Kotoran burung sikatan londo diolah jadi produk kecantikan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kotoran ternak, termasuk burung, sudah lama diketahui mengandung protein tinggi, asam amino esensial, serta sejumlah vitamin dan mineral penting. Tidak heran jika manusia kerap memanfaatkannya untuk pupuk tanaman dan biogas. Tapi jika diolah menjadi produk kecantikan, seperti masker wajah, terkadang masih sulit diterima sensor etika dan estetika kita. Saat ini masker kotoran burung nightingale / sikatan londo (Luscinia megarhynchos) sedang laris-manis di pasaran mancanegara, apalagi setelah Victoria Beckham dan aktor ganteng Tom Cruise mengaku sebagai pengguna rutin produk tersebut.

Burung Luscinia megarhynchos atau burung nightingale atau sikatan londo
NIGHTINGALE / SIKATAN LONDO

Produk kecantikan berbahan kotoran nightingale awalnya dikembangkan oleh perusahaan kosmetik di Jepang. Konon, ini merupakan resep lama yang digunakan para geisha yang cantik-cantik dan kinclong (kulit putih mulus bak pualam). Karena sejarah inilah, sebagian orang menyebut masker kotoran sikatan londo dengan nama geisha facial.

Kotoran burung sikatan londo bahkan sudah menjadi salah satu tren baru dalam industri kecantikan, terlebih setelah istri pesepakbola kondang David Beckham, Victoria, mengaku sebagai pengguna rutin produk aneh tersebut.

Bahkan mantan personel grup musik TLC ini menegaskan, facial menggunakan kotoran sikatan londo adalah salah satu rahasia kecantikan dan kemulusan kulitnya. Pengakuan Victoria terungkap di beberapa media online, salah satunya zimbio.com.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Bukan hanya cewek, aktor ganteng Tom Cruise pun memberikan testimoninya di skincareto.com bahwa dia sudah lama menggunakan kotoran sikatan londo untuk membuat kulitnya selalu muda. Anda bisa mengecek betapa marak penjualan produk ini di internet. Silakan cek di Mbah Google dengan kata kunci “nightingale feces facial products”..

Sikatan londo adalah istilah yang dipopulerkan Om Duto untuk memudahkan penyebutan nightingale yang masih terdengar asing di telinga kita.

Disebut sikatan londo, karena karakteristik burung ini menyerupai burung sikatan / kapasan. Para ornitholog pun telah memasukkan nightingale dalam kelompok burung sikatan.

Istilah londo dipilih Om Duto, lantaran nightingale tidak dijumpai di Indonesia: habitatnya di Eropa dan Asia Baratdaya.

Mengenai apa itu burung nightingale, silakan buka Gambar, audio, dan video burung nightingale. Suaranya oke banget dan sangat layak  dijadikan masteran.

Pemeliharaan burung melalui sistem organik

MASKER KOTORAN NIGHTINGALE
MASKER KOTORAN NIGHTINGALE

Masker aneh ini memang tidak seutuhnya terbuat dari kotoran burung, tetapi merupakan campuran antara kotoran burung sikatan londo, dedak, dan air. Dedak memang dikenal efektif dalam proses pengelupasan kulit.

Kotoran sikatan londo yang digunakan pun harus memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya, nightingale dipelihara melalui penangkaran sistem organik. Selama pemeliharaan di kandang penangkaran, burung hanya diberi pakan berupa biji-bijian organik, atau biji dari tanaman yang sama sekali tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimiawi.

Melalui penangkaran sistem organik, sebagaimana mulai dijumpai pada beberapa peternakan ayam di Indonesia, burung sikatan londo akan menghasilkan kotoran yang relatif aman untuk digunakan pada wajah manusia.

Bukan hanya itu, kotoran yang dihasilkan pun dikumpulkan dan menjalani proses sterilisasi menggunakan ultraviolet. Sterilisasi ini diperlukan untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari kotoran burung (terutama karena kandungan ammonia yang tinggi). Setelah itu, kotoran dikeringkan dan diproses menjadi bubuk yang mudah digunakan sebagai masker.

Masker dari kotoran nightingale ini dapat menghaluskan kulit, menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat dan paparan sinar matahari, serta diyakini mampu melawan tanda-tanda penuaan.

Ah, mengapa harus kotoran burung? Bukankah ada produk kecantikan yang lebih estetis? Tetapi, semuanya terserah Anda. Artikel ini sekadar pengayaan pemahaman mengenai berbagai manfaat dari segala apa yang terkait dengan burung.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.