Burung sikatan belang atau sambar gunung (Little Pied Flycatcher)

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Di dinding halaman Hobi Burung Kicauan dan Penangkaran di FB, kawan kita Santi Oktava mengupload foto seekor burung yang belum dikenalnya.  Dia bertanya “om, ni burung apa yaa? makan ny apa….. kayakny stress ni burungny diem222 aja… mohon petunjukkk”.  Berikut ini adalah foto yang dia tunjukkan:

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung apakah ini?

Terus terang saya belum pernah melihat burung ini, apalagi mengenal namanya. Setelah saya membuka-buka buku referensi “Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan” terbitan LIPI dan Burung Indonesia, saya hanya menemukan gambar burung yang tekstur dan garis bulunya hampir sama dengan burung yang ditunjukkan Santi Oktava.

Gambar burung yang saya maksud adalah gambar di bawah ini:

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Burung sikatan belang betina (atas) dan jantan (bawah)

Hanya saja saya belum menemukan burung yang persis dengan foto yang diupload kawan kita, Santi. Sebab, burung sikatan belang fotonya adalah seperti di bawah ini:

Sikatan Belang atau Ficedula westermanni

Jadi untuk foto burung yang dimiliki Santi, masih menjadi PR bagi saya. Nah, adakah teman yang tahu, burung apakah itu?

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sementara, untuk mengenal lebih jauh mengenal burung sikatan belang, berikut ini saya sajikan dulu gambar-gambar burung kelompok sikatan:

Kelompok Burung Sikatan

Apa dan bagaimana burung sikatan belang?

Burung sikatan belang atau biasa disebut Burung Sambar Gunung, dalam bahasa Inggris disebut Little Pied Flycatcher. Burung ini berukuran kecil (11 cm) berwarna hitam dan putih (jantan) atau coklat dan putih (betina). Ketika masih remaja burung ini berwarna coklat berbintik kuning kecoklatan.

Suara: Burung sikatan belang secara teratur mengeluarkan kicauan bernada tinggi yang lemah, nada-nada pertama naik, kemudian turun “pi-pi-pi-pi-pi” diselingi getaran rendah “crrr” dan “tii”.

Penyebaran global: India sampai Cina selatan, Filipina, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Sunda Besar dan Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku.

Penyebaran lokal dan status: Umum terdapat di hutan lokal pegunungan, antara ketinggian 1.000-2.600 m di seluruh Sunda Besar.

Kebiasaan: Sering mengunjungi hutan pegunungan, hutan lumut, dan hutan cemara gunung. Mencari makan di semua tingkat tajuk. Sering bergabung dengan kelompok campuran.

Okeh kawan. Pertanyaannya adalah, burung apakah yang fotonya di-upload Santi Oktavia?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

  1. Om itu photo burung kapasan halmahera…….sumber acuan sy adalah buku panduan burung-burung di kawasan wallacea karya David Bishop dan Brian J.Coates

Komentar ditutup.