Rampung mabung, MB Happy Birthday tampil istimewa di Latber Arizona Jambi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cukup lama kita tidak melihat kiprah murai batu Happy Birthday (HB) di arena lomba, karena menjalani masa mabung sejak akhir tahun lalu. Masa mabungnya sudah selesai 1,5 bulan lalu, kemudian menjalani masa prakondisi sebelum dijajal dalam Latber Jumatan di Arizona, Jambi, Jumat (19/4) kemarin. Karena dasarnya memang murai jawara, penampilan perdananya tetap istimewa dan meraih juara 1.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Happy Birthday setelah masa mabungnya selesai.
Happy Birthday setelah masa mabungnya selesai.

Menurut pemiliknya, Akia alias Herjohan, penampilan HB setelah mabung justru lebih istimewa dari sebelumnya. Padahal, sebelum mabung, Happy Birthday sudah mengoleksi puluhan gelar juara, mulai dari lokal, regional, hingga nasional.

Happy Birthday termasuk salah satu murai batu terbaik di Indonesia, bersama beberapa burung lainnya Natalia (milik Mr Gunawan Solo), Suara Sakti (Mr Andy Donk Jogja), Panglima (Yongka Jambi), Aladin dan Racun (M Khadafi Lampung), Seruling Raja (Billy Kebumen), hingga debutan baru Hokky Boy (Mr Baim Bali). Berikut ini daftar prestasi HB dari beberapa even yang diikutinya  sebelum mabung.

DAFTAR PRESTASI HAPPY BIRTHDAY

TANGGALEVENPRESTASI
01 Jul 2012Kapolda Cup Bengkulu2 kali  juara 1
2 kali juara 2
15 Jul 2012Bupati Tebo CupJuara 1 Kelas Bupati
Juara 1 Kelas Ketua DPRD
Juara 1 Kelas Wakil Bupati
Juara 1 Kelas Wakil Ketua DPRD
12 Agt 2012Minggu Spesial THR JampresJuara 1 Kelas Mega Bintang
Juara 1 Kelas Bintang
02 Sep 2012Bumi Persada Fallah Cup IJuara 1 Kelas Executive
Juara 2 Kelas BOB
16 Sep 2012Batam BnR Bird CommunityJuara 1 Kelas Barelang
Juara 1 Kelas Nagoya
Juara 1 Kelas Nongsa
21 Okt 2012Ronggolawe Fiesta, JakartaJuara 1 Kelas Pakan BnR
Juara 1 Kelas BnR Vit
Juara 1 Kelas Jatijajar
Juara 1 Kelas Ronggolawe
30 Sep 2012Pusdikku Cup BandungJuara 1 Kelas Ebod Vit
Juara 1 Kelas Ronggolawe
4 Nov 2012IBC Cup JakartaJuara 1 Kelas IBC
Juara 1 Kelas Merah Putih
18 Nov 2012Bupati Bandung Barat CupJuara 1 Kelas Jatijajar
Juara 2 Kelas H Abubakar
Juara 2 Kelas Cermat
02 Des 2012Central Enterprise JakartaJuara 1 Kelas Rantai Emas
Juara 1 Kelas Rantai Perak
16 Des 2012Galamedia Cup BandungJuara 1 Kelas Galamedia
Juara 2 Kelas Djarum
23 Des 2012Road to BnR Rimbo BujangJuara 1 Kelas Mega Bintang
Juara 1 Kelas Bintang

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Akia (kanan): Penampilan HB setelah mabung makin istimewa.
Akia (kanan): Penampilan HB setelah mabung makin istimewa.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Usai berlaga di Rimbo Bujang (23/12/2012), Happy Birthday mulai menunjukkan tanda-tanda mau mabung. Karena itu, menjelang pelaksanaan BnR Award 20 Januari 2013 (yang akhirnya diundur 3 Maret 2013 akibat Jakarta dilanda banjir), Akia mengatakan akan menurunkan Tanaka, pelapis HB yang mulai moncer di berbagai even di wilayah Sumatera. Selain Tanaka, masih ada satu pelapis lagi, yaitu Salju.

Pada akhirnya, HB memang mabung di akhir tahun 2012. Sejak di tangan Akia, baru sekali ini HB mabung.  Masa mabungnya berjalan relatif cepat, sekitar 2,5 – 3 bulan. Setelah menjalani masa prakondisi selama 1 bulan lebih, Happy Birthday sudah bisa ditampilkan dalam Latber Jumatan Arizona, Kota Jambi, kemarin (19/4).

“Melihat penampilannya yang makin istimewa, saya siap menurunkan Happy Birthday ke even Ronggolawe Cup I di Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, 12 Mei mendatang,” kata Akia kepada Om Kelana Lana yang melaporkannya untuk omkicau.com.

Selama masa mabung, Akia benar-benar mempehatikan faktor pakan, ketenangan lingkungan, dan tidak lupa memberikan pilihan burung master terbaik untuknya.

Perawatan Happy Birthday tidak jauh berbeda dari murai batu lainnya. Setiap pagi dan sore mandi dalam karamba. Proses pemandian tanpa paksaan. Kalau mau mandi, ya akan nyemplung ke karamba. Kalau tidak mau nyemplung ya tidak apa-apa, bahkan Akia tidak akan menyemprotnya.

Umbaran hanya dilakukan jika burung kelihatan gemuk dan kurang lincah. Tetapi kalau kondisi fisik sudah oke, tidak pernah masuk ke kandang umbaran.

“Kalau masalah burung master, saya hanya kembali memperdengarkan master-master lama yang selama ini mengisi memori Happy Birthday. Ada enam isian Happy Birthday, yaitu cililin, tengkek, cucak jenggot, lovebird, kapas tembak, dan pancawarna,” kata Akia.

Dengan masteran seperti itulah, didukung materi burung yang memang bagus, Happy Birthday bisa memiliki performa suara yang luar biasa. Khusus cililin, Akia selalu memperdengarkannya setiap saat, melalui sonic master. Di mana pun HB berada, boks audio seukuran kemasan korek api jresss itu selalu dipasang di bagian atas sangkarnya.

Akia ketika menggantang Happy Birthday.
Akia ketika menggantang Happy Birthday.

Kita tunggu saja penampilan HB di Ronggolawe Cup. Kalau sukses, bukan tidak mungkin burung ini juga akan melancong ke Candi Prambanan, sekaligus berlaga di Piala Raja Jogja, 9 Juni 2013, untuk bertemu dua murai jawara yang belakang ini mendominasi berbagai lomba, yaitu Hokky Boy dan Seruling Raja.

—­­

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

8 Comments

  1. Om tolong dong di oprek pakan setingan Extra Fooding HAPPY BIRTHDAY selama masa Mabung kok bisa cepet banget beresnya

    trimakasih

  2. kapan ya bisa liat videony penasaran juga dengan burung yg satu ini pengen tau kaya apa suarany…..yg katanya wah banget.semoga om admin segera menguploadkan untuk kita semua

  3. ya dong,ini uda selesai mabung,klu even besar bakal seruu hb udah siap…..belom lagi nanti ada kusut,sniper,panglima,cr7

Komentar ditutup.