Burung sikatan belang atau sambar gunung (Little Pied Flycatcher)

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Di dinding halaman Hobi Burung Kicauan dan Penangkaran di FB, kawan kita Santi Oktava mengupload foto seekor burung yang belum dikenalnya.  Dia bertanya “om, ni burung apa yaa? makan ny apa….. kayakny stress ni burungny diem222 aja… mohon petunjukkk”.  Berikut ini adalah foto yang dia tunjukkan:

Burung apakah ini?

Terus terang saya belum pernah melihat burung ini, apalagi mengenal namanya. Setelah saya membuka-buka buku referensi “Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan” terbitan LIPI dan Burung Indonesia, saya hanya menemukan gambar burung yang tekstur dan garis bulunya hampir sama dengan burung yang ditunjukkan Santi Oktava.

Gambar burung yang saya maksud adalah gambar di bawah ini:

Burung sikatan belang betina (atas) dan jantan (bawah)

Hanya saja saya belum menemukan burung yang persis dengan foto yang diupload kawan kita, Santi. Sebab, burung sikatan belang fotonya adalah seperti di bawah ini:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Sikatan Belang atau Ficedula westermanni

Jadi untuk foto burung yang dimiliki Santi, masih menjadi PR bagi saya. Nah, adakah teman yang tahu, burung apakah itu?

Sementara, untuk mengenal lebih jauh mengenal burung sikatan belang, berikut ini saya sajikan dulu gambar-gambar burung kelompok sikatan:

Kelompok Burung Sikatan

Apa dan bagaimana burung sikatan belang?

Burung sikatan belang atau biasa disebut Burung Sambar Gunung, dalam bahasa Inggris disebut Little Pied Flycatcher. Burung ini berukuran kecil (11 cm) berwarna hitam dan putih (jantan) atau coklat dan putih (betina). Ketika masih remaja burung ini berwarna coklat berbintik kuning kecoklatan.

Suara: Burung sikatan belang secara teratur mengeluarkan kicauan bernada tinggi yang lemah, nada-nada pertama naik, kemudian turun “pi-pi-pi-pi-pi” diselingi getaran rendah “crrr” dan “tii”.

Penyebaran global: India sampai Cina selatan, Filipina, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Sunda Besar dan Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku.

Penyebaran lokal dan status: Umum terdapat di hutan lokal pegunungan, antara ketinggian 1.000-2.600 m di seluruh Sunda Besar.

Kebiasaan: Sering mengunjungi hutan pegunungan, hutan lumut, dan hutan cemara gunung. Mencari makan di semua tingkat tajuk. Sering bergabung dengan kelompok campuran.

Okeh kawan. Pertanyaannya adalah, burung apakah yang fotonya di-upload Santi Oktavia?

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

36 Comments

  1. Om itu photo burung kapasan halmahera…….sumber acuan sy adalah buku panduan burung-burung di kawasan wallacea karya David Bishop dan Brian J.Coates

  2. saya tinggal di lampung..,hari ini saya mendapatkan burung tersebut ( jaring burung ) populasi burung tersebut di lokasi saya bisa di bilang banyak,dan di daerah ini biasa di sebut burung KAPASAN, foto di atas menunjukan jenis kapasan jantan,dan betina memiliki corak yang dominan putih ke abu-abuan (nyaris tidak ada warna hitam). Di alam liar dia sebagai pemangsa serangga umumnya ulat pohon belalang Dll,dan itu bukan jenis burung sikatan,panjang burung ini berkisar 15-18 cm. ok gan sekian informasi dari saya,semoga membantu… 🙂

  3. Tu ditempatku (bengkulu) namanya burung kapasan,bunyinya cm ngek ngek aja,kadang ky bayi nangis.
    Makanannya serangga kecil,kroto,,
    Aku dah prnh nyoba pelihara tp gagal trs.susah disuruh makan dan stressnya g ilang2

  4. foto yg di upload santi oktavia itu namanya sri popon di daerah tempat tinggal saya Lamongan jawa timur.untuk makananya ulat atau serangga gan.

      • askum……salam kicau mania om…
        itu di daerah saya nama burungnya murai kapur ato kapuran….beda dengan yang om duto tulis…gak sama om….suara tu burung cuma ngekek aja….soalnya dibelakang rumah sering ada om….kalau buat pakanny sama kayak ketilang , merbah , cucak kuricang…. (makan buah , kroto, jagkrik dll)

        ditempat saya banyak loe….

        mungkin penjelasan ini bisa menambah pengetahuannya….
        wasala,

        • tu bukan burung sikatan…tapi emank mirip bener om….tapi bedanya juga bnyk…..kemarin saya lihat sekilas mirip …pas ne hari saya perhatikan …eh …bukan om

Komentar ditutup.