Dua murai nyeri di Liga Ronggolawe Jabodetabek 8

Gelaran Liga Ronggolawe Jabodetabek tahun ini dipungkasi dengan keberhasilan lima ekor burung meraih hasil nyeri 1 juara dalam even Bio Snot Open di Bintaro 9 Walk Sektor IX Tangerang Selatan, Minggu (29/12) lalu. Yang menarik, ada dua murai batu yang nyeri juara 1, yaitu Brotowali milik Mr Jaya dan Killer milik H Hendy Carton, keduanya dari Bekasi. Tiga gaco lainnya yang meraih double winner adalah lovebird Golden Boy, kacer Lobster, dan cucak jenggot Owen.

Liga Ronggolawe Jabodetabek
Seri 8 Liga Ronggolawe Jabodetabek dijubeli peserta dan penonton.

—-

Bio Snot Open merupakan Seri 8 Liga Ronggolawe Jabodetabek, atau seri terakhir tahun ini. Namun, kontes secara keseluruhan belum berakhir. Seri penutup baru terjadi dalam 1st Anniversary Paguyuban Kicau Mania Jabodetabek (PKMJ) di Markas Brigade Infanteri (Brigif) 202 Tajimalela, Jalan Raya Narogong, Rawa Panjang, Bekasi, Minggu tanggal 26 Januari 2014.

Even ini berlangsung sukses dan meriah. Tiket terjual sekitar 1.400 lembar. Panitia pun menggunakan dua lapangan. Bahkan panitia membuka kelas tambahan untuk lovebird, karena peserta membeludak.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kelas murai batu juga tidak kalah ramai. Di beberapa sesi, panitia mengeluarkan hadiah sampai untuk juara 15. Dari enam kelas yang dilombakan (tidak termasuk kelas khusus murai borneo), murai batu Killer dan Brotowali terlihat dominan, masing-masing meraih dua gelar juara pertama.

Killer adalah gaco lawas milik H Hendy Carton dari H2R Bekasi yang cukup lama absen di berbagai even. Om Kicau pun pernah menempatkannya sebagai salah satu murai terbaik nasional tahun 2012.

“Burung ini memang sudah lama nggak pernah turun, karena baru beres mabung,” jelas Yono, yang hari itu mengawal Killer. Gaco ini sukses menjuarai Kelas Jatijajar A dan B.

Kru murai batu Killer
Yono dan kru MB Killer milik H Hendy Carton.

—-

Adapun Brotowali, burung besutan Mr Jaya (Bekasi), memenangi kelas paling bergengsi, Ronggolawe. Dua murai yang saat ini memimpin klasemen sementara Liga Ronggolawe Jabodetabek, yaitu Turkey milik Cokie (Free York BC) dan Pachinko milik Desli (Kartu SF Depok), pun berhasil dikalahkannya.

Brotowali juga berhasil menjuarai Kelas Bintang B, serta juara 2 Kelas Jatijajar A. Adapun Kelas Bintang A dimenangi Credit milik Dono (Tangerang). Kelas Ring dijuarai Pateh milik Rudy (Cianjur) dan MB Borneo dimenangi Total Anarchy milik Dimas Aryokusumo (Jakarta).

Dimas Aryokusumo
Dimas Aryokusumo (kanan) sukses di MB Borneo melalui Total Anarchy.

—-

Golden Boy mendominasi kelas lovebird

Kelas lovebird, yang terdiri atas enam sesi, dikuasai Golden Boy milik Jaya / Bayu/ Rizal Brow dari JBF. Selain menjuarai kelas utama (Ronggolawe), Golden Boy juga terbaik di Kelas Lovebird Albino / Lutino.

Golden Boy merupakan lovebird lutino yang stabil prestasinya. Pekan lalu, burung hasil breeding JBF Bekasi ini juga menduduki posisi runner-up dalam even Pemilu KM Cup.

Lovebird Golden Boy
Golden Boy: Juara kelas bergengsi dan kelas lutino / albino.

—-

Lovebird Hambalang, gaco lawas koleksi Anto P, menjuarai Kelas EB-Odjoss C. Adapun EB-Odjoss A dan B dijuarai Anggun (milik H Mahfudi) dan Nilamsari (Vicktor), keduanya dari Free York BC.

Satu sesi lovebird lainnya, Jatijajar A, dimenang Janda milik dokter Mulyana. Burung ini sebelumnya juga menjuarai Pemilu KM Cup kali. Kemenangan beruntun membuktikan kalau Jandi masih bakal berprestasi di tahun 2014.

Cucak jenggot Owen, jawara gaek milik Mr Dedy dari BSD masih membuktikan tajinya. Tonjolan variasi isian tembakannya mampu menutup lawan-lawannya. Dua sesi disikat habis burung ini.

Nama Owen mengingatkan kita pada anis merah legendaris, yang juga bernama Owen, dan milik Achun. Rupanya, cucak jenggot Owen dulu juga milik Achun, kemudian pindah ke tangan Mr Dedy.

“Sudah lima tahun burung ini tampil di lapangan, dan tetap eksis sampai sekarang. Isian komplet, dan prestasinya sejak dulu stabil, “ jelas Opick, yang turut mengawal Owen.

Di kelas kacer, dominasi Bintang Sektor hari itu terhenti oleh penampilan ciamik Lobster milik Prapto PK (Bekasi). Padahal Bintang Sektor, burung milik Bintang (Cakra SF Bekasi), saat ini merupakan pimpinan klasemen sementara Liga Ronggolawe Jabodetabek.

Bintang Sektor kali ini tidak kebagian juara 1, hanya juara 3 dan 10. Sebaliknya, Lobster dua kali juara 1, masing-masing di Kelas Bio Snot dan Jatijajar. Satu sesi lagi, Kelas EB-Odjoss, dimenangi kacer Jimy Hendrik milik Aam dari Duta Bintaro.

Kenari Alpacino milik WW Angga dari Duta Plaza Cup kembali menundukkan jawara Blok Barat. Kemenangannya di Jakarta bukan kali pertama bagi Alpacino yang sudah merajai lintas blok. Sebelumnya, Alpacino juga sukses menjuarai Gubernur DKI Cup di Cibubur (8/12).

Kenari Alpacino
Kenari Alpacino kembali monder di Blok Barat.

—-

Kemenangan Alpacino, menurut WW Angga, tak lepas dari peran Om Reiza Kojum yang dikenal bertangan dingin dalam memoles kenari jawara. Om Reiza juga beberapa kali membesut kenari milik Andre Sutanto. Ya…, Andre, Angga, Waqi, dan Reiza merupakan kompatriot empat sekawan yang makin mapan di kelas kenari.

Reiza Kojum
Reiza Kojum sukses mengawal kenari Alpacino.

—-

Pada sesi kenari lainnya, giliran Sakura yang meraih kemenangan. Gacoan gres berwarna putih polos milik Iyes dari Puri-27 Jakarta ini sukses menuai kemenangan di Kelas Kenari Standar EB-Odjoss.

“Materi lagunya mewah, durasi kerjanya nyaris tanpa jeda. Sakura merupakan burung baru. Sejak dicoba selalu moncer, termasuk menjuarai even 201 Kemayoran dua minggu lalu,” jelas Iyes.

Cucak hijau Halimun kudeta Mr Granat

Prediksi Om Kicau, sebagaimana artikel berjudul Cucak hijau Halimun mulai mengancam Mr Granat, pada akhirnya terbukti. Turun di semua (3) kelas, gaco milik Pakde dari Sodong is The Best ini selalu moncer, dengan hasil masing-masing sekali juara 1, 2, dan 3. Pada saat yang sama, Mr Granat milik Bobby KCI hanya dua kali menjadi juara 6.

Pakde Halimun
Pakde bersama cucak hijau Halimun.

—-

Dengan hasil ini, Halimun memperoleh total poin 980 poin, dan mengkudeta Mr Granat dari puncak klasemen sementara. Mr Granat saat ini mengoleksi 760 poin. Padahal sejak seri pertama hingga seri ke-8, Halimun sudah dua kali absen. “Mulai sekarang, saya akan menurunkan terus Halimun, agar bisa jadi juara umum kelas cucak hijau,” kata Pakde.

Pergeseran puncak klasemen cuma terjadi di kelas cucak hijau. Adapun tiga kelas lainnya masih dipimpin jawara sebelumnya, yaitu murai batu Turkey, kacer Bintang Sektor, dan lovebird Mata Dewa. (d’one)

Berikut ini jadwal lanjutan Liga Ronggolawe Jabodetabek :

  • Seri 9: Minggu, 5 Januari 2014 , di Mampang Prapatan Jakarta Selatan.
  • Seri 10: Minggu, 12 Januari 2014, di JGC Cakung .
  • Seri 11: Minggu, 19 Januari 2014: di KMC Cipulir Jakarta Selatan.
  • Seri 12/Penutup: Minggu, 26 Januari 2014, di Brigif 202 Tajimalela, Bekasi

—-

Hasil Lomba   l   Klasemen Sementara   l   Galeri Gambar  l

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.