Karakter lagu pada beberapa jenis kenari popular

Bagi sebagian orang, memelihara kenari mungkin dianggap sesuatu yang membosankan, karena alunan lagunya biasa-biasa saja, tidak seperti jenis burung kicauan lainnya yang memilki lagu lebih bervariasi dan lebih menarik. Tetapi tidak demikian bagi para penggemar sejati yang menganggap burung kenari memiliki seni suara tersendiri, dengan nada lagu dapat berubah cepat dari tinggi ke rendah, atau sebaliknya. Bahkan, kalau kita meluaskan pandangan tak hanya di negeri ini, sebenarnya kenari justru memiliki irama lagu yang lebih banyak daripada jenis burung kicauan lainnya.

Karakter lagu menjadi ciri khas jenis kenari
Karakter lagu jadi ciri khas setiap jenis kenari.

Pendapat minor terhadap kenari ini muncul karena kita terpaku pada jenis-jenis kenari yang umum dipelihara di Indonesia, misalnya kenari lokal, YS impor maupun lokal, lizard, dan sejenisnya.

Sebenarnya kenari memiliki irama yang lebih kaya dibandingkan dengan jenis burung kicauan lainnya. Dari satu jenis kenari saja, bisa didapatkan ratusan varietas dengan suara dan lagu berbeda-berbeda.

Bahkan, ketika kita masih terpaku pada kenari sebagai burung kicauan, para penggemar di Eropa justru sudah lama memelihara kenari hias / postur, atau bahkan kombinasi keduanya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tidak mengherankan kalau kini terus bermunculan jenis-jenis kenari (istilah yang lebih tepat adalah varietas), dengan karakter lagu / suara kicauan yang sangat unik, dibarengi dengan postur tubuh dan warna-warna yang eksotik pula.

Penangkar kenari di Indonesia lebih mengedepankan tarikan panjang lagu dan materi isian, karena terfokus untuk menciptakan kenari lomba. Sebaliknya, penangkar kenari di Eropa justru lebih fokus pada bagaimana menciptakan varietas baru dengan suara yang alami,  seperti terlihat pada karakter lagu waterslager, kenari rusia, spanish timbrado, slavujar, american singer, orpheus canary, flawta canary, harz atau kenari roller, dan sebagainya.

Selain itu, penilaian dalam kontes kenari yang berbeda juga membuat banyak penangkar di sana berlomba mencetak kenari unggulan jenis baru. Kontes di luar negeri memang lebih mengedepankan penampilan dan lagu alami yang menjadi ciri khas dari varietas kenari tersebut.

Penangkaran kenari di Eropa
Penangkaran burung kenari di Eropa.

—-

Karakter suara yang ditanamkan pada kenari-kenari penyanyi memang tidak jauh dari landasan para penangkar kenari di luar negeri, yaitu :

  1. Kualitas suara yang terdiri dari:
    • Tone atau tinggi rendahnya nada yang tergantung pada frekuensi getaran dari tubuh kenari per detiknya sewakut
    • memproduksi suara kicauannya.
    • Kekuatan vokal yang tergantung pada gelombang amplitudo.
    • Warna nada dan
    • Durasi
  2. Kualitas lagu yang terdiri dari:
    • Kecepatan kicauan yang tersusun oleh suara dan irama.
    • Melody yang merupakan elemen lagu yang terdiri dari suksesi beragam suara.
    • Harmony yang merupakan elemen lagu yang merupakan gabungan dari suara simultan yang berbeda tetapi konsisten.

Dari landasan dan pembentukan kualitas suara tersebut, bermunculan varietas-varietas kenari yang masing-masing punya irama, lagu, dan suara kicauan yang unik, seperti uraian berikut ini :

Karakter lagu hartz / kenari roller

roller canary—-

Kenari roller memiliki lagu yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis kenari penyanyi lainnya. Dasar lagunya adalah ritme yang terus-menerus, dengan saura berongga atau bergema.

Diri khasnya adalah suara yang ngerol, seruling, dan bernyanyi dengan paruh tertutup.

  • Contoh suara kenari roller

Karakter lagu kenari american singer

american singer

—–

Kenari american singer dikembangkan di Amerika serikat dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Trah ini memang sengaja diciptakan dari persilangan kenari roller dan kenari border. Tujuannya untuk mengembangkan kenari penyanyi yang lebih berkualitas dan lebih menarik dari kedua tetuanya.

Kenari amerika bisa muncul dalam berbagai warna, tetapi umumnya berwarna hijau sebagaimana kenari lizard.

  • Contoh suara kenari american singer

Karakter lagu kenari waterslager

waterslager

—-

Waterslager adalah kenari asal Belgia dan sangat popular di Eropa. Varietas ini biasanya memiliki warna terang (kuning muda) dengan sedikit daerah berwarna gelap.

Lagunya hampir sama dengan jenis roller, namun lebih menggelegak sebagaimana air mendidih. Waterslager yang asli bisa meniru suara gemuruh dari sungai, dengan irama lambat, tetapi juga bisa meniru suara bergolaknya air mendidih dengan irama cepat.

Akhir-akhir ini, banyak sekali kenarimania yang mengaku memiliki kenari waterslager, tetapi tidak memiliki kemampuan meniru suara air sebagaimana waterslager yang asli.

  • Contoh suara kenari waterslager

Karakter lagu kenari spanish timbrado

spanish timbrado

—-

Spanish timbrado merupakan kenari penyanyi yang dikembangkan di Spanyol, dengan mencampurkan beberapa lagu dari kenari lokal bersuara bagus dan kenari liar.

Karakter suaranya adalah suara bel bernada tinggi, dentingan logam, dan suara alat musik spanyol kastanet. Kenari ini bisa muncul dalam warna hijau, putih, kuning atau beraneka warna.

  • Contoh suara kenari spanish timbrado

Karakter lagu kenari spanyol (spanish canary)

Irama kenari spanyol terbagi atas spektrum tonal dengan dering. Masih banyak yang menganggap kenari ini sebagai ras independen dan menganggapnya salah satu varietas kenari yang lebih tinggi dalam perkenarian spanyol.

  • Contoh suara kenari spanyol

Karakter lagu kenari varietas lain

Masih banyak sekali varietas kenari yang memiliki karakter lagu berkualitas dan unik, antara lain :

  • Kenari russia (russian canary)
  • Kenari orpheus (orpheus canary)
  • Kenari slavujar (slavujar canary)
  • Jenari flawta ( flawta canary)

—-

Melatih dan menampilkan karakter dalam lagu kenari memang bukan pekerjaan  mudah. Butuh waktu cukup lama, dimulai sejak kenari masih anakan /piyikan. Sebab pada usia tersebut, kenari sudah bisa mulai dilatih untuk mengenali suara lain di luar suara indukannya.

Pada usia piyikan, kenari sudah mulai mendengarkan suara indukannya. Setelah beberapa minggu, dia memiliki kemampuan mengolah atau mengedit lagu-lagu yang didengar sebelumnya dalam memorinya, yang akan terdengar oleh telinga kita sebagai suara ngeriwik kecil.

Melatih karakter lagu kenari dimulai dari usia anakan
Melatih karakter lagu kenari dimulai dari usia anakan.

—-

Kenari yang berusia muda mulai mempelajari lagu-lagunya, dengan berusaha menyimak suara kenari dewasa yang ada di dekatnya. Proses ini memakan waktu sekitar 6-8 bulan.

Karena itu, jika Anda memiliki kenari bakalan, jangan risau jika belum berbunyi selama beberapa bulan. Sebab cukup panjang waktu bagi burung tersebut untuk mulai berkicau dengan kencang.

Download suara-suara kenari yang ada di artikel ini, masuk di sini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Om apa betul Kenari masih bisa kenceng volumenya seiring umur?krn sya punya kenari usia 7 bln tp suara tipis. pdhal dr usia 6 bln tiap minggu sya bawa ke latberan dan full mainnya nyaris tanpa jeda. namun tdk pernah koncer karena suaranya tipis. pdhal segala upaya sudah sya lakukan sampai penjemuran jam 2 siang tapi suara juga tidak bertambah kenceng. mohon sarannya om

  2. PERTAMAX!

    Klo ane lebih demen, sama suara kenari rusia, menggemaskan suaranya.
    Mungkin tidak kenari lokal di master suara kenari rusia, ane baru aja ambil kenari lokal umur 2 bulan?
    Di tunggu tanggapan nya?

    Salam kenal om…

    • bisa kok om, untuk kenari usia 2 bulanan harus dimaster dengan rutin dan akan lebih efektif jika pemasteran dengan suara mp3 dari kenari rusia ini dilakukan dalam satu ruangan tertutup agar hasilnya lebih orisinil 🙂

Komentar ditutup.