Cucak hijau Gapatar terbaik di Barsel Bangkit Tamiang Layang

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Cucak hijau Gapatar tampil stabil dalam Latber Barsel Bangkit 2016 di Tamiang Layang, Kalimantan Tengah, Minggu (28/2). Gaco orbitan Om RJ (Buntok) ini sukses menjuarai dua kelas, serta juara 2, 3, dan 5, sekaligus ditetapkan sebagai cucak hijau terbaik dalam gelaran tersebut.

Even ini diikuti para kicaumania dari sejumlah daerah di Kalimantan Selatan (Banjarbaru, Kandangan, Barabai, Amuntai, Tanjung, Kalua) serta Kalimantan Tengah (Muara Teweh, Patas, Buntok, Tamiang Layang, dan lain-lain). Tiket terjual sebanyak 524 lembar.

Latber berlangsung dalam cuaca cerah. “Panitia menghadirkan juri-juri PBI dan juri-juri independen di Kalimantan Selatan. Alhamudillah, sebagian besar peserta merasa puas terhadap kinerja para juri, terbukti tak ada satupun komplain atau protes,” kata Om Widid Putri Cenderella, ketua pelaksana.

Panitia membuka enam kelas cucak hijau, separo di antaranya dipenuhi peserta. Gapatar tampil menawan, dengan menjuarai dua kelas utama (Executive A dan B). Di Kelas Executive A, Gapatar mengungguli Kancip milik Om Jussy / Mahfud (Raja Asmara BC Ampah) dan Naga Soi koleksi H Rakhmad (Tabalong BC).

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
Barsel Bangkit Tamiang Layang
Suasana lomba di kelas cucak hijau dalam Barsel Bangkit di Tamiang Layang, Minggu (28/2).

Cucak hijau Gapatar juga tak terkalahkan di Kelas Executive B, unggul atas Hammer kepunyaan Om Marzuki (Amuntai BC) dan Patriot koleksi Adelian SF Tanjung.

Gaco andalan Om RJ (Buntok) bahkan nyaris mencetak hattrick, tapi digagalkan cucak hijau Patriot di Kelas Bintang B. Gapatar harus puas di posisi kedua, disusul Raja Mugal milik Om Rahmani (Ampah Jaya BC). Sebelumnya, cucak hijau Patriot juga memenangi Kelas A, mengalahkan Soneta milik Om Khaitami (Buntok) dan Gapatar.

Malka Mamo, cucak hijau langganan juara milik Om Yovan (Buntok), tampil sebagai juara Kelas Sejati setelah mengungguli Sara orbitan Om Hendri Kambitin (Tanjung) dan Hammer. Sara terbaik di Kelas Favorite, mengalahkan Patriot dan Dwi Kunti besutan Om Ridha Cell (Patas).

Persaingan di kelas murai batu juga berlangsung sengit, terutama antara Bintang besutan Om Agus / Om Iwan (Tabalong BC), The Rock andalan Om Sahil (Buntok), dan Jendral koleksi Jambrud SF Kalsel.

Barsel Bangkit - kelas murai batu
Penancapan bendera koncer di kelas murai batu.

Bintang menjuarai Kelas Executive dan Favorite. The Rock terbaik di Kelas Bintang A, adapun Jendral berkibar di Kelas Sejati. Satu kelas lagi, Bintang B, dimenangi MB Dogel milik H Wahyu (Amuntai BC).

Dari lima kelas yang dilombakan, murai batu Bintang meraih juara 1, 1, 4, 5. The Rock meraih juara 1, 2, 2, 2, dan 3. Karena akumulasi poinnya tertinggi, The Rock dinobatkan sebagai murai batu terbaik.

H Ufik (Jambrud SF) sukses mengorbitkan kacer hitam Laba-Laba. Gaco ini menyapubersih dua kelas kacer hitam, dan tampil sebagai burung terbaik di kelasnya.

Sebelumnya, Om Ufik pernah mengorbitkan kacer hitam Raja Kipas, bahkan menjadi burung terbaik dalam even Valentine Day di Barabai, Kalimantan Selatan (14/2). Selepas lomba, burung ditake-over Boss Oyong (Buntok).

Kini dia mempunyai pengganti yang tak kalah hebatnya, yakni kacer hitam Laba-Laba. Jagoan ini menjuarai Kelas Executive dan Bintang. Posisi runner-up di dua kelas ini ditempati kacer Obituary andalan Om Onde (Tanjung).

Kacer Obituary juga diturunkan pada kelas kacer umum, bahkan mampu memenangi Kelas Sejati dan Bintang. Tapi gelar kacer terbaik menjadi milik Pedrosa, jagoan Om Yudi Firtana (Tanjung). Burung ini menjuarai Kelas Executive dan Favorite, serta dua kali juara 2. Adapun Obituary juara 1, 1, dan 3.

Lovebird dibuka empat kelas, dua di antaranya dimenangi Berby koleksi milik Om Dangul (Kalua BC). Berby menjuarai Kelas Bintang dan Sejati. Kelas Executive dan Favorite dijuarai LB Putri Helena milik H Ufhy (Tamiang Layang) dan Srikandi orbitan H Amat (Kandangan).

Barsel Bangkit - kelas lovebird
Penancapan bendera koncer di kelas lovebird.

Om Wiwid Putri Cinderella mengucapkan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan kicaumania Kalsel dan Kalteng. Kontes berikutnya adalah Grand Opening Liga Benua Enam Plus di Aby Arena, Binuang, Kalsel, Minggu 27 Maret 2016. (Kontributor: Om Reza Faisal)

Burung Terbaik dalam Latber Barsel Bangkit

LOVEBIRDBERBYDANGUL (KALUA)
KACERPEDROSAYUDI FIRTANA (TANJUNG)
KACER HITAMLABA-LABAIRFAN / H UFIK (JAMBRUD SF KALSEL)
MURAI BATUTHE ROCKSAHIL (BUNTOK)
CUCAK HIJAUGAPATARRJ (BUNTOK)
Barsel Bangkit 2016
Foto bareng para pemilik / joki burung terbaik di Barsel Bangkit 2016.

Hasil Latber Barsel Bangkit (klik di sini)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.