Menangani kroto yang masih agak basah

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Idealnya, kroto yang dibeli harus dalam kondisi kering, segar, dan bersih. Namun, dalam kenyataan, kondisi seperti itu tidak selalu mudah ditemui, apalagi pada saat musim hujan. Di luar musim hujan pun, terkadang kita masih menjumpai kroto yang kondisinya masih agak basah, terutama hasil tangkapan alam yang sering terkena embun dan udara lembab. Apakah kroto agak basah masih bisa dibeli? Amankah untuk burung?

kroto semut
Kroto ideal harus kering, segar, dan bersih

Kroto memang menjadi salah satu extra fooding (EF) wajib bagi beberapa jenis burung pengicau. Dia menjadi salah satu faktor penentu dalam menggacorkan burung. Namun, kalau kroto yang diberikan sudah tidak segar lagi dan beraroma basi, bukan kegacoran yang didapat, melainkan penyakit yang berkaitan dengan saluran percernaan seperti mencret (diare) dan kembung.

Karena itu, syarat ideal membeli kroto adalah harus dalam kondisi kering, segar, dan bersih. Kroto yang kering memiliki daya simpan yang lebih lama daripada kroto agak basah maupun basah. Selain itu, jika mau diawetkan, prosesnya juga lebih mudah.

Tidak semua pedagang menjual kroto dalam kondisi bersih, karena tidak sedikit yang membiarkan kroto apa adanya, sehingga masih banyak induk semut rangrang dan beberapa anakan semut yang sudah mati.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Bahkan ada juga yang dalam kondisi agak basah maupun basah. Prinsip pedagang itu sederhana saja. Ketika stok ideal tidak ada, maka KW 2 dan KW 3 pun tidak masalah. Apalagi dalam kondisi terpaksa, banyak juga penggemar burung yang membelinya.

kroto semut
Kroto agak basah masih bisa dipakai, asal tidak basi.

Demi keamanan burung, pastikan mencium aroma kroto dalam kondisi apapun, baik yang kering dan apalagi yang agak basah maupun basah. Jika mencium aroma basi, Anda harus segera pergi ke toko / kios lain. Kalau semua toko kondisinya sama, untuk sementara waktu Anda bisa menggunakan pakan alternatif seperti pernah dijelaskan Om Kicau di sini atau di sini (meski dua artikel ini terkait tledekan dan ciblek, bisa diterapkan pula untuk jenis burung kicauan lainnya).

Hanya kroto yang tidak basi saja yang boleh dibeli. Bagaimana jika tidak basi, namun kondisinya agak basah? Tidak masalah, meski butuh penanganan tertentu sebelum diberikan kepada burung. Sebab, basahnya kroto ini dipastikan bukan dari pelumeran kroto oleh bakteri dan jamur, tetapi karena kondisi lain seperti terlalu banyak menyerap embun atau terkena hujan di alam.

Kasus kroto agak basah dan basah, namun tidak basi, memang lebih sering terjadi pada kroto hasil tangkapan alam. Sedangkan kroto hasil budidaya semut rangrang cenderung kering, sebab budidaya dilakukan di dalam rumah, atau di luar rumah dalam naungan atap.

Memproses kroto agak basah

Sebelum diberikan kepada burung, kroto yang agak basah perlu mendapat perlakuan / penanganan maksimal. Selain bermanfaat mengamankan kesehatan burung, juga bisa memperpanjang umur simpan kroto.

Berikit ini proses penanganan kroto agak basah :

  • Apabila pedagang menjual kroto dalam kondisi apa adanya, Anda perlu membersihkan dulu induk semut rangrang yang menyertainya.
  • Cara membersihkan semut rangrang bisa menggunakan handuk yang permukaannya agak kasar. Handuk digelar, kroto ditumpahkan di atasnya, kemudian diratakan ke seluruh permukaan handuk.  Tunggu beberapa saat, sampai semut-semut tersangkut pada handuk.
Menangani kroto basah
Handuk bisa menjadi media dalam membersihkan kroto.
  • Kibaskan kain handuk di tempat lain, sehingga semut-semut berjatuhan. Ulangi hal tersebut selama beberapa kali, sampai tumpukan kroto bersih dari semut.
  • Penggunaan handuk juga bermanfaat untuk menyerap kadar air yang berlebihan pada kroto agak basah, sehingga hasil akhirnya kroto menjadi sedikit lebih kering.
  • Tahap selanjutnya adalah membersihkan anakan semut yang mati. Ketika masih ada indukan semut, sebagian kroto menetas menjadi anakan semut dan mati ketika sudah di toko / kios burung. Anakan semut yang mati dapat dibersihkan secara langsung dengan menggunakan  pinset maupun sumpit yang dibuat dari bambu kecil.
Kroto bersih
Dengan penanganan baik, kroto sudah menjadi lebih bersih.
  • Jika kroto sudah benar-benar bersih, baru diberikan kepada burung.
  • Sisa kroto yang sudah bersih bisa disimpan di kulkas. Namun, agar umur simpan kroto agak basah ini bisa lebih lama, sebaiknya ditaburi voer halus, kemudian dibungkus kertas koran agar kadar airnya bisa terserap.

Ada beberapa metode pengawetan kroto, terutama untuk kroto yang dalam kondisi agak basah. Om Kicau pernah memuat artikelnya di sini.

Bagaimana jika kroto dalam kondisi basah? Caranya sama seperti kroto agak basah. Hanya saja, Anda membeli dalam jumlah secukupnya saja, setidaknya bisa digunakan untuk burung pada 1-2 hari.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. mantab om …tp sy sekarang tdk khawatir lg ad kroto atw tdk karna semua burung sy dirmh sdh mau dikasih parutan telur sprt yg ad diartikel omkicau wkt itu and ditambah sedikit BIRDVIT udh pas buanget om……burung sehat semua

Komentar ditutup.