Gelombang Cinta: Dongkrak jangkrik sejak Rabu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Pertarungan kelas murai batu dalam even akbar 20th Free York BC di Lapangan Banteng Jakarta, Minggu (15/9), benar-benar seru sehingga tidak ada burung yang meraih double winner maupun hattrick. Dari daftar “tiga besar” pada lima kelas murai yang dilombakan, terselip nama Gelombang Cinta. Gaco milik Om Awie dari PIK Jakarta ini tampil sebagai runner-up pada salah satu sesi. Burung ini baru tiga bulan di tangan Om Awie.

Murai batu Gelombang Cinta
Murai batu Gelombang Cinta in action.

Meski bertengger di urutan kedua di bawah Mick Jagger milik H Mungin (Bandung), aksi Gelombang Cinta (GC) sangat memukau, sehingga menarik perhatian penonton maupun peserta lainnya.

Ketika tampil di Kelas Salep BnR 99, GC mampu mengalahkan Misterius kepunyaan Adi RMC (Cirebon) yang menjuarai Kelas 20th Free York BC, yang merupakan kelas paling bergengsi. GC juga mengungguli Twin Cam, gaco milik Johan (Garut), yang memenangi Kelas EB-Odjoss.

Karena itu, Om Awie optimistis jika gacoannya bisa makin moncer lagi dalam even-even berikutnya, terutama even akbar berkelas nasional. Apalagi GC sudah punya modal juara di beberapa even, meski skalanya lebih kecil atau lokalan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Gelombang Cinta memiliki materi isian berupa tembakan cililin, yang dibawakan nyusun panjang-panjang. Tidak hanya itu, dia juga memiliki lagu kenarian serta tonjolan serindit, yang diselingi dengan ngekrek suara kutilang, cucak jenggot, dan jalak suren.

Playlist burung-burung master yang tersimpan dalam memorinya inilah yang ditampilkan dalam 20th Free York BC. Durasi kerjanya yang nyaris tanpa jeda menjadi nilai tambah tersendiri bagi GC

Kemunculannya di Lapangan Banteng, dan langsung bertengger di posisi runner-up, bisa menjadi sinyal bahwa Gelombang Cinta bakal menjadi ancaman baru di kelas murai batu, khususnya di Blok Barat. Belakangan ini, prestasi murai batu di Blok Barat makin rancak dan terbukti terus mendominasi even-even nasional.

Perawatan MB Gelombang Cinta

Awie PIK Jakarta
Awie PIK: Tetap berlomba di sela-sela kesibukannya yang padat.

Lantas, bagaimana kiat Om Awie dalam menyetel gacoannya? Mengingat kesibukannya, apalagi sering bolak-balik ke China untuk mengurus bisnisnya, Om Awie menyerahkan perawatan Gelombang Cinta kepada beberapa krunya di rumah. Tetapi kalau senggang, ia selalu menyempatkan turun langsung menangani GC.

Untuk extra fooding (EF), Gelombang Cinta hanya diberi kroto segar dan jangkrik. Porsi jangkrik untuk Senin – Selasa cukup 2 ekor pada pagi hari, dan 2 ekor pada sore hari. Dia akan mengubah porsi jangkrik menjadi 3/3 sejak hari Rabu hingga Sabtu. “Minggu, atau saat lomba, porsi jangkrik kembali seperti semula, cukup 2/2,” jelas Om Awie.

Aktivitas mandi dilakukan sesudah penjemuran. Jadi, penjemuran dilakukan sekitar pukul 07.00 – 09.00. Durasi penjemuran tergantung kondisi cuaca. Setelah dijemur, dianginkan sebentar, kemudian mandi.

Habis mandi, burung dianginkan lagi, selanjutnya dikerodong untuk diistirahatkan. Tetapi khusus hari Senin – Rabu, burung dimasukkan ke kandang umbaran hingga keesokan hari. Kok sampai lama di kandang umbaran? “Sebab kandang umbarannya tidak terlalu panjang, itupun ditaruh di dalam rumah, jadi tidak masalah dan aman,” jelas Om Awie.

Hanya seperti itulah perawatan yang dilakukan Om Awie, atau perawatnya, terhadap GC. Simpel, alias nggak pakai ribet. Namun karena materi dasarnya sudah bagus, pemasteran juga sempurna, maka perawatan simpel itu pun sudah membuat Gelombang Cinta selalu dalam kondisi top form, dan langsung bekerja sejak digantang hingga akhir lomba. Ok, selamat deh buat Om Awie. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. selamat malam om,
    saya rizki di kalimantan, saya pemula dalam hobi burung jadi perlu banyak yg saya tanyakan om.
    begini loh om saya punya MB borneo baru 2 kali saya turunkan ke lapangan,
    tetapi MB saya itu susah sekali mau bongkar isian , hanya nguluk2 kalo di gantang , tetapi kalo dirumah selalu mau ngeluarin isiannya, sampai saya bingung dgn cara perwatan apalagi om,menurut pengalam om bagaimana cara perwatan agar MB mau bongkar saat dilapangan, mohon dibantu om.

Komentar ditutup.