Intermezo: Dari nasional bootcamp ke ide supermarket burung

Nasional Bootcamp Solo 2011Ini cerita intermezo, sekadar oleh-oleh dari acara nasional bootcamp (NBC) di Solo yang berlangsung 17-21 November 2011. Untuk mudahnya, NBC ini adalah camp-nya para internet marketer, baik itu yang punya produk sendiri maupun sekadar markelar… eh makelar… atau sering disebut dengan istilah keren reseller.
Di sini peserta diberi tips dan trik mengoptimasi website agar search engine friendly, menghubungkannya dengan jejaring sosial, dengan tujuan akhir meningkatkan atau melipatgandakan penjualan alias profit.

Lha lantas mengapa saya ikut-ikutan jadi peserta? Ceritanya bermula sejak lama ketika saya merasa bosan jadi karyawan (baca: bosan diperintah-perintah dengan pendapatan “pertemanan”). Saat itu yang kebayang di pikiran saya adalah bagaimana mendapat pekerjaan yang “kerjanya ringan, gaji besar, lingkungan kerja menyenangkan dan karir tak terbatas.” Pertanyaannya, lha apa ya ada… Ternyata ada yang bilang “ada”.

Sejak saat itulah saya yang sama sekali tidak punya latar belakang IT, design, atau semua hal yang berhubungan dengan internet, mulai belajar bikin blog. Dimulai dari blog asal-asalan sampai akhirnya mengelola blog yang sobat lihat ini. Untuk ukuran umum blog, omkicau.com sudah saya anggap lumayan, minimal dilihat dari page-rank di angka 5.

Nah mengapa setelah sekian tahun resign dari kerja jadi karyawan saya tetap ikut-ikutan bergabung di NBC? Ya itu kembali ke masalah pencarian saya untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar, kerja ringan, lingkungan kerja menyenangkan dan karir tak terbatas. Untuk yang kerja ringan, lingkungan kerja menyenangkan dan karir tak terbatas mungkin sudah saya dapat, tetapi yang gaji buesar itu loh hehehe… belum juga…

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Nah di NBC ini terdapat para suhu yang bisa memberi ilmu “dapat gaji besar” tersebut. 

Misalnya, melalui blognya, seorang Eddy Setyawan bisa meraup rupiah yang semakin hari semakin meriah dengan berjualan lempok durian secara online.

Melalui usaha yang sama dalam kurun waktu yang berbeda, seorang Ponco Suhirno atau Frans Pekasa atau Ferry Joshua atau Pipin Girsang dan masih banyak lagi “geng Jepara” bisa menjadi miliader dengan menjual produk mereka keluar negeri.

Para blogger, kini mulai berjualan produk dan jasa secara nyata. Mulai dari berjualan furniture, matras, ban, bahkan lintah untuk sarana pengobatan, semua dilakukan melalui blog.

Krupuk Mak Icih bisa mencapai omset penjualan miliaran rupiah per bulan, atau toko bunga Fahmi Rizwansyah yang meraup untung ratusan juta rupiah per bulan, digerakkan oleh motor penjualan yang disebut blog. Atau ada juga majikan terselubung.blogspot.com yang bisa meraup puluhan juta rupiah per bulan dari blognya.

Bikin blog bukan lagi gaya hidup, bikin blog adalah kebutuhan ketika Anda menyadari keterbatasan modal waktu, tenaga dan uang, tetapi berkelimpahan ide dan pikiran.

Majikan Fakta Terselubung
Majikan blog terselubung.blogspot.com (kanan) meraup puluhan juta rupiah per bulan dari blognya. Kok bisa? Ya itulah kalau blogger “sudah ketemu kalannya”.

Dari sekian banyak sobat di sini, adakah misalnya tertarik untuk membuka supermarket burung secara online? Ini sebenarnya sekadar meneruskan pertanyaan dari seorang teman di NBC. Saat itu ada yang nyeletuk bertanya ke saya, “Kok omkicau.com nggak dijadikan supermarket burung saja Om?”

Yups, karena saya lebih berat berjualan obat kesehatan untuk burung dan pada saat yang sama juga mengajari anak berjualan secara online melalui solosouvenir.com, makanya usaha membuka supermarket burung online, sebaiknya Anda saja yang membukanya, hayo….!!!

Bagaimana memulainya? Ya belajar saja bikin blog. Untuk yang satu ini, Anda bisa bergabung di halaman Forum WordPress di FB. Silakan masuk ke tautan yang ini.

Apa sih syaratnya agar bisa menjadi blogger dan punya kemampuan jual barang dan jasa apa saja? Tidak ada, kecuali keinginan dilanjut dengan kemauan dan usaha.

Selamat datang para calon blogger-pengusaha. Selamat mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Inilah suasana riuh rendah para blogger ketika ngumpul bareng di ajang NBC Solo 2011 di Hotel Sunan Solo:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

16 Comments

  1. Wuih.. Mantaps nich Om kicau
    Walau dah tua tp tetep semangat belajar .. heheheh
    Smoga makin banyak menginspirasi banyak anak muda di indonesia utk jd pengusaha online dg belajar internet marketing dan SEO .. Thx

  2. Pakdhe Duto, memang jos banget kicau-annya. Apalagi sering memberikan perspective yang berbeda kala mastah-mastah NBC sedang di depan. Sukses selalu blognya.

  3. hidup omkicau….hidup omkicau…burungnya mantap….obatnya mantap…bikin burung jadi kuat ngoceh…hhehehheee….semangatnya gan harus di pupuk terus….kita kumpul lagi di NBC #12….

  4. Trim’s banyak ohm duto…informasinya bermanfaat banget..jadi terinspirasi untuk merubah blog yg kosong menjadi bermanfaat…salam kicau mania…

Komentar ditutup.