Kenari kecil vs bongsor (3): Klasifikasi kenari sumir dan rancu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Di kalangan kenarimania, sudah jamak diketahui banyak penyebutan untuk mengklasifikasikan keturunan. Mulai dari lokal, lokal super, AF, F1, F2, F3, dan seterusnya. Pengistilahan ini seringkali membuat bingung para kenarimania. Sehingga mereka lebih doyan mengklasifikasikan menjadi dua kategori. Yakni kenari kecil atau besar.


Kenari F2 dan F3Padahal, breeder kawakan Indonesia pun masih ragu dalam pengistilahan ini karena masih sumir dan rancu. Apalagi para new entry yang jam terbangnya masih hitungan jari. Bisa tambah puyeng tujuh keliling mikirin istilah ini.

Dari beberapa data yang dihimpun Agrobur, yang disebut kenari lokal adalah adalah silangan antara kenari lokal super dengan lokal. Sedangkan yang disebut dengan lokal super jika F1 disilangkan dengan lokal. Bisa disebut lokal super, dimana degradasi sifat dari induknya akan semakin terlihat.

Lantas kenari yang disebut AF? Jenis keturunan kenari yang disebut AF sebenarnya asing ditemui bahkan dalam istilah biologi sekalipun. Bahkan mungkin tidak ada. Namun sudah terlanjur beredar umum, kenari AF dihasilkan dari keturunan F1, F2, F3 dikawinkan dengan kenari lokal.

Bagaimana pula membedakan F1, F2, F3? Sekedar tahu, symbol F sebenarnya diartikan sebagai keturunan. Sedangkan angka numerik yang mengikuti huruf F di belakangnya diartikan sebagai urutan keturunan. F1 misalnya adalah keturunan kesatu, F2 keturunan kedua, demikian seterusnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Tetapi pengertian ini sedikit melenceng di dunia perburungan Indonesia. Banyak mengasumsikan bila kenari F2 merupakan hasil silangan dari F1 x F1. Sehingga publik sudah terlanjur menarik kesimpulan. Pengertian F1, F2, dan F3, yang seolah sudah menjadi kesepakatan umum adalah ditarik dari garis induk Yorkshire.
Anakan Yorkshire dengan kenari lokal, adalah F1. Kemudian Yorkshire dengan betina F1 adalah F2. Yorkshire dengan betina F2 adalah F3.

Sejatinya, untuk mengetahui silsilah keturunannnya harus ada catatan dari mana asal usul kenari ini, termasuk jenis indukan. Ibaratnya harus punya akte kelahiran yang jelas. Persoalannya, kebanyakan peternak tidak punya catatan detil dan rapi soal ini. Jadi susah. Kalau untuk F2 dan F3, garis darah dari Yorkshire-nya memang bisa diamati, tapi tetap saja tidak bisa dijadikan patokan 100 persen. Jadi untuk mengetahui apakah F1, F2, dan F3, sesungguhnya tidak cukup dengan melihat fisik burung, entah bentuk, maupun ukuran posturnya.

Selama ini, pembedaan kenari lokal dan non-Lokal lebih ke ukuran postur, sebab ada pula jenis impor ukurannya tidak bongsor, semisal jenis Lizard. Barangkali klasifikasi yang pernah dilakukan Papburi lebih masuk akal, yaitu memakai istilah KALITAN, atau kenari kecil.

Walaupun di sini pun tidak ada patokan fix secara matematis, yang diamaksud kecil itu ukuran berapa, apakah volume, panjang, tinggi, atau beratnya. Semuanya masih berdasarkan perkiraan plus perasaan. Dengan melihat, kita menilai, “ohh itu masih pantas untuk Kalitan. Kira-kira yang berlaku selama ini seperti itu.” (Bersambung)

Artikel terkait:

  1. Kenari kecil vs bongsor (1): Pasar lokal “dijegal”, trend disetir importir?
  2. Kenari kecil vs bongsor (2): Mengejar trend dan gengsi
  3. Kenari kecil vs bongsor (3): Klasifikasi kenari sumir dan rancu
  4. Kenari kecil vs bongsor (4): Lokal lebih rajin dan gampang tampil
  5. Kenari kecil vs bongsor (5): Juri enggan melirik kenari lokal?
  6. Kenari kecil vs bongsor (6): Para EO & kenari mania sepakat kelas dipisah

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

  1. Kalau melihat kasus sprti itu maks sdh saatx kita mengadakan kelas tersendiri antara kenari penyanyi (yg dinilai hny nyanyianx) dan kenari postur/type (yg dinilai hny postur/bentuk)…gitu aja! Supaya tdk trjdi kerancuan dan kebingungan…maaf kalau salah…hehe…

  2. kl saya cuma pengen punya kenari yg bunyinya merdu dan enak didengar saja deh (kagak bingung sama bodi sixpack,bahenol,macho,dll) hehehe…

    • Untuk gampangnya, kenari kecil sebesar burung pipit atau burung gereja, kenari besar ada yang sekisaran burung kutilang…. Bahkan untuk F3 yorkshire ada yang seukuran kepodang…

      • Masa sebesar kepodang om? ada pic nya gak ya om, kenari lokal, f1, f2, f3, sama yorkshire biar bisa bandingin dengan jelas, makasih om

Komentar ditutup.