Analisis breeding burung berkicau tahun 2014

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Prospek breding kenari tahun 2014

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

penangkaran burung kenari
Penangkaran burung kenari masih punya prospek bagus di tahun 2014.

Jenis kenari juga merupakan pilihan favorit kalangan pemain maupun calon penangkar. Ramai-ramai mereka menangkar kenari, terutama kenari besar seperti yorkshire (YS) yang sedang naik daun.

Tidak heran jika beberapa importir terus mendatangkan yorkshire, baik yang sudah dewasa, bahkan pasangan calon induk dan pasangan induk siap bertelur, sebab permintaan jenis ini terus meningkat.

Padahal harga seekor YS paling murah saat ini sekitar Rp 4,5 juta / ekor, itupun dalam kondisi belum siap kawin atau belum ngisi betinanya.

Untuk pejantan YS impor yang sudah bisa ngisi betina, harganya bisa mencapai Rp 10 juta atau lebih. YS impor jantan bisa diternak dan dikawinkan dengan berbagai jenis kenari lainnya. Jika kedua induk sama-sama YS impor, maka anakannya adalah YS lokal yang berbanderol cukup tinggi pula.

Gambar-gambar lab penangkaran burung kenari SmartBF (42)
Penangkaran burung kenari Smart BF.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kalau YS dikawinkan dengan AF, anakan F1 biasanya dijual dengan harga Rp 1,25 juta / ekor (umur 1 bulan). Jika YS impor dikawinkan dengan F1, harga anakan F2 bisa lebih malah lagi, sekitar Rp 2,25 juta / ekor.

Pembeli biasanya mencari anakan F1 atau F2 untuk diternakkan kembali. Adapun para pemain lebih suka membeli anakan, kemudian dimaster dengan blackthroat, jalak suren, atau jenis burung lain.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Meski prospeknya masih bagus, Om Kicau memasukkan breeding kenari dalam level 2. Prospeknya masih kalah dari cucakrowo dan murai batu, namun sedikit lebih tinggi daripada lovebird. (*)

Sebelumnya <<         >> Berikutnya

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. Gan, kira² burung kenari mulai mengalami penurunan harga kapan ya?
    Masa saya baru ternak harga Üϑα ancur sih
    Kan agak merinding dengernya ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƚɑƗƚɑ

    • Sebenarnya itu tahun lalu Om, sekarang sudah relatif lebih bagus, banyak kok penangkar yang meraih untung daripada merugi.
      Om Adat Sudrajat bisa memanfaatkan forum jual-beli di Om Kicau, gratis. Boleh juga bikin profil penangkarannya untuk dipublikasikan di omkicau, juga gratis. Silakan email artikel dan gambarnya di redaksi[
      at]omkicau.com. Insya Allah berkah.

  2. iya om bener pesan terahir itu,saya (asal : balikpapan) pernah mendengar pencari burung hutan ( murai borneo,kacer) katanya suda sepi di daerah yg biasanya dijumpainya banyak… jadi para pencari burung liarnya semakin masuk kedalam hutan untuk mencari burung murai borneo dan kacernya…

  3. om, harga indukan murai batu sepasang memang segitu kah? bukankah masing2 breeder ngasih harga beda2 ya? breeder recommended yang bisa ngirim indukan seharga segitu ke luar jawa dimana ya?

    makasih

    • Tentu Om, soal harga, tidak pernah ada yang baku. Ini sekadar contoh harga pasangan induk untuk mendapat hasil yang berpeluang lebih bagus.
      Semua angka dalam analisis ini bersifat relatif, tidak akan pernah bisa sama. Jadi cukup diambil 1 sampel saja, jika diambil semua variasi harga, halaman nggak cukup, he.. he..

      • mohon maaf OOT, numpang nanya om

        indukan saya sudah sata satukan ke kandang penangkaran dan akur, saya lihat sarang sudah ada yg diangkut, tapi blm banyak. Yang saya bingung, kenapa yang suka (seolah-olah) ngeram malah jantannya, padahal sarang belum jadi sempurna dan betina belum bertelur?adakah makanan atau treatment yang bisa mempercepat birahi MB, baik jantan maupun betina?yg jantan tampak adem ayem saja. Lalu, apa dampak pemberian BirdMature yang melebihi dosis?

        makasih om

    • Kalau teknik breeding kenari, juga jenis burung lain, kan sudah sering ditulis Om Kicau. Silakan disearching saja.

Komentar ditutup.