Tren finch terkini: Blue-capped waxbill dan orange-breasted waxbill

Burung waxbill, terutama blue-capped waxbill (Uraeginthus cyanocephala) dan orange-breasted waxbill (Amandava subflava), kini menjadi tren di kalangan penggemar burung finch di Indonesia. Tidak heran apabila sejumlah importir burung makin intensif dalam mendatangkan kedua jenis burung tersebut. Salah satunya adalah Om Arif dari Trisakti Bird Farm, Jakarta Selatan, yang awal September ini mendatangkan waxbill kepala biru dan dada oranye.

blue-capped waxbill
Blue-capped waxbill (Uraeginthus cyanocephala) kini makin ngetren.

Selama ini Om Arif dikenal sebagai penangkar dan importir burung, khususnya berbagai jenis kenari dan burung finch lainnya, serta lovebird. Di kediamannya, terdapat beberapa burung hasil penangkarannya sendiri, seperti kenari yorkshire (YS), border, gloster, lizard, lanchester, dan black red.

Ada juga jenis burung finch lainnya, seperti blackthroat dan brimsonensis finch. Trisakti BF juga menangkar dan mengimpor lovebird. Koleksi finch terbaru, yang baru datang dari mancanegara, adalah waxbill kepala biru dan dada oranye.

“Ketika transaksi lovebird sedikit mengendur, tren kenari dan jenis burung finch lainnya kini justru sedang meroket. Peminatnya terus meningkat, terutama kenari YS, blacktroat dan burung finch seperti waxbill,” kata Om Arif ketika ditemui Om Kiau di rumahnya, Jalan Dwijaya No 4, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dua jenis waxbill inilah yang paling menarik perhatian, baik dari warna maupun bentuk fisiknya. Selain itu, penampilannya sangat lucu dan menggemaskan, sehingga cocok dijadikan burung hias di rumah dan menjadi hiburan keluarga. “Kedua jenis waxbill itu kini jadi primadona baru di kalangan penggemar burung finch,” tambah Om Arif.

orange-breasted waxbill
Orange-breasted waxbill (Amandava subflava)

Waxbill berasal dari Australia. Posturnya seukuran gould amadine yang juga berasal dari Negeri Kanguru. Suaranya agak nyeleneh, dan ada juga suara cerecetannya. Sebagaimana burung finch lainnya, waxbill juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan mudah juga untuk dikembangbiakkan atau ditangkarkan.

Mahalkah? Kata Om Arif, harganya sangat terjangkau, hanya Rp 550.000 per pasang. Itu sebabnya, kedua jenis burung ini termasuk paling cepat terjual.

Waxbill kepala biru
Waxbill kepala biru yang masih muda.
Trisakti Bird Farm
Waxbill kepala biru dan dada oranye siap dipasarkan.

Adapun permintaan kenari, baik jenis YS, border, gloster, lizard, lanchester, dan black red, juga tetap tinggi. Demikian pula dengan blackthroat. Setiap pekan, Om Arif mampu mendistribusikan ratusan ekor burung kepada para pelanggannya, baik di dalam maupun luar kota Jakarta.

Yorkshire impor
Yorkshie impor yang baru datang awal bulan ini,

Untuk memenuhi permintaan konsumen yang membeludak, Om Arif berusaha menjaga kualitas burung yang dipasarkannya. “Jadi, produk yang kami berikan tentunya juga yang terbaik, hasil seleksi bertingkat. Pembeli juga bisa datang langsung dan memilih burung sesuai dengan seleranya,“ ujar Om Arif.

Blackthroat impor
Blackthroat impor sedang dikondisikan sebelum dijual.

Segmen pasarnya beragam. Ada penggemar biasa yang membeli eceran, pedagang yang membeli dalam bentuk partai sedang atau besar, hingga para penangkar yang ingin mengembangbiakkan burung tersebut di daerah masing-masing. “Peminat dari luar Jawa juga banyak, terutama dari Sumatera, Kalimantan, dan Bali,” ungkapnya. (d’one)

Arif Trisakti BF
Arif Trisakti BF

Om Arif / Trisakti BF

Jalan Dwijaya No 4, Radio Dalam, Jakarta Selatan

Kontak : 0812 8615 9518 / 0815 7435 6889

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. mlm om,,, mo nanya om kebetulan di tempat saya lagi susah jangkrik, menurut om apa saja untuk pengganti ef selain jangkrik dan belalang, apa bisa di gnti dengan voer jangkrik? mohon pencerahannya… makasih..

Komentar ditutup.