Kapas tembak Pegasus: Burung lomba sekaligus burung master

Kapas tembak merupakan salah satu burung terpopular level kedua di Sumatera, setelah murai batu dan kacer yang berada pada level pertama. Tidak heran apabila kapas tembak termasuk jenis burung yang dihitung poinnya dalam Liga Sumatera 2013, bersama murai batu, kacer, dan lovebird. Fakta ini juga membuat Aphing mulai kepincut, dan kini mengoleksi salah satu kapas tembak jawara, bernama Pegasus. Seperti apa perawatan kapas tembak Pegasus?

Kapas tembak Pegasus
Pegasus, kapas tembak yang sedang diorbitkan Aphing (Jambi Team).

—-

Seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya, Aphing yang merupakan salah seorang personel Jambi Team kini membidik kelas kacer dan kapas tembak. Selama ini, dia sudah malang-melintang di kelas murai batu dan lovebird.

Keinginannya untuk bermain di kelas kapas tembak dilandasi berbagai pertimbangan. Pertama, kelas ini termasuk salah satu kelas favorit di Sumatera, dan tak kalah seru dari kelas murai batu, kacer, dan lovebird. Sejumlah event organizer di Sumatera kerap membuka 3-4 kelas kapas tembak, mengingat antusias peserta yang luar biasa.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kedua, dalam berbagai even selama ini, Jambi Team lebih kuat di beberapa kelas, seperti murai batu, kacer, lovebird, dan kenari. Ini terlihat dari klasemen sementara tim Liga Sumatera 2013 yang hanya menyisakan satu seri lagi, di mana Jambi Team masih berada di urutan teratas.

Namun untuk kapas tembak, pemain-pemain dari Jambi Team masih kalah dari peserta dari provinsi lain. Peringkat tertinggi peserta asal Jambi Team dalam klasemen perorangan Liga Sumatera di kelas kapas tembak adalah Rolly’s (urutan ke-14) dan Dedy Jaya Ban (urutan ke-18). Kelas ini didominasi kicaumania asal Aceh, Lampung, dan Bengkulu.

Itu sebabnya, Aphing serta beberapa rekan dari Jambi Team ingin memperkuat amunisinya di kelas kapas tembak. Tujuannya bukan sekadaruntuk Liga Sumatera saja, tetapi juga untuk persiapan even lainnya.

Langkah awal sudah dimulai Aphing, dengan membesut kapas tembak Pegasus. Sebagaimana kacer Dragon, Pegasus juga baru saja lulus ujian dengan menjuarai Kelas Bintang pada even Kalapas Muara Bulian Cup I di Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Minggu (27/10).

“Tentu ini baru prestasi awal. Tetapi mengingat even tersebut berkelas regional, ya saya cukup puas melihat penampilan Pegasus. Apalagi lawan-lawannya juga bukan gaco sembarangan,” kata Aphing kepada Om Kicau.

Perawatan simpel, nggak ribet

Aphing Jambi
Aphing (Jambi Team)

Menurut Aphing, dia beruntung dapat memiliki kapas tembak dengan kualitas bagu seperti Pegasus. Materi dasarnya sudah bagus, sehingga perawatannya pun relatif simpel, nggak pakai ribet.

Setiap pagi, burung langsung dikeluarkan, buka kerodong, lalu mandi. Usai mandi diberi pisang dan dijemur. “Setelah dijemur, dianginkan. Sampai sore, burung nggak perlu dikerodong. Pegasus mandi dua kali sehari, pagi dan sore,” jelas Aphing.

Hanya dengan perawatan sederhana itulah, kapas tembak Pegasus rajin berbunyi, dan sering dipakai untuk memaster murai batu Anatta, yang pernah menjuarai Liga Sumatera dan beberapa even akbar di Jakarta. Pegasus juga digunakan untuk memaster kacer Dragon yang kini sedang meretas prestasi.

Kalau mau dilombakan, maka sejak Jumat burung dikerodong dan diisolasi di ruangan yang tenang. Hal ini akan membuat staminanya ketika lomba selalu prima, dan langsung fight begitu digantang di lapangan. “Tetapi perawatan lainnya sama seperti harian, termasuk mandi pagi dan sore hari,” kata Aphing. (Kelana Lana)

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. Mantap banget artikel2 omkicau, pengen liat artikel tentang Murai Bordan, ehh kemaren langsung keluar, pengen liat artikel tentang Kapas tembak lah ini langsung keluar juga….
    Satu lagi om request ane, tolong dong buatin artikel tentang Cucak Jenggot Sumatera, soalnya didaerah ane ni burung kurang populer…Thanks om hehehe
    Sukses terus omkicau.com,

Komentar ditutup.