Alasan SKL merawat murai batu mabung tanpa kroto

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sebagian besar pemilik murai batu biasanya memberi kroto dalam jumlah banyak ketika burungnya mabung. Alasannya, burung membutuhkan pakan berkadar protein tinggi untuk merontokkan bulu lama dan menumbuhkan bulu baru. Karena kroto berdampak pada meningkatnya birahi burung, beberapa penggemar (khususnya pemain) meredamnya dengan ulat bambu. Nah, Ir H Syamsul Saputro –pemilik SKL Bird Farm Jatibarang, Indramayu– memiliki tips menarik dalam merawat murai batu selama mabung, yaitu menyetop pemberian kroto !!!

murai batu mabung
SKL menerapkan perawatan murai batu mabung tanpa kroto.

—-

Seperti diketahui, semua jenis burung selama mabung membutuhkan pakan berkadar protein tinggi. Sebab proses pergantian bulu, sejak awal rontok hingga tumbuhnya bulu baru secara lengkap, akan menyerap 25 persen dari total protein yang ada dalam tubuh burung.

Kalau pakan miskin protein, maka burung bakal memanfaatkan beberapa bagian tubuhnya yang kaya protein seperti jaringan-jaringan otot (awam biasa menyebutnya daging) agar proses mabung tetap lancar. Akibatnya, burung menjadi kurus ketika aktivitas kesehariannya justru tak terlalu banyak.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Bulu-bulu, termasuk selongsong bulu, terdiri atas lebih dari 90% protein, selebihnya kalsium, fosfor, dan unsur lainnya. Protein yang paling dominan dalam hal ini adalah keratin: salah satu jenis asam amino terpenting untuk pertumbuhan bulu (unggas) dan rambut (manusia).

Pemahaman inilah yang membuat sebagian besar penggemar murai batu memberikan kroto dalam jumlah banyak, melebihi porsi harian, ketika burung memasuki masa mabung. Om Syamsul memiliki pemikiran tersendiri, yang menurut analisis Om Kicau bisa dibenarkan secara ilmiah.

Dengan hati-hati, Om Syamsul mengatakan, “Maaf ya, ini versi SKL. Apabila murai batu mau makan voer, maka selama mabung saya stop dulu pemberian kroto”.

Menurut Om Syamsul, kroto bisa menghambat proses mabung pada murai batu. Artinya, ambrolnya tidak terlalu bagus. “Yang bagus kan bisa brooolll begitu. Pemberian kroto juga berpotensi membuat burung mengalami over-weight. Sebab, selama mabung, otomatis burung seperti disekap alias tidak banyak beraktivitas di dalam sangkar,” jelasnya.

Karena itu, sejak bulu-bulu halus mulai jatuh, murai batu yang ada di SKL Bird Farm segera menjalani perawatan khusus mabung, tanpa menggunakan kroto sama sekali. Kroto baru diberikan ketika bulu ekor sudah jatuh semua, dan mulai tumbuh bulu ekor baru sepanjang 0,5 cm.

Bagaimana dengan logika burung mabung membutuhkan pakan berkadar protein tinggi? Nah, inilah yang sering luput dari pemikiran kita semua. Di atas sudah dijelaskan, pemberian kroto pada murai batu mabung bisa distop, sepanjang burung mau makan voer.

Ya, voer inilah yang sering kita lupakan. Jika Anda membeli voer bermerek, pasti dalam kemasannya tercantum kandungan / kadar protein. Sepanjang kadar protein dalam voer berada dalam kisaran 12 – 18%, maka burung tidak dapat disebut kekurangan protein, dan itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya, baik selama mabung maupun di luar kondisi mabung.

Apalagi murai batu selama mabung tetap diberi jangkrik yang kaya protein. Bahkan untuk mencegah over birahi, Om Syamsul melakukan pengurangan porsi jangkrik. Misalnya, kalau porsi harian semula 5/5, maka selama mabung dikurangi menjadi 3/3. “Tetapi kalau porsi harian semula 3/3, ya tak perlu dikurangi lagi,” tuturnya.

Perawatan mabung seperti inilah yang diterapkan Om Syamsul dan Tim SKL Bird Farm lainnya selama bertahun-tahun, baik untuk burung indukan, burung prospek, maupun burung lomba.

Nyatanya, tidak ada efek negatif dari apa yang dilakukannya seperti ini. Bahkan beberapa produknya moncer di even akbar. Misalnya Rudox SKL 670 yang menjuarai Galamedia Cup X di Bandung (13/10), kemudian berganti nama menjadi Rock’n Roll dan menjuarai Jayakarta Cup 2013 (3/11).

Tanda-tanda murai batu bakal mabung

Murai batu yang mulai mendekati masa mabung bisa dicermati dari penampilan bulu-bulunya yang terlihat mengering. Hal ini sering dibarengi dengan perubahan perilaku yang sangat mencolok, yaitu burung lebih sering berdiam diri, dengan leher ditekuk seperti burung kurang sehat.

Bedanya, selera makan murai batu masih bagus. Kotoran (feces) burung juga masih bagus (keras). Di samping itu, burung juga mulai jarang berbunyi.

Jika Anda menjumpai murai batu yang menunjukkan gejala-gejala tersebut, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah segera mengerodong sangkarnya. “Murai jangan lagi dimandikan, dan jangan pula dijemur. Pantau kondisi kotorannya,” pesan Om Syamsul.

Mengapa harus memantau kotorannya? Sebab, kalau sampai beberapa hari ke depan kotoran masih bagus, maka murai batu positif bakal mabung. Kalau kotoran mulai encer, burung sebenarnya bukan mau mabung, tetapi ada indikasi sakit. Keduanya sama-sama membutuhkan penanganan awal: full kerodong.

Nah, begitu kotorannya tetap bagus, maka sekitar 2 minggu berikutnya akan terlihat beberapa helai bulu sayap dan bulu-bulu halusnya mulai berjatuhan. Jika ini terjadi, maka ikuti tips selanjutnya.

Murai batu mabung
Murai batu mabung tidak memiliki selera mandi.

—-

Tips perawatan MB mabung ala SKL

Berikut ini perawatan murai batu selama mabung versi SKL Bird Farm, begitu menjumpai bulu sayap dan bulu-bulu halusnya mulai berjatuhan:

  • Burung tetap dalam kondisi full kerodong.
  • Jika memungkinkan, isolasikan murai batu dari suara burung sejenis, agar proses mabungnya lancar dan tidak tersendat-sendat.
  • Begitu melihat tanda-tanda murai batu mabung, Anda juga dapat memberinya BirdMolt-Pre untuk memastikan rangkaian proses moulting bakal lancar hingga tumbuhnya tunas bulu.
  • Burung diperdengarkan burung master, atau istilahnya dimaster ulang, karena masa mabung merupakan kesempatan terbaik untuk memperbaiki dan menyempurnakan isian murai batu.
  • Stop pemberian kroto. Alasan sudah dijelaskan di bagian sebelumnya.
  • Kroto mulai diberikan lagi ketika semua bulu ekornya sudah jatuh, serta mulai tumbuh bulu ekor baru, dengan panjang sekitar 0,5 cm. Saat itu, Anda juga bisa memberinya BirdMolt-Post, untuk memastikan bulu baru nantinya tumbuh sempurna (optimal), mengkilap, sehat, dan rapi.
  • Selama mabung, porsi jangkrik diturunkan hingga level 3 ekor pagi dan 3 ekor sore hari.
  • Hindari pemberian ulat hongkong selama mabung. Jadi, cukup jangkrik dan voer saja.
  • Apabila burung drop, Anda tak usah panik. Justru kondisi drop diperlukan agar proses rontok bulu bisa lebih cepat.
  • Sangkar cukup dibersihkan 4 hari sekali.
  • Air minum perlu diganti setiap hari.
  • Selama mabung, usahakan jangan terlalu sering melihatnya. Sebab burung mabung sangat membutuhkan ketenangan.
  • Burung jangan dimandikan dulu selama masih merontokkan bulu-bulunya. Sekali lagi, hal ini untuk mempercepat proses rontoknya bulu. Alasan lain, burung sebenarnya tidak memiliki selera mandi selama kondisinya tidak fit.
  • Jika bulu ekor baru sudah tumbuh sekitar 5 cm, murai batu boleh dimandikan, itupun hanya seminggu sekali dulu, sambil melihat kondisi burung dan kondisi cuaca juga.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

16 Comments

  1. Om saya punya mb lagi mabung sudah berjalan dua minggu saya bingung ni om kebanyakan orang voer di ganti dengan voer ayam521 kan dia belum mau makan voer baru . saya kasih kroto terus jangkrik 3 apakah saya stop krotonya soal dia belum mau makan voer

  2. Selamat Pagi, saya baru saja membeli murai dengan kondisi mabung dan ekor bondol, yang mau saya tanyakan brp lama murai itu turun bulu dan sdh menumbuhkan ekornya ?? dan bagaimana perawatan yang tepat ?? thx sebelumnya

  3. Malam mas ddung, saya mau tanya soal voer nih, saya masih bingung mau pake yg mana, pertama mb saya pake voer ayam setelah pindah ke tangan sy, sy gnti dgn fa**y karna banyak yg pake dan katanya bagus, Mendengar dr temen bikin murai gemuk dan katanya bagusan pake ju**a karna gk bikin gemuk dan sy ganti pake itu karna emang mb saya agak gemuk, karna di kampung sy susah kroto sy pake voer merek baru “Salam” buatan riau dan tulisan di kotak nya mengandung kroto,jangkrik, ulat hongkong dan telur, pohon petunjuk mas dudung 🙂

  4. om dudung makasih sebelumnya, tapi saya ada kasus lain om, MB saya hanya nyulam ekornya, padahal sayapnya udah lumayan tua warnanya, tapi sampe sekarang belum turun juga, sudah saya terapkan metode diatas, apa mungkin om MB saya hanya nyulam ekornya saja? kalo hanya nyulam ekornya saja apabila nanti memasuki masa mabung ekornya rontok kembali atau ngga om? makasih om sebelumnya…

    • Kemungkinan MB Om Ario mengalami mabung di luar waktu normal, terutama akibat stres dan kualitas pakan. Apakah kondisi ini sudah lama berlangsung (misalnya lebih dari 3 bulan?).
      Ada beberapa solusi yang bisa diterapkan, yaitu pemberian BirdMolt-Post (BM-Post), Bisa juga dibiarkan sampai mabung berikutnya. Sepanjang kualitas pakan terjaga, maka masalah ini akan teratasi saat mabung berikutnya.

      • sekarang ekor udah rapih om,,,dari lepas ekor sampe rapih kurang lebih 2 bln om, tapi awal ekor nyulam awalnya dipatahin sama MB nya om,,, kalo nunggu mabung berikutnya bisa tahun depan ya om?

    • Jauhkan burung murai Anda dari suara burung apapun juga, termasuk suara burung masteran, selama mau dimabungkan. Stop dengan memandikan atau penjemuran burung dan pemberian kroto sampai bulu si burung benar-benar rontok semua, stelan harian untuk jangkrik hanya pagi 3 ekor, sore 3 ekor. Full kerodong dan jangan sering-sering dilihat. Di gantang di tempat yang tenang. Semoga sukses…

  5. ada kata (Hindari pemberian ulat hongkong selama mabung. Jadi, cukup jangkrik dan voer saja.)

    nah yang saya tanyakan….
    1.Apakah ada dampaknya kalo tetap dikasih UH selama mabung Om…?
    2.Bagaimana kalo burung gak doyan voer soalnya MB saya gak doyan voer Om?
    makasih

    • Kadar protein UH jelas sangat tinggi, dan ini selalu dipakai para pemain menjelang lomba untuk mendongkrak birahi dengan cepat. Itu sebabnya, UH cenderung dihindari saat MB mabung.
      Kalau nggak doyan voer, perawatan MB mabung tanpa kroto jelas tidak bisa diterapkan. Jadi harus pakai kroto dan jangkrik, serta ulat bambu untuk menurunkan birahi akibat pemberian kroto.

  6. saya ada murai, tapi mabungnya hanya bulu sayap dan beberapa bulu halus..untuk ekornya sampai sekarang belum rontok..bulu sayap rontok pada saat lebaran kemarin (sudah 3 bulan)..
    mau tanya untuk mengatasi mabung murai saya ini..

Komentar ditutup.