya di arena lomba, banyak sekali burung yang hanya terlihat bengong padahal tidak mbalon atau tidak terlihat takut. Inilah. Burung pun suka belajar untuk menirukan suara-suara asing yang dia dengar.

Kalau burung Anda “kurang piknik” dengan tidak banyak diperkenalkan dengan lagu dan jenis suara yang banyak dan variatif, dia akan menjadi “pendengar yang baik” di arena lomba. Artinya burung Anda hanya akan mencoba mendengar dan merekam suara-suara asing yang baru didengarnya, alias membungkam  saja.

Lain masalahnya kalau burung Anda adalah burung istimewa, yakni bisa menirukan seketika suara-suara yang baru didengarnya, maka dia akan  membuntuti lawan dengan suara yang justru dia tirukan dari lawan. Istilah jawanya adalah “numpangi”. Burung yang bisa “numpangi” suara lawan adalah burung istimewa dan biasanya suara tumpangannya justru lebih panjang dan bertenaga ketimbang burung lawan yang saat itu sedang menjadi “gurunya”.

Oke. Demikian tips pendek ini semoga bermanfaat. Dan lebih dari itu jangan lupa membaca artikel Rahasia Burung Jawara.

Salam.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

37 Comments

  1. om saya baru beli murai batu medan 3 minggu yg lalu. dan skrg sdh mulai bunyi. tp knp ya kalo bunyi paruhnya ga terbuka. jd nya suaranya ga kuat. cara ngatasinya gmn ya om? mhn petunjuk om.

  2. om saya penggemar MB berat om…tapi saya cari MB medan lumayan setengah mati om oleh karena saya posisi di borneo…..tolong dong om info kan untuk MB medan di borneo saya bisa dapatkan dimana…makasih om…salam kicaumania…

  3. om duto salam kenal. saya dri crebon.
    kalau kacer kurang piknik dan tdak mendngarkan suara2 yg bervriatif dan hanya mendngarkan laguan lovebird, CJ, kenari, kapas tmbak apa boleh buat kcer saya

  4. Om mau Tanya nich MB saya Gacor, isian bnyk agak jinak mkn jangkrik di tangan tapi pas di lomba gacor tapi terlalu giras melihat musuh-musuhnya sehingga tdk mantap di tengkeran (terbang-terbang) seolah-olah mau di terkam punya musuh, gimana solusinya om Trims Infonya

  5. Mengapa harus ada yang diHARAMkan suara burung2 tertentu yang dibawakan MB, Maaf om Duto sebetulnya yang diHARAMkan adalah PENILAIAN JURI aja yang perlu di perbaiki.
    Sekarang kalo MB masih bisa membawakan suara CR, Perkutut, CB, dll dengan nada yang tidak monoton cuma 1-2 kali aja trus diselingi tembakan suara lainnya yg pedas seperti Cililin, LB dll apa ngak tergolong MB ini type CERDAS menirukan, kalo bisa yaaa…jangan langsung di diskualifikasi donk…

    Maaf om sekedar shear ringan….

  6. om kicau, apa benar MB dari NIas kurang bagus untuk perlombaan dan harganya jatuh bila dijual. Padahal MB saya mentalnya berani, bak karakter ayam jago menantang dan pernah lepas dari kandangnya, tapi MB saya tdk mau terbang jauh. Setelah itu saya tangkap dengan tangan. Saya mengira MB itu akan stress berat, tetapi malah berani dan tetap gacor setiap harinya. mohon info dan dijelaskan om kicau…….

  7. om saya punya MB klo dirumah gacor dengan suara isiannya (kapas tembak, cililin, love bird} tapi ketika dilombakan suara itu tidak muncul yang ada hanya suara aslinya dari awal smpai akhir. gimana caranya biar suara isiannya keluar saat di lomba ? trims sebelumnya

  8. mau tanya ne Om, jadi kalau murainya uda mulai ikutio suara haram, apa gak ada tips untuk ngilanginya???
    maksih atas tanggapannya…

  9. om……sugeng ndhalu…terimakasih ya om referensi2nya…saya jadi semakin bersemangat memeliharanya…tp juga semakin banyak semakin bwt kantong tipis om…bagi pemula muda ini…Om tanya dong…dari 5 Masteran MB itu yang paling gacor dan disukai Juri (smga bukan juri titipan) suara burung apa om
    hatur suwun om duto

  10. wah jos bgt.om mau tya kalu ada suara yg hharam masuk ke mb apa dipastikan gak bisa dapat juara om,biarpun isian yang lain ngerol pjng dan bgus. Makasih..

  11. wah jos bgt.om mau tya kalu ada suara yg hharam masuk ke mb apa dipastikan gak bisa dapat juara om,biarpun isian yang lain ngerol pjng dan bgus.

Komentar ditutup.