Analisis breeding burung berkicau tahun 2014

Prospek breding lovebird tahun 2014

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kandang breeding lovebird
Breeding lovebird kualitas lomba milik Agus Arizon BF Jambi.

Meski harga di pasaran saat ini merosot, para penangkar lovebird tetap optimistis tahun 2014 bakal menjadi tahun kebangkitan mereka. Berkah Bird Farm Cirebon, misalnya, tak mengentikan aktivitas produksinya.

Dengan strategi tertentu, seperti dijelaskan di sini, peternak lovebird tetap akan memperoleh harga yang bagus, dengan permintaan tetap tinggi, kendati “digempur” oleh kehadiran lovebird impor dari Eropa maupun Taiwan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Pasar serta kondisi harga lovebird yang berfluktuasi, dan mengarah ke penurunan, sepanjang tahun 2013 ini memang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas para importir.

Tentu kita tak bisa menyalahkan kalangan importir, karena mereka juga mencari rezeki. Bahkan, jika kita mau berfikir jernih, melambungnya harga lovebird pada tahun 2011 – 2012 juga berkat peranan mereka.

Apa yang terjadi sepanjang tahun ini sebenarnya merupakan reaksi pasar yang wajar, sebuah pasar yang sedang mengarah pada kondisi normal. Kita tahu, lovebird mengalami booming pada tahun 2011 – 2012, terutama ketika lovebird warna eksotik mulai popular (diawali dari lutino, lutino mata merah, dan albino).

Fenomena booming pernah terjadi di berbagai komoditas, mulai dari ikan hias louhan, tanaman hias gelombang cinta, hingga produk seni seperti sepatu lukis. Selama masa booming, harga ugal-ugalan, sehingga menarik minat orang lain dan memunculkan kompetitor baru .

Kandang anakan lovebird Ananta Bird Farm.
Kandang anakan lovebird Ananta Bird Farm Sragen.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Karena terlalu banyak kompetitor, akhirnya pasar menjadi jenuh, harga merosot tajam, dan sebagian pelaku usaha gulung tikar. Situasi ini pada akhirnya akan mengembalikanpasar pada kondisi normal, seperti sebelum terjadi booming.

Dalam kasus ikan louhan dan tanaman gelombang cinta, kondisinya benar-benar ambruk, sehingga kini nyaris tak diminati lagi. Tetapi Om Kicau yakin, untuk lovebird, situasi ini akan kembali ke pasar normal. Permintaan tetap ada dan stabil, harga pun akan menjadi lebih stabil. Jadi harga yang tinggi sejak tiga tahun lalu sebenarnya merupakan harga yang tidak normal, sebagai dampak booming saja.

Indonesia memang masih jauh tertinggal dalam ilmu breeding lovebird. Belgia, Belanda, Australia, dan Amerika Serikat sudah lebih lama menggeluti dunia breeding lovebird dan mampu menghasilkan varian-varian baru hasil mutasi warna dan / atau perkawinan silang (crossing).

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tidak apa-apa, semoga suatu saat kita bisa mengejar ketertinggalan itu. Yang lebih penting dilakukan saat ini adalah bagaimana menjaga agar pasar dan harga di tahun depan bisa stabil, meski sulit untuk bisa kembali pada suasana seperti saat booming. Tetapi kestabilan pasar dan harga yang terjadi pada tahun 2014 justru akan menciptakan kondisi normal, sehingga dapat membangun kembali semangat para penangkar lovebird.

Om Kicau menyarankan, setiap penangkar lovebird terutama yang memiliki pasangan indukan cukup banyak (lebih dari 10 pasang), membangun satu sayap usaha (semacam divisi) yang khusus menjalin komunikasi dengan para pemain.

Contohnya Berkah BF Cirebon milik Om Iwan TB, yang memiliki Berkah SF dengan tugas mengikuti setiap lomba yang ada di Jawa Barat dan Jabodetabek. Kemenangan salah satu gaco saja sudah bisa menjadi sarana promosi yang efektif, sehingga permintaan pasar tetap tinggi dan harga malah jauh lebih tinggi di atas harga rata-rata.

Hal ini juga diterapkan Ananta BF Sragen milik Om Anto 999 dan Wahyu WS Bird Farm Jogja. Mereka aktif sekali mengikuti lomba. Bukan sekadar untuk meraih prestasi, tetapi juga membangun jejaring (networking) di kalangan pemain, yang akan menjadi pasar istimewanya.

Berkah BF memiliki segudang lovebird jawara, yang sekaligus dijadikan indukan untuk menghasilkan anak-anakan berkualitas lomba. Misalnya Alphard yang sukses besar di Liga Ronggolawe Jabar 2013, Fortuner, BMW, Mercedes, Pajero, Ferari, Volvo, Hero, Vorche, dan Sonic.

Berkah BF kini memiliki 40 kandang indukan, dan yang berproduksi saat ini sekitar 30 pasangan. Dari jumlah tersebut, 12 kandang di antaranya merupakan indukan trah juara. Harga anakan tentu sangat bervariasi, tergantung dari kandang mana anakan tersebut berasal. (*)

Sebelumnya <<         >> Berikutnya

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. Gan, kira² burung kenari mulai mengalami penurunan harga kapan ya?
    Masa saya baru ternak harga Üϑα ancur sih
    Kan agak merinding dengernya ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƚɑƗƚɑ

    • Sebenarnya itu tahun lalu Om, sekarang sudah relatif lebih bagus, banyak kok penangkar yang meraih untung daripada merugi.
      Om Adat Sudrajat bisa memanfaatkan forum jual-beli di Om Kicau, gratis. Boleh juga bikin profil penangkarannya untuk dipublikasikan di omkicau, juga gratis. Silakan email artikel dan gambarnya di redaksi[
      at]omkicau.com. Insya Allah berkah.

  2. iya om bener pesan terahir itu,saya (asal : balikpapan) pernah mendengar pencari burung hutan ( murai borneo,kacer) katanya suda sepi di daerah yg biasanya dijumpainya banyak… jadi para pencari burung liarnya semakin masuk kedalam hutan untuk mencari burung murai borneo dan kacernya…

  3. om, harga indukan murai batu sepasang memang segitu kah? bukankah masing2 breeder ngasih harga beda2 ya? breeder recommended yang bisa ngirim indukan seharga segitu ke luar jawa dimana ya?

    makasih

    • Tentu Om, soal harga, tidak pernah ada yang baku. Ini sekadar contoh harga pasangan induk untuk mendapat hasil yang berpeluang lebih bagus.
      Semua angka dalam analisis ini bersifat relatif, tidak akan pernah bisa sama. Jadi cukup diambil 1 sampel saja, jika diambil semua variasi harga, halaman nggak cukup, he.. he..

      • mohon maaf OOT, numpang nanya om

        indukan saya sudah sata satukan ke kandang penangkaran dan akur, saya lihat sarang sudah ada yg diangkut, tapi blm banyak. Yang saya bingung, kenapa yang suka (seolah-olah) ngeram malah jantannya, padahal sarang belum jadi sempurna dan betina belum bertelur?adakah makanan atau treatment yang bisa mempercepat birahi MB, baik jantan maupun betina?yg jantan tampak adem ayem saja. Lalu, apa dampak pemberian BirdMature yang melebihi dosis?

        makasih om

Komentar ditutup.