Video unik: Piyik cuckoo pun culas

Cuckoo, termasuk kedasih, benar-benar burung parasit. Mereka menyimpan telurnya di dalam sarang burung lain. Ternyata, ternyata perilaku buruk sang induk juga ditiru anaknya yang baru menetas. Piyikan ini sering membuang telur-telur lain yang ada dalam sarang induk tirinya. Bahkan, yang dibuang adalah telur-telur yang dikeluarkan induk tirinya. Aksi culas piyikan cuckoo ini pun tertangkap kamera.

Selain kedasih atau cuckoo, di dunia ini banyak sekali burung parasit. Misalnya asian koel alias burung tuwu,  burung finch ekor panjang (pin-tailed whydah), dan sebagainya. Memang banyak sekali misteri di alam raya ini, termasuk dalam perburungan, dan semua itu didesain Sang Pencipta dengan segala tujuan dan hikmahnya.

Piyik cuckoo yang membuang telur lain
Piyik cuckoo sedang membuang telur lainnya.

Untuk melengkapi artikel sebelumnya, berikut ini beberapa film dokumenter mengenai bagaimana burung cuckoo menitipkan telurnya di sarang burung lainnya:

(Sumber: Video BBC Natural World)

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sedangkan video di bawah ini mengenai proses telur yang menetas menjadi anakan cuckoo, kemudian piyik tersebut langsung membuang telur-telur yang lain di depan induk tirinya.

(Video BBC Natural World)

Semoga menambah wawasan kita bersama.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. nb;; walau pun anakny tdk sejenis tp indukan burung ini tetap merawat anakan tersebut hingga besar…ini lah yg patut dicontoh utk kita semua,,kita harus membantu sesama apalagi kalo ad om2 punya anakan burung juara bagi2 dnk…nti tak rawat dh biar jd jawara jg….he..he..he

Komentar ditutup.