Pertama di Indonesia: Dibuka kelas kacer mbangong / mbalon di Ababil Cup II Muara Bungo-Jambi 10 Februari 2013

Adalah Joko Billion dan kawan-kawan Ababil Bird Club yang mencetuskan ide gila ini. Daripada hanya menjadi perdebatan dan wacana, maka disepakati dibuka kelas khusus untuk kacer mbagong/mbalon dalam gelaran Ababil Cup II di Bumi Perkemahan Cadika, Jl Rangkayo Hitam Muara Bungo, Jambi, Minggu 10 Februari 2013.  “Apa salahnya kita coba? Mungkin ada yang tertawa, mungkin memberikan respon positif,” kata Joko Billion, ketua pelaksana Lomba Burung Berkicau Ababil Cup II, dalam emailnya kepada redaksi omkicau.com, sembari menyertakan brosur lomba.

SEBAGIAN PANITIA ABABIL CUP II
SEBAGIAN PANITIA ABABIL CUP II

Selebihnya, lomba tetap menyertakan kelas-kelas “normal”, dengan empat kategori. Kategori Merah-Putih Ababil melombakan murai batu dan kacer, dua jenis burung yang sering mengharumkan nama Jambi di kancah lomba burung tingkat nasional. Dengan tiket Rp 200.000, juara 1 berhak mendapatkan hadiah uang Rp 3 juta plus trofi.

Kategori Iwak Peyek Ababil melombakan murai batu, kacer, kapas tembak, kenari standar, cucak hijau, dan lovebird. Tiket seharga Rp 150.000, dengan hadiah 1,5 juta plus trofi untuk juara pertama. Adapun Kategori Avatar Ababil melombakan murai batu, kacer, kapas tembak, kenari semi-isian, cucak hijau, lovebird, dan ciblek. Juara 1 berhak mendapatkan hadiah 1 juta plus trofi, dengan tiket seharga Rp 100 ribu.

Kriteria kacer mbagong / mbalon

Lomba Burung Berkicau ABABIL CUP II, 10 Februari 2013 Muara Bungo - JambiLalu, di mana kelas kacer mbagong / mbalon ditempatkan? “Kami menempatkannya dalam kategori tersendiri, yaitu Rangkayo Ababil. Tiketnya murah meriah, Cuma lima puluh ribu rupiah. Juara pertama mendapatkan hadiah lima ratus ribu rupiah, dengan bonus juga lima ratus ribu rupiah,” kata Joko Billion.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ada dua kriteria yang dinilai juri dalam kelas kacer mbagong / mbalon ini. Pertama, burung yang paling lama mbagong. Kedua, gaya mbagong yang paling unik.

Joko menambahkan, kacer di kampung-kampung di wilayah Bungo kini sudah menjadi buruan untuk diadu di even tersebut. Tidak heran jika harganya melonjak. Dengan adanya kelas special ini, semua lapisan masyarakat mendapat tempat dan hak yang sama untuk mengikuti lomba.

Panitia sengaja menggelar lomba di Bumi Perkemahan Cadika, karena tempatnya luas dan rindang, sehingga nyaman bagi kicau mania dan keluarga untuk bersantai. Jaraknya pun hanya sekitar 1 km dari pusat kota Muara bungo. Panitia juga ingin mengenalkan potensi wisata kota Muara Bungo.

Info selengkapnya bisa dilihat pada brosur lomba. Bagi yang berminat, silakan download brosurnya di halaman Brosur Lomba Burung.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

9 Comments

  1. tujuan baik tp sayang y tidak sesuai dgn dgn ideologi kontes burung..
    mudah2an hanya ada di Event ABABIL sj dan tidak di ikuti oleh EO yg lain..ane suka niat baik teman2 tp sangat tidak suka dgn konsep y..klo kacer yg membagong dpt penghargaan gak usah cape2 lg pelihara cari setting y om..tinggal full in EF y pas mau kontes biar tambah parah bagung y,bhkn anak kecil sampai nenek2 pun jg bisa ikutan kalo modal cuma sekadar lomba kacer bagong, bagong adalah sifat dasar alamiah dari kacer semua kacer itu pasti bagong..tugas para empu y bagaimana cara ngunci agar kacer tidak membagong di lapangn.nah sangat tidak ad seni y main burung kalo itu di jdikan lomba klo cuma sekadar bagong…kalo boleh saran ĴªŇбåñ membuat trobusan baru tp membuat kontroversi baru di dunia kicaumania.sebaik y buat lah cara y agar Event yg anda buat jd acuan bgi EO yg lain..misal perbaiki kinerja Juri agar Super Fair Play dan peraturan lomba Non Teriak di taati penonton..dgn demikian setiap EO yg anda hadirkan akan ramai di datangi kicaumania ..karena terkenal dgn Juri y yg fair play dan non teriak..bukan terkenal dgn lomba kacer bagong y….

  2. Ngrusak,…ABABIL.BC. Sdh mnyalahi ideologi dasar kontes burung berkicau… buat ap susah2 nyari burung bagus,klo dengan pnya kacer mbagong bsa dpat pnghrgaan…??

    • Bos Dody Pamor…dimana posisi menyalahi ideologi dasar kontes burung berkicau???itu malah menguntung kan bos…buat rekan2 pengusaha burung berkicau…haraga kacer mbagong bisa terangkat…yg dari di anggap tidak berguna sekarang jadi berguna dan sudah berniali jual…..bos pikir gampang apa buat kacer itu ngunci mbagongnya dari awal sampe akhir….

  3. MANTAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAPPPP dukung banget banyak yang punya kacer tapi mengeluh karna gagal konter dikarnakan membagong akhirnya ini yang di tunggu” sejak lama hahaha soklah di lanjut perjuanganya hidup kicaumania

Komentar ditutup.