WN Bird Farm gunakan cucak jenggot sebagai induk asuh trotolan murai batu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Diperlukan terobosan-terobosan baru untuk mendongkrak hasil penangkaran, salah satunya memanfaatkan peran induk asuh burung lain seperti puter untuk merawat anakan perkutut, finch untuk merawat anakan kenari, dan kali ini cucak jenggot yang dimanfaatkan sebagai  induk asuh penangkaran murai batu. Hal inilah yang diterapkan WN Bird Farm, milik Om Arif Darmawan, yang di kalangan kicaumania Semarang dan sekitarnya dikenal dengan nama  Wawan Cucakrowo.

Cucak jenggot babu mb trotol
Cucak jenggot sedang meloloh anak asuhnya, murai batu trotol.

Berbekal pengalaman sejak tahun 1998 (namun sempat rehat  beberapa tahun), saat ini Om Wawan kembali melanjutkan kiprahnya dalam pelestarian burung murai batu, kacer, dan kenari. “Habitat murai batu dan kacer yang makin menipis harus segera diatasi supaya kelak tetap lestari,” kata lelaki asal Kepulauan Bangka-Belitung itu.

Meski baru sepasang murai batu yang ditangkarnya, dan akan diperluas dalam waktu dekat ini, Om Wawan mencoba mencari terobosan baru yang bisa mengefektifkan program penangkarannya. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan burung cucak jenggot sebagai babu, induk asuh, atau baby sitter bagi murai batu trotol.

Anakan murai batu
Anakan murai batu tetap tumbuh sehat dalam pengasuhan cucak jenggot.

“Awalnya saya loloh sendiri. Saat proses pelolohan, tiba-tiba saya perhatikan cucak jenggot ini mematok jangkrik dan seakan-akan ingin menyuapin anakan murai batu. Saya lalu berspekulasi men coba memasukkan cucak jenggot  ke dalam sangkar anakan murai batu. Benar saja, dia langsung meloloh anakan murai batu dengan jangkrik,” jelas Om Wawan yang juga pernah menggunakan induk asuh aucak ijo untuk anakan murai batunya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
kandang induk murai batu
Kandang indukan murai baru WN Bird Farm Semarang.

Memilih induk asuh atau babuan untuk murai batu memang tidak bisa sembarangan. Pilihlah burung  non-fighter dan sudah jinak, sehingga mengurangi berbagai risiko yang tidak diinginkan. Selama proses menggunakan babuan, Om Wawan kini cukup menyediakan jangkrik dan kroto secukupnya, agar induk asuh bisa merawat anakan secara optimal.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

  1. Wah info bagus neh mas,,,,
    Kira2 caranya membuat ibu asuh utk mb gmn mas??

    Sejak kapan bisa diterapin mas + jenis apa2 aja mas???
    Makasih mas, maaf banyak pertanyaan . . .
    ^_^

Komentar ditutup.