Killer, tledekan papan atas tanpa rawatan luara biasa ♥ Om Kicau

Edi Purbalingga dan Killer

Killer, burung tledekan atawa sulingan milik Yance Cilacap yang dipinang dari Wawan Sambas Purwokerto, sekarang kembali dirawat Edi Purbalingga. Edi merupakan perawat Killer saat masih bernama Raja Langit dan waktu itu masih milik Yopie Purbalingga.

Karena kesibukan bisnis, Yance kurang konsen dalam merawat Killer. Apalagi di rumahnya ada 4 tledekan yang sudah dikoleksinya, sehingga membuat prestasi Killer menurun. Maka, Yance pun minta Edi untuk merawatnya.

Edi yang lihai dalam merawat tledekan, tak memerlukan waktu lama dalam memoles Killer. Dua pekan di tangannya, tampil perdana Killer langsung juara 1 di even Adi Bal Cup Purbalingga.

Tampil kedua saat turun di even Valentine PBI Jogja, di tengah-tengah persaingan tledekan papan atas nasional, Killer sukses gaet juara 4 dua kali.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Kembalinya Killer di jalur juara, diakui Edi tidak memerlukan perawatan yang neka-neka (aneh-aneh). Rawatan harian seperti tledekan pada umumnya. Pagi jam 05.30 dikeluarkan untuk mandi pagi. Selesai mandi diberikan kroto segar plus 1 ekor jangkrik, yang diteruskan dengan penjemuran sampai jam 08.00.

Siang tanpa krodong, sore hari dimandikan lagi lalu burung di krodong. Jelang lomba, H-1 menu ditambah ulat hongkong 4 ekor. “Ulat hongkong menambah daya tempur, sehingga Killer bisa maksi dan tampil stabil saat tempur. Saya siapkan tampil di Banjarnegara (6/3) dan Purworejo (13/3),” tutur Edi. (Sumber: Agrobis Burung)

Burung kurang ngotot? Burung melempem di lapangan? Lihatproduk-produk Om Kicau untuk stamina dan performa lomba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

14 Comments

  1. om kicau…kenapa bunyi TL saya ga bisa keras dan putus2 ga bisa panjang ngeroll apakah karena umur TL nya?? perawatan gmn yg baik?? bisakah dikasih Voer dan jenis voer cocok apa?! trimm…

    • selain umur juga kemapanan mental burung, rawatan biasa saja dan tambahkan kroto setiap hari, voor pilih butiran yang kecil-kecil.

  2. om TL saya klo denger suata TL lain kok selalu gaya mbagong sambil bunyi cer cer.. kenapa ya om apa bisa dikasih birdvit produk om kicau.. padahal tiap harinya bunyi terus.. trima kasih.. mohon sarannya om..

  3. om mau tanya.kenapa TLedekan saya bulu biru atasnya sedikit,bulu halusnya tidak rapih& bulu ekornya tidak rapih apa sedang nyulam/mabung

  4. om mau tanya.kenapa TL saya bulu biru atasnya sedikit,bulu halusnya tidak rapih& bulu ekornya tidak rapih apa sedang nyulam/mabung

Komentar ditutup.