Dengar dan download kemerduan greenfinch

Greenfinch merupakan salah satu jenis burung finch dari genus Carduelis. Dalam genus ini terdapat lima spesies, tetapi yang terpopular adalah european greenfinch (Carduelis chloris). Burung ini popular bukan hanya di Eropa, namun juga digemari di sejumlah negara Asia, Afrika, dan Australia, karena suaranya merdu, lagu bervariasi, dengan tembakan menarik. Om Kicau menyediakan audio greenfinch berdurasi 15 menit yang bisa dinikmati di mp3 player atau dijadikan masteran bagi kenari Anda di rumah.

Burung greenfinch eropa (Carduelis chloris)
Burung greenfinch eropa (Carduelis chloris)

Jenis greenfinch dan habitatnya

Seperti dijelaskan, di seluruh dunia sebenarnya terdapat lima spesies greenfinch, yaitu :

  • Black-headed Greenfinch (Carduelis ambigua): habitat di China, Thailand, Laos, Myanmar, dan Vietnam.
  • Vietnamese Greenfinch (Carduelis monguilloti): merupakan burung endemik di Vietnam.
  • Yellow-breasted Greenfinch (Carduelis spinoides): habitat Afghanistan, Bhutan, China, India, Myanmar, Nepal, Pakistan, Thailand, dan Vietnam.
  • Grey-capped Greenfinch (Carduelis sinica): habitat di Asia Tengah, China, dan Thailand, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Diduga merupakan asal-usul Carduelis ambigua dan Carduelis chloris. Sebab greenfinch mudah melakukan perkawinan silang di alam liar, terutama dengan sesama jenis burung finch lainnya.
  • European Greenfinch (Carduelis chloris): habitat di seluruh Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat. Spesies inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Karakteristik dan kebiasaan

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Panjang tubuh, termasuk ekor, sekitar 15 cm.
Panjang tubuh, termasuk ekor, sekitar 15 cm.

Greenfinch eropa, atau selanjutnya kita sebut greenfinch, memiliki penampilan fisik yang terlihat gemuk atau badannya agak bundar. Jadi jika Anda mendapatkan burung ini dalam keadaan gemuk jangan buru-buru panik, karena pembawaannya secara genetis memang seperti itu.

Panjang tubuhnya sekitar 15 cm atau sedikit lebih besar daripada kenari (rata-rata 12 cm). Sedangkan panjang bentangan kedua sayapnya sekitar 24,5 – 27,5 cm.

Burung jantan mudah dibedakan dari burung betina, jika keduanya sudah sama-sama dewasa. Tubuh bagian atas (punggung) pada greenfinch jantan berwarna hijau zaitun. Sayapnya agak besar dan berwarna kelabu. Dada berwarna kuning keabuan, bagian perut ke bawah kelabu muda, dan daerah sekitar kloaka berwarna kuning.

Kepala berwarna kehijauan, dengan pipi abu-abu, dan leher abu-abu muda. Bagian atas kepalanya abu-abu kehijauan. Paruhnya tebal dan tirus (seperti kerucut). Mata berwarna coklat tua, serta kedua kaki pink. Yang membuat burung ini makin menarik adalah adanya semburan warna kuning cerah dari dalam bulu dan bagian sayapnya. Warna kuning juga dijumpai pada pangkal bulu ekor.

Adapun greenfinch betina memiliki warna bulu yang tidak secerah jantan, bahkan terlihat seperti kecokelatan. Warna kuning di bagian sayap dan ekornya juga tak secerah burung jantan. Burung betina memiliki garis cokelat tua di bagian punggungnya, Burung muda (baik jantan maupun betina) memiliki penampilan mirip dengan burung betina.

Berikut ini gambar burung greenfinch jantan dan betina :

greenfinch-sexing

Di alam liar, mereka biasa hidup di tepi hutan, semak belukar, pohon kecil, serta taman dan kebun. Sehari-hari, mereka hidup sendiri atau bersama pasangannya, dan selalu menjaga wilayah teritorialnya dengan bernyanyi semerdu mungkin.

Tetapi pada musim dingin, greenfinch akan membentuk kelompok besar dan bermigrasi ke wilayah selatan. Wilayah migrasinya sangat luas, bahkan mencapai Australia dan Selandia Baru. Sebagian warga Australia kini juga menangkar greenfinch, entah hasil tangkapan alam saat migrasi atau memang khusus didatangkan dari Eropa.

Makanan greenfinch terdiri atas biji-bijian, dengan selingan serangga dan buah berukuran kecil. Dalam penangkaran, burung ini juga sering diberi sayuran hijau dan kroto. Induk betina bisa menghasilkan telur sebanyak 3-8 butir, dan dierami selama 14 hari. Anakan yang dihasilkan umumnya diloloh dengan kroto.

Greenfinch juga dapat dan sering disilangkan dengan kenari, untuk menghasilkan kenari hibrida. Bisa juga disilangkan dengan jenis finch popular lainnya seperti goldfinch. Bagaimana teknis perkawinan silang antarspesies finch, silakan lihat kembali artikelnya di sini.

Dengar dan download audio greenfinch eropa

Sebagai penutup, berikut ini audio burung greenfinch eropa berdurasi 15 menit, yang bisa dinikmati sendiri di komputer, laptop atau melalui mp3 player. Bisa juga dijadikan salah satu bahan master bagi kenari di rumah.

Download

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.