Gus Don Bird Farm: Suara lirih radio bisa bikin lovebird cepat produksi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Saat bertandang ke kandang Gus Don Bird Farm di kawasan Jatingaleh, Semarang, ada benda kecil yang menarik perhatian. Sebuah pemutar suara, berukuran mungil, di depan puluhan kandang lovebird model baterey dan terus mengeluarkan suara, meski volumenya tidak terlalu keras. Setelah didekati, peranti ini memang sengaja digunakan untuk memutar suara radio sepanjang hari.

Si empunya rupanya tahu, kalau saya ingin menanyakan mengapa di depan kandang lovebird mesti ada suara radio.

GUS DONI: KHUSUS MENJUAL INDUKAN LOVEBIRD YANG SUDAH ADA ANAKNYA.
GUS DON: KHUSUS MENJUAL INDUKAN LOVEBIRD YANG SUDAH ADA ANAKNYA.

“Itu sengaja saya pasang radio. Maksudnya supaya burung terbiasa dengan suarana ramai atau bising, sehingga tidak kagetan. Ini penting, terutama kelak ketika indukan itu sudah laku dan dibawa pindah ke lokasi baru. Kita tidak tahu bagaimana lingkungan barunya nanti. Biar tidak kaget menemui lingkungan yang mungkin tidak tenang, dari sini sudah kita biasakan,” jelas Gus Don panjang lebar.

Menurut pengalaman Gus Don, suara radio dengan volume lirih itu justru membuat puluhan indukan LB jadi lebih tenang, dan proses produksinya pun relatif lebih cepat. Ini mungkin hal baru bagi para penangkar, sebab biasanya mereka ingin suasana kandang yang tenang dan senyap.

DIBIASAKAN MENDENGAR SUARA BERISIK, MESKI LIRIH, AGAR BURUNG TIDAK KAGETAN.
DIBIASAKAN DENGAR SUARA BERISIK, MESKI LIRIH, AGAR BURUNG TIDAK KAGETAN.

Di tempat tinggalnya, kawasan Jatingaleh, Semarang, Gus Don memang mengkhususkan diri dalam penyediaan indukan yang sudah produksi. Di kandangnya ada 200-an pasang lovebird yang dibagi dalam tiga tempat berbeda. Sebagian ada yang dipamerkan di kios Pasar Burung Karimata Semarang, yang sekaligus dijadikan sekretariat Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Cabang Semarang.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Dari hasil ternaknya itu, khusus anakan dan remaja dia jajakan di kios pasar. Sementara untuk indukan dijual di rumahnya. Indukan yang dimaksud Gus Don adalah indukan yang sudah ada anaknya. “Jadi sangat pasti dan benar-benar indukan, bukan cerita.”

Proses menyiapkan indukan dilakukan secara alami. Mula-mula calon indukan dimasukkan ke kandang besar, dan dibiarkan mencari jodoh sendiri. Setelah dipastikan jodoh, barulah pasangan ini dipindahkan ke kandang baterey, yang di depannya sudah dipasangi radio yang selalu mengeluarkan suara itu. Setelah indukan bertelur dan menetas, Gus Don pun menjualnya. (Waca)

INDUKAN LEBIH FAMILIAR DAN TENANG JIKA TERBIASA DENGAR SUARA.
INDUKAN LEBIH FAMILIAR DAN TENANG JIKA TERBIASA MENDENGAR SUARA.

 

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

    • Silakan hub Gus Don BF 085868271330, 087831050559, untuk informasi indukan lb lutino, pastel, albino, dll yg insya Allah bisa dipercaya, bisa hubungi Iwan Wahyu/Wawan Gendut Klaten 081393584404

Komentar ditutup.