Perawatan Cumi-cumi, cucak hijau terbaik di pantura dan penakluk Dealova

Istilah cucak hijau terbaik di pantura sebenarnya bisa diganti dengan terbaik di Indonesia. Mengapa? Dalam even nasional terbaru, Ronggolawe Cup (12/5), Cumi-cumi tampil sebagai cucak hijau terbaik di kelas utama (Ebod Vit), mengalahkan juara BnR Award 2013, Dealova. Butuh satu even besar lagi untuk mengukuhkannya sebagai CI terbaik nasional, misalnya Piala Raja di Candi Prambanan, 9 Juni mendatang. Sang pemilik, Said Agiel Tegal, pun berjanji menurunkannya dalam even tersebut.

Said Agiel Tegal bersama cucak hijau Cumi-cumi. (Foto: Tabloid Agrobur)
Said Agiel Tegal bersama cucak hijau Cumi-cumi. (Foto: Tabloid Agrobur)

Selama ini, Cumi-cumi hanya diturunkan di lomba lokal dan regional, itu pun lebih sering di kawasan pantai utara (pantura) Jawa. Prestasinya memang luar biasa, nyaris tak terkalahkan, sehingga sering dijuluki sebagai raja pantura.

Asal tahu saja, Ronggolawe Cup I di Cibubur, 12 Mei lalu, adalah even nasional pertama yang diikuti Cumi-cumi. Said Agiel kemudian mendaftarkan burungnya, dan memilih bergabung dalam Jayakarta Team.

Masuk lapangan, Said Agiel melihat para pesaingnya merupakan pemain-pemain dengan gaco-gaco hebat yang kerap mendominasi even tingkat nasional. Selain Dealova milik Joko Emerald (Jakarta), ada juga Brad Pitt (Donny Hotmix –Lampung), Anak Medan (Johan Bangun –MBOF Bogor), Dolpino (Jhon Pur –Jakarta), Adipati (Helmi –Jakarta), Lembu Sekilan (Pierre –Jakarta), Karaeeng Sewang  (Edy Tanjung –Makassar), dan sebagainya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Karena niatnya hanya mencari pengalaman, Said Agiel tidak ciut nyali. Gaconya, Cumi-cumi, pun tidak keder melihat musuh-musuhnya, bahkan langsung beradaptasi dengan cuaca di lapangan yang ketika itu agak mendung.

Bermodalkan pengalaman selama tarung di pantura, Cumi-cumi memberikan penampilan terbaiknya di Kelas Ebod Vit, sejak awal hingga akhir lomba. Gaco-gaco papan atas pun dilibasnya. “Cumi-cumi tampil luar biasa. Meski baru kali pertama turun di even bergengsi lintas-blok, ia tampil percaya diri. Kualitas kerjanya sangat stabil,” kata Said Agiel, sebagaimana dikutip Tabloid Agrobur.

Alhasil Cumi-cumi dinobatkan sebagai juara pertama, sementara Dealova dan Brad Pitt sebagai juara 2 dan juara 3. Prestasi ini tentu membanggakan, sekaligus membuat Said Agiel makin mantap dalam menatap masa depan gaco kesayangannya. “Proyeksi selanjutnya memang even-even besar. Piala Raja menjadi target berikutnya,” ujarnya.

Perawatan simpel untuk Cumi-cumi

Sebenarnya Said Agiel tak pernah memperlakukan Cumi-cumi secara khusus. Sebab perawatan yang dilakukan sehari-hari untuknya memang simpel alias tidak ribet. Artinya, karakter dan mental burung ini dari sononya memang sudah bagus. Tugas pemilik sekadar menjaga agar kondisi fisiknya selalu fit, sehingga bisa tampil stabil dalam situasi apapun.

Berikut ini perawatan simpel yang biasa dilakukannya untuk Cumi-cumi:

  • Menu harian jangkrik, dengan porsi 5 ekor pagi hari dan 5 ekor sore hari.
  • Penjemuran setiap hari, dengan durasi 60 – 90 menit, tergantung kondisi cuaca.
  • Mandi hanya dua kali dalam seminggu. Jika mau lomba, mandi hanya sekali seminggu, dan dilakukan pada hari Jumat.
  • Di lapangan, jika akan diturunkan, diberi 2 ekor jangkrik.
  • Selesai sesi pertama, dan mau turun di sesi kedua, diberi tambahan lagi 2 ekor jangkrik.

Dalam kondisi cuaca apapun, penampilan burung ini tetap oke. Bahkan dengan perawatan seadanya pun, Cumi-cumi masih bisa tampil prima. Secara berkelakar, Said Agiel mengatakan, “Cumi-cumi mau dimasak menu apapun tetap enak !!!”

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.