Lima dari 9 ras burung kekep babi ada di Indonesia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung kekep babi atau white-breasted wood-swallow (Artamus leucorynchus) belum banyak dikenal kicaumania Indonesia. Meski bukan burung endemik Indonesia, lima dari 9 subspesies burung ini memiliki habitat di negeri kita, mulai dari Sumatera hingga Papua. Om Kicau menulis  artikel mengenai burung ini setelah Om Adry Ryadi (Bangka) mengirim foto burung yang baru dikoleksinya, sembari menanyakan namanya, yang ternyata kekep babi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Berikut ini foto burung kekep babi yang dikirim Om Adry Bangka kepada omkicau.com melalui email, beberapa hari lalu :

Burung kekep babi (Artamus leucorynchus)
Burung kekep babi (Artamus leucorynchus)

Suara aslinya memang biasa, berupa cerecetan “ti-ti.. ciuw..ciuw..ciuw..”. Sekilas mirip suara pentet di alam liar, namun cerecetannya kurang rapat, dan volumenya pun tidak terlalu tajam. Berikut ini suara kekep babi di alam liar, dalam versi pendek dan panjang:

  • Suara burung kekep babi (versi pendek)
  • Suara burung kekep babi (versi pendek)
  • Video burung kekep babi

Karena minimnya informasi mengenai spesies ini, saya belum tahu kualitas suara kekep babi jika sudah dimaster dengan suara burung lain. Saya berusaha mencari suara kekep babi yang sudah dimaster, tetapi belum juga berhasil. Mungkin ada sobat kicaumania yang memelihara kekep babi di rumah? (share di sini dong…)

Tetapi, menurut saya, burung ini nampaknya cocok apabila diisi dengan suara serindit, cililin, lovebird, dan kolibri, untuk meningkatkan kualitas dan performa suaranya. Silakan Om Adry, dicoba model pemasteran seperti ini.

Karakter dan kebiasaan kekep babi

Di luar masalah kualitas suara yang belum begitu jelas, saya justru tertarik pada karakter fisik burung ini. Seperti terlihat pada gambar, warna bulunya didominasi abu-abu dan putih. Paruh abu-abu kebiruan. Kedua kaki (shank) juga berwarna abu-abu.

Bagian perut berwarna putih bersih.
Bagian perut berwarna putih bersih.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Bulu-bulu di bagian kepala, dagu / leher, punggung, sayap, dan ekornya abu-abu tua. Adapun tunggir dan bagian perutnya putih bersih. Iris matanya cokelat, dengan pandangan sayu atau memelas.

Burung yang panjangnya sekitar 18 cm ini juga mempunyai kemampuan terbang yang bagus, mirip dengan gaya terbang burung layang-layang: terbang melayang tanpa mengepakkan sayap.

kekep babi terbang2kekep babi terbang1

Kekep babi hidup secara berkelompok, dan dikenal memiliki keberanian tinggi. Meski postur tubuhnya sedang, mereka bahkan berani menyerang alap-alap, elang, dan gagak.

Mereka juga kerap dijumpai bertengger di pohon cemara, pepohonan kering, hingga kabel telepon, kabel dan tiang listrik, atau tenggeran lain. Kalau sedang bertengger, mereka biasanya membentuk formasi yang cantik. Duduk berdekatan, saling menyelisik dan menggoyang-goyangkan ekornya dengan genit.

Kekep babi hidup berkoloni, dan senang bertengger bersama.
Kekep babi hidup berkoloni, dan senang bertengger bersama.
Inilah parade burung kekep babi di atas kabel telepon.
Inilah parade burung kekep babi di atas kabel telepon.

Untuk melihat bagaimana aksi burung kekep babi saat bertengger, berikut ini dua tayangan video yang cukup menggemaskan:

Ada juga kebiasaan unik dari burung ini, yaitu sering merentangkan salah satu sayapnya saat bertengger.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kekep babi sering membentangkan salah satu sayapnya.
Kekep babi sering membentangkan salah satu sayapnya.

Habitat, ras, dan wilayah persebaran

Seperti dijelaskan pada alinea pertama, burung kekep babi terdiri atas 9 subspesies (ras), lima ras di antaranya bisa dijumpai di Indonesia.

a. Empat ras kekep babi di luar negeri

  • Artamus leucorynchus humei (Stresemann, 1913): Kepulauan Andaman dan Kepulauan Coco (sebelah utara Andaman).
  • Artamus leucorynchus pelewensis (Finsch, 1876): Kepulauan Palau, sebelah barat Micronesia.
  • Artamus leucorynchus tenuis (Mayr, 1943): Kepulauan Banks dan Vanuatu.
  • Artamus leucorynchus melaleucus (Wagler, 1827): Kaledonia Baru dan Kepulauan Loyalty.

b. Lima ras kekep babi di Indonesia

  • Artamus leucorynchus leucorynchus ( Linnaeus, 1771): Kep. Natuna dan Kalimantan (termasuk pulau-pulau di ujung utara tepi pantai dan Pulau Maratua di ujung pantai timur). Ras ini juga dijumpai di Kepulauan Sulu (Filipina) yang saat ini sedang bentrok dengan Malaysia soal wilayah Sabah.
Burung Kekep babi ras leucorynchus
Burung Kekep babi ras leucorynchus
  • Artamus leucorynchus amydrus (Oberholser, 1917): Sumatera, sebelah barat Semenanjung Malaysia, Pulau Bangka, Jawa, Masalembo Besar (timur laut Jawa), Kepulauan Kangean, dan Bali.
Burung kekep babi ras amydrus.
Burung kekep babi ras amydrus.
  • Artamus leucorynchus albiventer ( Lesson, 1831): Sulawesi dan Sunda Kecil (Bali dan Nusa Tenggara, termasuk Pulau Timor dan Wetar).
Burung kekep babi ras albiventer.
Burung kekep babi ras albiventer.
  • Artamus leucorynchus leucopygialis (Gould, 1842): Maluku, Papua, dan Kepulauan Aru. Spesies ini juga dijumpai di Australia, khususnya di bagian utara dan timur.
Burung kekep babi ras leucipygialis.
Burung kekep babi ras leucipygialis.
  • Artamus leucorynchus musschenbroeki (A. B. Meyer, 1884): Babar dan Kepulauan Tanimbar, di sebelah timur Sunda Kecil.

Bisa diperkirakan, burung kekep babi yang diperoleh Om Adry merupakan ras amydrus, sesuai dengan wilayah persebaran di atas.

Burung ini biasa hidup di daerah terbuka, mulai dari dataran rendah hingga sampai daerah dengan ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut.

Di alam bebas, kekep babi aktif mencari mangsa seperti serangga kecil, kumbang, dan lebah. Mereka bisa memburu mangsa sambil terbang.

Kekeb babi menyantap serangga.
Kekeb babi menyantap serangga.

Pada musim kawin (April – Agustus), mereka membangun sarang pada pepohonan yang tinggi, atau terkadang pada menara besi, atau pucuk tiang listrik. Induk betina menghasilkan 2-3 butir telur, warnanya krem dengan bintik abu-abu dan cokelat, jumlah 2-3 butir.

Demikian sekilas info mengenai burung kekep babi. Barangkali ada sobat kicaumania yang ingin menambahkan?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. Wah,, kalo burung ini dulu saya sering menemuinya om di areal persawahan yg bnyak pohon turi. Mungkin mereka jatuh cinta kali ya pada pohon turi, sehingga sarangnya selalu diletakkan di pohon turi. hehehe,,
    Tapi sayang sekarang saya udh jarang ngeliat di areal persawahan walaupun tidak ada yg memburu mereka.
    Mungkin karena pengaruh pestisida yg dipakai para petani utk membasmi serangga disawah sehingga ketersediaan pakan utk mereka berkurang.
    Jadinya mereka pada pergi mencari areal baru yg masih bnyak ketersediaan pakannya.

    Kalo soal kicauannya saya blm pernah dengar, krn brung ini suka beterbangan. Sekalipun bertengger selalu berkelompok dan berbunyi seperti kalo kita lg ngobrol bareng ma temen smbil bercengkrama gt 😀

Komentar ditutup.