6 Minggu nonstop Happy Birthday juara

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Diam-diam Akia alias Herjohan (Jambi) melakukan uji coba terhadap daya tahan dan stabilitas murai batu. Yang menjadi “kelinci percobaan”  tentu gaco andalannya, Happy Birthday (HB). Uji coba yang dilakukannya adalah menurunkan HB dalam lomba selama 6 minggu berturut-turut (nonstop). Hasilnya? Burung ini sukses sekali nyeri, tiga kali juara 1, dan hanya 2 kali ikut lomba dengan hasil runner-up. “Saya ingin membuyarkan mitos bahwa murai batu tidak kuat digeber selama setiap minggu berturut-turut,” kata Akia.

MB Happy Birthday
Happy Bithday: Stamina prima !

Selama ini berkembang anggapan, prestasi murai batu yang tiap pekan dilombakan bakal tidak stabil,  bahkan bisa merusak performa suaranya. “HB telah membuktikan mitos itu tidak benar. Asalkan kita bisa mengatur ritme berlomba, burung tetap berprestasi, dan itu terbukti pada HB,” ujar Akia, tanpa bermaksud jumawa, melainkan sekadar ingin mematahkan mitos tersebut.

Mitos ini memang sudah berembus sejak lama. Bahkan, ketika membuka kliping lama, Om Kicau  menemukan artikel yang berkaitan dengan itu. Dalam Tabloid Agrobur No 155 Minggu IV / Februari 2003, Tony Suhendra dari Antasari BC Tulungagung juga menjelaskan masalah tersebut. Silakan baca sendiri petikan berita tersebut di bawah ini.

kliping murai batu

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Rupanya, mitos itu terus bertahan. Itu sebabnya, Akia mencoba mematahkan anggapan tersebut dan rupanya berhasil. Terakhir, dalam even EB-Odjoss Bird Champion di Cibubur, Minggu (30/6), Happy Birthday sukses menjadi juara 1 Kelas EB-Odjoss dan juara 3 Kelas Kemayoran.

“Selama enam minggu berturut-turut, HB selalu juara satu, kecuali di Bulian dan Bandung yang juara kedua. Itupun karena ada x-factor,” jelas Akia.

Di Bulian, misalnya, jumlah murai batu yang bertarung hanya 15 ekor dan banyak gantangan kosong. Sehingga daya bertarungnya tidak sehebat kalau banyak musuhnya. Sedangkan di Bandung, Akia tak bersedia menjelaskan x-factor yang dimaksud, karena tak ingin menyakiti sesama pemain lainnya.

Berikut ini catatan Om Kicau mengenai prestasi Happy Birthday selama enam minggu berturut-turut, ditambah prestasi dua pekan sebelum dilakukan uji coba, yaitu dalam even Ronggolawe Cup di Cibubur, 12 Mei lalu.

Prestasi HB selama 6 minggu nonstop

Tanggal Even / Kota Prestasi
30 Juni 2013 EB-Odjoss / Jakarta Juara 1 Kelas EB-Odjoss
Juara 3 Kelas Ronggolawe
23 Juni 2013 Liga Sumatera Seri 4 /  Lampung Juara 1 Liga Sumatera A
Juara 5 Liga Sumatera B
16 Juni 2013 Pangdam Siliwangi Cup / Bandung Juara 2 Kelas Pangdam
Juara 3 Kelas Armed
9 Juni 2013 Kapolres Cup / Bulian Juara 2 Kelas Kapolres
2 Juni 2013 Kicaumania Cup / Jakarta Juara 1 Kelas kicaumania.or.id
Juara 1 Kelas Forum KM
26 Mei 2013 Liga Sumatera Seri 3 / Pariaman Juara 1 Liga Sumatera B
Juara 3 Liga Sumatera A
12 Mei 2013 Ronggolawe Cup / Jakarta Juara 1 Kelas Ebod Vit
Juara 1 Kelas E-Bodre
Juara 2 Kelas Ronggolawe

Bahkan, kalau dihitung dengan Ronggolawe Cup (12 Mei), Happy Birthday tampil 8 minggu (kecuali 19 Mei istirahat). Dalam even yang juga berlangsung di Cibubur itu, HB sukses meraih double winner dan sekali runner-up.

Jika dicermati, selama enam pekan nonstop itu pula, Akia selalu menurunkan Happy Birthday dalam dua sesi saja. Beberapa pemain, khususnya peserta Liga Sumatera, memang sempat membicarakan hal ini. Sebab, biasanya HB turun sebanyak 3-4 sesi.

“Sejak semula saya memang mendesain HB hanya turun di dua sesi, selama uji coba menurunkannya selama enam minggu nonstop. Hal ini untuk menjaga staminanya agar tetap prima,” jelas Akia kepada Kelana Lana yang melaporkannya untuk omkicau.com.

Akia Jambi
Akia (kiri) bersama kakak, Herman, usai meraih trofi juara 1 dan 3 di even EB-Odjoss.

Setelah even EB-Odjoss, HB istirahat selama tiga minggu. Akia baru menurunkannya kembali dalam even di Sentul, 21 Juli mendatang. Adapun Liga Sumatera istirahat selama dua bulan, dan baru akan dimulai lagi di Bangka, 8 September 2013 (Seri 5).

“Mulai seri kelima hingga seri ketujuh atau seri terakhir, HB akan fokus di Liga Sumatera. Selama ini, saya akui, memang kurang fokus. Makanya, dalam tiga seri terakhir, HB siap turun tiga sampai empat sesi sekaligus,” tuturnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.