Ribuan kecial kombo jadi buruan di PB Depok Solo

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Ribuan burung kecial kombo dalam beberapa pekan terakhir membanjiri Taman Pasar Burung Depok Solo. Pihak pemasok nampaknya tahu bahwa burung ini sangat digemari di wilayah Solo Raya. Aan alias Klowor, salah seorang pedagang burung di PB Depok, mengaku setiap hari minimal bisa menjual 50 ekor kecial kombo. “Itu kalau sedang sepi. Kalau sedang ramai, bisa terjual seratus hingga seratus lima puluh ekor tiap hari,” ujarnya.

Burung kecial kombo di PB Depok Solo
Memantau kecial kombo sambil membandingkan dengan rekaman video.

Menurut Aan, sebagian pembeli adalah perorangan yang membeli eceran. Tetapi tidak sedikit pula  bakul-bakul dari luar kota membeli dalam partai kecil maupun besar. Harga paling murah saat ini Rp 75 ribu per ekor. Namun jika burung yang jadi, alias sudah rajin bunyi, bisa dibanderol hingga Rp 3 juta.

“Saya mendapat kiriman burung kecial kombo ini dari Bali, paling sedikit seribu ekor setiap minggu. Kata pemasok, sekarang sedang musim bunga, sehingga burung kecial mudah didapat. Harganya pun relatif murah untuk bakalan ombyokan,” tutur Aan yang menempati kios di selasar utara, kios 82-83.

Tetapi kalau musim bunga sudah berakhir, burung kecial kombo seperti lenyap di alam. Akibatnya, harga burung bakalan pada saat sedang tidak musim bisa mencapai Rp 250 ribu.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Burung kecial kombo di PB Depok Solo
Salah satu burung kecial kombo yang sudah terseleksi.

Kepada pengunjung PB Depok yang lewat, Aan dan krunya aktif menawari burung yang masih relatif baru bagi sebagian besar kicaumania di Solo ini. Dia lantas menyetel rekaman video di depan calon pembeli, untuk memperdengarkan suara kecial kombo melalui smartphone, dan dicocokkan dengan dagangan yang digelarnya.

Meski posturnya kecil, kecial kombo memiliki suara yang melengking keras, lebih keras dari burung dengan ukuran yang sama, seperti prenjak, ciblek, dan pleci.

Kecial kombo disebutnya sebagai burung cerdas, karena mudah menirukan suara burung lain. “Kalau sudah jadi, cocok untuk dijadikkan burung master, atau bisa juga dijadikan burung ocehan di rumah. Bahkan, kalau mau, bisa dilombakan di kelas campuran lokal, karena kecial kombol juga bisa fight,” jelas Aan. (Waca)

Burung kecial kombo di PB Depok Solo
Aan: Setiap minggu dikirimi 1.000 kecial kombo dari Bali.

Catatan Om Kicau

  • Booming kecial kombo, alias cucak kombo, ini seperti mengulang tren serupa di Surabaya beberapa waktu lalu (silakan cek di sini).
  • Kecial kombo / indonesian honeyeater (Lichmera limbata) merupakan jenis burung isapmadu (honeyeater), anggota keluarga Nectariniidae. Semua spesies burung dari keluarga Nectariniidae, termasuk burung-madu / sunbird (sering disalahfahami sebagai “kolibri”), termasuk burung dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 7 / Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.
  • Penetapan burung-burung dari keluarga Nectariniidae bukan disebabkan populasinya di alam liar menipis, tetapi lebih didasari dampaknya terhadap kelestarian ekosistem di areal hutan dan perkebunan. Burung isapmadu serta burung-madu memiliki peran penting dalam penyerbukan tanaman secara alami di kawasan hutan dan perkebunan. Artinya, penangkapan besar-besaran bisa menghambat regenerasi tanaman di alam liar, dan menjadi salah satu biang tanah longsor.
  • Karena perdagangan kecial kombo sudah terlanjur terjadi, dan sejauh ini belum ada tindakan dari aparat terkait, Om Kicau sekadar mengingatkan: burung yang sudah dibeli sebaiknya perlu ditangkar pula. Jadi, kalau membeli, belilah sepasang burung jantan dan betina.
  • Yuk, kita budayakan hobi burung secara bermartabat dan tidak melanggar aturan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. di lombok, kecial kombok (orang lombok bacanya kecial komboq, komboq = kelapa muda), adalah burung yang dari dulu digemari dan memang banyak terdapat dilombok. Harganya yang murah dan perawatan yang relatif mudah namun suaranya merdu, menjadikan burung ini menjadi salah satu primadona orang lombok. Harga di pasar burung untuk anakan paling mahal 10,000 per ekor

  2. Seandainya saya pelihara trus berusaha untuk di tangkarkan apa perlu ijin surat surat kepada pemerintah melihat di pasar burung sangat banyak di jumpai burung burung madu di jual belikan seperti halnya penangkaran jalak bali om…karna saya akui hampir semua keluarga burung madu suaranya sangat mengusik hati kita untuk memiliki………..

    • Kalau menurut saya, tidak ada salahnya minta izin dari BKSDA Provinsi. Khawatirnya, kalau pas lagi apes, malah jadi perkara jika tidak ada izin. Soal penegakan hukum di Indonesia terkadang susah ditebak. Jadi, menghindari apes melalui effort (upaya) kita sendiri, bukan tergantung dari bertindak atau tidak bertindaknya aparat.

  3. peraturan tinggal peraturan. tidak pernah ada sosialisasi dari pemerintah tentang burung2 dilindungi. burung elang jawa pun dijual belikan bebas pinggir jalan.

Komentar ditutup.