Tangkar cetrong, kerabat cililin bersuara keras

Tangkar cetrong (Crypsirina temia) termasuk salah satu jenis burung dari keluarga Corvidae atau gagak-gagakan. Namanya memang belum sepopular burung cililin atau tangkar ongklet, yang juga termasuk keluarga Corvidae. Cililin bahkan menjadi salah satu burung master andalan bagi sebagian besar kicaumania di Indonesia. Ketidakpopularan tangkar cetrong kemungkinan karena suaranya tidak semenarik cililin. Tetapi burung hitam bermata biru, dengan ekor panjang yang berbentuk seperti sendok ini, memiliki suara keras dan bisa dimanfaatkan juga untuk masteran.

murai irianSuara burung tangkar cetrong atau racket-tailed treepie terdiri atas tiga jenis, yaitu suara panggilan (call), suara nyanyian (song) berupasuara “krak.. krak.. krak” yang terdengar tajam dan sangat keras, serta suara besetan yang mirip dengan suara besetan cucak jenggot.

Warna tubuhnya dominan abu-abu mengkilap. Ekornya panjang, dengan ujung ekor yang melebar dan membulat sehingga berbentuk seperti sendok. Burung ini memiliki wilayah persebaran terbatas di Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali.

Mereka sering mendiami kawasan hutan sekunder, hutan semak (termasuk hutan bambu), daerah terbuka, serta lahan pertanian. Di alam liar, mereka selalu mencari pakan di pohon (arboreal). Tangkar cetrong nyaris tidak pernah makan di permukaan tanah, meski mereka sering turun untuk mandi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dengan lincahnya, mereka bergerak dari pohon yang satu ke pohon lainnya, dengan menggunakan ekornya yang eksotis sebagai alat keseimbangan (organ balancing).

Tangkar cetrong ( Racket-tailed treepie )
Burung tangkar cetrong dengan ekor panjang yang eksotik.

Dalam perawatannya, burung yang popular dengan julukan murai irian ini menyukai serangga-serangga besar. Ia termasuk burung tipe pesolek, karena sangat menjaga penampilan bulu-bulunya dengan sering mandi beberapa kali dalam sehari. Tidak heran apabila bulu-bulunya begitu halus dan mengkilap.

Sebagai burung pemakan serangga, tangkar cetrong memiliki paruh yang tebal. Hal ini sering digunakannya untuk menghancurkan  cangkang keong atau siput yang ditemukannya. Paruhnya yang tebal juga berguna untuk mengupas kulit buah yang tebal, misalnya mangga.

Berikut ini beberapa variasi suara dari burung tangkar cetrong :

  • Suara burung tangkar cetrong – Variasi 1   |   Download
  • Suara burung tangkar cetrong – Variasi 2   |    Download
  • Suara burung tangkar cetrong – Variasi 3   |    Download

Nah, berikut ini video burung tangkar cetrong.

Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

  1. om…..!!!berapa ukuran tubuh burung ini……….klu di kalimantan sblh mn ya…..?? untuk suara:x mantap buat masteran murai…….suwun sgt om

Komentar ditutup.